Pengertian dan Teknik Dasar Permainan Bola Bakar

Pengertian dan Teknik Dasar Permainan Bola Bakar - Dalam pelajaran penjaskes terdapat beragam jenis permainan olahraga seperti permainan bola bakar, permainan basket, permainan sepak bola dan masih banyak lagi. Setiap permainan memiliki pengertian maupun teknik dasar masing masing. Salah satunya ialah pengertian permainan bola bakar maupun teknik dasar permainan bola bakar. Jaman dahulu permainan bola bakar disebut slagball yang berarti bola pukul.

Permainan ekstrim tersebut pada mulanya berasal dari Negara Belanda. Olahraga ini harus didukung alat tambahan seperti tiang, bola kecil, tongkat pemukul, dan tong pembakar. Sampai sekarang jenis permainan tersebut lebih dikenal dengan nama bola bakar. Pada tahun 50an permainan ini telah banyak dikenal dimasyarakat dan sempat menjadi trend pada masanya.

Seiring berkembangnya jaman dengan kemajuan teknologi serta industrialisasi membuat permainan bola bakar masuk ke Indonesia. Namun di negara Indonesia, permainan ini tidak begitu diminati oleh kalangan masyarakat. Walaupun begitu jenis permainan olahraga ini termasuk menyenangkan. Kali ini saya akan menjelaskan mengenai pengertian permainan bola bakar dan teknik dasar permainan bola bakar. Langsung saja dapat anda simak dibawah ini.

Pengertian dan Teknik Dasar Permainan Bola Bakar

Bola bakar sejatinya termasuk permainan tradisional yang sudah ada sejak jaman dahulu. Tapi karena suatu hal dan pertimbangan jenis olahraga satu ini menjadi tersingkirkan dan kurang diminati oleh masyarakat. Keselamatan dan juga keamanan mejadi alasan utama mengapa kita tak menjumpainya di pertandingan ataupun kejuaraan resmi.

Meski demikian, permainan tersebut masih terjaga kelestariannya sebagai bagian budaya di beberapa dearah. Masalahnya apakah kalian pernah melihat sendiri olahraga bola bakar? teknik dasar bola bakar sebenarnya hampir sama seperti olahraga pada umumnya. Perbedaanya terletak pada cara bermain yang menurut saya pribadi lebih ekstrim dan memerlukan keberanian.
Baca juga : 8 Teknik Dasar Permainan Kasti (Melempar, Menangkap dan Memukul)

Sayangnya dalam mata pelajaran penjaskes kita tidak akan menemukan materi permainan bola bakar. Ada beberapa alasan mengapa teknik dasar bola bakar tersebut tidak diajarkan. Salah satunya adalah resiko permainan yang berbahaya. Tapi misal kalian ingin mempelajari cara bermain bola bakar silahkan simak artikel ini sampai selesai.

Pengertian Permainan Bola Bakar

Hal pertama yang akan saya bahas ialah pengertian permainan bola bakar. Bola bakar berasal dari negara Belanda. Tapi dahulu masyarakat lebih gemar menyebutnya sebagai slagball yang berarti bola pukul. Permainan ini juga memiliki nilai positif seperti jenis permainan olahraga lainnya. Permainan bola bakar akan menumbuhkan rasa jujur, tanggung jawab, kerja sama, dan disiplin bagi peserta didik.

Dalam pelaksanaannya pemain benar-benar harus mempersiapkan segala sesuatu demi keselamatan diri sendiri serta orang lain. Menyiapkan mental serta membekali diri dengan penguasaan teknik dasar bola bakar menjadi kunci utamanya. Pasalnya, tak sedikit orang yang justru takut melihat olahraga ini padahal belum sempat memainkannya.

Ketika membahas apa itu bola bakar maka kalian juga akan dihadapkan dengan beberapa pengetahuan umum. Misalnya ada berapa jumlah pemain, posisi pemain, masing-masing tugasnya, sampai peraturan yang menyangkut jalannya permainan.

Untuk tim pemukul memiliki anggota sebagai penjaga belakang, pemukul maupun pelambung. Setiap pemukul memiiki kesempatan 3 kali memukul tetapi wajib berlari pada pukulan pertama ataupun kedua apabila pukulannya berhasil. Apabila setelah melakukan tiga pukulan tetap luncas atau tidak berhasil memukul, maka pemain tersebut dinyatakan mati satu.

Peraturan Bola Bakar

Bola bakar dimainkan oleh dua tim dengan masing-masing tim memiliki anggota berjumlah 12 orang. Tim yang bertugas untuk memukul bernama tim pemukul, sedangkan tim yang bertugas untuk menjaga lapangan bernama tim lapangan. Ada satu wasit utama, tiga wasit pembantu, dan satu orang pencatat nilai untuk membantu jalannya permainan.

Lantas bagaimana cara memainkan bola bakar tersebut? inilah pertanyaan yang sering diajukan oleh siswa.  Tim pemukul diharuskan untuk berhasil memukul bola dan harus belari diluar garis sembari menyentuh tiang I, II, III, IV, V, dan VI sampai benar benar selamat. Setelah itu pemain diharuskan kemabli ke area bebas dan mendapatkan point.

Sedangkan tim lapangan memiliki tugas untuk menggagalkan tim pemukul dengan cara menangkap bola yang telah dipukul kemudian dilemparkan kepemain pembakar. Hal ini akan membuat tim pemukul tidak mendapatkan point. Permainan bola bakar berlangsung dengan dua babak. Masing masing babak memiliki waktu 20-30 menit dan waktu istirahatnya 10 menit.

Bagaimana, peraturan olahraga bola bakar di atas cukup mudah untuk dimengerti bukan? walaupun begitu ternyata ada beberapa siswa yang masih bingung tata cara pelaksanaanya. Menurut saya pribadi hal ini cukup lumrah karena kita tak mendapatkan penjelasan secara praktikum ketika berada di sekolah.

Teknik Dasar Permainan Bola Bakar

Cara memainkan olahraga bola bakar sebenarnya cukup sederhana karena hampir mirip seperti rounders. Tapi kalian tetap memerlukan persiapan matang untuk menghindari segala kemungkinan buruk nantinya. Maka dari itu, dalam sesi ini saya ingin membahas lebih dalam apa saja teknik dasar permainan bola bakar yang baik dan benar.

Sekilas teknik dasar bola bakar memang terlihat cukup mudah karena memiliki konsep sama layaknya kasti. Gerakan serta tekniknya pun terbagi menjadi tiga bagian yakni teknik memukul bola, menangkap, serta melempar. Jenis permainan olahraga ini sangat baik untuk tubuh kita. Tubuh akan menjadi lebih sehat, ketangkasan meningkat keterampilan meningkat dan otot menjadi kuat. Berikut penjelasan mengenai teknik dasar permainan bola bakar.

Teknik Memukul

teknik dasar memukul bola bakar

Teknik dasar permainan bola bakar yang pertama ialah teknik memukul. Usahakan anda menguasai teknik ini agar pukulan dapat mengenai sasaran. Pemain pemukul biasanya meletakkan tangan kiri ke arah depan dan tangan kanan memegang tongkat pemukul. Tahap selanjutnya ialah mengarahkan bola ke sampaing ataupun ke depan. Teknik dasar memukul dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu pukulan lurus dan pukulan menyamping.
Baca juga : 3 Teknik Dasar Permainan Rounders Beserta Luas Lapangan Rounders
Pukulan Lurus
Teknik dasar permainan bola bakar dapat dilakukan dengan cara pukulan lurus. Untuk langkah pertama ialah memegang pemukul bagian pegangannya seperti sedang berjabat tangan serta jari jarinya melingkar pada pemukulnya. Dibawah ini terdapat beberapa faktor dalam melakukan pukulan lurus : 
  • Posisikan badan membungkuk dan arahnya menuju lemparan bola.
  • Posisi kaki sedikit terbuka.
  • Arahkan pemukul kayu lurus ke depan.
  • Pukul bola ke arah lurus depan.
Pukulan Menyamping
Teknik dasar permainan bola bakar juga dapat dilakukan dengan cara pukulan menyamping. Untuk teknik pukulan menyamping hampir sama dengan teknik pukulan lurus. Namun yang membedakan ialah arah pukulannya ke samping kanan. Posisikan kaki kanan ke arah samping kiri, kemudian ketika anda memukul bola tarik kaki kanan ke depan agar mendapatkan posisi badan yang menyerong ke kiri. Dengan begitu posisi pukulan juga akan mengarah serong ke kiri.

Teknik Melempar dan Menangkap Bola

Teknik dasar menangkap dan melempar bola bakar

Teknik dasar permainan bola bakar selanjutnya ialah teknik melempar dan menangkap bola. Untuk teknik melempar bola bertujuan untuk melemparkan bola ke sasaran. Teknik melempar ini dapat dibagi menadi tiga yaitu lemparan mendatar, lemparan bawah dan lemparan atas.

Lemparan Atas
Lemparan atas termasuk teknik dasar permainan bola bakar yang harus dikuasai. Pada teknik ini tangan kanan bertugas untuk memegang bola dan tangan kiri diarahkan keatas mengikuti pandangan mata. Posisi tangan kanan sedikit kebawah pinggang. Setelah itu bola dilemparkan menuju arah pandangan mata.

Lemparan Mendatar
Lemparan mendatar termasuk teknik dasar permainan bola bakar yang harus dikuasai. Berikut cara melakukan lemparan mendatar :
  • Posisikan badan berdiri dengan kaki kiri diletakkan di depan.
  • Kemudian tangan kanan bertugas memengang bola.
  • Tangan kiri mengisyaratkan arah yang ingin dituju.
  • Letak tangan kanan berada disamping badan.
  • Ayunkan tongkat pemukul ke depan sekuat tenaga.
  • Setelah itu lemparannya akan mendatar sesuai keinginan.
Baca juga : Teknik Mengontrol Bola dan Menghentikan Bola Dalam Sepak Bola
Lemparan Bawah
Lemparan bawah termasuk teknik dasar permainan bola bakar yang harus dikuasai. Berikut cara melakukan lemparan bawah :
  • Posisikan kaki kiri berada di depan.
  • Tangan diangkat dan pegang bola setinggi mungkin.
  • Arahkan pandangan anda sesuai yang dituju.
  • Setelah itu bola diayunkan ke depan bawah.
Inilah pengertian permainan bola bakar dan teknik dasar permainan bola bakar yang dapat saya jelaskan. Untuk memenangkan permainan ini, maka setiap pemain diharuskan untuk menguasai teknik dasar yang ada. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian dan Teknik Dasar Permainan Bola Bakar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel