12 Tujuan Olahraga Pencak Silat

Advertisement

12 Tujuan Olahraga Pencak Silat - Pencak silat merupakan olahraga beladiri tradisional dari Indonesia. Jenis olahraga ini membutuhkan teknik yang benar sekaligus konsentrasi yang baik. Seperti halnya jenis olahraga lainnya, pencak silat mempunyai beberapa teknik dasar yang peru dipelajari dan dikuasai. Seperti yang kita ketahu bahwa tujuan olahraga pencak silat bukan hanya sekedar olahraga beladiri saja. Pencak silat telah menjadi cabang olahraha Asian Games yang cukup populer dikalangan masyarakat dalam negeri hingga luar negeri dengan berbagai manfaat dan tujuan didalamnya.

Tujuan pencak silat
Pencak silat termasuk kedalam jenis olahraga yang banyak manfaatnya. Selain untuk membela diri, adapula manfaat lain yang terdapat didalamnya. Tidak banyak orang tahu akan manfaat olahraga ini. Terkadang pencak silat digunakan sebagai olahraga, hobi, maupun untuk mempertahankan dirinya. Diluar dari hal hal tersebut, masih banyak tujuan lain yang perlu anda ketahui ketika mempelajari olahraga tradisional Indonesia ini. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang tujuan olahraga pencak silat bukan hanya olahraga beladiri semata. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

12 Tujuan Olahraga Pencak Silat

Tujuan olahraga pencak silat bukan hanya untuk olahraga beladiri saja. Masih ada beberapa tujuan lain yang saling berkaitan sehingga menjadi satu kesatuan yang utuh. Dibawah ini terdapat beberapa tujuan pencak silat yang perlu anda ketahui yaitu sebagai berikut:

Pengembangan Pendidikan Spiritual dan Mental
Tujuan olahraga pencak silat yang pertama ialah untuk media pengembangan pendidikan spiritual dan mental. Dengan begitu pencak silat dapat dijadikan sebagai media perwujudan pribadi budi pekerti yang luhur pada setiap orang yang melakukan olahraga ini. Di dalam pencak silat terdapat pengajaran tentang pengenalan diri sendiri sebagai makhluk ciptaan Tuhan YME. Maka dari itu pencak silat tidak hanya bertujuan untuk beladiri, olahraga ataupun seni saja. Tetapi terdapat tujuan lain dalam meningkatkan watak kepribadian, sikap ksatria, luhur, berkarakter, takwa kepada Tuhan YME, dan lebih percaya diri. Maka dari itu dapat dismpulkan bahwa pencak silat bertujuan untuk mengembangkan pendidikan spiritual dan mental seperti dibawah ini:
  • Untuk menciptakan rasa disiplin tinggi, tenggang rasa dan percaya kepada diri sendiri.
  • Meningkatkan ketakwaan terhadap Tuhan YME dan menciptakan budi pekerti yang luhur kepada sesama.
  • Menimbulkan rasa cinta kepada tanah air sendiri.
  • Meningkatkan sikap keadilan, solidaritas sosial, kebenaran, keinginan untuk maju dan jujur.
  • Meningkatkan rasa tanggung jawab, persaudaraan dan pengendalian diri yang tinggi.
Baca juga : 4 Sikap Pasang Dalam Pencak Silat Beserta Cara Melakukannya
Pengembangan Aspek Beladiri
Tujuan olahraga pencak silat selanjutnya ialah untuk media pengembangan aspek beladiri. Dalam hal ini pencak silat bertujuan untuk menigkatkan rasa kebangsaan, keterampilan, kepribadian dan sikap. Dalam hal tersebut para pecinta beladiri pencak silat dibentuk menjadi seseorang yang berkarakter utuh, baik secara jasmani maupun rohani. Adapun tujuan pencak silat dalam mengembangkan aspek beladiri seperti dibawah ini:
  • Meningkatnya keterampilan dan keefektifan dalam menjaga keselamatan melalui beladiri.
  • Meningkatnya sikap peka, tanggap dan cepat terhadap memahami dan menangani seluruh permasalahan yang menghadang.
  • Mengembangkan kemampuan dasar dalam diri pribadi agar lebih ulet dan tangguh.

Pengembangan Seni
Tujuan olahraga pencak silat selanjutnya ialah untuk media pengembangan seni. Olahraga pencak silat dilakukan sesuai dengan ketentuan estetika seperti wirasa, wiraga dan wirama sehingga dapat menjadi satu kesatuan yang utuh. Maka dari itu pencak silat bertujuan untuk mengembangkan keterampilan gerak yang menarik, unik dan serasi sesuai dengan kebudayaan/seni bangsa. Dibawah ini terdapat tujuan pencak silat dalam mengembangkan seni yaitu diantaranya:
  • Mengurangi dan mencegah adanya pengaruh negatif dari budaya asing, untuk membangun budaya bangsa dan menggerakkan sikap menyaring hal hal positif dari budaya asing.
  • Menumbuhkan nilai nilai pencak silat sesuai dengan nilai nilai Pancasila.

Pengembangan Olahraga
Tujuan olahraga pencak silat selanjutnya ialah untuk media pengembangan olahraga. Olahraga ini bertujuan untuk membuat tubuh lebih sehat, baik dari segi jasmani maupun rohani. Hal ini dikarenakan gerakan pencak silat menggunakan kemampuan otot tubuh dan keseimbangan tubuh dalam waktu yang tepat dan singkat. Maka dari itu tujuan pencak silat dalam mengembangkan olahraga yaitu seperti dibawah ini:
  • Menciptakan rasa sportivitas yang tinggi.
  • Mengembangkan prestasi pencak silat dalam perlombaan atau pertandingan.
  • Menciptakan kebiasaan hidup yang baik.
Baca juga : Jenis Jenis Pukulan Pencak Silat dan Cara Melakukannya
Pengembangan Pendidikan
Tujuan olahraga pencak silat selanjutnya ialah untuk media pengembangan pendidikan. Adapun tujuan pencak silat dalam mengembangkan pendidikan yaitu diantaranya:
  • Meningkatkan lebih dalam mengenai pengetahuan.
  • Membentuk sikap penyesuaian diri terhadap lingkungan sekitar agar lebih efektif dan positif.
  • Menciptakan kemampuan dalam memecahkan masalah dan mengambil keputusan sesuai kondisi yang ada.
  • Meningkatkan fungsi kerja pada organ tubuh.
  • Meningkatkan keseimbangan dan kekuatan tubuh.
Hal hal diatas merupakan tujuan olahraga pencak silat yang mencakup beberapa aspek penting dalam kehidupan. Selain tujuan tujuan diatas, adapula tujuan pencak silat lainnya secara umum yaitu sebagai berikut:
  • Untuk tempat penyaluran hobi yang berhubungan dengan beladiri.
  • Menumbuhkan pemikiran cerdas, prestasi, dan jiwa yang sehat dalam masyarakat.
  • Membentuk kepribadian yang bertanggungjawab, ksatria, disiplin, adil, dan keberanian yang tinggi.
  • Menggerakan dan menumbuhkan rasa menghargai kebudayaan dan kesenian bangsa dalam masyarakat.
  • Meningkatkan pemahaman masyarakat bahwa pencak silat dikategorikan sebagai kebutuhan hidup.
  • Mendidik generasi muda agar tidak terpengaruh hal hal negatif dari budaya asing, tidak terjerumus pada pergaulan bebas dan lebih memanfaatkan waktu dengan baik.
Sekian penjelasan mengenai tujuan olahraga pencak silat bukan hanya sekedar olahraga beladiri semata. Pencak silat memang jenis olahraga beladiri dengan beragam manfaat dan tujuan yang perlu anda ketahui. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih.

12 Tujuan Olahraga Pencak Silat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: penjasorkes

0 komentar:

Posting Komentar