Setiap Gerak Senam Irama Diawali dan Diakhiri Dengan

Setiap Gerak Senam Irama Diawali dan Diakhiri Dengan - Seperti yang kita tahu bahwa senam irama memiliki gerak dasar yang berfokus pada perpaduan gerak langkah kaki, sikap badan dan ayunan tangan yang selaras dengan irama musik pengiringnya. Maka dari itu gerakan dalam senam irama tersebut menjadi lebih menarik dan indah. Senam irama ini tentunya bermanfaat untuk kesehatan mental dan badan. Lantas bagaimana cara melakukan senam irama dengan benar?

Pada artikel sebelumnya saya telah menjelaskan tentang jenis langkah senam irama. Langkah langkah ini dapat anda pelajari lebih lanjut untuk melakukan gerakan senam tersebut dengan benar. Apa itu senam irama? Pengertian senam irama adalah cabang olahraga senam yang lebih modern gimnastiknya. Senam irama secara umum dapat dinamakan dengan senam aerobik. Namun gerakan dasar pada senam irama tidak sama dengan denam aerobik tersebut. Lantas setiap gerak senam irama diawali dan diakhiri dengan apa?

Setiap Gerak Senam Irama Diawali dan Diakhiri Dengan
Gerakan Senam Irama

Dalam senam irama tentunya terdapat beberapa jenis aliran. jenis aliran senam irama tersebut dapat anda pelajari lebih lanjut pada artikel sebelumnya. Jenis senam ini sering dinamakan dengan senam ritmik. Dalam olimpiade tentunya kita pernah menjumpai perlombaan senam irama tersebut. Senam ini termasuk dalam jenis senam artistik. Lalu bagaimana sikap awalan dan akhiran senam irama itu? Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang setiap gerak senam irama diawali dan diakhiri dengan apa. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Setiap Gerak Senam Irama Diawali dan Diakhiri Dengan

Senam irama secara umum dapat digunakan dengan alat dan tanpa alat. Alat yang dapat digunakan dalam senam irama tersebut dapat berupa simpai, tongkat, pita, bola, dan sebagainya. Senam irama dapat dilakukan dengan rangkaian kegiatan seperti berlari, loncat, putaran tangan, berjalan, ayunan, dan melompat. Dari penjelasan ini, kita dapat mengartikan senam irama sebagai rangkaian gerak yang terdiri dari langkah langkah kaki dengan sikap badan tertentu dan ayunan lengan.

Seperti yang kita tahu bahwa senam irama sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Jika senam irama ini dilakukan secara teratur, maka akan mengurangi stress, membuat fungsi otak menjadi optimal, dan kesehatan jantung meningkat. Dalam senam irama tersebut terdapat gerakan semua badan yang dilakukan secara berulang ulang sesuai dengan hitungan atau irama musik pengiringnya. Lalu setiap gerak senam irama diawali dan diakhiri dengan apa?

Jika membahas lebih lanjut mengenai materi senam irama ini, tentunya kita akan menemukan beberapa contoh soal. Salah satu bentuk soalnya yaitu sebagai berikut:

Setiap gerak senam irama diawali dan diakhiri dengan . . .
A. Sikap sempurna
B. Tersenyum
C. Bebas bergerak
D. Menari nari

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah pilihan A. Sikap sempurna.

Setiap gerak senam irama diawali dan diakhiri dengan sikap sempurna. Hal ini dikarenakan sikap yang harus dimiliki dalam gerak berirama adalah kekompakan antar gerakan, sehingga gerakan senamnya dapat lebih indah. Jika gerakan yang dilakukan pesenam seirama dengan alunan musik pengiringnya, maka gerakan senamnya akan terlihat menarik dan indah. Dari sini kita dapat menyimpulkan bahwa senam irama memiliki gerakan yang berfokus pada kesinambungan gerakan, ketepatan irama, dan keluwesan dari pesenam dalam mengikuti musik pengiringnya.

Belum ada Komentar untuk "Setiap Gerak Senam Irama Diawali dan Diakhiri Dengan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel