Teknik Dasar Lompat Tinggi Gaya Guling Perut atau Straddle

Advertisement

Teknik Dasar Lompat Tinggi Gaya Guling Perut atau Straddle - Jenis olahraga lompat tinggi gaya straddle mungkin belum familiar bagi beberapa orang. Lompat tinggi merupakan salah satu cabang olahraga atletik dalam nomor lompatan. Banyak sekali jenis olahraga yang dilombakan dalam olimpiade nasional ataupun internasional. Salah satu jenis olahraga yang pernah masuk olimpiade ialah lompat tinggi gaya guling perut. Untuk menguasai setiap teknik lompat tinggi gaya guling perut atau straddle harus melakukan banyak latihan dengan rutin dan sungguh sungguh. Pada dasarnya olahraga berguna untuk menyehatkan tubuh. Apapun jenis olahraganya apabila dilakukan dengan benar pasti memiliki manfaat yang cukup besar.

Setiap jenis olahraga memiliki teknik dasar yang mendasari gerakan dari bentuk olahraga tersebut. Seperti halnya olahraga lainnya. lompat tinggi gaya guling perut atau straddle memiliki teknik dasar yang harus anda pahami. Teknik dasar ini berfungsi agar gerakan dalam lompat tinggi gaya straddle tidak mengakibatkan cedera bagi pelompatnya. Gerakan tersebut harus dipahami dan dikuasai dengan berlatih secara teratur dan dalam pengawasan ahli. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan mengenai teknik lompat tinggi gaya guling perut atau straddle secara rinci. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak dibawah ini.

Teknik Lompat Tinggi Gaya Guling Perut atau Straddle

Lompat tinggi gaya guling perut atau straddle adalah jenis gaya dalam olahraga lompat inggi yang digunakan dalam cabang perlombaan atletik. Teknik lompat tinggi gaya guling perut juga masih dipelajari di sekolah sekolah. Lompat tinggi gaya straddle memiliki perbedaan dengan jenis gaya lompat tinggi lainnya. Letak perbedaannya berada ketika melewati daerah mistar. Keadaan tubuh ketika melewati mistar pada gaya straddle ialah tengkurap dengan kedua kaki dalam posisi kangkang atau terbuka. Adapula perbedaan lain yang terdapat dalam olahraga lompat tinggi ini yaitu pada tolakan kakinya serta posisi kaki ketika mendarat.
Baca juga 3 Teknik Dasar Menendang Bola dengan Kaki Bagian Dalam, Kaki Bagian Luar dan Punggung Kaki
Gaya guling perut atau struddle dikenalakan pada tahun 1930 oleh Jim Stewart dari Amerika. Teknik lompat tinggi gaya guling perut mulai digunakan dalam perlombaan perlombaan. Pada tahun 1934 jenis gaya ini belum sah digunakan karena belum ada peraturan yang mengatur lompat tinggi menggunakan gaya straddle. Seiring berjalannya waktu, lompat tinggi gaya straddle mulai dikenal dan tersebar diberbagai negara, bahkan mulai bersaing dengan gaya guling sisi. Dibawah ini terdapat penjelasan teknik lompat tinggi gaya guling perut atau straddle.
Lompat Tinggi Gaya Straddle

Tenik Awalan Gaya Straddle
Teknik lompat tinggi gaya guling perut atau straddle yang pertama ialah teknik awalan. Berikut cara melakukan teknik awalan lompat tinggi gaya straddle :

  • Lakukan gerakan awal dengan kaki kanan atau kiri. 
  • Apabila menggunakan kaki kanan maka sikap tubuh sedikit serong ke kanan, namun apabila menggunakan kaki kiri maka menghadap ke arah sebaliknya.
Teknik Tumpuan Gaya Straddle
Teknik lompat tinggi gaya guling perut atau straddle selanjutnya ialah teknik tumpuan. Berikut cara melakukan teknik tumpuan lompat tinggi gaya straddle :
  • Lakukan gerakan menumpu dengan menggunakan kaki terdekat dengan mistar atau kaki bagian dalam.
  • Ayunkan kaki kedepan atau kebelakang secara bebas.
Melayang dan Pendaratan Gaya Straddle
Teknik lompat tinggi gaya guling perut atau straddle yang terakhir ialah teknik melayang dan pendaratan. Berikut cara melakukan teknik melayang dan pendaratan lompat tinggi gaya straddle :
  • Posisikan tubuh telungkup dan sejajar mistar ketika badan berada diatas mistar. Sikap kedua kaki dibuka atau kangkang. Ayunkan kaki yang bebas dan sejajar dengan lengan maupun kepala. Turunkan kaki terlebih dahulu kemudian berguling ke arah kanan dan meluncur kebawah. 
  • Posisi kaki ditekuk ketika badan belum melewati mistar.
  • Sikap kaki lurus dan tangan sejajar dengan kaki kemudian badan digulingkan menjauhi mistar.
  • Ketika kaki ditekuk, tarik paha agar menjauhi mistar sehingga membuat badan berputar ke arah kanan dan meluncur kebawah dengan menghadap ke atas.
  • Daratkan tubuh dengan bagian punggung terlebih dahulu.
Baca juga : Teknik Melempar Bola Dengan Kedua Tangan (Throw In) Dalam Sepak Bola
Dalam teknik lompat tinggi gaya guling perut atau straddle tardapat beberapa keuntungan yang diperoleh. Berikut beberapa keuntungan dalam gaya straddle :
  1. Mudah dilakukan dan tidak memerlukan banyak tenaga ketika melakukan gerakan kangkang saat melewati mistar.
  2. Berat tubuh dapat diangkat dengan segera.
  3. Dapat mengendalikan gerakan ketika melewati mistar karena pelompat melihat jarak mistarnya.
  4. Jarak yang terjadi antara mistar dengan titik tubuh relatif lebih dekat ketika badan diatas mistar dengan posisi telungkup.
Seiring perkembangan jaman teknik lompat tinggi gaya guling perut atau straddle telah bersaing dengan gaya guling sisi maupun gaya gunting. Gaya straddle ini telah berkembang pesat diberbagai dunia, termasuk Indonesia. Di luar negeri terdapat pelompat bernama P. Reavis dan C. Dumas yang menggunakan teknik ini dalam berbagai perlombaan dengan tinggi mistar 2,15 m. Di Rusia terdapat pelompat yang memecahkan rekor melompat setinggi 2,23 m  diatas mistar. Lompat tinggi gaya straddle diduga tergolong gaya terakhir dan bertahan sampai sekarang.

Demikianlah penjelasan mengenai teknik lompat tinggi gaya guling perut atau straddle. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih.

Teknik Dasar Lompat Tinggi Gaya Guling Perut atau Straddle Rating: 4.5 Diposkan Oleh: penjasorkes

0 komentar:

Posting Komentar