Pengertian dan Teknik Dasar Tenis Meja

Advertisement

6 Teknik Dasar Tenis Meja dan Ukuran Lapangannya - Jaman sekarang telah banyak sekali jenis jenis olahraga seperti tenis meja, bulu tangkis, sepak bola, lari dan sebagainya. Setiap jenis olahraga memiliki pengertian dan teknik dasar yang berbeda beda. Salah satunya ialah olahraga tenis meja. Dalam olahraga ini terdapat pengertian tenis meja dan teknik dasar tenis meja yang perlu dipahami dan dikuasai setiap pemainnya. Teknik dasar tenis meja memang suatu keharusan yang harus dikuasai. Hal tersebut bertujuan untuk mendapatkan nilai yang banyak agar menjadi seorang pemenang. Pada abad ke 19, permainan tenis meja populer dinegara Inggris dengan nama whiff whoff, pingpong ataupun gossima. Namun seiring berjalannya waktu nama tersebut diganti menjadi tenis meja atau table tennis.

Di Indonesia perlombaan tenis meja pertama kali diselenggarakan di Solo dengan nama PON atau Pekan Olahraga Nasional. Dalam olahraga ini memerlukan pemahaman teknik dasar tenis meja dan pengertian tenis meja yang baik. Untuk teknik dasar tenis meja dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Kali ini saya akan membagikan secara rinci mengenai pengertian tenis meja dan teknik dasar tenis meja. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak dibawah ini.

6 Teknik Dasar Tenis Meja dan Ukuran Lapangannya

Dalam olahraga tenis meja memang terdapat pengertian dan teknik dasar yang harus dipahami oleh setiap siswa. Bahkan ketika dibangku sekolah, para siswa diberikan pengajaran tentang pengertian tenis meja dan teknik dasar tenis meja. Langsung saja tanpa membuang waktu, penjelasan lengkap tentang tenis meja.

Pengertian Tenis Meja

Pengertian tenis meja/pingpong ialah salah satu permainan olahraga yang dilakukan oleh pemain tunggal (dua orang) maupun ganda (empat orang) yang berlawanan. Tenis meja dimainkan dengan menggunakan raket yang berbahan dasar papan kayu kemudian dilapisi oleh karet. Karet tersebut bernama bet. Adapula bola pingpong serta lapangan tenis meja yang berbentuk seperti meja. Di negara Indonesia terdapat organisasi induk tenis meja yang bernama PTMSI  atau Persatuan Tenis meja di Indonesia. Sedangkan untuk organisasi tenis meja bertaraf dunia memiliki nama ITTF atau International Table Tenis Federation.
Baca juga : Teknik Dasar Lompat Galah Beserta Ukuran Lapangannya
Dalam pengertian tenis meja juga dijelaskan mengenai sejarahnya. Permainan tenis meja pertama kali diperkenalkan pada abad ke 19 di negara Inggris. Namun pada saat itu namanya belum tenis meja melainkan whiff whoff, pingpong maupun gossima. Baru setelah beberapa waktu diganti menjadi tenis meja. Pada tahun 1901 diselenggarakan sebuah pertandingan tenis meja. Pada tahun itulah menjadi awal terkenalnya olahraga ini. Kemudian pada tahun 1902, diterbitkan sebuah buku yang berisi tentang olahraga tenis meja beserta pertandingan tidak resminya. Namun permainan tenis meja pernah dilaran dinegara Rusia pada tahun 1900an. Hal tersebut dikarenakan tenis meja dianggap dapat memberikan dampak negatif terhadap penglihatan.

Di negara Inggris terdapat organisasi tenis meja yang bernama TTA atau Asosiasi Tenis Meja. Kemudian pada tahun 1926 dibuatlah versi dunia dengan nama ITTF atau Federasi Tenis Meja Internasional. Perlombaan tenis meja tingkat dunia resmi diselenggarakan pertama kali di kota London pada tahun 1926. Dalam hal ini belum ada spesifikasi pengertian tenis meja secara umum. Berdasarkan pendapat Edgar Snow bahwa permainan tenis meja yang berasal dari Inggris memiliki keganjilan. Ia mengemukakan pendapatnya di Red Star Over China pada tahun 1930. Setelah itu pada tahun 1950an, alat raket yang telah dilapisi karet ditambahkan lapisan spons dibagian luarnya. Penambahan ini membuat perputaran bola tenis menjadi lebih cepat serta membuat perubahan permainan yang dramastis. Pada tahun 1988, olahraga tenis meja mulai diperkenalkan menjadi cabang perlombaan yang bertaraf Olimpiade.

Teknik Dasar Tenis Meja

Dalam permainan tenis meja memerlukan teknik dasar pemain yang baik. Teknik dasar tenis meja ini digunakan untuk mengasilkan nilai yang banyak agar pertandingan dapat dimenangkan. Berikut penjelasan teknik dasar tenis meja :

Teknik Memegang Bet
Teknik dasar tenis meja yang pertama ialah teknik memegang bet dengan benar. Teknik memegang bet dapat dilakukan dengan tiga cara yaitu penhold grip, seemiller grip maupun shakehand grip. Berikut penjelasannya :

1. Teknik Memegang Bet Shakehand Grip atau Berjabat Tangan. Teknik dasar tenis meja ini berfungsi untuk pemain profesional yang populer di negara negara Eropa. Teknik memegang bet ini memiliki keunggulan yaitu dapat menggunakan kedua sisi pada bet. 

2. Teknik Memegang Bet Penhold Grip atau Memegang Tangkai Pena. Teknik dasar tenis meja ini dapat disebut Asia Grip. Hal tersebut dikarenakan banyak sekali pemain pemain Asia yang menggunakan teknik memegang bet ini. Pada teknik ini, pemain hanya bisa menggunakan satu sisi bet saja. 
Baca juga : Teknik Dasar Lempar Cakram Lengkap
3. Teknik Memegang Bet Seemiller Grip. Teknik dasar tenis meja ini biasanya digunakan oleh pemain pemain profesionanl. Teknik memegang bet tersebut dapat disebut American Grip karena memiliki versi yang sama dengan Shakehand Grip. Untuk teknik memegangnya juga hampir sama namun pada bagian atas betnya dapat berputar 20 sampai 90 derajat menuju arah tubuh. Selain itu posisikan jari telunjuk pada sepanjang sisi bet. 

Pukulan Forehand maupun Backhand
Teknik dasar tenis meja selanjutnya ialah pukulan forehand maupun backhand. Pukulan tersebut dapat dilakukan secara lurus ataupun menyilang.. Berikut cara melakukannya : 

Pukulan Forehand maupun Backhand Lurus
Berikut cara melakukan teknik dasar tenis meja berupa pukulan forehand maupun backhand secara lurus :
  • Lambungkan bola ke arah teman anda.
  • Permainan tenis meja ini dilaksanakan dengan cara kelompok ataupun berpasangan. 
  • Pemain yang melakukan pukulan backhand/forehand harus berpindah tempat.
Pukulan Forehand maupun Backhand Menyilang
Berikut cara melakukan teknik dasar tenis meja berupa pukulan forehand maupun backhand secara menyilang :
  • Lambungkan bola ke arah teman anda dengan cara memantulkannya kemeja. Kemudian lakukan pukulan servis.
  • Permainan tenis meja ini dilaksanakan dengan cara kelompok ataupun berpasangan. 
  • Pemain yang melakukan pukulan backhand harus berpindah tempat.

Teknik Servis
Teknik dasar tenis meja selanjutnya ialah pukulan servis. Dalam pukulan ini terdapat servis forehand atau backhand lurus pada bidang servis, servis forehand atau backhand menyilang serta servis forehand atau backhand menuju sasaran.

1. Servis Forehand atau Backhand Lurus Pada Bidang Servis. Teknik dasar tenis meja ini dimainkan dengan cara kelompok ataupun berpasangan. Kemudian pemain yang telah melakukan pukulan harus berpindah tempat.
2. Servis Forehand atau Backhand Menyilang. Teknik dasar tenis meja ini dimainkan dengan cara kelompok ataupun berpasangan. Kemudian pemain yang telah melakukan pukulan harus berpindah tempat.
3. Servis Forehand atau Backhand Menuju Sasaran. Teknik dasar tenis meja ini dimainkan dengan cara kelompok ataupun berpasangan. Kemudian pemain yang telah melakukan pukulan harus berpindah tempat.
Baca juga : 12 Jenis Senam Aerobik Dengan Alat dan Tanpa Alat
Teknik Smash
Teknik dasar tenis meja yang terakhir ialah teknik smash. Teknik smash juga dapat dilakukan dengan cara forehand maupun backhand.

Smash Forehand
Berikut cara melakukan teknik dasar tenis meja berupa smash forehand :
  • Letakkan kaki kiri di depan badan. Kemudian posisikan kaki kanan berada dibelakang. Sikap badan sedikit miring ka arah kanan agar berat badan dapat bertumpu pada kaki sebelah kanan.
  • Posisikan lengan dibelakang dengan pinggang dimiringkan sedikit ke arah kanan.
  • Ayunkan tangan dari bawah menuju atas ketika bola telah dipantulkan dan berhasil berada pada titik paling atas. Lakukan pemukulan dan penekanan pada bola ke arah bawah menggunakan pergelangan tangan.
Smash Backhand
Berikut cara melakukan teknik dasar tenis meja berupa smash backhand :
  • Letakkan kaki kanan didepan badan. Kemudian posisikan kaki kiri berada dibelakang. Sikap badan sedikit miring ke arah kiri sampai pundak bagian kanan mengarah pada meja.
  • Posisikan tangan kiri ke arah bawah, lalu kebelakang dengan posisi lebih tinggi dibandingkan dengan meja. 
  • Ayunkan lengan dari bawah ke depan menuju arah kanan ketika bola telah dipantulkan dan berhasil berada pada titik tidak teratas. Lakukan pemukulan dan penekanan pada bola menggunakan pergelangan tangan agar arahnya dapat diatur. 
  • Pindahkan berat badan dari kaki kiri menuju kaki kanan.

Ukuran Lapangan Tenis Meja
Selain pengertian tenis meja dan teknik dasar tenis meja diatas, adapula ukuran lapangan tenis meja yang perlu anda ketahui.

Berdasarkan gambar diatas dapat diperoleh ukuran lapangan tenis meja sebagai berikut :
Panjang Meja Tenis : 274 cm
Lebar Meja Tenis : 152,5 cm
Tebal Garis Sisi Meja : 2 cm
Luas Meja Tenis : 4,1785 m²
Panjang Net Tenis : 183 cm
Tinggi Net Tenis : 15,25 cm
Jarak Meja Tenis Menuju Tiang : 15,25 cm
Luas Net Tenis : 0,279075 m²

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian tenis meja dan teknik dasar tenis meja. Semoga artikel ini dapat menambah ilmu anda. Terima kasih.

Pengertian dan Teknik Dasar Tenis Meja Rating: 4.5 Diposkan Oleh: penjasorkes

0 komentar:

Posting Komentar