Cara Melakukan Lompat Tali yang Benar Lengkap

Cara Melakukan Lompat Tali yang Benar Lengkap - Kenapa kita harus melakukan olahraga? Olahraga secara rutin tentunya memiliki beragam alasan, mulai dari menurunkan risiko penyakit, membakar lemak dan menguatkan tubuh, Alasan alasan seperti ini merupakan hal wajar dikalangan masyarakat. Bahkan dampak berolahraga rutin dalam kehidupan sehari hari memang sangat baik. Selain itu fungsi organ, stamina dan daya tahan tubuh juga dapat meningkat. Manfaat berolahraga sendiri dapat kita rasakan unuk kesehatan fisik maupun mental.

Dengan melakukan olaraga, maka kesehatan tubuh dapat dijaga dengan baik. Tetapi aktivitas seperti ini sering kali diabaikan oleh sebagian orang. Aktivitas olahraga ini dapat dilakukan untuk semua usia, dari anak anak hingga dewasa. Salah satu jenis olahraga yang cukup efektif dan menyenangkan yang dapat kita lakukan adalah olahraga lompat tali atau skipping. Apa yang dimaksud lompat tali? Bagaimana cara melakukan lompat tali yang benar?
Cara Melakukan Lompat Tali yang Benar Lengkap
Permainan Lompat Tali

Olahraga skipping ini termasuk jenis olahraga sederhana dan menyenangkan. Lompat tali dapat dinamakan dengan skipping. Jenis olahraga ini digemari oleh orang banyak, mulai dari anak anak hingga dewasa. Lantas apa pengertian skipping itu? Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara melakukan lompat tali yang benar lengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Cara Melakukan Lompat Tali yang Benar Lengkap

Apa yang dimaksud lompat tali? Pengertian lompat tali adalah cabang olahraga untuk menurunkan berat badan dan menambah tinggi dengan lebih efektif. Adapula yang mengartikan lompat tali atau skipping sendiri sebagai aktivitas yang menggunakan tali dengan kedua tangan dan diayunkan melalui kepala sampai kaki sambil dilompati.

Dalam olahraga lompat tali berguna untuk menambah kekuatan serta menjaga kesehatan tubuh. Cara bermain lompat tali sendiri cukup mudah karena memiliki teknik dasar sederhana. kapan dan dimana saja kita bisa melakukan olahraga tersebut selama memiliki alat bantu berupa tali.
Baca juga : Perbedaan Melompat dan Meloncat Dalam Olahraga
Cara melakukan lompat tali yang benar dapat menggunakan dua tangan dan satu kaki secara bergantian. Pelaksanaan lompat tali ini tergolong dasar dan gerakan sederhana. Sekitar tahun 70 - 80an mulai berkembang olahraga atau permainan lompat tali ini. Menurut perkiraan, asal permainan lompat tali tersebut ialah dari Eropa. Kemudian pada zaman kolonial mulai dibawa sampai Nusantara. Di kala itu permainan lompat tali dimainkan oleh anak anak Belanda.

Teknik Dasar Permainan Lompat Tali

Permaian lompat tali di Belanda dapat dilakukan oleh tiga orang, dimana satu orang melompat di antara tali yang berputar dan dua orang lainnya memegang tali. Setelah itu permainan ini mulai dilakukan satu orang di wilayah Eropa lainnya untuk aktivitas olagraga.

Setelah menjelaskan tentang pengertian lompat tali di atas. Selanjutnya saya akan membahas tentang teknik lompat tali yang benar. Adapun teknik skipping yang benar yaitu sebagai berikut:
  1. Panjang tali harus dipastikan sesuai tinggi badan sehingga jangkauan lompatnya dapat dilakukan dengan mudah.
  2. Pergelangan tangan digerakkan memutar ke arah belakang, lalu tali diputar secara optimal.
  3. Pegang tangkai skipping dengan kedua telapak tangan dengan sempurna.
  4. Angkat kaki secara bersamaan ketika lompatan skipping dilakukan.
  5. Lakukan gerakan dengan benar dimana kedua lengan diposisikan di atas kepala dan pelaksanaan sekitar 45 menit.
  6. Usahakan tidak terlalu tinggi melompat dari lantai.
  7. Pandangan luruskan ke depan dan fokus ketika lompatan dilakukan.
Cara melakukan lompat tali ini tentunya mudah dilakukan bukan? Waktu pelaksanaan skipping tersebut hanya cukup 30 - 150 menit per minggu. Maka dari itu setiap hari hanya cukup melakukan skipping selama 30 menit maksimal. Permainan lompat tali ini pada dasarnya dapat dilakukan secara individu maupun berkelompok.

Variasi Latihan Lompat Tali

Cara melakukan permainan lompat tali dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa variasi latihan seperti di bawah ini:

Basic Jump

Basic jump adalah gerakan yang dapat dilakukan dengan melompat menggunakan tali skipping yang diputar selama mungkin. Lompatan skipping ini dapat dilakukan dengan kecepatan stabil dan tidak terlalu tinggi.

Jack Jump

Jack jump tersebut memiliki gerakan yang hampir sama dengan basic jump. Yang membedakan hanya letak kaki yang membuka dan menutup ketika melewati tali. Gerakan ini bermanfaat untuk memperkuat paha luar dan dalam.

Criss Cross Jump

Gerakan ini memiliki level yang lebih dibandingkan sebelumnya. Criss Cross merupakan gerakan gabungan antara jack jump dengan gerakan kaki menyilang yang ditambahkan. Gerakan ini memang memiliki tantangannya sendiri sehingga sedikit rumit karena tempo lompatannya perlu dijaga.

Scissor Jump

Cara melakukan lompat tali ini dapat diperkuat dengan melaksanakan latihan scissor jump. Gerakan ini dapat membuat detak jantung menjadi lebih cepat. Scissor jump merupakan gerakan yang berasal dari gabungan jogging di tempat dan penggunaan tali. Gerakan Scissor jump dapat dilakukan dengan memperhatikan gerakan penyikronan tubuh dengan dua kaki.

Manfaat Lompat Tali Untuk Kesehatan

Dalm olahraga lompat tali berguna untuk melatih ketahanan dan keseimbangan tubuh. Sayangnya tak semua siswa sadar akan potensi permainan lompat tali karena terkesan girlish. Adapula beberapa manfaat skipping untuk kesehatan yaitu sebagai berikut:
  • Membakar kalori.
  • Membuat otot terbentuk.
  • Melenturkan dan membugarkan tubuh.
  • Membuat kardiovaskular menjadi lebih sehat.
  • Membat sisem koordinasi meningkat.
  • Meminimalisir cedera kaki.
  • Membuat kepadatan tulang meningkat.
  • Melatih pernapasan.
  • Membuat tenang.
Sekian penjelasan mengeni cara melakukan lompat tali yang benar lengkap. Lompat tali merupakan aktivitas yang menggunakan tali dengan kedua tangan dan diayunkan melalui kepala sampai kaki sambil dilompati. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Belum ada Komentar untuk "Cara Melakukan Lompat Tali yang Benar Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel