Teknik Dasar Renang Gaya Dada Beserta Tahapannya

3 Teknik Dasar Renang Gaya Dada Beserta Tahapannya - Berenang termasuk kategori olahraga air yang banyak diminati oleh masyarakat. Selain menyegerkan ketika dilakukan ketika cuaca mendukung ternyata renang juga sangat menyehatkan tubuh. Ada berbagai kelebihan yang akan kalian peroleh mulai dari menambah tinggi badan, menggerakan seluruh jaringan otot, sampai melatih pernapasan.

Sayangnya tak semua orang bisa mempraktekan gerakan renang dengan baik dan benar. Alih-alih meluncur, beberapa bahkan mengeluh tidak mampu mempertahankan posisi mengambang di atas air. Masalah ini pun juga sering dialami siswa ketika mendapat pertanyaan bagaimana teknik pernapasan, gerakan tangan, maupun teknik awalan saat ujian berlangsung.

Secara garis besar ada beberapa jenis gaya yang populer dan bersifat universal di kalangan perenang profesional. Salah satunya adalah teknik renang gaya dada yang notabenya mulai diajarkan pada siswa ketika berada di bangku sekolah menengah. Kendati demikian masyarkat lebih senang menyebutnya sebagai renang gaya katak karena gerakan tangan dan kakinya mirip katak.

Apakah kalian sedang mendapat tugas untuk merangkum setiap tahap renang? jika iya maka kalian datang ke situs yang tepat. Karena pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan teknik dasar renang gaya dada secara lengkap.

Teknik Dasar Renang Gaya Dada Beserta Tahapannya

Pada dasarnya materi yang berisi teknik dasar renang bisa kita jumpai hampir di semua jenjang baik SD, SMP, maupun SMA. Cakupan pembahasan setiap tahap gerakannya pun juga tercantum dalam buku pedoman penjas serta LKS. Saat masuk materi renang maka kalian akan disuguhkan beberapa jenis gaya sesuai dengan gerakannya. Yakni gaya bebas, kupu-kupu, punggung, dan lain sebagainya dengan tingkat kesulitan berbeda.

Dalam konteks pendidikan guru memang jarang mengajarkan teknik renang gaya dada secara praktikum. Penyebabnya tak lain karena minimnya sarana dan prasarana sekolah di bidang olahraga air. Walaupun begitu sudah menjadi kewajiban kita sebagai siswa untuk menguasai tahapan renang gaya dada. Mulai dari teknik awalan di dalam air, cara mengayunkan tangan, posisi kaki, dan teknik pernapasan yang baik dan benar.

Renang gaya dada memiliki istilah lain yaitu renang gaya katak. Anda dapat melakukan teknik dasar renang gaya dada dalam waktu yang santai. Hal tersebut dikarenakan tidak memerlukan tenaga yang besar, kecuali sedang melakukan perlombaan memang kita dianjurkan untuk berenang cepat untuk memenangkan kompetisi dengan perenang lainnya. Renang gaya dada bermanfaat untuk mengatur nafas agar lebih stabil. Dibawah ini terdapat cara melakukan teknik dasar renang gaya dada mulai dari awalan sampai cara mengambil napas.

Teknik Meluncur Renang Gaya Dada

Renang gaya dada mengharuskan para atlet untuk melakukan awalan di dalam air. Start tersebut bisa kalian peroleh dengan melontarkan diri menggunakan dinding kolam sebagai tumpuan. Secara otomatis, tahap meluncur menjadi teknik dasar renang gaya dada pertama yang harus kalian kuasai sebelum masuk ke tahapan selanjutnya.

Implementasi teknik awalan yang baik dan benar mampu memberi dampak signifikan pada hasil akhir perlombaan. Hal ini bisa terjadi karena gaya dorong yang kuat akan membuat rentan jarak antar kalian dan peserta lain menjadi terpaut. Maknanya, kesempatan untuk meraih posisi pertama pada perlombaan renang pun semakin terbuka lebar.
Teknik Meluncur Renang Gaya Dada
Teknik awalan (tahap meluncur)

Masalahnya tak semua siswa mengetahui bagaimana cara melakukan awalan yak baik dan benar. Padahal tahapan teknik dasar renang gaya dada tersebut sudah tertulis rapi di buku pedoman penjaskes. Jika kalian belum menguasainya maka perhatikan ilustrasi di atas sebagai gambaran dan simaklah langkah-langkah berikut:
  1. Posisikan tubuh berdiri tegak kemudian badan ditempelkan dipinggir kolam.
  2. Letakkan salah satu kaki agar menempel di bagian samping kolam renang.
  3. Setelah itu bungkukkan badan agar sejajar dengan permukaan air, lalu letakkan kedua tangan didepan badan dan lurus.
  4. Posisi tangan menghimpit ke arah kepala sehingga telinga dapat tertutupi.
  5. Dorong badan kedepan dengan kaki menggunakan salah satu kaki agar badan dapat meluncur jauh.
  6. Kemudian posisikan tangan, badan dan kaki sejajar dengan permukaan air. Namun usahakan badan tetap seimbang.

Gerakan Kaki Dalam Renang Gaya Dada

Mengatur posisi dan gerakan kaki juga tak kalah penting untuk mendapatkan kecepatan konstan pada saat berenang. Kaki juga berfungsi sebagai penyeimbang agar tubuh tidak mudah tenggelam. Tapi ada kalanya siswa mengeluh mudah lelah serta kaki pegal-pegal ketika mempraktekan renang gaya dada. Lantas apa penyebabnya? bagaimana cara mengatasinya?

Teknik Renang Gaya Dada
teknik gerakan kaki

Cara melatih kaki agar tidak cepat lelah dan pegal sebenarnya cukup sederhana dan mudah untuk dilakukan. Kalian bisa melatihnya dengan rutin berlari atau joging maupun latihan di dalam air secara teratur. Hasilnya pun kekuatan serta ketahanan kaki ketika di dalam air pun akan meningkat drastis. Ditambah teknik dasar renang gaya dada yang baik dan benar maka kita tak akan terkalahkan ketika perlombaan. Nah, simaklah cara melakukan gerakan kaki pada saat renang di bawah:
  1. Posisikan badan meluncur dengan posisi telungkup dan sejajar dengan permukaan air.
  2. Kemudian kedua kaki ditarik secara bersamaan ke arah samping. Lali posisikan kedua kaki lurus kembali seperti gerakan katak saat berenang.
  3. Lecutkan kaki ke arah depan dengan menggunakan gerakan menutup.
  4. Lakukan latihan gerakan kaki dengan perlahan dan berulang ulang sampai mendapatan gerakan yang benar.

Gerakan Tangan Renang Gaya Dada

Secara garis besar gerakan tangan renang gaya dada sangat berbeda dari teknik lainnya. Perbedaannya terletak pada posisi dan gerakan mengayun tangan yang terletak di dalam air seperti pada gambar di bawah.
Teknik dasar renang gaya dada
gerakan tangan renang gaya dada
Teknik dasar renang gaya dada selanjutnya memerlukan gerakan tangan yang benar. Teknik tangan ini merupakan gerakan yang juga penting dengan melakukan ayuan kedua tangan secara bersamaan. Gerakan tangan ini juga diperlukan ketika mengambil nafas dalam air. Berikut cara melakukan gerakan tangan dalam renang gaya dada :
  1. Posisikan badan meluncur kemudian kedua tangan diluruskan dan sejajarkan dengan kepala dan permukaan air.
  2. Tarik kedua tangan secara bersamaan kearah dada, kemudian dayung dengan menggunakan telapak tangan.

Gerakan Mengambil Nafas Dalam Renang Gaya Dada

Selanjutnya terdapat teknik dasar renang gaya dada dalam mengambil nafas yang benar. Gerakan mengambil nafas tersebut harus anda latih agar tenaga tidak mudah habis sehingga gerakan renang tidak melambat. Dalam teknik ini hal utama yang perlu diperhatikan ialah gerakan kepala ketika naik ke permukaan air.
Cara mengambil napas renang gaya dada

Pada saat mengambil napas kalian harus mengayunkan kedua tangan ke arah belakan. Kemudian posisi badan sedikit condong kebawah agar dada leher sampai kepala bisa terdorong ke atas. Dengan menggunakan gerakan ini badan akan lebih terangkat dan lebih mudah melakukan pengambilan nafas. Teknik pernapasan renang gaya dada tak boleh kalian lakukan tergesa-gesa melainkan harus perlahan namun tetap konstan.

Berenang memang menyenangkan dan memberikan banyak manfaat untuk pelakunya. Kendati demikian, ada banyak sekali problematika yang harus dihadapi siswa ketika hendak melakukan olahraga air ini. Salah satunya adalah kurang menguasai teknik dasar renang gaya dada yang seharusnya sudah mulai diajarkan ketika berada di bangku SMP. Memahami materi secara teori dan rutin berlatih menjadi kunci utama agar kalian bisa menguasai semua gerakan serta tahapan renang gaya dada.

Belum ada Komentar untuk "Teknik Dasar Renang Gaya Dada Beserta Tahapannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel