Teknik Dasar Lompat Tinggi Gaya Flop (Awalan, Tolakan, Pendaratan)

Teknik Dasar Lompat Tinggi Gaya Flop (Awalan, Tolakan, Pendaratan) - Ada berbagai macam gaya yang dipakai ketika perlombaan lompat tinggi. Masing-masing tentunya memiliki gerakan awalan, tolakan, dan pendaratan yang berbeda satu sama lain. Secara garis besar olahraga satu ini sangat mengandalkan kekuatan pada otot kaki dan perut.


Teknik dasar lompat tinggi gaya flop
Gerakan Lompat Tinggi Gaya Flop

Dalam konteks pendidikan, materi tersebut bisa kita jumpa hampir di semua jenjang khususnya SMA. Di lain sisi, guru pun pasti memberikan pembelajaran secara teori maupun praktek. Penyebabnya tak lain karena teknik dasar lompat tinggi sering muncul sebagai butir soal ujian. Meski demikian masih banyak siswa kurang memahami cara melakukan lompat tinggi gaya flop maupun yang lainnya.

Apakah kalian tau teknik dasar gaya flop? pertanyaan ini sering diajukan ketika kita berada di bangku SMA. Pada dasarnya, setiap tahap lompat tinggi gaya flop sama saja dengan gaya lainnya. Atlet harus melakukan teknik awalan terlebih dulu dan memperhitungkan ritme langkah. Lalu dilanjutkan tahap tolakan sampai akhirnya melakukan pendaratan.

Teknik Dasar Lompat Tinggi Gaya Flop (Awalan, Tolakan, Pendaratan)

Teknik dasar lompat tinggi gaya flop menurut saya pribadi cukup berbahaya. Pelompat yang tak benar-benar menguasai setiap tahapan bisa berakhir dengan cidera punggung maupun kepala. Pada dasarnya lompat tinggi tak serta merta diukur dari tingginya kita melompat ke atas. Melainkan ada teknik khusus yang menjadi acuan atau parameter penilaian ketika perlombaan.

Kaki diangkat ke depan atas agar titik berat badan dapat dibawa dengan ketinggian maksimal dan secepat mungkin dapat mendarat. Pendaratan lompat tinggi berada di tempat atau box yang tersedia. Biasanya tempat tersebut berasal dari busa sehingga resiko cidera dapat dikurangi dan lebih nyaman ketika mendarat.
Baca juga : Teknik Dasar Lompat Tinggi Yang Baik dan Benar
Teknik lompat tinggi gaya fosbury Flop menurut pendapat Gerry A. Carr telah menggantikan teknik straddle. Ketika melakukan lopat tinggi gaya flop atlet dapat membuat lengkungan punggung yang tajam ketika palang gantung dilewati. Untuk itu penghalang (palang gantung) tidak dapat tersentuh ketika melompat menggunakan lengkungan punggung tersebut.

Teknik Awalan Gaya Flop

Mengambil ancang-ancang merupakan bagian dari tahap awalan lompat tinggi yang sangat penting. Tanpanya, kita tak akan bisa melakukan tolakan untuk melewati mistar sesuai ketentuan. Kalian bisa mempelajari setiap gerakannya baik secara teori dari LKS maupun praktikum.

Pada dasarnya, teknik dasar lompat tinggi gaya flop pada fase ini sama saja dengan gaya lainnya. Pasalnya, perbedaan gaya sebenarnya terjadi ketika kita hendak melakukan tolakan sampai pendaratan. Oleh karenanya, simaklah cara melakukan awalan di bawah:
  1. Lakukan awalan dengan berlari lurus sebagian dan sebagian lagi berlari dengan melengkung.
  2. Pada bagian berlari lurus dilakukan dengan 3 - 6 langkah. Dalam hal ini badan ditegakkan ketika berlari lurus.
  3. Kemudian kecepatan pada berlari ancang ancang ditambahkan dengan kekuatan penuh dan langkah yang lebar.
  4. Setelah itu berlari secara melengkung, dimana posisi badan dicondongkan ke dalam. Rendahkan bahu pada bagian lengkung sedikit dibandingkan bahu pada bagian lengkungan luar.
  5. Kemudian kecepatan lari ancang ancang terus ditambahkan sehingga setiap langkahnya terdapat kekuatan yang penuh.
  6. Lalu pada langkah terakhir lakukan penekanan khusus untuk mendorongnya dengan kuat.

Teknik Tolakan Gaya Flop

Sebagai atlet kita harus menciptakan lompatan setinggi mungkin sehingga bisa melewati mistar. Mempelajari cara melakukan tolakan yang baik dan benar menjadi kunci utama suksesnya tahap satu ini. Memang terdengar mudah, tapi faktanya masih banyak siswa gagal paham ketika diminta menjelaskan teknik dasar gaya flop.

Perbedaan antara teknik dasar lompat tinggi gaya flop dan lainnya terletak pada cara kita melakukan tolakan. Secara garis besar, kita bisa menjumpai pembahasannya secara teori dari buku LKS. Jika kalian ingin berlatih, maka sangat saya sarankan untuk meminta bantuan guru terlebih dulu.
  1. Pada ancang ancang terdapat langkah akhir yang lebih pendek.
  2. Lakukan pendaratan kaki yang bertolak dengan cepat disertai gerakan percepatan.
  3. Arahkan jari jari kaki menuju posisi mendatar. Dalam gerakan ini bagian depan tempat pendaratan tidak harus diparalelkan dengan posisi kaki.
  4. Paha kaki dapat dinaikkan dengan bebas dan arahkan ke posisi horizontal secara cepat serta posisi ini dipertahankan.
  5. Kemudian lengan diayun ke atas setinggi kepala dan tetap berada dalam posisi ini. Lalu sendi kaki, sendi panggul dan lutut diluruskan.
Baca juga : Macam Macam Gaya Lompat Tinggi Beserta Cara Melakukannya

Teknik Melewati Mistar

Salah satu poin krusial teknik dasar lompat tinggi gaya flop menurut saya adalah ketika hendak melewati mistar. Gerakan yang tak dilakukan secara hati-hati bisa membuat kita mengalami cidera serius. Pasalnya, kalian harus melompat dengan cara membelakangi mistar. Maknanya, bagian badan yang akan menyentuh matras pertama kali adalah punggung.

Maka dari itu, kalian harus mempelajari teknik dasar gaya flop untuk meminimalisir resiko cidera. Setelah melakukan beberapa latihan intens maka kalian akan mencapai titik dimana tubuh sangat fleksibel. Nah, simaklah beberapa gerakan serta poin di bawah:
  1. Setelah teknik tolakan dilakukan kemudian dilanjutkan dengan sikap kaki bebas yang dipelihara dalam keadaan horizontal. Namun tetap luruskan kaki yang digunakan untuk bertolak tadi.
  2. Lengan kiri digunakan untuk melakukan gerakan pendahuluan setelah mistar lompat dilewati.
  3. Pinggang diangkat naik lebih tinggi saat mistar dilewati.
  4. Jika mistar telah dilewati oleh pinggang, maka kepala di tarik menuju dada dan kaki diluruskan,

Teknik Pendaratan

Teknik dasar lompat tinggi gaya flop berlanjut pada fase pendaratan dimana kalian harus memposisikan punggung dengan benar. Jika kebetulan kalian mendapat pertanyaan bagaimana cara mendarat gaya flop maka simaklah penjelasan berikut: 
  1. Bagian pertama yang menyetuh matras adalah punggung.
  2. Posisikan lengan agak ke bawah untuk menopang dan menjaga keseimbangan.
  3. Jangan sampai lengan atau tengan bersentuhan dengan lutut.
Sekian penjelasan mengenai cara melakukan teknik dasar lompat tinggi gaya flop. Gaya Fosbury Flop ialah salah satu gaya dalam lompat tinggi yang menggunakan awalan sedikit melingkar atau menikung dan cepat. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan selamat mencoba.

Belum ada Komentar untuk "Teknik Dasar Lompat Tinggi Gaya Flop (Awalan, Tolakan, Pendaratan)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel