4 Macam Gerakan Memutar Simpai Senam Irama dan Cara Melakukannya

4 Macam Gerakan Memutar Simpai Senam Irama dan Cara Melakukannya - Senam irama merupakan salah satu materi. Kita bisa menjumpainya hampir di semua jenjang mulai dari SD sampai SMA sekalipun. Jenis senam satu ini memerlukan alat serta iringan musik sehingga memberikan kesan lebih estetik dari senam lainnya.

Simpai menjadi media sekaligus alat senam irama yang paling umum digunakan oleh atlet. Bentuknya bulat dan bertekstur keras layaknya hula hoop dengan tambahan corak yang lebih berwarna. Simpai memiliki ketebalan berkisar antara 8-12 mm, diameter 80-90 cm, dan berat 300 gram. Di tangan seorang ahli alat ini mampu menghasilkan gerakan yang dinamis ketika dipadukan iringan musik.

Variasi Gerakan Memutar Simpai dalam Olahraga Senam Irama

Ada berapa macam gerakan memutar simpai dalam senam irama? inilah yang sering ditanyakan siswa. Meski terdengar sederhana tapi tak semua hafal berbagai variasi gerakan senam irama. Padahal materi tersebut sebenarnya bisa kita temukan pada buku pedoman penjas maupun LKS. Selain itu, guru pun pasti telah mengajarkannya ketika kegiatan praktikum.

4 Macam Gerakan Memutar Simpai Senam Irama dan Cara Melakukannya

Senam adalah olahraga umum yang mulai diajarkan pada kita semenjak berada di bangku sekolah dasar. Selain menyehatkan, senam irama juga menyenangkan ketika dilakukan secara besama-sama. Kalian tak membutuhkan keterampilan khusus karena semua gerakan senam irama bisa dipelajari secara cepat dan otodidak. Meski demikian, atlet tetap memerlukan dua komponen utama yakni penggunaan alat dan irama musik.

Dalam konteks pendidikan siswa pun dituntut harus hafal gerakan serta teknik dasar yang baik dan benar. Tak sedikit yang gagal menjawab soal ujian karena tidak mengetahui seperti apa gerakan memutar simpai senam irama.
Baca juga : Bentuk Latihan Gerakan Mengayun Tali Dalam Senam Irama

Secara garis besar ada banyak sekali jenis senam irama jika ditinjau dari gerakan dan alat yang dipakai. Tapi, pada artikel kali ini saya ingin membahas lebih dalam berbagai macam gerakan memutar simpai pada senam irama. Diantaranya adalah gerakan memutar pada arah depan, gerakan memutar di belakang lengan, variasi memutar simpai arah sagital, dan gerakan variasi memutar simpai arah horizontal. 

Gerakan Memutar Arah Depan

Macam gerakan memutar simpai dalam senam irama yang pertama ialah gerakam memutar pada arah depan. Gerakan yang terkesan monoton membuatnya mudah untuk dikuasai karena kita hanya perlu memutar hula hoop sambil memperhatikan irama musik. Adapun cara melakukan jenis gerakan memutar simpai dalam senam irama dengan arah depan yaitu sebagai berikut:
  1. Posisikan tubuh berdiri dan membuka kedua kaki dengan lebar. Gunakan kedua tangan untuk memegang simpai pada sisi berlawanan menggunakan teknik pegangan luar.
  2. Ketika gerakan dilakukan, tumpuann berat badan dipindahkan ke kaki kiri. Arahkan simpai di atas kepala sebelah kiri sampai membentuk setengah lingkaran yang dibentuk oleh lengan kiri di depan dada. Lalu dengan posisi berlawanan gerakan dilakukan secara berulang.
  3. Lakukan gerakan tersebut beberapa kali secara berulang.

Gerakan Memutar di Belakang Lengan

Macam gerakan memutar simpai dalam senam irama selanjutnya ialah gerakam memutar di belakang lengan. Adapun cara melakukan jenis gerakan memutar simpai dalam senam irama yang arahnya di belakang lengan yaitu sebagai berikut:
  1. Posisikan tubuh berdiri dan rapatkan kedua kaki. Lalu rentangkan kedua tangan di samping badan. Gunakan tangan kanan untuk memegang simpai dan hadapkan telapak tangan ke depan.
  2. Simpai diputar ke belakang lengan ketika gerakan dilakukan dengan menggunakan ibu jari yang melingkar ke arah dalam. Kemudian hadapkan ke arah belakang saat putaran telapak tangan diakhiri. Selain itu gunakan tangan kiri untuk melakukan gerakan gerakan tersebut.
  3. Lakukan gerakan tersebut beberapa kali secara berulang.
Baca juga : 6 Contoh Senam Irama Beserta Penjelasan Lengkap

Gerakan Variasi Memutar Simpai Arah Sagital

Macam gerakan memutar simpai dalam senam irama selanjutnya ialah gerakan variasi memutar simpai arah sagital. Sagital sendiri bisa diartikan sebagai arah yang berlawanan. Jadi pilihan terletak pada kiri kanan atau depan belakang. Adapun cara melakukan jenis gerakan memutar simpai dalam senam irama dengan arah sagital yaitu sebagai berikut:
  1. Posisikan tubuh berdiri dan dengan sikap arah melangkah posisikan kedua kaki. Kaki kiri diposisikan di depan dan dibelakang terdapat kaki kanan untuk tumpuan berat badan. Pegang simpai di depan tubuh dengan teknik campuran.
  2. Lalu simpai di putar ke atas kepala belakang ketika gerakan dilakukan, Di waktu yang bersamaan tumpuan berat badan di pindahkan ke kaki kiri.
  3. Lakukan gerakan tersebut secara berulang dengan arah yang berlawanan.

Gerakan Variasi Memutar Simpai Arah Horizontal

Macam gerakan memutar simpai pada senam irama terakhir adalah variasi memutar simpai arah horizontal. Adapun cara melakukan jenis gerakan memutar simpai dalam senam irama dengan arah horizontal yaitu sebagai berikut:
  1. Posisikan tubuh berdiri dan rapatkan kedua kaki. Setelah itu pegang simpai di atas kepala secara horizontal menggunakan teknik pegangan luar.
  2. Lalu simpai diputar ke kanan ketika gerakan dilakukan menggunakan tangan kiri. Kemudian putar lengan kanan ke arah kiri. Ketika lengan telah menyilang di depan kepala maka gerakan telah berakhir.
  3. Lakukan gerakan tersebut secara berulang dengan arah yang berlawanan.
Demikianlah penjelasan mengenai macam macam gerakan memutar simpai dalam senam irama lengkap. Jenis jenis gerakan memutar simpai dalam senam irama terdiri dari gerakan memutar pada arah depan, gerakan memutar di belakang lengan, gerakan variasi memutar simpai arah sagital, dan gerakan variasi memutar simpai arah horizontal. Simpai merupakan salah satu jenis alat yang digunakan dalam olahraga senam irama. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan selamat mencoba.

Belum ada Komentar untuk "4 Macam Gerakan Memutar Simpai Senam Irama dan Cara Melakukannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel