Tugas Pemain Libero Bola Voli Beserta Pengertiannya Lengkap

Tugas Pemain Libero Bola Voli Beserta Pengertiannya Lengkap - Bola volly merupakan salah satu olahraga yang menuntut kerjasama solid dari para pemainnya. Menguasai teknik dasar tak serta merta membuat kita bisa memenangkan pertandingan dengan mudah. Ada beberapa aspek lain yang harus diketahui seperti menyusun strategi, mengatur formasi, dan lain sebagainya.

Sebagai mana kita ketahui bahwa setiap pemain memiliki posisi serta tugas yang berbeda beda. Ada yang bertugas melakukan service, blocking, spike, tosser dan mengumpan bola. Meski tak banyak disebut tapi posisi libero memiliki peran signifikan dalam permainan. Pemain yang ditunjuk untuk mengisi posisi tersebut pun tak boleh sembarangan.

Letak Posisi Dalam Permainan Bola Voli

Apa saja tugas pemain libero bola voli? pertanyaan ini sebenarnya sering diajukan oleh siswa. Bahkan istilah yang terdengar asing membuat banyak orang tak tau apa itu libero. Meski sudah berkali-kali dijelaskan tapi kenyataanya masih bakyak siswa kesulitan saat diberi pertanyaan demikian. Oleh karenanya saya ingin memberikan penjabaran seperti apa tugas pemain libero.

Tugas Pemain Libero Bola Voli Beserta Pengertiannya Lengkap

Bola volly menjadi salah satu olahraga yang cukup banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan tingginya antusiasme masyarakat untuk memainkannya di waktu senggang. Mulai dari kalangan orang dewasa sampai terpelajar pun juga gemar menyaksikan pertandingan voli. Berbagai event perlombaan pun juga terus digalakan sebagai bentuk dedikasi untuk olahraga bola besar tersebut.

Dalam konteks pendidikan, kita bisa menjumpai materi bola hampir di semua jenjang. Faktanya guru penjas pun mulai mengajarkanya pada siswa bahkan semenjak berada di bangku sekolah dasar. Cakupan pembahasan tentang teknik dasar dan peraturanya pun begitu familiar untuk siswa. Pasalnya tak sedikit materi tersebut muncul sebagai butir soal ketika ujian.

Memahami posisi serta tugas dari masing-masing pemain juga memberikan pengaruh besar ketika pertandingan. Inilah alasan mengapa kita harus tau apa tugas pemain libero bola basket secara terperinci. Oleh karenanya, pada artikel kali ini saya ingin membahas lebih dalam tentang betapa vitalnya posisi tersebut.

Apa Itu Libero

Hampir semua orang suka menonton atau bahkan memainkan olahraga volly ketika senggang. Meski demikian tak semua tau definisi pemain libero dalam formasi bola voli. Dalam konteks pendidikan guru pun tak terlalu banyak membahas tugas pemain libero secara teori karena terlalu berfokus pada kegiatan praktikum.

Meski demikian kalian tetap wajib mempelajarinya karena baik tugas, serta pengertian libero sudah pasti muncul sebagai soal ujian. Maka dari itu penting kiranya kita sebagai siswa mengetahui apa itu posisi libero, peran, serta kontribusinya bagi tim.

Libero mengacu pada posisi pemain bertahan atau pemain belakang dalam permainan bola voli. Tugas dari pemain libero sendiri ialah untuk menahan berbagai serangan dari lawan seperti pukulan smash yang mematikan, keras dan cepat. Pemilihan posisi libero pada dasarnya harus memperhatikan kualitas pemain ketika melakukan teknik passing, terutama passing bawah.

Hal ini dikarenakan untuk mencari seorang pemain yang mampu menahan serangan lawan seperti smash yang cepat dan keras. Selain itu adapula yang mengartikan pemain libero sebagai jenis pemain bola voli yang bebas dan dinamis. Meski begitu pemain ini tidak diperbolehkan untuk melakukan smash, servis ataupun blocking. 
Pemain libero dalam pertandingan bola voli pada umumnya mengenakan kostum yang berbeda dengan teman setimnya. Hal ini dikarenakan kostum tersebut dijadikan penanda bahwa orang tersebut bertugas sebagai pemain libero. Pemain libero dapat disebut juga sebagai pemain defender. Pengertian pemain libero ialah pemain bertahan dalam permainan bola voli.

Tugas pemain libero bola voli adalah menahan semua serangan yang dilakukan oleh lawan. Dengan begitu serangan lawan dapat ditahan ataupun dikembalikan lagi oleh pemain libero. Pemain libero juga memiliki aturan atau ketentuan khusus di dalamnya seperti:
  1. Masing masing pemain yang letaknya di belakang dapat digantikan oleh pemain libero.
  2. Pemain libero tidak diperkenankan untuk melakukan serangan seperti smash sehingga hanya menggantikan pemain belakang saja. 
  3. Pemain libero tidak diperbolehkan melakukan servis maupun blocking. 
  4. Jika letak bola lebih tinggi dibandingkan net maka pukulan tidak boleh dilakukan oleh pemain depan. Hal ini berlaku jika asal bola dari pemain libero yang mengumpan atau mengopernya dengan passing atas. Namun pemain depan bebas memukul bola dari umpan pemain libero yang dilakukan dengan passing bawah.

Peraturan Pergantian Posisi Pemain

Seperti yang telah saya jelaskan di atas bahwa pemain libero bola voli dapat menggantikan line up posisi belakang. Ketika terjadi pergantian posisi pemain maka kita harus tau terlebih dahulu peraturanya. Materi ini pun sebenarnya juga sudah dijelaskan dalam buku pelajaran penjaskes. Jika kebetulan kalian belum mengetahuinya maka simaklah beberapa peraturan pergantian pemain libero berikut:
  • Pemain libero dapat mengganti pemain secara tidak terbatas atau bebas keluar masuk lapangan, tetapi diantara pergantian itu harus direli atau diselingi.
  • Keluar masuknya pemain libero harus melewati garis samping lapangan yang berada di sekitar bangku cadangan bagian depan atau diantara garis belakang maupun garis serang.
  • Pemain libero dapat melakukan pergantian hanya saat bola mati karena servis dan sebelum pelulit ditiup oleh wasit 1. Selain itu pergantian ini juga dapat dilakukan ketika posisi pemain sedang dicek oleh wasit 2.
Baca juga : Latihan Fisik Permainan Bola Voli dan Penjelasannya Terlengkap

Kriteria Pemain Libero

Tak semua atlet bisa sesuka hati mengisi posisi krusial tersebut. Pelatih pun biasanya akan mempertimbangkan berbagai aspek mulai dari fisik, stamina, kemampuan analisa, dll untuk memilih posisi libero. Menguasai teknik dasar pertahanan yang baik dan benar menjadi salah satu kunci utama untuk mengisi posisinya.

Nah, setelah membaca pengertian serta tugas pemain libero bola voli di atas. Ada baiknya kalian simak beberapa kriteria yang harus terpenuhi pada penjelasan di bawah:
  1. Mempunyai teknik dasar pertahanan yang sangat kuat.
  2. Sangat baik teknik passing yang dimilikinya, baik passing bawah maupun passing atas.
  3. Mempunyai kelincahan dan kekuatan penahanan yang baik untuk menjaga serangan lawan, baik berupa smash mematikan maupun servis yang keras.
Berdasarkan penjelasan di atas tentunya anda telah memahami apa tugas pemain libero dalam permainan bola voli tersebut. Pemain libero tersebut memiliki tugasnya sendiri dalam olahraga voli. Selain pemain libero sebenarnya masih adapula pemain lainnya yang juga berperan penting dalam olahraga voli tersebut.
Demikianlah penjelasan mengenai tugas pemain libero bola voli beserta pengertian pemain libero lengkap. Pemain libero merupakan pemain bertahan atau pemain belakang dalam permainan bola voli untuk menahan serangan serangan yang berasal dari lawan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini. 

Posting Komentar untuk "Tugas Pemain Libero Bola Voli Beserta Pengertiannya Lengkap"