Kebugaran Jasmani: Pengertian, Unsur, Bentuk, dan Manfaatnya

Kebugaran Jasmani: Pengertian, Unsur, Bentuk, dan ManfaatnyaSetiap hari kita selalu beraktivitas mengerjakan beberapa kegiatan. Aktivitas tersebut dijalankan seefisien, seefektif dan sebaik mungkin. Maka dari itu kita harus menunjangnya dengan kebugaran jasmani yang baik dan bagus. Dengan begitu kita akan menciptakan kehidupan manusia yang berkualitas. Lalu apa sebenarnya pengertian kebugaran jasmani? Apa saja unsur unsur kebugaran jasmani? Lalu apa manfaat kebugaran jasmani tersebut?
Setiap orang memang membutuhkan kesehatan jasmani maupun rohani. Maka dari itu untuk mendapatkannya, kita membutuhkan latihan fisik yang harus dilakukan sesuai aturan dan harus teratur. Setelah itu kita juga dapat melakukan serangkaian pengukuran dan tes untuk mengetahui seberapa besar kebugaran jasmani tersebut. Hasil tersebutlah yang akan membuktikan seberapa besar tingkat kekuatan kita. Nah kali ini saya akan membahas tentang pengertian kebugaran jasmani, unsur unsur kebugaran jasmani, dan manfaat kebugaran jasmani. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Kebugaran Jasmani: Pengertian, Unsur, Bentuk, dan Manfaatnya

Memiliki tubuh yang terjaga tetap prima merupakan harapan kebanyakan orang. Akhirnya berbagai cara pun dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut. Contohnya berolahraga secara rutin, pergi ke GYM, dan melakukan senam berkala. Semua usaha tersebut merupakan bentuk kebugaran jasmani yang bisa kalian lakukan.

Bentuk kebugaran jasmani tak semata hanya menjaga tubuh agar tetap sehat lewat serangkaian usaha saja. Jika digali lebih dalam, maka kita akan menemukan fakta kebugaran jasmani bertanggung jawab atas beberapa unsur dalam tubuh. Kecepatan, kekuatan, kelincahan, reflek, sampai kordinasi menjadi sinkron dan mampu meningkatkan efektifitas tubuh.
Baca juga : Pengertian dan Macam Macam Cabang Atletik

 Dalam konteks pendidikan materi satu ini sebenarnya sudah mulai diajarkan pada siswa bahkan semenjak di bangku sekolah dasar. Pembahasan yang mencakup usur, bentuk, manfaat serta contoh kebugaran jasmani bisa kalian jumpai pada buku pedoman penjas. Di lain sisi, para ahli pun banyak yang mengemukakan teori terkait cara hidup sehat tersebut.

Apa Itu Kebugaran Jasmani

Meski sudah tertulis rapi di buku LKS tapi kita tak bisa menampik fakta bahwa materi ini cukup mengecoh. Tidak sedikit siswa yang salah ketika menyebutkan definisi kebugaran jasmani karena minimnya pengetahuan. 

Secara umum pengertian kebugaran jasmani ialah daya tahan dan kemampuan tubuh seseorang dalam melakukan kegiatan setiap hari tanpa adanya kelelahan yang signifikan. Selain itu kebugaran dapat disebut sebagai total fitnes atau physical fitness dalam aspek fisik. Hal ini dikarenakan dari segi pengertiannya sama. Pengertian dari kebugaran jasmani dapat ditinjau berdasarkan pendapat beberapa ahli yaitu sebagai berikut:

Rusli Hutan
Pengertian kebugaran jasmani yaitu kekuatan seseorang dalam melakukan semua bentuk kegiatan fisik yang membutuhkan daya tahan, kelenturan (fleksibilitas) dan kekuatan.

Sudarno
Definisi kebugaran jasmani menurut sudarno adalah keadaan tubuh yang dapat melakukan kegiatan sehari hari dengan efektif dan baik tanpa disertai kelelahan yang signifikan. Tubuh tersebut masih mempunyai cadangan energi yang dapat digunakan untuk melakukan aktifitas lainnya.

Agus Munkhlolid, M. Pd
Pengertian kebugaran jasmani yaitu kekuatan seseorang dalam melakukan aktivitas dan bekerja tanpa disertai kelelahan yang berlebihan.

Muhajir
Apa itu kebugaran jasmani? menurut Muhajir kesanggupan tubuh seseorang dalam beradaptasi sehingga dapat menjalankan segala kegiatan fisik tanpa membuatnya kelelahan yang terlalu berlebih.

Prof. Sutarman
Pengertian kebugaran jasmani yaitu keseluruhan aspek fisik yang membuat seseorang merasa sanggup melakukan hal hal yang terkait produktifitas hidup sehingga dapat menyesuaikan diri dalam segala bentuk tantangan fisik yang ada.

Joko Pekik Irianto
Pengertian kebugaran jasmani yaitu kekuatan seseorang dalam melakukan aktifitas dan pekerjaan sehari hari, namun masih memiliki tenaga lebih untuk menikmati waktu luang.

Berdasarkan pengertian kebugaran jasmani diatas dapat kita simpulkan bahwa kebugaran jasmani berkaitan dengan daya tahan tubuh seseorang dalam melakukan aktivitas sehari hari. Meski begitu masih memiliki cadangan tenaga tanpa mengalami kelelahan yang berlebihan. Jaman dahulu manusia melakukan gerakan latihan kebugaran jasmani dikarenakan beberapa alasan penting, seperti:
  • Gerakan yang dilakukan manusia adalah cara yang baik dalam mempertahankan hidup.
  • Gerakan jasmani yang dilakukan adalah kebutuhan mutlak dan kebutuhan dasar makhluk hidup.
  • Gerakan yang dilakukan manusia merupakan wujud kehidupan yang aktif sehingga terhindar dari hipokinesis.

Unsur-Unsur Kebugaran Jasmani

Sebutkan unsur unsur kebugaran jasmani! ketika mendapat tugas demikian siswa akan bertanya-tanya. Pada dasarnya kebugaran jasmani memang mengatur seluruh aspek dalam tubuh mulai dari kecepatan, kekuatan, sampai kordinasi setiap bagian. Pada sesi ini kita akan membahas apa saja unsur serta bentuk kebugaran itu sendiri.

Kecepatan

Unsur kebugaran jasmani yang pertama ialah kecepatan atau speed. Pengertian kecepatan menurut Mulyono Biyakto ialah kekuatan dalam melaksanakan gerakan dengan periode waktu singkat. Namun adapula pengertian kecepatan secara umum yaitu waktu yang diperlukan sesoerang dalam melaksanakan gerakan berkelanjutan dan berbeda beda.

Seseorang dikatakan mempunyai kecepatan bagus jika waktu yang diperlukan semakin sedikit. Kecepatan inilah yang sangat diperlukan oleh seseorang dalam melakukan segala hal olahraga yang berkaitan dengan kemampuan tersebut. Unsur kecepatan dalam kebugaran jasmani dapat dibagi menjadi beberapa jenis seperti kecepatan bergerak, kecepatan sprint dan kecepata reaksi.

Unsur kebugaran jasmani ini dipengaruhi oleh beberapa faktor. Berikut beberapa faktor yang mempengaruhi unsur kecepatan:
  • Teknik
  • Keturunan
  • Elastisitas Otot
  • Waktu Reaksi
  • Kemauan dan Konsentrasi
  • Kemampuan dalam menahan tekanan dari luar
Unsur kecepatan dapat diasah dan dilatih dengan beberapa bentuk latuhan seperti lari multistage, lari cepat dengan jarak 40 sampai 60 meter, dan lari naik turun bukit atau tangga.
Baca juga : Jenis Jenis Pemanasan Sebelum Olahraga Lengkap

Kakuatan

Unsur kebugaran jasmani selanjutnya ialah kekuatan atau strength. Kekuatan ialah daya tahan otot tubuh saat melakukan aktifitas fisik sehingga dapat memaksimalkan tenaga. Dalam melakukan aktifitas olahraga, kita sangat membutuhkan kekuatan sehingga dapat melakukan pergerakan dan pencegahan cedera yang berarti. Kita dapat memperoleh kekuatan otot yang baik dengan melakukan beberapa latihan yang teratur. Latihan inilah yang akan membuat kekuatan tubuh terlatih seperti:
  • Melatih kekuatan otot lengan dengan jenis olahraga angkat beban atau push up.
  • Melatih kekuatan otot perut dengan jenis olahraga sit up atau back up.
  • Melatih kekuatan otop perut sekaligus tungkai dengan jenis olahraga squat jump.

Daya Tahan

Unsur kebugaran jasmani selanjutnya ialah daya tahan atau endurance. Daya tahan ialah kemampuan seluruh bagian tubuh seseorang dalam melakukan gerakan dalam tempo yang berbeda (cepat atau sedang) dan waktu yang lama secara efisien, efektif serta tidak merasakan lelah dan sakit yang signifikan. Unsur ini dapat dilatih dengan melaksanakan beberapa olahraga ringan misalnya jogging ataupun lari. Namun waktu yang diperlukan harus konsisten setiap hari yaitu sekitar 30 menit.

Kelenturan

Flexibility atau kelenturan merupakan unsur kebugaran jasmani yang tak dimiliki oleh semua orang. Kelenturan adalah keleluasaan otot tubuh dalam melakukan gerakan, terutama otot otot sendi. Kemampuan ini sangat diperlukan untuk semua cabang olahraga. Meski begitu, kelenturan disetiap cabang olahraga memiliki penempatannya masing masing agar hasilnya lebih optimal. Kita dapat melatih fleksibilitas atau kelenturan tubuh dengan melakukan renang, senam ataupun yoga.

Kelincahan

Agility adalah unsur kebugaran jasmani yang sinkron dengan kecepatan dan reflek. Kelincahan yakni kepiawaian tubuh dalam melakukan aktivitas dari posisi yang satu ke posisi lainnya. Misalnya bergerak dari kiri ke kanan, dari depan ke belakang maupun sebaliknya. Kemampuan ini diperlukan dalam beberapa cabang olahraga seperti sepak bola maupun bulu tangkis. Unsur kelincahan dalam kebugaran jasmani dapat dilatih dengan melakukan aktivitas fisik seperti lari zig zag maupun lari menuruni atau menaiki anak tangga.

Keseimbangan

Unsur kebugaran jasmani selanjutnya ialah keseimbangan atau balance. Keseimbangan ialah kemampuan seseorang dalam mengendalikan saraf otot dan organ tubuhnya agar dapat bergerak dengan baik. Kemampuan ini diperlukan dalam beberapa cabang olahraga seperti loncat indah maupun senam. Unsur keseimbangan dalam kebugaran jasmani dapat dilatih dengan melakukan aktivitas fisik seperti sikap lilin, berdiri namun tangan dijadikan sebagai tumpuan, ataupun berjalan diatas balok kayu.

Ketepatan

Unsur kebugaran jasmani selanjutnya ialah ketepatan atau accuracy. Ketepatan ialah kemampuan seseorang dalam melakukan gerakan tubuh yang berkaitan dengan kecermatan atau akurasi sasaran yang dituju. Kemampuan ini diperlukan dalam beberapa cabang olahraga seperti biliard, memanah maupun bowling. Unsur ketepatan dalam kebugaran jasmani dapat dilatih dengan melakukan aktivitas fisik seperti melempar botol yang susunannya sejajar dan memasukkan bola ke dalam keranjang.

Daya Otot

Unsur kebugaran jasmani selanjutnya ialah daya otot atau explosive power. Daya otot ialah kemampuan seseorang dalam membuat otot semaksimal mungkin dengan waktu sesingkat mungkin. Unsur ini dapat dilakukan dengan beberapa latihan agar daya otot terlatih seperti dibawah ini:
  • Melatih daya otot tungkai dengan jenis olahraga vertical jump.
  • Melatih daya otot tungkai sekaligus betis dengan jenis olahraga front jump.
  • Melatih daya otot tungkai sekaligus paha dengan jenis olahraga side jump.

Reaksi

Unsur kebugaran jasmani selanjutnya ialah reaksi atau reaction. Reaksi ialah kemampuan tubuh dalam merespon sebuah gerakan, stimulus ataupun rangsangan yang orang lain berikan. Unsur ini dapat dilatih dengan melakukan aktifitas fisik seperti lempar tangkap bola.

Koordinasi

Unsur kebugaran jasmani selanjutnya ialah koordinasi atau coordination. Koordinasi ialah kemampuan tubuh dalam menyelaraskan sebuah gerakan yang berbeda menjadi satu gerakan yang efektif. Koordinasi ini berkaitan dengan konsentrasi tinggi dan gerak insting yang kuat. Unsur koordinasi dalam kebugaran jasmani dapat dilatih dengan melakukan aktifitas fisik seperti memantulkan bola ke dinding dan menangkapnya kembali. 
Baca juga : Macam Macam Start Jongkok Beserta Tekniknya

Manfaat Kebugaran Jasmani

Apa manfaat kebugaran jasmani? inilah yang sering ditanyakan oleh siswa. Secara garis besar manfaat utamanya dalah menjaga kesehatan tubuh. Tapi berdasarkan teori para ahli kita bisa membagi manfaat tersebut lebih spesifik lagi.

Manfaat kebugaran jasmani tidak hanya untuk melakukan aktifitas sehari hari saja. Namun jika kebugaran jasmani dilatih secara teratur dan konsisten maka akan memiliki berbagai manfaat lain yang baik untuk tubuh. Adapun beberapa manfaai kebugaran jasmani lainnya yakni sebagai berikut:
  1. Untuk meningkatkan kinerja jantung dan sirkulasi darah.
  2. Untuk meningkatkan kekuatan dan stamina tubuh.
  3. Untuk meningkatkan pemulihan organ tubuh dengan cepat dan tepat.
  4. Untuk meningkatkan ketepatan dan kecepatan respon tubuh.
  5. Mencegah obesitas atau berat badan yang berlebihan.
  6. Mencegah penyakit jantung.
  7. Mengatasi tekanan darah tinggi.
  8. Mengatasi depresi.
  9. Untuk meningkatkan energi.
  10. Mencegah Osteoporosis atau pengeroposan tulang.
  11. Untuk meningkatkan daya tahan tubuh.
  12. Untuk meningkatkan fleksibilitas otot sendi.
  13. Untuk meningkatkan kecepatan dan kekuatan otot.
  14. Untuk meningkatkan sistem fungsi jantung, sirkulasi darah dan saraf.
  15. Sebagai penyelaras dan pertahanan kondisi tubuh.
Sekian penjelasan mengenai pengertian kebugaran jasmani, unsur unsur kebugaran jasmani dan manfaat kebugaran jasmani. Kebugaran jasmani merupakan kemampuan seseorang dalam melakukan berbagai kegiatan sehari hari tanpa adanya kelelahan yang berlebih. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Kebugaran Jasmani: Pengertian, Unsur, Bentuk, dan Manfaatnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel