Cara Melatih Timing Smash Voli Agar Tepat dan Pas

Advertisement

Cara Melatih Timing Smash Voli Agar Tepat dan Pas - Setiap pemain bola voli diharuskan untuk menguasai semua teknik dasar yang berlaku dalam permainan tersebut. Salah satu teknik yang tidak kalah penting ialah teknik smash, dimana para pemain harus mengerti dan memahami timing smash bola voli yang tepat. Lalu bagaimana cara melatih timing smash voli agar tepat dan pas? Teknik timing smash ini dapat anda latih melalui beberapa gerakan. Maka dari itu sikap kerja keras dan selalu berlatih secara rutin adalah kunci utama dalam menguasai apapun jenis teknik dasar dalam bola voli, termasuk melatih timing smash ini.

Melatih Timing Smash Bola Voli
Seperti yang kita tahu bahwa teknik smash adalah salah satu teknik dasar bola voli yang wajib dikuasai oleh setiap pemainnya. Selain itu teknik smash ini juga merupakan salah satu penunjuk apakah teknik cara bermain bola volinya benar ataupun tidak. Terlebih lagi teknik timing smash bola voli yang benar tersebut dapat mempengaruhi pemerolehan nilai untuk tim sendiri. Nah pada pembahasan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara melatih timing smash voli agar tepat dan pas. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Cara Melatih Timing Smash Voli Agar Tepat dan Pas

Dalam permainan bola voli, anda dapat memperoleh nilai atau poin berdasarkan pelaksanaan smash yang tepat dan diwaktu yang pas. Timing smash ini berguna untuk membuat perkiraan kapan waktu yang tepat untuk melakukan smash, sehingga tidak dapat diantisipasi oleh lawan. Untuk itu saya akan membagikan beberapa cara melatih timing smash voli agar tepat dan pas. Berikut penjelasan mengenai cara melatih timing smash bola volinya yaitu:
Baca juga : Peraturan dan Ukuran Lapangan Permainan Bola Voli Pantai
Gerakan Melangkah Kaki
Cara melatih timing smash voli yang pertama dapat dilakukan dengan melalui gerakan melangkah kaki. Gerakan kaki ini memang sangat diperlukan untuk melakukan timing smash bola voli. Anda dapat melatih gerakan melangkah kaki dengan cara berjalan sangat perlahan. Hal ini dikarenakan hasil timing smash tidak akan maksimal jika anda berjalan atau berlari dengan buru buru.

Melatih Dengan Perantara Dinding
Cara melatih timing smash voli selanjutnya dapat dilakukan dengan perantara dinding. Dinding dapat dijadikan perantara untuk membantu melatih timing smash bola voli agar tepat dan pas. Dengan pose pemantulan kedinding, itu sama halnya dengan berlatih bola secara langsung. Berlatih dengan cara ini termasuk cara yang baik agar anda tidak canggung dan terbiasa melakukan teknik smash yang benar. Untuk hasil yang maksimal, anda harus berlatih timing smash secara rutin.
Baca juga : Jenis Servis Pada Permainan Bola Voli Beserta Cara Melakukan
Berlatih Tanpa Menggunakan Bola
Cara melatih timing smash voli selanjutnya dapat dilakukan dengan berlatih tanpa menggunakan bola. Dengan pelatihan tanpa bola tersebut, anda akan lebih terbiasa melakukan timing smash yang baik dan benar. Melatih timing smash bola voli ini dapat membuat anda terbiasa dan tidak canggung lagi. Maka dari itu lama kelamaan anda akan mahir sendiri saat melakukan timing smash dilapangan secara langsung. Untuk hasil gerakan yang maksimal, anda dapat melatihnya secara rutin menggunakan cara ini.

Melatih Otot Tangan
Cara melatih timing smash voli selanjutnya dapat dilakukan dengan melatih otot tangan. Latihan otot tangan ini dapat membuat gerakan anda lebih kuat dan terbiasa saat pelaksanaan smash bola voli. Cara melatih otot tangan ini dapat dilakukan dengan push up secara rutin.

Sekian penjelasan mengenai cara melatih timing smash voli agar tepat dan pas. Melatih timing smash bola voli ini dapat dilakukan dengan beberapa cara di atas agar pukulan smashnya kuat dan benar. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan selamat mencoba.

Cara Melatih Timing Smash Voli Agar Tepat dan Pas Rating: 4.5 Diposkan Oleh: penjasorkes

0 komentar:

Posting Komentar