4 Teknik Dasar Bola Voli dan Cara Melakukannya

4 Teknik Dasar Bola Voli dan Cara Melakukannya - Volly menjadi salah satu olahraga yang digemari oleh masyarakat karena menyenangkan. Permainan tim berbasis kompetisi satu ini dilaksanakan pada lapangan berbentuk persegi panjang dengan 6 pemain inti tiap regu. Mempelajari strategi penyerangan dan bertahan bola voli menjadi penentu kemenangan. Namun, kalian juga tak boleh mengabaikan teknik dasar yang meliputi gerakan service, cara melakukan smash, dan passing.

Materi bola voli sebenarnya sudah mulai diajarkan pada siswa semenjak di bangku SD. Teori yang didukung kegiatan praktek pun seharusnya bisa membantu kita mempelajari teknik dasar bola volly dengan mudah.

Permainan bola voli memang sangat menyenangkan meskipun bersifat kompetitif. Hal ini telah dibuktikan dengan antusiasme siswa sekolah hingga masyarakat Indonesia yang menggemari bahkan memainkanya. Namun untuk melakukan permainan voli secara maksimal kita memerlukan teknik dasar bola voli yang benar.

4 Teknik Dasar Bola Voli dan Cara Melakukannya

Secara garis besar kita pasti sudah mengenal berbagai istilah pada permainan bola voly. Contohnya passing atas bawah, smash, service atas, blocking dan lain sebagainya. Semua teknik dasar bola volly tersebut bisa kita kategorikan ke dalam pola penyerangan dan pertahanan. Tapi apakah kalian sudah menguasai semua gerakan tersebut?

Dalam dunia pendidikan, materi bola voly memang diajarkan secara intens pada siswa. Pasalnya, tiap teknik dasar bola voli sering muncul sebagai butir soal ujian yang kadang menyulitkan siswa. Jika tak memiliki pemahaman yang cukup lantas bagaiana kita bisa menyebutkan cara melakukan servis, smash, dan passing.

Inilah asalan mengapa dalam artikel kali ini saya akan memfokuskan pembahasan pada permainan volly. Masing masing teknik dasar bola voli ini saling berhubungan satu sama lain karena akan menunjang permainan anda. Berikut penjelasan masing masing teknik dasar permainan bola voli.

Teknik Dasar Service Bola Voli

Bagaimana cara melakukan service bola volly yang baik dan benar? inilah pertanyaan yang sering siswa ajukan. Gerakan service sebenarnya cukup sederhana karena kita hanya perlu memukul bola ke area pertahanan lawan sebagai tanda mulainya pertandingan. Service akan dianggap sah jika bola sudah melewati net dan masuk pada zona pertahanan lawan.

Sayangnya, tak sedikit pemain yang gagal melakukan service karena kurangnya persiapan dan pengetahuan. Jika kalian memakai strategi penyerangan maka pasti teknik service akan diarahkan pada area yang diaggap lemah. Sehigga potensi mencetak angka di awal permainan pun cukup besar.

Secara garis besar ada beberapa teknik dasar service bola voli yang harus kalian hafalkan. Masing-masing tentunya memiliki kelebihan, kekurangan, dan gerakan yang berbeda. Perbedaan tersebut lebih tepatnya terletak pada posisi bola saat kita memukulnya. Simaklah berbagai gerakan service bola voly di bawah.

Service Bawah

Teknik service bawah cukup populer digunakan karena mudah dan memiliki tingkat efisensi tinggi. Teknik dasar bola voli ini berfungsi untuk mengawali pertandingan menggunakan bola lambung. Tujuannya tak lain untuk mengecoh musuh agar tidak bisa mengantisipasi arah datangnya bola.

Cara melakukan service bawah

Menurut saya pribadi, cara melakukan service bawah cukup mudah untuk dikuasai. Beberapa latihan akan membantu kalian cepat mempelajarinya. Nah, simaklah gerakan di berikut:
  1. Posisikan badan berdiri dengan salah salah satu kaki berada didepan.
  2. Arahkan pandangan anda ke net.
  3. Lambungkan bola dari bawah ke atas.
  4. Tarik tangan kanan kebelakang, kemudian lakukan pemukulan bola kearah daerah lawan dengan cara mengayunkan tangan sekuat kuatnya.
  5. Pada saat melakukan pukulan, posisi tangan mengepal. 
  6. Pindahkan berat badan kebagian kaki depan saat melakukan pukulan.
  7. Lakukan gerakan lanjutan dengan memindahkan kaki belakang kedepan.

Service Samping

Gerakan service satu ini tak banyak dipakai oleh pemain karena tingkat kesulitannya sangat tinggi. Namun semua itu akan terbayar karena pukulan dari samping bisa menciptakan putaran yang nantinya akan merubah arah bola. Jika pemain lawan tak bisa mengantisipasinya maka tim kalian bisa memperoleh poin secara instan.
Teknik service samping

Teknik dasar bola voli satu ini ditandai dengan lemparan bola yang tidak terlalu tinggi dan posisi tangan di samping kepala. Pemain pun memerlukan konsentrasi serta perhitungan yang matang pada saat melakukannya. Jika kalian tertarik, maka simaklah cara melakukan service samping bola volly berikut:
  1. Posisikan badan berdiri dengan kedua kaki berada dihadapan lapangan.
  2. Julurkan tangan setinggi kepala dan pegang bola voli tersebut.
  3. Arahkan bola melambung didepan badan.
  4. Lakukan pemukulan dengan cara mengayunkan tangan kebelakang.
  5. Tekuk kedua lutut sedikit agar berat badan dapat ditumpu kebelakang.
  6. Lakukan gerakan tangan melingkar saat melakukan pemukulan. 
  7. Putar badan dan lakukan gerakan lanjutan dengan memindahkan berat badan kedepan.

Service Atas

Gerakan service atas sedikit memiliki kesamaan dengan teknik sebelumnya. Bedanya, tujuan servis atas adalah menciptakan pukulan cepat dan menukik ke bawah agar sulit ditangkis oleh lawan. Jenis service satu ini memang terbukti cukup efektif untuk mencetak skor di awal permainan.

Cara melakukan servis atas

Teknik dasar bola voli ini berfungsi untuk mengawali pertandingan dengan menggunakan teknik awalan dari atas kemudian melambung melintasi net. Cara melakukan service atas sangatlah mudah, cukup ikuti gerakan berikut:
  1. Posisikan badan berdiri dengan salah salah satu kaki berada didepan dan sedikit ditekuk.
  2. Gunakan kedua tangan untuk memegang bola.
  3. Kemudian lambungkan bola keatas kira kira satu meter diatas kepala dan sedikit didepan bahu.
  4. Gunakan tangan kiri untuk melambungkan bola tadi.
  5. Tarik tangan kanan kebelakang kepala secepat mungkin dengan posisi telapak tangan kearah depan. 
  6. Posisikan tubuh dengan lenting kebelakang dan pukul bola dengan telapak tangan.
  7. Pindahkan berat badan kedepan saat melakukan service atas ini.

Jump Service

Melakuan service atas ditambah dengan lompatan menjadi gerakan jump service yang paling menonjol. Tujuannya adalah menciptaka pukulan yang lebih mematikan daripada servis atas pada pembahasan sebelumnya. Dengan melakukan jump service kita bisa langsung menyerang zona belakang musuh walaupun di awal permainan.
Jump service

Teknik dasar bola voli service yang terakhir dapat dilakukan dengan teknik jump sevice. Teknik dasar bola voli ini berfungsi untuk mengawali pertandingan dengan menggunakan teknik awalan melompat kemudian memukul bola sampai melintasi net. Berikut cara melakukan jump service:
  1. Posisikan tubuh berdiri dengan kedua kaki rapat. 
  2. Letakkan kedua tangan didepan tubuh kemudian pegang bola.
  3. Arahkan bola melambung keatas. 
  4. Lakukan lompatan dengan salah satu kaki melakukan tolakan kedepan.
  5. Pukul bola yang melambung tadi saat bola telah terjangkau dan posisi lompatan sudah optimal.
  6. Lakukan gerakan lanjutan dengan memindahkan berat badan kedepan agar posisi pendaratan berjalan  dengan baik.

Teknik Passing Bola Voli

Salah satu teknik dasar bola voli yang tak kalah penting adalah gerakan passing. Passing adalah teknik yang dipakai untuk menerima bola yang datang untuk selanjutnya dioper ke pemain satu tim. Jadi, setelah kita menguasai gerakan service maka tahapan selanjutna adalah mempelajari teknik passing.

Meski terdengar simpel tapi cara melakukan passing bola volly tidaklah semudah membalik telapak tangan. Kalin butuh konsentrasi dan akurasi tinggi untuk membuat operan yang tepat ke pemain lain. Gerakan yang salah akan mengakibatkan kerugian pada tim seperti bola out, kawan tidak bisa menerima umpan, dan sebagainya.

Secara garis besar passing terbagi menjadi dua jenis jika ditinjau dari cara kita menerima datangnya bola. Pertama adalah teknik passing atas sedangkan yang kedua passing bawah. Pada sesi ini kita akan membahas apa saja kelebihan, kekurangan, dan cara melakukan passing bola voly.


Passing Atas

Teknik passing atas yang benar memiliki peran penting dalam strategi penyerangan bola voli karena jika menguasainya kita bisa memberikan umpan lambung untuk menciptakan smash. Oleh karenanya, pemain yang melakukan passing atas harus memiliki kecakapan serta akurasi tinggi.
Gerakan latihan passing atas

Cara melakukan passing atas bola voli sebenarnya sudah mulai diajarkan pada kita bahkan semejak berada di bangku SD. Bentuk latihannya adalah mendorong bola ke atas secara berulang dan menjaganya agar tidak jatuh. Tapi dalam pertandingan nyata kalian harus mempelajari teknik dasar passing yang meliputi:
  1. Posisikan badan berdiri tegak dan regangkan kedua kaki selebar bahu.
  2. Kedua lutut sedikit ditekuk sehingga badan lebih relaks dan bungkukkan badan kedepan.
  3. Lakukan penumpuan badan kebagian ujung kaki depan.
  4. Tempatkan badan dibawah bola ketika bola voli datang.
  5. Tekuk sedikit siku tangan dan angkat tangan keatas dengan posisi jari jari yang melebar seperti mangkuk.
  6. Tekuk sedikit pergelangan tangan dengan posisi tangan diatas dahi ketika bola berada diatas badan. Kenakan jari jari tangan untuk melakukan passing atas.
  7. Regangkan jari tangan agar bola dapat memantul dengan baik, kemudian dorong bola menggunakan pergelangan tangan dan diakhiri dengan tangan yang lurus kedepan.
  8. Pendorongan bola dilakukan menggunakan ibu jari, jari tengah dan jari telunjuk.
  9. Lakukan gerakan akhir dengan mengangkat tumit sedikit, posisi lutut dan pinggul naik, kedua tangan lurus dan arahkan pandangan anda menuju gerakan bola.

Passing Bawah

Passing bawah menjadi teknik dasar bola voli yang berfungsi untuk menerima bola lambung yang datang. Biasanya geraka passing bawah dipakai pada saat menerima pukulan service dari musuh. Gerakannya pun menurut saya pribadi cukup simpel dan lebih mudah dilakukan daripada passing atas.
Gerakan latihan passing bawah

Passing bawah merupakan teknik dasar bola voli yang dilakukan untuk mengoper bola ke pemain lain dari arah bawah. Berikut cara melakukan teknik dasar bola voli berupa passing bawah:
  1. Posisikan badan berdiri tegak dan regangkan kedua kaki selebar bahu.
  2. Posisikan tangan lurus dan rapat didepan badan agar posisi ibu jari sejajar.
  3. Ayunkan kedua tangan dari bawah keatas secara bersamaan sampai tinggi bahu.
  4. Luruskan lutut ketika bola sudah menyentuh tangan.
  5. Gunakan pergelangan tangan saat menyentuh bola agar bola terkena tangan dengan baik.
  6. Lakukan passing bawah dengan besar ayunan tangan kurang dari 90 derajat dari bahu dan badan.

Teknik Dasar Smash Bola Voli

Dalam permainan bola voli anda juga harus menguasai cara melakukan smash. Teknik dasar bola voli ini merupakan penentu atau penunjang anda untuk mendapatkan angka. Smash dapat disebut juga spike. Smash ialah teknik dasar bola voli dengan cara memukul bola ke daerah kosong lawan menggunakan kekuatan penuh. Dalam permainan bola voli terdapat beberapa urutan untuk mendapatkan dan menguasai bola.

Urutan yang pertama yaitu menerima bola menggunakan passing bawah, kemudian bola dikuasai menggunakan passing atas. Dan urutan yang ketiga ialah melakukan teknik dasar smash ini. Orang yang berperan sebagai pemukulan smash dinamakan spiker atau pemain penyerang. Bagi seorang spiker harus memiliki postur tubuh yang tinggi agar pemukulan smash tersebut dapat dilakukan dengan posisi tinggi dan kuat.
Cara melakukan smash

Teknik dasar bola voli ini menghasilkan serangan yang menukik dan keras agar pemain lawan tidak dapat menerima bola sehingga muncullah poin. Teknik dasar smash dapat dilakukan menggunakan empat tahap yaitu tahap awalan, tahap tolakan, tahap pukulan, dan tahap pendaratan. Berikut cara melakukan tahap serangan menggunakan teknik dasar bola voli ini:

Awalan

Tahap pertama teknik dasar bola voli dalam smash ini ialah teknik awalan yang benar. Berikut cara melakukannya:
  • Lakukan awalan smash dengan jarak 2,5-4m dari net.
  • Condongkan badan kedepan dengan badan dirilekskan.
  • Lakukan persiapan awalan dengan menjaga keseimbangan badan menggunakan kedua kaki.

Tolakan

Tahap selanjutnya dalam teknik dasar bola voli smash ini ialah teknik tolakan yang benar. Berikut cara melakukannya:
  • Lakukan tolakan dengan mnghentakkan tumit dan jari kaki ketanah.
  • Ayunkan kedua tangan kedepan.
  • Gerakan pinggul, badan dan telapak kaki secara bersamaan.
  • Tahap terakhir lakukan lompatan vertical dengan bantuan gerakan eksplosif.

Pukulan Smash

Teknik dasar smash dalam permainan bola voli yang utama ialah teknik memukul bola. Teknik dasar bola voli ini ialah tahap paling penting dalam melakukan smash. Berikut cara melakukannya:
  • Letakkan bola didepan badan.
  • Pukul bola dengan cepat dan tinggi dengan melecutkan tangan dari belakang kearah bola yang akan dismash.
  • Gunakan telapak tangan untuk mengenakan bola dibagian atas bola.
  • Lakukan gerakan lanjutan saat memukul bola yaitu posisikan lengan kearah garis tengah badan.
  • Teknik pukulan yang tepat dapat menghasilkan bola yang cepat dan top spin.

Sikap Mendarat

Teknik dasar smash dalam permainan bola voli yang terakhir ialah teknik pendaratan. Teknik dasar bola voli ini ialah tahap terakhir dalam melakukan smash. Berikut cara melakukannya:
  • Posisikan badan seperti semula setelah melakukan pukulan bola.
  • Pastikan badan siap melakukan serangan selanjutnya namun badan tetap dalam kondisi rileks.
  • Daratkan kedua kaki dengan cara mengeper.
  • Pada saat melakukan pendaratan maka bagian jari kaki dan lutut dalam keadaan lentur.

Teknik Dasar Blocking Bola Voli

Teknik dasar bola voli yang terakhir ialah melakukan blocking atau tangkisan. Teknik dasar blocking ini berfungsi untuk pencegahan serangan yang akan dilakukan oleh pemain lawan. Pencegahan serangan ini dilakukan menggunakan kedua tangan yang diimbangi dengan lompatan yang tinggi. Setelah itu bola ditahan agar tidak masuk kedalam daerah sendiri. Teknik dasar bola voli ini harus dikuasai oleh setiap pemain karena sangat berpengaruh agar serangan lawan tidak berjalan dengan baik. 
Cara melakukan blocking

Berikut cara melakukan teknik dasar blocking dalam permaian bola voli:
  1. Posisikn badan berdiri dan arahkan kaki sejajar.
  2. Letakkan tangan didepan dada dengan sejajar kearah net.
  3. Lakukan lompatan kearah datangnya bola.
Dalam pertandingan bola voli memerlukan tim yang hebat agar dapat memenangkan pertandingan. Tim hebat tersebut merupakan sebuah tim yang memiliki kerjasama yang baik dan teknik masing masing pemain yang bagus. Tidak hanya tim yang hebat saja melainkan strategi yang tepat juga turut menunjang pertandingan. Setaip pemain harus menguasai teknik dasar bola voli ini. Hal tersebut dikarenakan pemain memiliki posisi masing masing sehingga memungkinkan untuk lebih menguasai teknik yang sesuai dengan posisi.

Teknik dasar bola boli sangat penting untuk dipelajari, hal ini dikarenakan tanpa mempelajari berbagai teknik dasar permainan bola voli kita tidak akan mampu bermain dengan maksimal. Demikianlah penjelasan mengenai teknik dasar bola voli beserta cara melakukannya. Teknik dasar ini telah saya jelaskan secara rinci dan lengkap.

    Belum ada Komentar untuk "4 Teknik Dasar Bola Voli dan Cara Melakukannya"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel