Cara Melakukan Teknik Dasar Lompat Tinggi Gaya Flop

Advertisement

Cara Melakukan Teknik Dasar Lompat Tinggi Gaya Flop - Lompat tinggi adalah salah satu cabang olahraga atletik nomor lompat yang bertujuan untuk melewati tiang mistar. Olahraga lompat tinggi tersebut menggunakan kekuatan otot kaki dan otot perut. Dalam lompat tinggi terdapat tiang mistar yang harus dilewati dengan tinggi sekitar 2,5 meter dan panjang 3,15 meter. Dalam olahraga tersebut dapat menggunakan beberapa gaya di dalamnya. Salah satunya ialah gaya flop lompat tinggi. Lantas bagaimana cara melakukan teknik dasar lompat tinggi gaya flop? Pelaksanaan lompat tinggi tidak memerlukan alat bantu olahraga dan dilaksanakan dalam lapangan atletik.

Gerakan Lompat Tinggi Gaya Flop
Secara umum lompat tinggi bertujuan untuk mencapai lompatan setinggi mungkin yang dapat diraih oleh pelompat. Teknik dasar dalam lompat tinggi pada dasarnya hampir sama dengan teknik dasar lompat jauh sepert teknik awalan (ancang ancang), teknik tumpuan dan tolakan, teknik melewati mistar dan teknik pendaratan. Selain itu pelompat juga harus memperhatikan sikap tubuh ketika melewati mistar agar titik berat badan dapat diangkat atau dibawa dengan ketinggian yang maksimal. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara melakukan teknik dasar lompat tinggi gaya flop. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Cara Melakukan Teknik Dasar Lompat Tinggi Gaya Flop

Sebelum menjelaskan tentang teknik dasar lompat tinggi gaya flop. Saya akan menjelaskan sedikit mengenai lompat tinggi terlebih dahulu. Pada umumnya cara melakukan lompat tinggi ialah bergerak lompat ke atas dimana kaki diangkat ke depan atas agar titik berat badan dapat dibawa dengan ketinggian maksimal dan secepat mungkin dapat mendarat. Pendaratan lompat tinggi tersebut berada di tempat atau box yang tersedia. Biasanya tempat tersebut berasal dari busa sehingga resiko cidera dapat dikurangi dan lebih nyaman ketika mendarat. Teknik lompat tinggi gaya fosbury Flop menurut pendapat Gerry A. Carr telah menggantikan teknik straddle. Hal ini dikarenakan dengan menggunakan gaya flop ini, para pelompat dapat membuat lengkungan punggung yang tajam ketika palang gantung dilewati. Untuk itu penghalang (palang gantung) tidak dapat tersentuh ketika melompat menggunakan lengkungan punggung tersebut.
Baca juga : Teknik Dasar Lompat Tinggi Yang Baik dan Benar
Dengan latihan yang baik dan rutin maka para pelompat dapat mencapai tingkat fleksibilitas tersebut. Sikap tubuh yang tepat ketika palang dilewati dengan fase lompat tinggi gaya flop, dimana titik berat tubuh diangkat setinggi tingginya. Di bawah ini terdapat penjelasan mengenai cara melakukan lompat tinggi gaya flop yang benar yaitu sebagai berikut:

Teknik Awalan (Ancang Ancang)
Teknik dasar lompat tinggi gaya flop yang pertama ialah teknik awalan atau ancang ancang. Adapun cara melakukan teknik awalan lompat tinggi gaya flop yaitu meliputi:
  • Lakukan awalan dengan berlari lurus sebagian dan sebagian lagi berlari dengan melengkung.
  • Pada bagian berlari lurus dilakukan dengan 3 - 6 langkah. Dalam hal ini badan ditegakkan ketika berlari lurus.
  • Kemudian kecepatan pada berlari ancang ancang ditambahkan dengan kekuatan penuh dan langkah yang lebar.
  • Setelah itu berlari secara melengkung, dimana posisi badan dicondongkan ke dalam. Rendahkan bahu pada bagian lengkung sedikit dibandingkan bahu pada bagian lengkungan luar.
  • Kemudian kecepatan lari ancang ancang terus ditambahkan sehingga setiap langkahnya terdapat kekuatan yang penuh. Lalu pada langkah terakhir lakukan penekanan khusus untuk mendorongnya dengan kuat.

Teknik Tolakan
Teknik dasar lompat tinggi gaya flop selanjutnya ialah teknik tolakan. Adapun cara melakukan teknik tolakan lompat tinggi gaya flop yaitu meliputi: 
  • Pada ancang ancang terdapat langkah akhir yang lebih pendek. Lakukan pendaratan kaki yang bertolak dengan cepat disertai gerakan percepatan. Arahkan jari jari kaki menuju posisi mendatar. Dalam gerakan ini bagian depan tempat pendaratan tidak harus diparalelkan dengan posisi kaki.
  • Paha kaki dapat dinaikkan dengan bebas dan arahkan ke posisi horizontal secara cepat serta posisi ini dipertahankan. Kemudian lengan diayun ke atas setinggi kepala dan tetap berada dalam posisi ini. Lalu sendi kaki, sendi panggul dan lutut diluruskan.
Baca juga : Macam Macam Gaya Lompat Tinggi Beserta Cara Melakukannya
Teknik Melewati Mistar
Teknik dasar lompat tinggi gaya flop selanjutnya ialah teknik melewati mistar. Adapun cara melakukan teknik melewati mistar lompat tinggi gaya flop yaitu meliputi: 
  • Setelah teknik tolakan dilakukan kemudian dilanjutkan dengan sikap kaki bebas yang dipelihara dalam keadaan horizontal. Namun tetap luruskan kaki yang digunakan untuk bertolak tadi.
  • Lengan kiri digunakan untuk melakukan gerakan pendahuluan setelah mistar lompat dilewati.
  • Pinggang diangkat naik lebih tinggi saat mistar dilewati.
  • Jika mistar telah dilewati oleh pinggang, maka kepala di tarik menuju dada dan kaki diluruskan,

Teknik Pendaratan
Teknik dasar lompat tinggi gaya flop selanjutnya ialah teknik pendaratan. Adapun cara melakukan teknik pendaratan lompat tinggi gaya flop yaitu meliputi: 
  • Seluruh punggung didaratkan dengan bantuan lengan sehingga ketika mendarat posisinya tetap terpisah dengan lutut.
Sekian penjelasan mengenai cara melakukan teknik dasar lompat tinggi gaya flop. Gaya Fosbury Flop ialah salah satu gaya dalam lompat tinggi yang menggunakan awalan sedikit melingkar atau menikung dan cepat. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan selamat mencoba.

Cara Melakukan Teknik Dasar Lompat Tinggi Gaya Flop Rating: 4.5 Diposkan Oleh: penjasorkes

0 komentar:

Posting Komentar