Langkah Pertama Dalam Melakukan Tolakan Pada Loncat Kangkang Adalah

Langkah Pertama Dalam Melakukan Tolakan Pada Loncat Kangkang Adalah - Olahraga senam lantai pada umumnya dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Salah satunya adanya lompat kangkang. Loncat kangkang merupakan gerakan melompat menggunakan kaki yang terbuka lebar tanpa membuat badan lurus terlebih dahulu. Gerakan loncat kangkang dilakukan dengan melompat menggunakan panggul yang posisinya menyudut. Lompat kangkang ini termasuk dalam senam ketangkasan yang pelaksanaannya menggunakan alat.

Loncat kangkang memang menggunakan alat bantu seperti matras maupun kuda kuda lompat atau peti lompat. Dalam melakukan gerakan senam lantai tersebut tentunya menggunakan teknik dasar di dalamnya. Teknik dasar lompat kangkang ini telah saya jelaskan pada artikel sebelumnya. Cara melakukan lompat kangkang (straddle vault) biasanya menggunakan kotak atau peti, lalu dilompati dengan posisi badan yang condong ke depan. Setelah itu kedua tangan dibuka ketika melompati peti. Lalu langkah pertama dalam melakukan tolakan pada loncat kangkang adalah bagaimana?

Langkah Pertama Dalam Melakukan Tolakan Pada Loncat Kangkang Adalah
Gerakan Lompat Kangkang

Kita dapat memodifikasi peti loncat dengan perkakas. Peti loncat tersebut dapat berupa kuda kuda lompat ataupun teman kita yang disuruh untuk membungkukkan badan. Lompat kangkang bertujuan untuk melatih kemampuan dan kelenturan tubuh dengan cara melewati rintangan. Pengertian lompat kangkang menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah kegiatan melompat yang dilaksanakan menggunakan kedua kaki yang dibuka lebar. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang langkah pertama dalam melakukan tolakan pada loncat kangkang adalah bagaimana. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Langkah Pertama Dalam Melakukan Tolakan Pada Loncat Kangkang Adalah

Seperti yang kita tahu bahwa lompat kangkang termasuk salah satu jenis senam ketangkasan. Loncat kangkang biasanya dilakukan dengan melompati suatu peti. Peti loncat untuk putra memiliki tinggi sekitar 136 cm sedangkan tinggi peti loncat untuk putri adalah 120 cm. Kemudian untuk lebar bawah peti loncat sekitar 84 cm dan lebar atas adalah 41,5 cm.

Lompat kangkang dapat dilakukan dengan memperhatikan satu hal seperti pendaratan. Pendaratan ini dilakukan dengan sikap badan yang condong ke arah depan serta lutut ditekuk. Loncat kangkang memang dikenal dengan nama straddle vault. Olahraga ini termasuk dalam salah satu jenis senam lantai. Lompat kangkang memang dapat dilakukan dengan mudah menggunakan teknik dasar di dalamnya. Lalu langkah pertama dalam melakukan tolakan pada loncat kangkang adalah bagaimana?

Lompat kangkang pada umumnya dapat dilakukan dengan empat tahapan seperti awalan, tolakan, melewati peti lompat, dan mendarat. Langkah langkah ini perlu anda pahami untuk mengetahui lebih lanjut mengenai gerakan senam lantai tersebut. Materi ini juga menjadi salah satu bahan soal soal ujian. Salah satu bentuk soalnya yaitu sebagai berikut:

Langkah pertama dalam melakukan tolakan pada loncat kangkang adalah . . .

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah dengan mengambil awalan untuk ancang ancang.

Dari jawaban di atas dapat kita simpulkan bahwa langkah pertama dalam melakukan tolakan pada loncat kangkang adalah dengan mengambil awalan untuk ancang ancang. Lompat kangkang merupakan gerakan senam lantai yang dilakukan dengan melompati benda menggunakan kaki yang terbuka atau kangkang. Gerakan ini digunakan untuk melatih kekuatan otot kaki dan tangan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Belum ada Komentar untuk "Langkah Pertama Dalam Melakukan Tolakan Pada Loncat Kangkang Adalah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel