6 Kesalahan Lompat Harimau yang Sering Terjadi

6 Kesalahan Lompat Harimau yang Sering Terjadi - Olahraga menjadi salah satu mata pelajaran yang paling banyak diminati oleh siswa. Selain menyehatkan, setiap aktivitasnya juga dianggap menyenangkan terlebih jika dilakukan bersama. Ketika duduk di bangku sekolah menengah kita akan menjumpai banyak pembahasan materi penjas. Salah satunya adalah senam ketangkasan dan berbagai cabang atletik lainnya.

Lompat harimau adalah jenis olahraga yang memerlukan konsektrasi tinggi. Selain itu, siswa juga dituntut harus menguasai teknik dasar mulai dari awalan sampai tahap pendaratan dan sikap akhir. Berbagai kesalahan pada lompat harimau yang berakibat cidera pun turut menghantui ketika kegiatan praktikum. Karena kesalahan lompat harimau bisa menimbulkan resiko yang sangat fatal. Maka gerakan dilakukandi atas matras empuk untuk meminimalisir cidera.


Gerakan Lompat Harimau


Lantas bagaimana cara mewaspadai kesalahan lompat harimau tersebut? Posisi tangan lurus kedepan ketika melakukan gerakan lompatan membusur pada olahraga ini. Setelah itu badan digulingkan ke depan dan diakhiri dengan sikap jongkok. Lompat harimau memiliki beberapa teknik dasar yang perlu diperhatikan dan dikuasai agar gerakan gerakan yang dilakukan baik dan benar.

6 Kesalahan Lompat Harimau yang Sering Terjadi

Meski terkesan mudah, tapi faktanya tak semua siswa mampu melakukan lompatan dengan sempurna. Kegagalan tersebut justru disebabkan oleh beberapa faktor yang menurut saya cukup sepele. Misalnya kurang perhitungan saat hendak melompat sampai rasa takut atau tidak percaya diri. Membekali diri dengan pengetahuan serta latihan adalah kunci utama untuk mengatasi problematika tersebut.

Dalam konteks pendidikan materi yang membahas kesalahan lompat harimau bisa kita baca di buku pedoman penjas. Materinya juga sering kali menjelma menjadi butir soal ujian yang menyulitkan untuk dijawab. Akhirnya ketika bertemu model soal demikian siswa pun tak mampu menjawabna dengan benar.
Baca juga : Teknik Dasar Loncat Harimau yang Baik dan Benar

Pada intinya kesalahan yang sering terjadi dalam lompat harimau harus kita waspadai. Untuk meminimalisir serta mengatasi kesalahan tak ada cara selain menambah wawasan serta pengetahuan. Sebagai siswa kalian juga harus menguasai teknik dasar lompat harimau lewat serangkaian latihan rutin. Nah, pada artikel kali ini saya ingin membahas apa saja kesalahan pada setiap tahapan yang mungkin berpotensi menimbulkan cidera.
 

Tumpuan Tangan yang Salah

Kesalahan yang sering terjadi pada lompat harimau pertama terjadi pada saat tahap bertumpu setelah melakukan lompatan. Tumpuan tangan yang salah bisa menyebabkan kegagalan dan cidera fatal pada siswa. Tumpuan berperan aktif untuk meredam sekaligus menahan tubuh agar tidak terjatuh. Jika posisi tengan tidak benar atau kurang kuat maka berpotensi membuat kita tergelincir.

Mengetahui resiko tersebut tentu siswa harus mengantisipasi kesalahan lompat harimau. Usahakan tangan lurus kedepan saat lompat harimau akan dilakukan, dimana jarak tangannya selebar bahu. Jarak tersebut memang harus diperhatikan agar tidak terjadi kesalahan lompat harimau. Apabila jarak tumpuan tangannya terlalu sempit ataupun lebar maka akan membuat tubuh jatuh ke samping karena penopangan badan tidak dapat dilakukan dengan baik.

Namun jika jarak tumpuan tangan dengan kaki terlalu dekat atau jauh, maka akan mengakibatkan kesalahan dalam lompat harimau lainnya. Kesalahan lompat harimau ini mengakibatkan tubuh menjadi tidak seimbang. Maka dari itu jarak tumpuan tangan harus benar benar diperhatikan sebelum melakukan lompat harimau agar badan dapat ditopang dengan baik.

Tumpuan Tangan Kurang Kuat

Sebelumnya telah saya jelaskan bahwa lompat harimau adalah olahraga yang memerlukan kekuatan lengan dan kaki. Setelah posisi melayang melewati rintangan maka tangan dipaksa harus bertumpu dengan kuat. Jika kita tak bisa menjaga kekuatan maka tubuh akan jatuh tersungkur. Biasanya, kesalahan lompat harimau karena tumpuan kurang kuat disebabkan oleh pemanasan yang kurang serius.

Banyak sekali pelompat yang melakukan tumpuan tangan kurang kuat hingga menyebabkan badan jatuh ke arah samping. Hal ini dapat terjadi karena badan tidak ditopang dengan kuat. Usahakan melakukan pemanasan sebelum melaksanakan lompat harimau. Maka dari itu tangan dapat menopang badan dengan lebih siap dan kuat. Jika tiba tiba tangan memperoleh beban yang berat, maka otot tangannya tidak akan kaget dan kuat dalam menopang tubuh.
Baca juga : Pengertian Sikap Kayang Lengkap Dengan Cara Melakukannya

Kesalahan Posisi Bahu

Pada dasarnya lompat harimau merupakan olahraga yang masuk kategori berbahaya karena resiko yang ditimbulkannya. Kesalahan mengatur posisi bahu misalnya dapat menyebabkan cidera fatal seperti terkilir. Untuk meminimalisirnya kita harus mempelajari cara rolling atau berguling dengan baik dan benar.

Usahakan bahu dalam posisi menempel dengan matras ketika rolling atau guling ke depan. Hal ini dikarenakan pelompat akan mengalami cedera leher ataupun punggung jika bahu tidak diletakkan diatas matras saat tangan dalam posisi membengkok. Cedera leher tersebut dapat terjadi karena kepala menjadi tumpuan ketika rolling, maka dari itu bahu harus menempel dengan matras.

Tangan Tidak Menolak

Kesalahan dalam lompat harimau selanjutnya ialah tangan tidak melakukan tolakan. Sebenarnya ketika tangan dibengkokkan, disaat itu pula tangan juga melakukan tolakan sehingga badan dapat berguling ke depan dengan mudah. Apabila tangan tidak melakukan tolakan, maka  pelompat akan kesulitan untuk melakukan rolling. Hal ini dikarenakan gerakan rolling tersebut hanya mengandalkan tolakan kepala dan punggung saja. Bahkan pelompat dapat terkena cedera leher.

Demikianlah penjelasan mengenai kesalahan dalam lompat harimau yang sering terjadi. Kesalahan lompat harimau tersebut dapat dihindari dengan cara melakukan latihan secara rutin dan teratur. Dengan begitu gerakan gerakan lompat harimau ini dapat dilakukan dengan baik dan benar. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca.

Belum ada Komentar untuk "6 Kesalahan Lompat Harimau yang Sering Terjadi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel