4 Teknik Serangan Dalam Tenis Meja dan Penjelasannya

4 Teknik Serangan Dalam Tenis Meja dan Penjelasannya - Tenis meja atau biasa disebut ping pong merupakan permainan bola kecil yang cukup banyak diminati masyarakat. Selain tak memerlukan tempat luas, olahraga ini juga memiliki teknik dasar yang cukup mudah untuk dikuasai. Menciptakan pola serangan dan pertahanan tak kalah penting. Mengapa demikian? karena keduanya menjadi kunci utama agar pemain bisa menguasai jalannya pertandingan.

Cara Melakukan Gerakan Serangan dalam Tenis Meja

Ada banyak sekali variasi teknik serangan tenis meja yang bisa kalian pelajari secara mandiri. Mulai dari hard smash, backhand drive, forehand drive, sampai teknik loop. Setiap teknik pukulan tersebut tentunya memiliki gerakan dan tujuan berbeda. Contohnya pukulan smash digunakan untuk menciptakan bola lurus cepat dan mematikan sehingga lawan tak bisa menangkisnya. lain halnya dengan loop yang biasanya dipakai untuk mengecoh dengan cara memukul bola secara melambung.

Masalahnya, apakah kalian sudah menguasai cara menyerang seperti di atas? Pada dasarnya, permainan bisa dimenangkan dengan penggunaan taktik serangan yang baik. Dengan begitu gerakan lawan dapat dipatahkan menggunakan teknik serangan yang keras dan cepat. Namun semua itu tidak terlepas dari penguasaan teknik dasar tenis meja yang baik secara umum.

4 Teknik Serangan Dalam Tenis Meja dan Penjelasannya

Setiap pemain tenis meja sebenarnya harus memiliki insting dan inisiatif ketika sedang menghadapi lawan. Keadaan yang tak bisa kita tebak mengharuskan kita menggunakan pola penyerangan sefleksibel mungkin. Cara melakukan serangan tenis meja pun harus didukung oleh ketajaman insting tersebut. Oleh karenanya, kalian harus fokus dan memperhatikan arah datangnya bola sebelum menciptakan pukulan.

Dalam dunia pendidikan teknik dasar tenis meja telah diajarkan pada siswa sejak dini. Pembahasan biasanya mencakup bagaimana cara menciptakan pukulan smash, service, loop, dan sebagainya. Di tingkat yang lebih tinggi, kita pun bisa mempelajari variasi teknik serangan tenis meja mulai dari yang sederhana sampai kompleks.
Baca juga : Cara Memegang Bet Dalam Permainan Tenis Meja
sayangnya, mayoritas siswa kurang memahami dan tak tau ketika diminta menjelaskan cara menyerang lawan secara efektif. Padahal pertanyaan tersebut sering muncul sebagai butir soal ketika ujian. Dalam artikel kali ini saya ingin membahas lebih dalam tentang strategi, teknik, dan pola penyerangan tenis meja secara mendalam.

 

Forehand Drive

Teknik serangan tenis meja yang pertama ialah forehand drive. Forehand drive ialah pukulan dalam tenis meja menggunakan satu tangan yang dihadapkan menuju ke arah depan sehingga setengah bolanya dapat disentuh. Adapun cara melakukan forehand drive yaitu sebagai berikut:
  1. Posisikan kaki kiri di depan, kemudian serongkan badan 45 derajat ke arah kanan dan bengkokkan lutut. 
  2. Posisikan bet sedikit kebelakang di samping badan. Posisikan lengan menuju ke arah bawah dan hadapkan bet ke tanah.
  3. Ayunkan lengan ke depan ketika bola mengarah ke pemain, dimana bagian belakang bola digesekkan pada bola kosong dan untuk kategori bola isi berada di bagian bawahnya.
  4. Lakukan penggesekan bola ke arah atas dengan bantuan pergelangan tangan sehingga pemberhentian bola dapat berada di atas kepala sebelah samping kiri.
Banyak sekali atlet yang menggunakan teknik serangan tenis meja forehand drive untuk mengakhiri lawan. Kita bisa meniru berbagai trik forehand ini dari atlet tersebut dan mengembangkan pola serangan sendiri.

Backhand Drive

Teknik serangan dalam tenis meja selanjutnya ialah backhand drive. Backhand drive adalah pukulan dalam tenis meja yang menggunakan tangan bagian belakang untuk memegang bet sehingga dapat diarahkan menuju ke depan. Adapun cara melakukan backhand drive yaitu sebagai berikut:
  1. Posisikan kaki kanan di depan, kemudian serongkan badan 90 derajat ke arah kiri dan bengkokkan lutut. 
  2. Tarik bet ke arah samping badan sampai mendekati sebelah kiri pinggang. Lalu tempelkan lengan atas ke dada dan hadapkan kepala bet ke tanah sedikit.
  3. Lakukan posisi tersebut ketika pemain menghadapi arah datangnya bola lawan.
Baca juga : Pengertian dan Teknik Dasar Tenis Meja

Pukulan backhand drive menjadi salah satu teknik yang banyak dipakai oleh atlet profesional karena miliki banyak kelebihan. Biasanya, backhand drive digunakan untuk menciptakan pukulan dengan tempo yang cepat yang bisa memojokan lawan. Cara menyerang yang cepat tentunya bisa menguras stamina lawan dan menciptakan smash jika ada kesemptan.
 

Smash Bola Melambung

Cara melakukan serangan tenis meja dengan jarak jauh memiliki banyak sekali keuntungan. Pemain bisa mengontrol bola dengan mudah serta terdapat persiapan waktu untuk menghadapi serangan balik dari lawan. Pada dasarnya, fungsi menyerang jarak jauh ialah untuk melaksanaan counter attack dan menghadang cut defensive dengan jarak pendek.

Teknik serangan tenis meja selanjutnya ialah smash bola melambung. Teknik ini termasuk dalam kategori medium to hard dalam permainan tenis meja. Namun jika kita terus berlatih maka dengan mudah smash bola melambung bisa kita kuasai secara perlahan. Adapun cara melakukan smash bola melambung dalam tenis meja yaitu sebagai berikut:
  • Kaki kiri diposisikan ke depan. Kemudian miringkan badan ke arah kanan sedikit, dimana tumpuan berat badan berada di kaki kanan.
  • Tarik lengan ke arah belakang dan miringkan pinggang ke arah kanan belakang.
  • Setelah bola memantul ke arah titik paling atas, lalu ayunkan lengan dari bawah menuju ke atas dan lakukan gerakan memukul serta menekan bola ke arah bawah.
Trik smash bola melambung dalam tenis meja sangat penting untuk dipelajari. Bahkan menurut saya teknik inilah yang paling banyak dipakai untuk membalikkan keadaan ataupun mengembalikan serangan musuh.

Forehand Loop Drive

Teknik serangan dalam tenis meja selanjutnya ialah forehand loop drive. Forehand loop drive ialah pukulan yang dilakukan ketika pantulan bola yang datang cukup tinggi. Jenis pukulan tenis meja ini merupakan jenis gerakan kerjasama antara lengan, pergelangan tangan dan siku. Adapun cara melakukan forehand loop drive yaitu sebagai berikut:
  1. Kaki kiri diletakkan di depan, kemudian miringkan badan ke arah kanan dan hadapkan pundak kiri ke arah meja. Setelah itu tarik lengan ke arah belakang sehingga lutut dapat lebih dekat dengan lutut di kaki kanan.
  2. Lalu lakukan gerakan terakhir lengan ketika pantulan bola berada dititik akhir. Gerakan ini dapat didukung oleh gesekan bola ke atas dan kekuatan lutut pada kaki kanan. Dengan begitu bet dapat berhenti di bagian belakang kepala.
  3. Kemudian lakukan loop drive menggunakan kerjasama dari siku, lengan dan pergelangan tangan.
Sekian penjelasan mengenai teknik serangan dalam permainan tenis meja lengkap. Teknik serangan tenis meja dapat dibagi menjadi beberapa jenis seperi forehand drive, backhand drive, smash bola melambung dan forehand loop drive. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan selamat mencoba.

Belum ada Komentar untuk "4 Teknik Serangan Dalam Tenis Meja dan Penjelasannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel