3 Cara Mengumpan Bola Dalam Sepak Bola dan Tekniknya

3 Cara Mengumpan Bola Dalam Sepak Bola dan Tekniknya - Sepak bola adalah olahraga yang banyak diminati oleh masyarakat khususnya anak muda. Selain menyehatkan, sepakbola juga menyenangkan terlebih jika dimainkan bersama kawan. Tiap pertandingan menuntut penggunaan strategi, kemampuan, dan penguasaan dari masing masing pemain. Teknik mengumpan bola yang baik dan benar menjadi salah satu gerakan dasar yang wajib kita kuasai.

Teknik Mengumpan Bola dalam Permainan Sepak Bola

Bagaimana cara mengumpan bola dalam sepak bola? inilah yang sering ditanyakan oleh siswa. Materi olahraga satu ini sebenarnya dapat kita jumpai hampir di semua jenjang. Pembahasan terkait teknik dasar sepak bola yang meliputi menggiring, menembak, mengoper, dan mengumpan juga ada di LKS. Sayangnya, tak semua siswa membacanya meski materi tersebut sering muncul sebagai butir soal ujian.

Memberikan umpan termasuk dalam teknik dasar passing atau operan. Bedanya umpan tercipta ketika posisi bola ada di area gawang lawan. Maka dari itu, cara mengumpan bola pun tak boleh dilakukan sembarangan karena momen tersebut bisa menjadi penentu gol. Pemain pun harus mempelajari variasi teknik dasar umpan lambung, cepat, maupun pendek. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara mengumpan bola dalam permainan sepak bola lengkap.

3 Cara Mengumpan Bola Dalam Sepak Bola dan Tekniknya

Memberikan umpan kepada kawan memiliki tingkat kesulitan lebih tinggi daripada melakukan operan. Oleh karenanya kalian perlu menguasai teknik dasar mengumpan bola terlebih dahulu. Tujuannya tak lain untuk meminimalisir pemain lawan memotong umpan yang kita berikan. Pada waktu bersamaan kalian juga perlu memikirkan bagaimana agar umpan bisa diterima lebih mudah oleh anggota tim.

Setidaknya ada 3 cara mengumpan bola dalam sepak bola yang harus kalian ketahui. Ketiganya memiliki gerakan serta tendangan menggunakan posisi kaki yang berbeda yakni kaki bagian dalam, luar, dan punggung. Tentu saja hasil umpan yang tercipta pun akan berbeda sesuai bagaimana kita memilihnya.
Baca juga : Bentuk Latihan Kombinasi dan Koordinasi Sepak Bola Lengkap

Cara mengumpan bola dalam sepak bola harus dilakukan dengan baik dan benar agar teman dapat menerima bola dengan mudah serta lawan sulit untuk merebutnya. Teknik mengumpan bola dalam permainan sepak bola dapat dilakukan dengan beberapa cara. Adapun cara melakukan teknik mengumpa bola dalam sepak bola yaitu mengumpan dengan kaki bagian luar, mengumpan dengan punggung kaki, dan mengumpan dengan kaki bagian dalam.

Teknik Mengumpan Bola Dengan Kaki Bagian Dalam

Kaki bagian dalam pada dasarnya digunakan untuk menciptakan tendangan lambung. Ketika sudah menguasainya, kalian akan mampu memberikan umpan lambung kepada teman satu tim secara akurat. Cara mengumpan bola satu ini sangat efektif dipakai untuk melewati banyak lawan sekaligus. Terlebih jika penyerang tim memiliki postur tinggi maka umpan lambung akan sangat sempurna.

Teknik dasar menendang kaki dalam memang sudah sering diajarkan pada siswa baik secara teori maupun praktikum. Meski demikian, ternyata masih ada beberapa siswa yang mengaku kesulitan untuk memahaminya. Jika kalian salah satunya maka simaklah pembahasan di bawah karena saya akan mengajarkann cara mengumpan bola kaki dalam mulai dari tahap awal sampai akhir.

Posisi Awal

Secara garis besar ada tiga tahapan yang harus kalian pelajari yakni gerakan awalan, mengumpan, dan follow up. Melakukan awalan yang baik mampu membuat dua tahap lainya menjadi lebih mudah untuk dilakukan. Simaklah posisi awal teknik dasar mengumpan bola di bawah:
  1. Sikap tubuh diawali dengan berdiri menuju arah gerakan.
  2. Kaki tumpu diletakkan di samping bola dan tekuk sedikit lutut serta arahkan bahu sesuai gerakannya.
  3. Kedua tangan sedikit direntangkan dan diletakkan di samping badan.
  4. Gunakan pergelangan kaki untuk menendang ke arah luar dengan cara diputar, kemudian dikunci.
  5. Pusat pandangan mata diarahkan menuju bolanya.

Gerakan Mengumpan

Mengumpan memang terkesan sederhana tapi sebenarnya sulit untuk dilakukan. Banyak yang akhirnya salah dan berujung merugikan tim mereka. Cara mengumpan bola dalam sepak bola seperti gerakan mengumpan ini dapat dilakukan dengan beberapa langkah di bawah ini:
  1. Pastikan teman yang diberikan umpan dalam keadaan siap.
  2. Lakukan gerakan menendang ke arah belakang dengan cara menarik tungkai. Setelah itu tungkai diayun ke arah depan menuju bola.
  3. Kaki diayunkan tepat menuju bola bagian tengahnya.

Gerakan Akhir

Setelah selesai memberi umpan kepada teman satu tim kita tetap harus fokus dan tak boleh lengah. Jangan sampai konsentrasi pecah dan membuat kita tidak siap saat rekan membutuhkan bantuan. Tapi terkadang setelah mengumpan faktanya pemain seakan bersikap biasa saja dan tak memperhatikan gerakan akhir.

Gerakan akhir dalam teknik mengumpan bola menggunakan kaki bagian dalam dapat dilakukan dengan beberapa langkah seperti di bawah ini:
  1. Berat badan dipindahkan ke arah kaki tumpu bagian depan.
  2. Diwaktu bersamaan letakkan kaki yang berguna untuk menendang ke arah depan.
  3. Arahkan pandangan anda menuju bola.
  4. Ulangi dan lakukan beberapa kali langkah-langkah diatas.

Teknik Mengumpan Bola Dengan Kaki Bagian Luar

Cara mengumpan bola dalam sepak bola menggunakan kaki bagian luar memiliki kelebihan daripada dua metode lain. Kalian bisa menciptakan umpan kejutan maupun tipuan yang tentunya sangat berguna ketika melakukan serangan. Tapi untuk menguasai teknik tersebut kalian butuh latihan yang rutin dan telaten. Tak sedikit pemain yang gagal dan akhirnya bola terpotong sebelum mencapai teman satu tim.


Mengumpan Bola Dengan Kaki Bagian Luar

Banyak pula pemain menggunakan kaki luar untuk memberikan umpan pendek kepada anggota tim. Agar kalian tidak blunder ketika menggunakan teknik mengumpan satu ini. Maka simaklah beberapa langkah yang harus diperhatikan di bawah:

Posisi Awal

seperti yang kita ketahui bahwa kaki luar memiliki kelebihan untuk memberikan umpan jarak dekat kepada rekan. Oleh karenanya kalian harus teliti dan hati-hati penuh pertimbangan. Karena sedikit saja kalian salah memprediksi situasi maka bola akan direbut oleh lawan. Posisi awal dalam cara mengumpan bola dengan kaki bagian luar yaitu diantaranya:
  1. Sikap tubuh diawali dengan berdiri menuju arah gerakan dari bolanya.
  2. Kaki tumpu diletakkan di samping bola.
  3. Kedua tangan sedikit direntangkan dan diletakkan di samping badan.
  4. Gunakan pergelangan kaki untuk menendang ke arah dalam dengan cara diputar, kemudian dikunci.
  5. Pusat pandangan mata diarahkan menuju bolanya.

Gerakan Mengumpan

Cara mengumpan bola dalam sepak pola fase ini menitikberatkan pada konsentrasi serta gerakan. Di buku LKS sebenarnya pun sudah dibahas apa saja yang harus kalian lakukan ketika memberikan umpan memakai kaki luar. Di bawah ini saya telah merangkum langkah-langkahnya:
  1. Pastikan teman yang diberikan umpan dalam keadaan siap.
  2. Lakukan gerakan mengumpan dengan cara menarik kaki ke arah belakang.
  3. Selanjutnya kaki diayun ke arah depan menuju bola disertai perputaran kaki menuju arah dalam.
  4. Kaki diayunkan tepat menuju bola bagian tengahnya.
Baca juga : Posisi Posisi Permainan Softball Lengkap Dengan Penjelasan

Gerakan Akhir

Karena teknik dasar mengumpan bola dengan kaki luar memerlukan penguasaan tingkat tinggi. Maka kita tak boleh serta merta melupakan gerakan akhirnya. Sebab gerakan akhir memberi banyak manfaat bagi pemain. Adapaun teknik akhiran umpan tersebut adalah:
  1. Berat badan dipindahkan ke arah depan.
  2. Diwaktu bersamaan letakkan kaki yang berguna untuk menendang ke arah depan.
  3. Arahkan pandangan anda menuju bola.

Teknik mengumpan Bola Dengan Punggung Kaki

Kalian mau memberikan umpan jauh dan cepat? tendangan memakai punggung kaki bisa menjadi solusi. Meski banyak dipakai untuk menggiring tapi faktanya kita juga bisa memberikan umpan menggunakan teknik satu ini. Sayangnya, cara mengumpan bola dengan punggung kaki memerlukan akurasi tinggi. Kalian juga perlu power yang sesuai ketika melepaskan tendangan.
Mengumpan Bola Dengan Punggung Kaki

Posisi Awal

Biasanya, tendangan punggung kaki dengan tujuan untuk memberikan umpan dilakukan setelah menggiring. Tapi tak jarang pula saya menjumpai pemain memakainya ketika posisi berdiri atau berhenti. Maka dari itu, simaklah gerakan awalan umpan cepat berikut:
  1. Sikap tubuh diawali dengan berdiri menuju arah gerakan.
  2. Kaki tumpu diletakkan di samping bola dan tekuk sedikit lutut serta arahkan bahu sesuai gerakannya.
  3. Kedua tangan sedikit direntangkan dan diletakkan di samping badan.
  4. Gunakan pergelangan kaki untuk menendang ke arah belakang dengan cara diputar, kemudian dikunci.
  5. Pusat pandangan mata diarahkan menuju bolanya.

Gerakan Mengumpan

Kalian harus memberikan perhatian lebih pada gerakan mengumpan bola. Pasalnya, teknik punggung kaki memerlukan konsentrasi serta akurasi tinggi pada waktu yang sama. Jika gagal tentu saja tendangan akan menjadi blunder untuk tim. Oleh karenanya, simaklah beberapa poin berikut:
  1. Pastikan teman yang diberikan umpan dalam keadaan siap.
  2. Lakukan gerakan menendang dengan cara menarik tungkai ke arah belakang.
  3. Setelah itu tungkai diayun ke arah depan menuju bola.
  4. Kaki diayunkan tepat menuju bola bagian tengahnya.

Gerakan Akhir

Gerakan akhir dari teknik mengumpan bola menggunakan punggung kaki dapat dilakukan dengan beberapa langkah seperti di bawah ini:
  1. Berat badan dipindahkan ke arah depan.
  2. Diwaktu bersamaan letakkan kaki yang berguna untuk menendang ke arah depan.
  3. Arahkan pandangan anda ke depan.
Demikianlah penjelasan mengenai cara mengumpan bola dalam permainan sepak bola lengkap. Cara mengumpan bola dalam sepak bola dapat dilakukan menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar maupun punggung kaki. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca materi teknik mengumpan bola di atas.

Posting Komentar untuk "3 Cara Mengumpan Bola Dalam Sepak Bola dan Tekniknya"