Cara Mengoper Bola Dalam Permainan Sepak Bola

Cara Mengoper Bola Dalam Permainan Sepak Bola - Sepak bola adalah salah satu hobi atau permainan yang banyak digemari masyarakat Indonesia. Permainan ini tidak hanya digemari oleh kaum laki laki saja namun juga disukai kaum perempuan, baik muda hingga tua. Di Indonesia pertama kali diadakan liga sepak bola pada tahun 1930an. Bahkan di Indonesia juga berdiri organisasi PSSI atau Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia. Karena banyak masyarakat yang antusias dengan permainan sepak bola ini, maka banyak juga yang mempelajari teknik sepak bola.

Dalam permainan sepak bola pada umumnya terdapat beberapa jenis teknik dasar. Teknik dasar sepak bola tersebut yaitu teknik mengoper bola, teknik menghentikan bola, teknik menendang bola dan sebagainya. Salah satu teknik sepak bola yang harus dikuasai adalah cara mengoper bola. Apa itu mengoper bola? Mengoper bola adalah pemberian bola yang dilakukan dari pemain satu ke pemain lainnya. Cara melakukan teknik mengoper bola dapat dilakukan dengan menggunakan kaki ataupun kepala.

Teknik pengoperan bola tersebut berhubungan dengan bagian bagian penyusun tubuh seperti otot, sendi dan sebagainya. Kita tidak hanya belajar cara melakukan teknik mengoper bola saja, namun juga memahami jenis sendi apa yang berguna untuk melakukan teknik tersebut. Bagian tubuh yang dapat mengoper bola adalah bagian kaki. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara mengoper bola dalam permainan sepak bola. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak artikel di bawah ini.

Cara Mengoper Bola Dalam Permainan Sepak Bola

Seperti yang kita tahu bahwa gerakan mengoper bola biasanya berhubungan dengan pergelangan kaki, sendi pinggul dan lutut. Bagian bagian tubuh yang terlibat dengan gerakan mengoper bola ini memang cukup banyak. Teknik mengoper bola yang akan saya bahas ini memang sangat penting untuk dipelajari sebelum melakukan permainan sepak bola di lapangan. Dengan adanya teknik tersebut diharapkan bola dapat dioper ke teman lain dengan benar.

Mengoper bola sering disebut dengan istilah mengumpan atau menyodorkan bola. Cara mengoper bola ini memang terlihat mudah, tetapi pelaksanaannya harus benar agar pemain yang dituju dapat menjangkau bola sepaknya. Apakah anda tahu tujuan mengoper bola?

Dalam permainan sepak bola, teknik mengoper bertujuan untuk memberikan bola kepada teman satu timnya. Teknik mengoper bola merupakan salah stau teknik dasar sepak bola yang cukup penting. Maka dari itu penting sekali bagi kita untuk mempelajarinya. Di bawah ini terdapat penjelasan mengenai cara mengoper bola dalam permainan sepak bola yaitu sebagai berikut:

Dengan Kaki Bagian Dalam

Biasanya teknik mengoper dengan kaki bagian dalam banyak diterapkan oleh para pemain saat akan memberi umpan dengan jarak dekat kepada pemain lainnya. Teknik yang diterapkan juga lebih mudah menggunakan kaki bagian dalam. Di bawah ini terdapat cara melakukan teknik sepak bola dengan kaki bagian dalam yaitu sebagai berikut:
  • Langkah pertama badan diposisikan berdiri di belakang bola.
  • Letakkan kaki tumpuan di sisi samping bola.
  • Kemudian kaki yang lain ditarik ke belakang dan pergelangan kaki diputar ke sisi luar.
  • Kaki diayunkan mengarah ke bola hingga perkenaannya tepat di bagian sisi kaki dalam seperti mata kaki bagian dalam sampai ibu jari.
  • Ukur kekuatan kaki saat berayun sesuai dengan jarak umpan yang dituju.
Cara Mengoper Bola Dalam Permainan Sepak Bola
Mengoper Dengan Kaki Bagian Dalam

Dengan Kaki Bagian Luar

Cara mengoper bola selanjutnya yaitu menggunakan kaki bagian luar. Teknik mengoper bola ini dapat dilakukan dengan cara seperti berikut:
  • Tarik kaki yang digunakan untuk menendang ke arah belakang ketika bola datang.
  • Pandangan mata diarahkan ke bola.
  • Ketika jarak bola sudah mencapai jangkauan, maka ayunkan kaki segera ke arah bola dengan cara pergelangan kaki diputar ke dalam sehingga bola dapat terkena kaki bagian luar.
  • Kemudian bola dapat ditendang menggunakan kontrol kekuatan sesuai dengan jarak pemain yang akan diberikan operan.
 
Cara Mengoper Bola Dalam Permainan Sepak Bola
Mengoper Dengan Kaki Bagian Luar

Dengan Punggung Kaki

Cara melakukan teknik mengoper bola dapat dilakukan dengan memberi bola menggunakan tendangan kuat menuju pemain yang jaraknya cukup jauh. Adapun cara melakukan teknik tersebut yaitu:
  • Pandangan mata diarahkan menuju datangnya bola.
  • Tarik kaki ke belakang ketika letak bola dalam jangkauan dan ayunkan secara cepat ke depan dengan menarik pergelangan kaki ke arah belakang. 
  • Tendang bola menggunakan kaki bagian punggung yakni bagian atas telapak kaki serta arahkan bola menuju sasaran.
Cara Mengoper Bola Dalam Permainan Sepak Bola
Mengoper Dengan Punggung Kaki
Demikianlah penjelasan mengenai cara mengoper bola dalam permainan sepak bola. Mengoper bola merupakan memindahkan bola dari pemain yang satu ke pemain lainnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengoper Bola Dalam Permainan Sepak Bola"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel