6 Teknik Dasar Tenis Meja, Ukuran Lapangan, dan Gambarnya

6 Teknik Dasar Tenis Meja, Ukuran Lapangan, dan Gambarnya - Penjas merupakan mapel yang populer dan disukai karena banyak materi berbalut permainan di dalamnya. Setiap jenis olahraga tersebut memiliki teknik serta peraturan yang berbeda beda. Salah satunya adalah olahraga tenis meja yang notabennya mulai diajarkan pada siswa bahkan semenjak berada di bangku SD. Aturan serta teknik dasar tenis meja yang mudah dimengerti membuatnya banyak digemari oleh masyarakat.

Mempelajari materi tenis meja secara teoritis memang sudah menjadi kewajiban setiap siswa. Permainan bola kecil satu ini dilaksanakan di atas media meja dengan net di tengahnya. Sedangkan ukuran lapangan tenis meja internasional dan nasional memiliki skala yang sama. Masyarakat Indonesia sendiri lebih familiar menyebutnya sebagai olahraga ping pong.

Pekan olahraga nasional menjadi wadah pertama turnamen tenis meja yang diselenggarakan di kota Solo. Secara garis besar, pemain memerlukan pemahaman teknik dasar tenis meja yang baik agar bisa meraih kemenangan. Sedangkan teknik ping pong sendiri bisa dibagi menjadi beberapa jenis. Mulai dari teknik memegang bet atau raket sampai teknik pukulan yang dilakukan pada awal pertandingan.

6 Teknik Dasar Tenis Meja, Ukuran Lapangan, dan Gambarnya

Pernahkah kalian melihat gambar lapangan tenis meja dan ukurannya? Menurut survey hanya sedikit siswa yang hafal tentang materi ping pong. Meski seluruh penjelasan lengkapnya sudah tertulis rapi di buku pedoman penjas tapi faktanya masih banyak yang tak tau ketika ditanya ukuran lapangan tenis meja. Padahal dalam beberapa kesempatan materi tersebut sering muncul sebagai butir soal ujian yang cukup menjebak.

Sudah menjadi kewajiban kita sebagai siswa untuk menghafal teknik dasar tenis meja sebagai bagian dari pembelajaran penjas. Tak hanya menghafal teorinya tapi kalian dituntut harus mampu menguasai berbagai tekniknya juga. Guru pun biasanya juga akan membekali siswa melalui penjelasan tentang apa itu ping pong dan bentuk gambar lapangan tenis meja itu sendiri.

Tapi faktanya masih banyak siswa yang terkadang salah dalam menjelasakannya. Sebut saja ketika diminta membedakan cara memegang bet snakehand dan penholding. Atau ketika diminta menyebutkan urutan langkah teknik dasar servis dan smash pada permainan tenis meja. Oleh karenanya dala artikel ini saya ingin membahas lebih dalam tentang teknik dasar tenis meja yang wajib kita kuasai.

Sejarah Tenis Meja

Pengertian tenis meja/pingpong ialah salah satu permainan olahraga yang dilakukan oleh pemain tunggal (dua orang) maupun ganda (empat orang) yang berlawanan. Tenis meja dimainkan dengan menggunakan raket yang berbahan dasar papan kayu kemudian dilapisi oleh karet. Karet tersebut bernama bet.

Adapula bola pingpong serta lapangan tenis meja yang berbentuk seperti meja. Di negara Indonesia terdapat organisasi induk tenis meja yang bernama PTMSI  atau Persatuan Tenis meja di Indonesia. Sedangkan untuk organisasi tenis meja bertaraf dunia memiliki nama ITTF atau International Table Tenis Federation.
Baca juga : Teknik Dasar Lompat Galah Beserta Ukuran Lapangannya
Dalam pengertian tenis meja juga dijelaskan mengenai sejarahnya. Permainan tenis meja pertama kali diperkenalkan pada abad ke 19 di negara Inggris. Namun pada saat itu namanya belum tenis meja melainkan whiff whoff, pingpong maupun gossima. Baru setelah beberapa waktu diganti menjadi tenis meja. Pada tahun 1901 diselenggarakan sebuah pertandingan tenis meja.

Pada tahun itulah menjadi awal terkenalnya olahraga ini. Kemudian pada tahun 1902, diterbitkan sebuah buku yang berisi tentang olahraga tenis meja beserta pertandingan tidak resminya. Namun permainan tenis meja pernah dilaran dinegara Rusia pada tahun 1900an. Hal tersebut dikarenakan tenis meja dianggap dapat memberikan dampak negatif terhadap penglihatan.

Di negara Inggris terdapat organisasi tenis meja yang bernama TTA atau Asosiasi Tenis Meja. Kemudian pada tahun 1926 dibuatlah versi dunia dengan nama ITTF atau Federasi Tenis Meja Internasional. Perlombaan tenis meja tingkat dunia resmi diselenggarakan pertama kali di kota London pada tahun 1926. Dalam hal ini belum ada spesifikasi pengertian tenis meja secara umum.

Berdasarkan pendapat Edgar Snow bahwa permainan tenis meja yang berasal dari Inggris memiliki keganjilan. Ia mengemukakan pendapatnya di Red Star Over China pada tahun 1930. Setelah itu pada tahun 1950an, alat raket yang telah dilapisi karet ditambahkan lapisan spons dibagian luarnya. Penambahan ini membuat perputaran bola tenis menjadi lebih cepat serta membuat perubahan permainan yang dramastis. Pada tahun 1988, olahraga tenis meja mulai diperkenalkan menjadi cabang perlombaan yang bertaraf Olimpiade.

Teknik Memegang Bet

Setiap pemain memerlukan penguasaan teknik dasar tenis meja yang baik untuk memenangkan pertandingan. Dalam prakteknya, ada beberapa unsur serta aspek yang harus kalian pahami terlebih dahulu sebelum mulai bermain, misalnya teknik memegang bet. Meski terdengar sepele tapi faktanya tak semua tau cara memegang bet tenis meja yang benar.

Padahal pemahaman tersebut mampu memberikan dampak cukup signifikan pada pola penyerangan dan pertahanan yang akan kita lakukan. Bahkan, menurut saya sendiri teknik memegang bet menjadi skill dasar untuk menguasai berbagai teknik lain seperti smash, service, maupun mengembalikan bola. Maka dari itu simaklah penjelasan terkait cara memegang bet pemukul di bawah.

Cara memegang bet tenis meja
Cara memegang bet tenis meja

Teknik dasar memegang bet tenis meja (ping-pong) menjadi modal awal para pemain untuk bisa menguasai olahraga satu ini. Setelah mengerti bagaimana cara melakukan serta pengertiannya maka barulah pemain bisa lanjut ke mater selanjutnya. Teknik memegang bet dapat dilakukan dengan tiga cara yaitu penhold grip, seemiller grip maupun shakehand grip. Berikut penjelasannya :

Teknik Memegang Bet Snakehand Grip

Snakehand merupakan istilah yang diambil dari gambaran memegang ular. Maknanya kalian memegang bet layaknya sedang memegang kepala ular. Teknik dasar tenis meja ini berfungsi untuk pemain profesional yang populer di negara negara Eropa. Teknik memegang bet ini memiliki keunggulan yaitu dapat menggunakan kedua sisi pada bet.

Teknik Memegang Bet Penhold Grip

Lain halnya dengan penhold yang memiliki gerakan menyerupai sedang memegang tangkai pena.
Teknik dasar tenis meja ini dapat disebut Asia Grip. Hal tersebut dikarenakan banyak sekali pemain profesional dari Asia yang menggunakan teknik memegang bet ini. Pada teknik ini, pemain hanya bisa menggunakan satu sisi bet saja. Tapi menurut saya sendiri gerakan penhold grip cukup sulit untuk dilakukan.
Baca juga : Teknik Dasar Lempar Cakram Lengkap

Teknik Memegang Bet Seemiller Grip

Teknik dasar tenis meja ini biasanya digunakan oleh pemain pemain profesionanl. Teknik memegang bet tersebut dapat disebut American Grip karena memiliki versi yang sama dengan Shakehand Grip. Untuk teknik memegangnya juga hampir sama namun pada bagian atas betnya dapat berputar 20 sampai 90 derajat menuju arah tubuh. Selain itu posisikan jari telunjuk pada sepanjang sisi bet. 

Teknik Pukula Backhand dan Forehand

Teknik dasar tenis meja selanjutnya ialah pukulan forehand maupun backhand. Pukulan tersebut dapat dilakukan secara lurus ataupun menyilang.. Berikut cara melakukannya : 

Pukulan Forehand maupun Backhand Lurus
Berikut cara melakukan teknik dasar tenis meja berupa pukulan forehand maupun backhand secara lurus :
  • Lambungkan bola ke arah teman anda.
  • Permainan tenis meja ini dilaksanakan dengan cara kelompok ataupun berpasangan. 
  • Pemain yang melakukan pukulan backhand/forehand harus berpindah tempat.
Pukulan Forehand maupun Backhand Menyilang
Berikut cara melakukan teknik dasar tenis meja berupa pukulan forehand maupun backhand secara menyilang :
  • Lambungkan bola ke arah teman anda dengan cara memantulkannya kemeja. Kemudian lakukan pukulan servis.
  • Permainan tenis meja ini dilaksanakan dengan cara kelompok ataupun berpasangan. 
  • Pemain yang melakukan pukulan backhand harus berpindah tempat.

Teknik Servis

Teknik dasar tenis meja selanjutnya ialah pukulan servis. Dalam pukulan ini terdapat servis forehand atau backhand lurus pada bidang servis, servis forehand atau backhand menyilang serta servis forehand atau backhand menuju sasaran.

1. Servis Forehand atau Backhand Lurus Pada Bidang Servis. Teknik dasar tenis meja ini dimainkan dengan cara kelompok ataupun berpasangan. Kemudian pemain yang telah melakukan pukulan harus berpindah tempat.
2. Servis Forehand atau Backhand Menyilang. Teknik dasar tenis meja ini dimainkan dengan cara kelompok ataupun berpasangan. Kemudian pemain yang telah melakukan pukulan harus berpindah tempat.
3. Servis Forehand atau Backhand Menuju Sasaran. Teknik dasar tenis meja ini dimainkan dengan cara kelompok ataupun berpasangan. Kemudian pemain yang telah melakukan pukulan harus berpindah tempat.
Baca juga : 12 Jenis Senam Aerobik Dengan Alat dan Tanpa Alat

Teknik Smash

Teknik dasar tenis meja yang terakhir ialah teknik smash. Teknik smash juga dapat dilakukan dengan cara forehand maupun backhand.

Smash Forehand
Berikut cara melakukan teknik dasar tenis meja berupa smash forehand :
  • Letakkan kaki kiri di depan badan. Kemudian posisikan kaki kanan berada dibelakang. Sikap badan sedikit miring ka arah kanan agar berat badan dapat bertumpu pada kaki sebelah kanan.
  • Posisikan lengan dibelakang dengan pinggang dimiringkan sedikit ke arah kanan.
  • Ayunkan tangan dari bawah menuju atas ketika bola telah dipantulkan dan berhasil berada pada titik paling atas. Lakukan pemukulan dan penekanan pada bola ke arah bawah menggunakan pergelangan tangan.
Smash Backhand
Berikut cara melakukan teknik dasar tenis meja berupa smash backhand :
  • Letakkan kaki kanan didepan badan. Kemudian posisikan kaki kiri berada dibelakang. Sikap badan sedikit miring ke arah kiri sampai pundak bagian kanan mengarah pada meja.
  • Posisikan tangan kiri ke arah bawah, lalu kebelakang dengan posisi lebih tinggi dibandingkan dengan meja. 
  • Ayunkan lengan dari bawah ke depan menuju arah kanan ketika bola telah dipantulkan dan berhasil berada pada titik tidak teratas. Lakukan pemukulan dan penekanan pada bola menggunakan pergelangan tangan agar arahnya dapat diatur. 
  • Pindahkan berat badan dari kaki kiri menuju kaki kanan.

Ukuran Lapangan Tenis Meja

Jika kalian melakukan pencarian dengan kata kunci gambara lapangan tenis meja pasti akan muncul banyak hasil. Nah, gambar tersebut bisa meberikan kita detail lengkap berapa ukuran panjang, lebar, dan garis tengah lapangan tenis. Ukuran net pun biasanya juga akan langsung dicantumkan dalam gambar tersebut.

Berdasarkan gambar diatas dapat diperoleh ukuran lapangan tenis meja sebagai berikut :
  • Panjang Meja Tenis : 274 cm
  • Lebar Meja Tenis : 152,5 cm
  • Tebal Garis Sisi Meja : 2 cm
  • Luas Meja Tenis : 4,1785 m²
  • Panjang Net Tenis : 183 cm
  • Tinggi Net Tenis : 15,25 cm
  • Jarak Meja Tenis Menuju Tiang : 15,25 cm
  • Luas Net Tenis : 0,279075 m²
Ping pong merupakan salah satu olahraga bola kecil yang cukup diminati oleh masyarakat. Di dunia pendidikan tenis meja bahkan menjadi materi wajib untuk siswa karena sering muncul sebagai soal ujian. Demikianlah penjelasan mengenai pengertian tenis meja dan teknik dasar tenis meja. Semoga artikel ini dapat menambah ilmu anda. Terima kasih.

Posting Komentar untuk "6 Teknik Dasar Tenis Meja, Ukuran Lapangan, dan Gambarnya"