Cara Melatih Lompatan Jumping Smash Dalam Permainan Voli

Advertisement

Cara Melatih Lompatan Jumping Smash Dalam Permainan Voli - Teknik dasar dalam permainan voli dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Salah satunya ialah teknik smash. Smash atau spike dalam permainan voli merupakan teknik dasar yang harus dikuasai oleh setiap pemain, kecuali pemain libero maupun setter. Teknik smash yang baik biasanya disertai dengan teknik lompatan jumping smash yang baik pula. Lalu bagaimana cara melatih lompatan jumping smash dalam permainan voli? Teknik jumping smash menggunakan otot tungkai kaki dengan otot lainnya. Dengan teknik gerakan yang baik maka akan menghasilkan lompatan yang tinggi dan baik pula.

Dalam permainan bola voli, semakin tinggi jumping smashnya (lompatan) maka bola akan semakin mudah diarahkan bahkan bola dapat menukik tajam menuju daerah lawan. Maka dari itu setiap pemain harus menguasai dan berlatih melakukan lompatan jumping smash dengan baik. Kali ini saya akan membahas tentang beberapa cara melatih lompatan jumping smash dalam permainan voli. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Cara Melatih Lompatan Jumping Smash Dalam Permainan Voli

Jumping smash merupakan sebuah pukulan keras mematikan yang berkecepatan tinggi. Pukulan ini biasanya dilontarkan oleh pemain inti pada permainan bola volly. Cara melakukan jumping smash juga sangat sulit karena disamping membutuhkan pukulan dengan tenaga yang kuat, ternyata smash ini juga memerlukan timing dan keseimbangan yang pas. Namun kita tetap bisa melakukan jumping smash dengan melatih lompatan kita. Lalu bagaimana cara melatih lompatan jumping smash tersebut? Sebelum melakukan beberapa cara melatih lompatan jumping smash, kita harus memperhatikan beberapa langkah penting dalam gerakan smash permainan voli yaitu :
  • Langkah awalan
  • Lompatan
  • Waktu (timing) yang sesuai ketika melakukan lompatan sehingga dapat mengumpankan bola ke set upper ataupun ke pemain tosser.
  • Langkah pendaratan yang baik yaitu menekuk lutut sehinga dapat terhindar dari cedera.
Baca juga : Ukuran Lapangan Bola Voli Berstandar Nasional Internasional
Hal hal diatas merupakan beberapa langkah yang perlu diperhatikan sebelum melakukan berbagai cara melatih lompatan jumping smash. Langkah tersebut sangat penting dalam permainan voli untuk menghasilkan bola yang menukik tajam menuju daerah lawan. Bola akan mudah diarahkan jika lompatan yang dilakukan lebih tinggi. Dengan begitu serangan dari lawan akan mudah dihadang bahkan dihentikan. Perhatikan gambar di bawah ini!
Gambar diatas merupakan teknik awalan yang benar dalam melakukan lompatan jumping smash permainan voli. Teknik tersebut merupakan awal untuk menghasilkan lompatan yang tinggi dan baik sehingga serangan lawan dapat dibendung dan dihentikan. Dibawah ini terdapat beberapa cara melatih lompatan jumping smash dalam permainan voli. Berikut penjelasan selengkapnya:

Warmingup (Pemanasan)
Cara melatih lompatan jumping smash yang pertama ialah warmingup. Warmingup merupakan teknik pemanasan yang baik sebelum melakukan jumping smash dalam permainan voli. Setiap pemain memang harus melakukan pemanasan sebelumnya, baik pemanasan secara dinamis maupun statis. Hal ini dilakukan untuk meregangkan otot dan sendi agar siap dalam menghadapi gerakan selanjutnya. Dengan begitu akan terhindar dari cedera.
Baca juga : Sejarah Permainan Bola Voli Lengkap
Lari Sprint atau Biasa
Cara melatih lompatan jumping smash selanjutnya ialah lari sprint atau biasa. Latihan ini berguna untuk melatih tungkai kaki. Melatih jumping smash ini dapat dilakukan dengan lari jogging biasa terlebih dahulu, kemudian diikuti dengan sprint pendek.

Lompat Tangga
Cara melatih lompatan jumping smash selanjutnya ialah dengan lompat tangga. Latihan ini dapat melatih bagian betis dan paha.

Skipping (Lompat Tali)
Cara melatih lompatan jumping smash selanjutnya ialah dengan skipping atau lompat tali. Anda dapat melakukan latihan ini dengan intensif rendah dan bertahap secara beberapa menit. Latihan ini berguna untuk melatih lompatan dan kelincahan (agilitas) tubuh.

Loncat Kidang
Cara melatih lompatan jumping smash selanjutnya ialah dengan loncat kidang. Loncat kidang merupakan gerakan loncat dengan posisi jinjit. Latihan ini berguna untuk menguatkan dan meningkatkan otot kaki.

Push Up, Pull Up, Sit Up dan Rangen
Cara melatih lompatan jumping smash selanjutnya ialah dengan push up, pull up, sit up dan rangen. Latihan ini digunakan untuk membentuk badan menjadi lebih bagus, selain melatih loncatan jumping smash. Latihan tersebut juga akan membuat lompatan anda lebih anteng dan tinggi.

Skotrach (Gerakan Kombinasi)
Cara melatih lompatan jumping smash selanjutnya ialah dengan skotrach atau gerakan kombinasi. Pertama tama lakukan gerakan step cepat selama beberapa detik kemudian dilanjutkan dengan gerakan menyerupai push up. Setelah itu lentingkan badan ke bawah dan lecutkan kebelakang.

Cara melatih lompatan jumping smash dalam permainan voli tidak hanya dengan latihan latihan diatas. Adapula jenis latihan lainnya yang digunakan untuk meningkatkan stamina saat jumping smash seperti:

  • Latihan lompat kodok
  • Skotch Jump
  • Lari lari rutin
  • Back up
  • Angkat beban
Baca juga : 4 Formasi Terbaik Dalam Permainan Bola Voli
Dalam permainan voli tidak hanya teknik lompatan jumping smash saja yang dilatih tetapi teknik timing smashnya juga. Cara melatih lompatan jumping smash dalam permainan voli dapat dilakukan dengan latihan latihan di atas. Kemudian untuk cara melatih timing smash dalam permainan voli dapat dilakukan dengan latihan latihan di bawah ini:

Gerakan Langkah Kaki
Cara melatih timing smash yang pertama yaitu dengan gerakan langkah kaki. Usahakan saat akan melakukan jumping smash tidak di awali dengan gerakan berlari. Hal ini dikarenakan anda akan kesulitan dalam melakukan smash. Awalan yang tepat dalam jumping smash ialah berjalan dengan 2 atau 3 langkah saja.

Latihan Tanpa Bola
Cara melatih timing smash selanjutnya yaitu dengan latihan tanpa bola. Latihan ini dilakukan seperti saat melakukan jumping tetapi tidak disertai dengan bola. Hal ini dilakukan untuk melatih timing yang pas saat mengumpankan bola ke pemain tosser.

Latihan Dengan Bola
Cara melatih timing smash yang terakhir yaitu latihan dengan bola. Latihan ini dilakukan bersama pemain tosser. Lemparkan bola kepada tosser, kemudian bola dilempar kembali ke anda serta lanjutkan dengan gerakan smash. Perhatikan timing yang digunakan, apabila sudah pas segera lakukan smash dengan kekuatan penuh.

Sekian penjelasan mengenai cara cara melatih lompatan jumping smash dalam permainan voli. Smash yang baik dalam permainan voli dapat dilakukan dengan teknik lompatan jumping smash yang baik dan penentuan timing smash yang sesuai. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih.

Cara Melatih Lompatan Jumping Smash Dalam Permainan Voli Rating: 4.5 Diposkan Oleh: penjasorkes

0 komentar:

Posting Komentar