Macam Macam Gerakan Memutar Simpai Dalam Senam Irama Lengkap

Advertisement

Macam Macam Gerakan Memutar Simpai Dalam Senam Irama Lengkap - Senam irama dapat dilakukan dengan menggunakan alat ataupun tidak. Salah satu alat yang digunakan untuk mendukung gerakan senam irama ialah simpai. Simpai adalah salah satu alat senam irama yang memiliki warna cerah dan mempunyai bentuk lingkaran. Dalam senam irama terdapat simpai yang digunakan dengan ukuran tebal 8 - 12 mm, diameter 80 - 90 cm dan berat 300 gram. Selain itu adapula ukuran diameter simpai 60 - 75 cm untuk anak anak. Dengan menggunakan simpai tersebut, kita dapat melakukan beberapa jenis gerakan pada senam irama. Salah satunya ialah beberapa macam gerakan memutar simpai dalam olahraga senam irama. Lantas apa saja jenis jenis gerakan memutar simpai dalam senam irama itu?

Variasi Gerakan Memutar Simpai dalam Olahraga Senam Irama
Simpai yang digunakan dalam senam irama pada dasarnya untuk melakukan gerakan mengayun simpai. Selain itu simpai juga dilakukan untuk melakukan gerakan memutar simpai dalam olahraga senam irama. Dalam olahraga ini terdapat beberapa jenis gerakan memutar simpai dalam senam irama yang mendasar. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang macam macam gerakan memutar simpai dalam senam irama lengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Macam Macam Gerakan Memutar Simpai Dalam Senam Irama Lengkap

Jenis jenis gerakan memutar simpai dalam senam irama terdiri dari gerakan memutar pada arah depan, gerakan memutar di belakang lengan, gerakan variasi memutar simpai arah sagital, dan gerakan variasi memutar simpai arah horizontal. Berikut penjelasan selengkapnya:
Baca juga : Bentuk Latihan Gerakan Mengayun Tali Dalam Senam Irama
Gerakan Memutar pada Arah Depan
Macam gerakan memutar simpai dalam senam irama yang pertama ialah gerakam memutar pada arah depan. Adapun cara melakukan jenis gerakan memutar simpai dalam senam irama dengan arah depan yaitu sebagai berikut:
  • Posisikan tubuh berdiri dan membuka kedua kaki dengan lebar. Gunakan kedua tangan untuk memegang simpai pada sisi berlawanan menggunakan teknik pegangan luar.
  • Ketika gerakan dilakukan, tumpuann berat badan dipindahkan ke kaki kiri. Arahkan simpai di atas kepala sebelah kiri sampai membentuk setengah lingkaran yang dibentuk oleh lengan kiri di depan dada. Lalu dengan posisi berlawanan gerakan dilakukan secara berulang.
  • Lakukan gerakan tersebut beberapa kali secara berulang.

Gerakan Memutar di Belakang Lengan
Macam gerakan memutar simpai dalam senam irama selanjutnya ialah gerakam memutar di belakang lengan. Adapun cara melakukan jenis gerakan memutar simpai dalam senam irama yang arahnya di belakang lengan yaitu sebagai berikut:
  • Posisikan tubuh berdiri dan rapatkan kedua kaki. Lalu rentangkan kedua tangan di samping badan. Gunakan tangan kanan untuk memegang simpai dan hadapkan telapak tangan ke depan.
  • Simpai diputar ke belakang lengan ketika gerakan dilakukan dengan menggunakan ibu jari yang melingkar ke arah dalam. Kemudian hadapkan ke arah belakang saat putaran telapak tangan diakhiri. Selain itu gunakan tangan kiri untuk melakukan gerakan gerakan tersebut.
  • Lakukan gerakan tersebut beberapa kali secara berulang.
Baca juga : 6 Contoh Senam Irama Beserta Penjelasan Lengkap
Gerakan Variasi Memutar Simpai Arah Sagital
Macam gerakan memutar simpai dalam senam irama selanjutnya ialah gerakan variasi memutar simpai arah sagital. Adapun cara melakukan jenis gerakan memutar simpai dalam senam irama dengan arah sagital yaitu sebagai berikut:
  • Posisikan tubuh berdiri dan dengan sikap arah melangkah posisikan kedua kaki. Kaki kiri diposisikan di depan dan dibelakang terdapat kaki kanan untuk tumpuan berat badan. Pegang simpai di depan tubuh dengan teknik campuran.
  • Lalu simpai di putar ke atas kepala belakang ketika gerakan dilakukan, Di waktu yang bersamaan tumpuan berat badan di pindahkan ke kaki kiri.
  • Lakukan gerakan tersebut secara berulang dengan arah yang berlawanan.

Gerakan Variasi Memutar Simpai Arah Horizontal
Macam gerakan memutar simpai dalam senam irama selanjutnya ialah gerakan variasi memutar simpai arah horizontal. Adapun cara melakukan jenis gerakan memutar simpai dalam senam irama dengan arah horizontal yaitu sebagai berikut:
  • Posisikan tubuh berdiri dan rapatkan kedua kaki. Setelah itu pegang simpai di atas kepala secara horizontal menggunakan teknik pegangan luar.
  • Lalu simpai diputar ke kanan ketika gerakan dilakukan menggunakan tangan kiri. Kemudian putar lengan kanan ke arah kiri. Ketika lengan telah menyilang di depan kepala maka gerakan telah berakhir.
  • Lakukan gerakan tersebut secara berulang dengan arah yang berlawanan.
Demikianlah penjelasan mengenai macam macam gerakan memutar simpai dalam senam irama lengkap. Jenis jenis gerakan memutar simpai dalam senam irama terdiri dari gerakan memutar pada arah depan, gerakan memutar di belakang lengan, gerakan variasi memutar simpai arah sagital, dan gerakan variasi memutar simpai arah horizontal. Simpai merupakan salah satu jenis alat yang digunakan dalam olahraga senam irama. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan selamat mencoba.

Macam Macam Gerakan Memutar Simpai Dalam Senam Irama Lengkap Rating: 4.5 Diposkan Oleh: penjasorkes

0 komentar:

Posting Komentar