Pengertian Round Off Dalam Senam Lantai Beserta Cara Melakukan

Pengertian Round Off Dalam Senam Lantai Beserta Cara Melakukan - Dalam pelajaran penjasorkes tentunya terdapat pembahasan mengenai materi senam lantai. Apa itu senam lantai? Pengertian senam lantai adalah salah satu jenis olahraga fisik yang menggunakan gerakan terencana dan sistematis dengan pelaksanannya di atas matras atau lantai. Penggunaan matras tersebut bertujuan untuk meminimalisir kemungkinan adanya cedera yang terjadi karena gerakan gerakannya banyak yang bersentuhan dengan lantai.

Senam lantai sendiri dapat dibagi menjadi beberapa jenis seperti guling belakang, guling lenting, handstand (berdiri menggunakan tangan), guling depan, kayang, meroda, headstand (berdiri menggunakan kepala) dan lompat jongkok. Bagaimana jika gerakan senam lain diberikan kombinasi dengan gerakan lain? Gerakan senam lantai ini memang dapat dikombinasikan dengan gerakan lainnya. Seperti halnya gerakan round off yang biasanya sering kita dengar dalam materi senam lantai. Apa pengertian round off? Bagaimana cara melakukan gerakan round off?

Round off merupakan sebuah satuan gerakan yang berasal dari gerakan handstand yang disertai putaran pada sumbu tegak dan ditolakkan menggunakan kedua tangan tumpuan ketika kedua kaki mendarat di atas lantai. Teknik round off ini berfungsi untuk membuat gerakan maju ke depan menjadi berubah ke belakang sehingga pendaratan gerakan ini dapat ke arah belakang secara sempurna. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas lebih lanjut mengenai pengertian round off dalam senam lantai beserta cara melakukan round off. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak artikel di bawah ini.

Pengertian Round Off Dalam Senam Lantai Beserta Cara Melakukan

Seperti yang kita tahu bahwa pelaksanaan gerakan senam lantai yang baik membutuhkan beberapa unsur di dalamnya seperti keluwesan, berputar, kelincahan, ketangkasan, salto bulat ke depan, lompatan, keseimbangan, dan berputar. Unsur unsur tersebut sangat penting untuk dipahami dengan baik agar pelaksanaan senam lantai apapun jenisnya dapat berjalan dengan benar, tidak terkecuali gerakan round off tersebut.

Gerakan round off memang merupakan perpaduan antara gerakan senam lantai dengan gerakan lainnya. Gerakan gerakan yang dimaksud adalah melakukan awalan yang disertai dengan gerakan hurdle (mengangkat salah satu kaki). Kemudian memutar badan menggunakan kedua tangan sebagai tumpuan (gerakan handstand) dan diakhiri dengan kedua kaki yang mendarat dengan arah berlawanan.

Agar anda lebih paham mengenai materi ini, maka saya akan memberikan penjelasan mengenai pengertian round off dalam senam lantai beserta cara melakukan round off. Berikut penjelasan selengkapnya:

Pengertian Gerakan Round Off

Round off dapat dinamakan dengan lenting tangan putar. Gerakan round off sendiri adalah sebuah gerakan berkesinambungan pada senam lantai yang membutuhkan latihan secara berulang kali. Sebelumnya anda harus mengusai teknik gerakan handstand terlebih dahulu sebelum mempelajari lebih lanjut mengenai teknik round off tersebut. Dengan kata lain round off tersebut adalah gerakan handstand yang pelaksanaannya memutarkan badan dan disertai dengan tolakan. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar round off di bawah ini:
Pengertian Round Off Dalam Senam Lantai Beserta Cara Melakukan
Gambar Gerakan Round Off

Cara Melakukan Handstand

Seperti yang telah saya jelaskan di atas bahwa gerakan handstand ini sangat penting untuk dikuasai terlebih dahulu sebelum melakukan gerakan roundoff. Gerakan handstand dapat dilakukan dengan langkah langkah seperti berikut:
  • Badan diposisikan berdiri tegak dan luruskan kedua tangan di samping badan. Kemudian salah satu kaki diposisikan de depan kaki lainnya.
  • Lalu badan dibungkukkan ke arah depan dan gunakan kedua tangan sebagai tumpuannya.
  • Setelah itu pantat atau bokong didorong sehingga dapat terangkat ke atas.
  • Jika letak posisi kaki ada di atas, maka kemudian kaki diarahkan ke depan agar dapat dipegang oleh partner.
  • Kembali ke posisi awal saat melakukan awalan tadi.
Gerakan handstand juga dapat dilakukan dengan melakukan sikap awal yakni berdiri tegak dan rapatkan kedua kaki. Lalu letakkan kedua lengan di samping badan.

Cara Melakukan Round Off

Setelah menjelaskan tentang pengertian round off dan cara melakukan handstand di atas. Selanjutnya saya akan membahas tentang cara melakukan gerakan round off. Round off tersebut dapat dilakukan dengan langkah langkah seperti berikut:
  • Pertama kedua lengan diayunkan ke atas sampai sejajar bahu. Kemudian luruskan tangan ke depan sampai serong ke arah atas.
  • Sembari mengangkat lengan, lalu kaki kiri dilangkahkan ke depan dan putar badan ke arah samping kiri.
  • Kemudian kedua telapak tangan diletakkan di atas matras secara bersamaan dan sejajar bahu.
  • Lalu kaki kanan dilemparkan ke atas lurus dan diikuti dengan kaki kiri sampai letaknya dalam posisi handstand.
  • Langkah berikutnya yaitu melemparkan kedua kaki sejauh mungkin.
  • Setelah itu kedua kaki dan badan didaratkan ke tempat semula seperti awalan tadi.
  • Pelaksanaan sikap akhir gerakan round off adalah berdiri tegak dan luruskan kedua tangan ke atas serong ke depan. Lalu pandangan kita mengarah ke permulaan seperti awalan tadi.
Sekian penjelasan mengenai pengertian round off dalam senam lantai beserta cara melakukan round off. Gerakan round off merupakan gerakan berkesinambungan pada senam lantai yang membutuhkan latihan secara berulang kali. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Round Off Dalam Senam Lantai Beserta Cara Melakukan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel