Cara Melatih Timing Smash Voli Agar Tepat dan Pas

Cara Melatih Timing Smash Voli Agar Tepat dan Pas - Setiap pemain bola voli diharuskan untuk menguasai semua teknik dasar untuk menguasai jalannya permainan. Salah satu teknik yang menurut saya cukup penting adalah teknik smash atau biasa disebut spike keras. Cara melakukannya tidaklah semudah itu karena harus benar-benar paham timing smash bola voli seperti apa.

Lalu bagaimana cara melatih timing smash voli agar tepat dan pas? Teknik timing smash ini dapat anda latih melalui beberapa gerakan. Maka dari itu sikap kerja keras dan selalu berlatih secara rutin adalah kunci utama dalam menguasai apapun jenis teknik dasar dalam bola voli, termasuk melatih timing smash ini.
Melatih Timing Smash Bola Voli

Seperti yang kita tahu bahwa teknik smash adalah salah satu teknik dasar bola voli yang wajib dikuasai oleh setiap pemainnya. Selain itu teknik smash ini juga merupakan salah satu penunjuk apakah teknik cara bermain bola volinya benar ataupun tidak. Terlebih lagi teknik timing smash bola voli yang benar tersebut dapat mempengaruhi pemerolehan nilai untuk tim sendiri.

Cara Melatih Timing Smash Voli Agar Tepat dan Pas

Volly termasuk olahraga bola besar yang memiliki banyak peminat di tanah air. Tak hanya suka menonton, tapi berbagai kalangan masyarakat pun juga ramai-ramai memainkannya. Banyak yang berlatih mengasah kemampuan dengan berbagai metode.

Cara melatih timing smash voli pun jadi salah satu hal yang wajib kita pelajari sebagai siswa. Karena tak jarang guru meminta kita melakukan teknik dasar smash saat kegiatan praktikum. Tapi ternyata, masih ada pula yang gagal dan menghasilkan spike yang kurang memuaskan lantaran timing smash yang kurang sesuai.
Baca juga : Peraturan dan Ukuran Lapangan Permainan Bola Voli Pantai
Dalam permainan bola voli, anda dapat memperoleh nilai atau poin berdasarkan pelaksanaan smash yang tepat dan diwaktu yang pas. Timing smash ini berguna untuk membuat perkiraan kapan waktu yang tepat untuk melakukan smash, sehingga tidak dapat diantisipasi oleh lawan. Untuk itu saya akan membagikan beberapa cara melatih timing smash voli agar tepat dan pas. 

Gerakan Melangkah Kaki

Cara melatih timing smash voli yang pertama dapat dilakukan dengan melalui gerakan melangkah kaki. Gerakan kaki ini memang sangat diperlukan untuk melakukan timing smash bola voli. Anda dapat melatih gerakan melangkah kaki dengan cara berjalan sangat perlahan. Hal ini dikarenakan hasil timing smash tidak akan maksimal jika anda berjalan atau berlari dengan buru buru.

Melatih Dengan Perantara Dinding

Cara melatih timing smash voli selanjutnya dapat dilakukan dengan perantara dinding. Dinding dapat dijadikan perantara untuk membantu melatih timing smash bola voli agar tepat dan pas. Dengan pose pemantulan kedinding, itu sama halnya dengan berlatih bola secara langsung. Kalian bisa melakukannya di manapun baik itu rumah, sekolah, maupun tempat lain.
Baca juga : Jenis Servis Pada Permainan Bola Voli Beserta Cara Melakukan

Berlatih dengan metode ini termasuk cara yang baik agar anda tidak canggung dan terbiasa melakukan teknik smash yang benar. Selain sederhana, melatih timing pukulan bermediakan dinding juga gratis sehingga kita tak perlu mengeluarkan effort terlalu besar. Untuk hasil yang maksimal, anda harus berlatih timing smash secara rutin. 

Berlatih Tanpa Menggunakan Bola

Cara melatih timing smash voli selanjutnya dapat dilakukan dengan berlatih tanpa menggunakan bola. Dengan pelatihan tanpa bola tersebut, anda akan lebih terbiasa melakukan timing smash yang baik dan benar. Dengan membiasakan diri secara tak langsung kalian akan melatih timing smash bola voli secara perlahan.

Lambat laun, pemain akan mahir sendiri saat melakukan menguasai timing pukulan smash di lapangan secara langsung. Untuk hasil gerakan yang maksimal, anda dapat melatihnya secara rutin menggunakan cara ini.

Melatih Otot Tangan

Cara melatih timing smash voli selanjutnya dapat dilakukan dengan melatih otot tangan. Latihan otot tangan ini dapat membuat gerakan anda lebih kuat dan terbiasa saat pelaksanaan smash bola voli. Cara melatih otot tangan ini dapat dilakukan dengan push up secara rutin.

Sekian penjelasan mengenai cara melatih timing smash voli agar tepat dan pas. Melatih timing smash bola voli ini dapat dilakukan dengan beberapa cara di atas agar pukulan smashnya kuat dan benar. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan selamat mencoba.

Posting Komentar untuk "Cara Melatih Timing Smash Voli Agar Tepat dan Pas"