3 Teknik Dasar Renang Gaya Dada Beserta Tahapannya

Advertisement

3 Teknik Dasar Renang Gaya Dada Beserta Tahapannya - Renang merupakan jenis olahraga yang banyak digemari, mulai dari anak kecil sampai orang dewasa. Olahraga renang dapat memberi manfaat dalam pertumbuhan tinggi badan. Selain itu juga menyehatkan untuk tubuh. Hal tersebut dikarenakan semua anggota tubuh bergerak untuk mempertahankan tubuh agar tidak tenggelam. Olahraga renang juga bermanfaat untuk melatih pernafasan bahkan mencegah penyakit penyakit sesak nafas. Salah satu olahraga renang yang sedang populer ialah renang gaya dada. Dalam olahraga ini terdapat teknik dasar renang gaya dada yang harus anda pahami maupun kuasai. Hal tersebut digunakan agar badan tidak mengalami keram saat berenang. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan teknik dasar renang gaya dada. Langsung saja dapat anda simak dibawah ini.

Teknik Dasar Renang Gaya Dada Beserta Tahapannya

Dalam olahraga renang terdapat beberapa gaya yang digunakan seperti renang gaya dada, renang gaya kupu kupu, renang gaya bebas dan sebagainya. Semua jenis renang dengan gaya apapun memliki kesulitan masing masing, namun teknik yang paling mudah dipelajari ialah teknik dalam renang gaya bebas. Hal tersebut karena renang gaya bebas tidak membutuhkan teknik gerakan lengan yang khusus. Namun pada renang gaya dada terdapat teknik dasar dalam gerakan kaki dan tangan yang benar. Teknik dasar renang gaya dada juga harus anda kuasai seperti teknik renang gaya lainnya.

Renang gaya dada memiliki istilah lain yaitu renang gaya katak. Anda dapat melakukan teknik dasar renang gaya dada dalam waktu yang santai. Hal tersebut dikarenakan tidak memerlukan tenaga yang besar, kecuali sedang melakukan perlombaan memang kita dianjurkan untuk berenang cepat untuk memenangkan kompetisi dengan perenang lainnya. Renang gaya dada bermanfaat untuk mengatur nafas agar lebih stabil. Dibawah ini terdapat cara melakukan teknik dasar renang gaya dada.

Teknik Meluncur Renang Gaya Dada
Teknik dasar renang gaya dada yang pertama diawali dengan teknik meluncur yang benar. Teknik awalan ini dapat membantu anda ketika melakukan perlombaan. Berikut cara melakukan teknik awalan meluncur dengan baik:
  • Posisikan tubuh berdiri tegak kemudian badan ditempelkan dipinggir kolam. Letakkan salah satu kaki agar menempel di bagian samping kolam renang.
  • Setelah itu bungkukkan badan agar sejajar dengan permukaan air, lalu letakkan kedua tangan didepan badan dan lurus. Posisi tangan menghimpit ke arah kepala sehingga telinga dapat tertutupi.
  • Dorong badan kedepan dengan kaki menggunakan salah satu kaki agar badan dapat meluncur jauh. Kemudian posisikan tangan, badan dan kaki sejajar dengan permukaan air. Namun usahakan badan tetap seimbang.
Gerakan Kaki Dalam Renang Gaya Dada
Teknik dasar renang gaya dada selanjutnya memerlukan gerakan kaki yang benar. Teknik kaki tersebut sangat penting untuk menambah kecepatan dalam berenang. Gerakan kaki tersebut dapat anda latih dalam kolam maupun dapat anda latih dengan cara olahraga lari. Dengan latihan tersebut akan menjaga ketahanan kaki ketika berada didalam air. Cara melakukan gerakan kaki dalam renang gaya dada :
  • Posisikan badan meluncur dengan posisi telungkup dan sejajar dengan permukaan air.
  • Kemudian kedua kaki ditarik secara bersamaan ke arah samping. Lali posisikan kedua kaki lurus kembali seperti gerakan katak saat berenang.
  • Lecutkan kaki ke arah depan dengan menggunakan gerakan menutup.
  • Lakukan latihan gerakan kaki dengan perlahan dan berulang ulang sampai mendapatan gerakan yang benar.
Gerakan Tangan Renang Gaya Dada
Teknik dasar renang gaya dada selanjutnya memerlukan gerakan tangan yang benar. Teknik tangan ini merupakan gerakan yang juga penting dengan melakukan ayuan kedua tangan secara bersamaan. Gerakan tangan ini juga diperlukan ketika mengambil nafas dalam air. Berikut cara melakukan gerakan tangan dalam renang gaya dada :
  • Posisikan badan meluncur kemudian kedua tangan diluruskan dan sejajarkan dengan kepala dan permukaan air.
  • Tarik kedua tangan secara bersamaan kearah dada, kemudian dayung dengan menggunakan telapak tangan.

Gerakan Mengambil Nafas Dalam Renang Gaya Dada
Selanjutnya terdapat teknik dasar renang gaya dada dalam mengambil nafas yang benar. Gerakan mengambil nafas tersebut harus anda latih agar tenaga tidak mudah habis sehingga gerakan renang tidak melambat. Dalam teknik ini hal utama yang perlu diperhatikan ialah gerakan kepala ketika naik ke permukaan air. Dalam gerakan mengambil nafas ini kedua tangan diayunkan ke arah belakang. Kemudian badan sedikit dicondongkan kebawah. Dengan menggunakan gerakan ini badan akan lebih terangkat dan lebih mudah melakukan pengambilan nafas. Lakukan pembuangan nafas dalam air secara perlahan lahan.

Demikianlah penjelasan mengenai teknik dasar renang gaya dada. Pahami dan kuasai teknik dasar ini agar anda tidak mengalami cedera atau keram ketika berenang. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih.

3 Teknik Dasar Renang Gaya Dada Beserta Tahapannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: penjasorkes

0 komentar:

Posting Komentar