Tugas Pemain Libero Bola Voli Beserta Pengertiannya Lengkap

Tugas Pemain Libero Bola Voli Beserta Pengertiannya Lengkap - Dalam setiap jenis olahraga pada dasarnya memiliki posisi pemain yang berbeda beda. Seperti halnya posisi pemain bola voli. Setiap posisi memiliki tugas yang berbeda beda demi mendukung sebuah tim untuk memenangkan pertandingan. Latas apa saja posisi pada permainan bola voli itu? Salah satu posisi permainan bola voli tersebut dapat berupa pemain libero. Apa pengertian pemain libero itu? Apa saja tugas pemain bola voli tersebut? Berdasarkan posisi dan formasi ketika bertanding, para pemain bola voli memiliki fungsi dan tugasnya masing masing. Hal ini dikarenakan pelatih telah mengarahkan berbagai hal yang dapat membuat permainan dilakukan dengan baik. Untuk itu posisi dalam permainan bola voli memang cukup penting untuk diketahui dan dipahami.

Bagi setiap pemain memang harus mengetahui tugasnya masing masing. Namun disisi lain juga harus menguasai teknik dasar bola voli yang tersedia, tidak terkecuali pemain libero. Teknik dasar permainan bola voli yang perlu dipelajari ialah teknik smash, passing maupun servis. Dengan begitu strategi yang diberikan oleh pelatih dapat diterapkan oleh masing masing pemain dengan baik. Sebelum menguasai teknik dasar voli ini, anda harus memahami tentang pengertian pemain libero dan tugas tugas pemain libero bola voli terlebih dahulu. Permainan bola voli sendiri pertama kali diciptakan pada tahun 1895 oleh William G. Morgan. Olahraga ini pada awalnya dinamakan dengan "Minitonette" hingga sampai sekarang namanya berubah menjadi Bola Voli.
Letak Posisi Dalam Permainan Bola Voli
Voli dimainkan oleh enam orang pemain yang berada di lapangan indoor maupun outdoor. Lapangan bola voli tersebut berukuran 18 x 9 meter, dimana net putri memiliki tinggi 2,24 meter dan net putra memiliki tinggi 2,43 meter. Seperti yang telah kita ketahui bahwa dalam permainan bola voli terdapat beberapa jenis posisi pemainnya. Setiap posisi memiliki fungsi dan tugasnya masing masing. Hal ini juga berlaku untuk pemain libero. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang tugas pemain libero bola voli beserta pengertian pemain libero lengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Tugas Pemain Libero Bola Voli Beserta Pengertiannya Lengkap

Libero dapat diartikan sebagai sebuah pemain bertahan atau pemain belakang dalam permainan bola voli. Tugas dari pemain libero sendiri ialah untuk menahan berbagai serangan dari lawan seperti pukulan smash yang mematikan, keras dan cepat. Pemilihan pemain libero pada dasarnya harus memperhatikan kualitas pemain ketika melakukan teknik passing, terutama passing bawah. Hal ini dikarenakan untuk mencari seorang pemain yang mampu menahan serangan lawan seperti smash yang cepat dan keras. Selain itu adapula yang mengartikan pemain libero sebagai jenis pemain bola voli yang bebas dan dinamis. Meski begitu pemain ini tidak diperbolehkan untuk melakukan smash, servis ataupun blocking. 
Pemain libero dalam pertandingan bola voli pada umumnya mengenakan kostum yang berbeda dengan teman setimnya. Hal ini dikarenakan kostum tersebut dijadikan penanda bahwa orang tersebut bertugas sebagai pemain libero. Pemain libero dapat disebut juga sebagai pemain defender. Pengertian pemain libero ialah pemain bertahan dalam permainan bola voli. Tugas pemain libero bola voli tersebut ialah untuk menahan serangan serangan yang dilakukan oleh lawan. Dengan begitu serangan lawan dapat ditahan ataupun dikembalikan lagi oleh pemain libero. Pemain libero juga memiliki aturan atau ketentuan khusus di dalamnya seperti:
  • Masing masing pemain yang letaknya di belakang dapat digantikan oleh pemain libero.
  • Pemain libero tidak diperkenankan untuk melakukan serangan seperti smash sehingga hanya menggantikan pemain belakang saja. 
  • Pemain libero tidak diperbolehkan melakukan servis maupun blocking. 
  • Jika letak bola lebih tinggi dibandingkan net maka pukulan tidak boleh dilakukan oleh pemain depan. Hal ini berlaku jika asal bola dari pemain libero yang mengumpan atau mengopernya dengan passing atas. Namun pemain depan bebas memukul bola dari umpan pemain libero yang dilakukan dengan passing bawah.
Seperti yang telah saya jelaskan di atas bahwa pemain libero dapat menggantikan pemain pemain yang posisinya ada di belakang. Namun untuk mengganti pemain tersebut tentunya terdapat beberapa aturan yang perlu ditaati. Adapun beberapa aturan pergantian pemain libero yaitu sebagai berikut:
  • Pemain libero dapat mengganti pemain secara tidak terbatas atau bebas keluar masuk lapangan, tetapi diantara pergantian itu harus direli atau diselingi.
  • Keluar masuknya pemain libero harus melewati garis samping lapangan yang berada di sekitar bangku cadangan bagian depan atau diantara garis belakang maupun garis serang.
  • Pemain libero dapat melakukan pergantian hanya saat bola mati karena servis dan sebelum pelulit ditiup oleh wasit 1. Selain itu pergantian ini juga dapat dilakukan ketika posisi pemain sedang dicek oleh wasit 2.
Baca juga : Latihan Fisik Permainan Bola Voli dan Penjelasannya Terlengkap
Selain pengertian pemain libero dan tugas pemain libero bola voli di atas. Adapula beberapa skill atau kemampuan yang harus dimiliki oleh pemain defender. Pemain libero diwajibkan memiliki beberapa skill seperti di bawah ini.
  • Mempunyai teknik dasar pertahanan yang sangat kuat.
  • Sangat baik teknik passing yang dimilikinya, baik passing bawah maupun passing atas.
  • Mempunyai kelincahan dan kekuatan penahanan yang baik untuk menjaga serangan lawan, baik berupa smash mematikan maupun servis yang keras.
Demikianlah penjelasan mengenai tugas pemain libero bola voli beserta pengertian pemain libero lengkap. Pemain libero merupakan pemain bertahan atau pemain belakang dalam permainan bola voli untuk menahan serangan serangan yang berasal dari lawan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini. 

Belum ada Komentar untuk "Tugas Pemain Libero Bola Voli Beserta Pengertiannya Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel