Kesalahan yang Sering Terjadi Dalam Lompat Harimau

Advertisement

Kesalahan yang Sering Terjadi Dalam Lompat HarimauLompat harimau ialah jenis olahraga fisik yang sejak dini telah diajarkan di sekolah sekolah. Pelaksanaan lompat harimau sendiri tentunya memiliki rintangannya sendiri. Maka dari itu terkadang terjadi beberapa kesalahan dalam lompat harimau. Lalu bagaimana cara mewaspadai kesalahan lompat harimau tersebut? Posisi tangan lurus kedepan ketika melakukan gerakan lompatan membusur pada olahraga ini. Setelah itu badan digulingkan ke depan dan diakhiri dengan sikap jongkok. Lompat harimau memiliki beberapa teknik dasar yang perlu diperhatikan dan dikuasai agar gerakan gerakan yang dilakukan baik dan benar.

Gerakan Lompat Harimau
Seperti yang kita ketahui bahwa lompat harimau menggunakan alat pendukung berupa matras ataupun kasur. Matras ini menjaga keamanan para siswa ketika melakukan gerakan lompat harimau. Selain itu juga menjaga siswa dari hal hal yang tidak diinginkan seperti cedera dan sebagainya. Lompat harimau memang kelihatannya mudah dilakukan. Namun sebenarnya tanpa kita sadari terdapat beberapa kesalahan lompat harimau yang sering dilakukan pelompat. Nah dalam pembahasan kali ini saya akan menjelaskan tentang beberapa kesalahan dalam lompat harimau yang sering terjadi. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Kesalahan yang Sering Terjadi Dalam Lompat Harimau

Kesalahan lompat harimau sendiri sebenarnya perlu kita waspadai. Maka dari itu pelompat dapat mengetahui cara mengatasi kesalahan dalam lompat harimau tersebut. Namun semua itu tidak terlepas dari penguasaan teknik dasar lompat harimau. Teknik dasar tersebut dapat dikuasai dengan beberapa latihan rutin dan teratur. Berikut beberapa bentuk kesalahan yang sering terjadi dalam lompat harimau yaitu meliputi:
Baca juga : Teknik Dasar Loncat Harimau yang Baik dan Benar
Tumpuan Tangan yang Salah
Kesalahan dalam lompat harimau yang pertama ialah tumpuan tangan yang salah. Pada dasarnya gerakan lompat harimau sangat dipengaruhi oleh peran tumpuan tangan. Usahakan tangan lurus kedepan saat lompat harimau akan dilakukan, dimana jarak tangannya selebar bahu. Jarak tersebut memang harus diperhatikan agar tidak terjadi kesalahan lompat harimau. Apabila jarak tumpuan tangannya terlalu sempit ataupun lebar maka akan membuat tubuh jatuh ke samping karena penopangan badan tidak dapat dilakukan dengan baik.

Namun jika jarak tumpuan tangan dengan kaki terlalu dekat atau jauh, maka akan mengakibatkan kesalahan dalam lompat harimau lainnya. Kesalahan lompat harimau ini mengakibatkan tubuh menjadi tidak seimbang. Maka dari itu jarak tumpuan tangan harus benar benar diperhatikan sebelum melakukan lompat harimau agar badan dapat ditopang dengan baik.

Tumpuan Tangan Kurang Kuat
Kesalahan dalam lompat harimau selanjutnya ialah tumpuan tangan kurang kuat. Kesalahan lompat harimau ini sangat penting untuk diperhatikan seperti halnya kesalahan tumpuan tangan di atas. Banyak sekali pelompat yang melakukan tumpuan tangan kurang kuat hingga menyebabkan badan jatuh ke arah samping. Hal ini dapat terjadi karena badan tidak ditopang dengan kuat. Usahakan melakukan pemanasan sebelum melaksanakan lompat harimau. Maka dari itu tangan dapat menopang badan dengan lebih siap dan kuat. Jika tiba tiba tangan memperoleh beban yang berat, maka otot tangannya tidak akan kaget dan kuat dalam menopang tubuh.
Baca juga : Pengertian Sikap Kayang Lengkap Dengan Cara Melakukannya
Kesalahan Posisi Bahu
Kesalahan dalam lompat harimau selanjutnya ialah kesalahan posisi bahu. Kesalahan lompat harimau ini sering terjadi ketika melakukan gerakan guling depan atau rolling. Usahakan bahu dalam posisi menempel dengan matras ketika rolling atau guling ke depan. Hal ini dikarenakan pelompat akan mengalami cedera leher ataupun punggung jika bahu tidak diletakkan diatas matras saat tangan dalam posisi membengkok. Cedera leher tersebut dapat terjadi karena kepala menjadi tumpuan ketika rolling, maka dari itu bahu harus menempel dengan matras.

Tangan Tidak Menolak
Kesalahan dalam lompat harimau selanjutnya ialah tangan tidak melakukan tolakan. Sebenarnya ketika tangan dibengkokkan, disaat itu pula tangan juga melakukan tolakan sehingga badan dapat berguling ke depan dengan mudah. Apabila tangan tidak melakukan tolakan, maka  pelompat akan kesulitan untuk melakukan rolling. Hal ini dikarenakan gerakan rolling tersebut hanya mengandalkan tolakan kepala dan punggung saja. Bahkan pelompat dapat terkena cedera leher.

Demikianlah penjelasan mengenai kesalahan dalam lompat harimau yang sering terjadi. Kesalahan lompat harimau tersebut dapat dihindari dengan cara melakukan latihan secara rutin dan teratur. Dengan begitu gerakan gerakan lompat harimau ini dapat dilakukan dengan baik dan benar. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca.

Kesalahan yang Sering Terjadi Dalam Lompat Harimau Rating: 4.5 Diposkan Oleh: penjasorkes

0 komentar:

Posting Komentar