Sikap Badan Pada Renang Gaya Bebas Adalah

Sikap Badan Pada Renang Gaya Bebas Adalah - Seperti yang kita tahu bahwa renang pada dasarnya dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Salah satunya adalah renang gaya bebas. Renang gaya bebas pada umumnya memiliki beberapa teknik dasar di dalamnya. Jenis renang ini cukup populer dikalangan masyarakat luas sehingga paling banyak dilakukan. Apa itu renang gaya bebas? Pengertian renang gaya bebas adalah jenis renang yang pelaksanaannya menggunakan gerakan ayunan kedua kaki dari atas ke bawah secara bergantian dan sikap tubuh telungkup.

Lantas sikap badan pada renang gaya bebas adalah bagaimana? Renang gaya bebas sendiri tentunya memiliki beberapa ciri ciri di dalamnya. Ciri ciri renang gaya bebas tersebut adalah letak posisi semua anggota badan ada di satu garis lurus dan kedua lengan memiliki gerakan yang letaknya di permukaan air. Dari sini kita tahu bahwa ketika berenang gaya bebas badan kita akan dalam posisi sejajar dengan permukaan. Disisi lain adapula posisi dada yang telungkup atau menghadap ke permukaan air. Teknik renang gaya bebas sendiri telah saya jelaskan pada artikel sebelumnya.

sikap badan pada renang gaya bebas adalah
Posisi Badan Pada Renang Gaya Bebas

Seperti yang kita tahu bahwa renang gaya bebas (front crawl) adalah teknik renang yang menggunakan posisi kedua lengan mengayun bergantian jauh ke depan gerakannya seperti mengayuh dan dada menghadap ke permukaan air. Teknik ayunan tangan pada renang gaya bebas dapat anda pelajari lebih lanjut pada artikel sebelumnya. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang sikap badan pada renang gaya bebas adalah apa. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Sikap Badan Pada Renang Gaya Bebas Adalah

Seperti yang kita tahu bahwa renang gaya bebas juga tidak hanya menggunakan gerakan lengan saja. Tetapi juga gerakan kedua kaki yang dicambukkan naik turun ke bawah dan ke atas secara bergantian. Selain itu adapula teknik dasar mengapung dan meluncur pada renang gaya bebas yang juga perlu anda pahami. Secara umum berenang tersebut memiliki banyak manfaat. Contohnya saja menguatkan otot, melatih motorik, melatih pernapasan dan sebagainya.

Olahraga renang sendiri dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Salah satunya adalah renang gaya bebas. Lantas sikap badan pada renang gaya bebas adalah bagaimana? Jenis renang ini pada dasarnya cukup mudah untuk dikuasai. Hal ini dikarenakan teknik dasar gaya renang tidak serumit jenis olahraga renang lainnya. Berenang dengan gaya bebas dapat dilakukan dengan posisi wajah menghadap ke permukaan air. Kemudian lengan digerakkan keluar dari air ketika pernapasan dilakukan. Lalu kepala dipalingkan ke samping dan tubuh diposisikan miring. 

Teknik pernapasan dalam renang gaya bebas dapat dilakukan dengan menolehkannya ke arah kanan ataupun kiri. Seperti yang kita tahu bahwa materi renang gaya bebas tersebut dapat anda pelajari ketika di bangku sekolah. Materi ini seringkali terdapat dalam soal soal ujian. Salah satu bentuk soalnya yaitu sebagai berikut:

Sikap badan pada renang gaya bebas adalah . . .
A. Terlentang
B. Telungkup
C. Overline
D. Menyelam
E. Deadline

Jawabannya dari pertanyaan di atas adalah pilihan B. Telungkup.

Seperti yang kita tahu bahwa posisi badan ketika melakukan renang gaya bebas dalam keadaan sejajar permukaan air dan tengkurap. Untuk melakukan renang gaya bebas, kita dapat menguasai beberapa gerak dasar didalamnya yaitu diantaranya:

  • Gerakan meluncur
  • Gerakan tangan
  • Gerakan kaki
  • Gerakan pernapasan.
Sekian penjelasan mengenai jawaban sikap badan pada renang gaya bebas adalah telungkup. Renang gaya bebas aadalah teknik renang yang dilakukan dengan menghadapkan tubuh ke permukaan air. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Belum ada Komentar untuk "Sikap Badan Pada Renang Gaya Bebas Adalah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel