Sejarah Lempar Lembing Terlengkap

Advertisement

Sejarah Lempar Lembing Terlengkap - Lempar lembing merupakan cabang olahraga atletik nomor lempar. Jenis olahraga ini memiliki sejarah lempar lembingnya sendiri seperti halnya jenis olahraga lainnya. Berdasarkan bahasa Inggris, lempar lembing berarti Javeling Throw. Olahraga ini memiliki induk organisasi lempar lembing nasional maupun internasional dibawah induk organisasi atletik. Organisasi Induk olahraga atletik di Indonesia bernama PASI atau Persatuan Atletik Seluruh Indonesia. Sedangkan organisasi induk olahraga atletik Internasional bernama IAAF atau International Amateur Atlhetic Federation.

Sejarah lempar lembing
Apa itu Lempar Lembing? Pengertian lempar lembing ialah jenis olahraga atletik dengan melemparkan tongkat lembing sesuai sasaran dan jarak tertentu. Pelemparan tersebut menggunakan teknik dasar yang sesuai agar jarak yang dicapai lebih maksimum. Pencapaian jarak maksimum tersebut dapat diperoleh dengan memperhatikan keseimbangan dari tiga hal, yakni kekuatan, kecepatan dan teknik yang digunakan. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang sejarah lempar lembing lengkap dan terperinci. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak dibawah ini.

Sejarah Lempar Lembing Terlengkap

Sebelum membahas tentang sejarah lempar lembing, saya akan menjelaskan pengertian lempar lembing terlebih dahulu. Lempar lembing berasal dari kata "Lempar" dan "Lembing". Lempar artinya usaha yang dilakukan untuk membuang sejauh mungkin, sedangkan lembing artinya tongkat yang ujungnya runcing. Adapula pengertian lempar lembing berdasarkan pendapat PASI yaitu sebuah nomor cabang olahraga atletik yang didalamnya terdapat penggunakan alat bulat dan panjang menyerupai rombak yang kemudian dilempar sejauh mungkin. Adapula pendapat Jerver mengenai pengertian lempar lembing yaitu gerakan sentuhan tangan dalam usaha menggerakan benda panjang agar dapat dilempar sejauh mungkin. Tingkat kejauhan jarak dari atlet lempar lembing dapat diperoleh dengan menggabungkan kecepatan gerak, dengan kekuatan dan sudut lembing yang baik ketika meninggalkan tangan.
Baca juga : Pengertian dan Macam Macam Cabang Atletik

Sejarah Lempar Lembing

Tiba saatnya untuk membahas tentang sejarah lempar lembing. Jenis olahraga ini membutuhkan kekuatan dan kecekatan melempar tongkat menyerupai tombak namun bentuknya lebih kecil dan lebih ringan. Pada jaman dahulu, lempar lembing merupakan kebiasaan dalam hal ketangkasan. Olahraga ini merupakan wujud ketangkasan pada jaman lampau ketika sedang berburu atau berperang. Manusia purba pada saat itu menggunakan lembing yang tajam untuk memburu dan menangkap hewan.

Seiring berkembangnya jaman, sejarah lempar lembing juga ikut berkembang. Perkembangan gaya hidup manusia terus berkembang menjadi bercocok tanam namun tetap kental dengan perburuan. Namun jaman tersebut terdapat perubahan kebiasaan berburu menggunakan lembing menjadi olahraga lempar lembing. Menurut penelitian, olahraga lempar lembing sudah ada sejak zaman Yunani Kuno. Lempar lembing tersebut merupakan jenis olahraga yang mewajibkan para atletnya melempar benda menyerupai tongkat yaitu Lembing dengan jarak 2,3 meter sampai sejauh mungkin. Olahraga lempar lembing mulai masuk ke dalam cabang olahraga Olimpiade pada tahun 1908. Kemudian berlanjut dengan pengadaan kejuaraan lempar lembing perempuan dalam tingkat Olimpiade pada tahun 1932.
Baca juga : Jenis Jenis Olahraga Yoga Beserta Penjelasan
Sejarah lempar lembing terus berkembang hingga banyak sekali orang yang berminat dan berpartisipasi sekitar 42 atlet dari 11 negara. Salah satu atlet Swedia bernama Erik Lundqvist berhasil menjuarai olahraga lempar lembing dengan jarak sejauh 54,83 meter. Kemudian pada tahun 1920, Olimpiade lempar lembing kembali dilanjutkan di Antwerp setelah adanya perang dunia I. Pada perlombaan tersebut dijuarai oleh atlet Finlandia bernama Myyra dengan jarak sejauh 65,78 meter. Kemudian pada tahun 1924, Myyra kembali menjuarai perlombaan Olimpiade lempar lembing di Paris dengan jarak 62,96 meter. 

Sekian ulasan mengenai sejarah lempar lembing lengkap. Lempar lembing merupakan jenis olahraga atletik nomor lempar yang mengggunakan tongkat lembing untuk dilemparkan sejauh mungkin. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih.

Sejarah Lempar Lembing Terlengkap Rating: 4.5 Diposkan Oleh: penjasorkes

0 komentar:

Posting Komentar