6 Macam Sistem Pertandingan Olahraga di Dunia Terlengkap

Macam Macam Sistem Pertandingan Olahraga di Dunia Terlengkap - Setiap jenis olahraga memiliki sistem yang berisi tatanan peraturan di dalamnya. Di lain sisi kita pasti pernah menyaksikan kompetisi olahraga baik yang diselenggaran secara resmi maupun tidak resmi. Sebelum permainan berlangsung kita bisa mengamati tatanan serta sistem di dalamnya.

Umumnya sistem pertandingan olahraga dunia menggunakan wujud bagan karena lebih efektif. Bagan pertandingan tersebut disusun dengan tujuan yaitu memutuskan urutan tim yang akan bermain. Untuk menentukan urutan maka panitia memakai metode pengundian atau Drawing. Setelah mengundi nomor urut maka tim akan masuk ke bagan dan kita sudah memperoleh sistem pertandingan olahraga.

Sistem pertandingan olahraga di dunia

Tahapan tahapan ini dilakukan agar pertandingan dapat berjalan sesuai dengan sistem yang digunakan. Panitia penyelenggara pertandingan menyiapkan kompetisi ini sebaik mungkin dengan tingkat keamanan yang baik pula. Kali ini saya akan menjelaskan tentang macam macam sistem pertandingan olahraga di dunia terlengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Apa hubungannya bagan dengan sistem pertandingan? inilah yang sering kali ditanyakan siswa. Secara garis besar kedua unsur tersebut memang tak bisa dipisahkan satu sama lain. Bagan adalah urutan atau jadwal yang mengatur kapan dan tim mana yang akan bertanding. Sedangkan sistem pertandingan olahraga adalah tatanan yang diterapkan oleh bagan itu sendiri.

Jenis sistem pertandingan pun biasanya muncul sebagai soal ujian yang sering menyulitkan siswa. Banyak siswa kesulitan ketika diminta menjelaskan sistem gugur tunggal, ganda, seeded, atau sistem pertandingan berbasis kompetisi.

Padahal materi yang membahas peraturan serta cara membuat bagan bisa kita baca di buku LKS. Guru penjas pun juga pasti telah menjabarkanya ketika kegiatan praktikum. Tapi, untuk menambah wawasan kalian maka simaklah artikel di bawah sampai selesai. karena saya akan menjelaskan apa saja macam sistem pertandingan yang dipakai untuk perlombaan.

Cara Membuat Bagan Pertandingan

Meski terkesan sederhana tapi faktanya tak semua orang tau cara membuat bagan yang baik dan benar. Ada aspek-aspek serta asas yang tak boleh ditinggalkan ketika kita membuat suatu bagan. Menjunjung tinggi transparansi dan keadilan untuk masing-masing tim menjadi hal yang cukup krusial. Nah, macam sistem pertandingan olahraga bisa kita lihat secara kasat mata dari bagaimana bagan tersebut dibuat.

Bagan tersebut dibentuk dengan melalui tahapan tahapan penting seperti:

  • Bagan pertandingan dipersiapkan oleh panitia penyelenggara dengan berdasar pada pendaftaran tim melalui screening (pengesahan pemain).
  • Penomoran bagan pertandingan harus sesuai dengan tim yang mendapatkan nomor undian satu. Nomor tersebut diletakkan pada bagan paling atas,.
  • Siapkan kertas kecil dan sesuaikan dengan nomor yang tertera pada bagan pertandingan. Setelah itu gulung dan letakkan didalam wadah tertentu.
  • Selanjutnya peserta satu persatu diarahkan untuk mengambil nomor undian.
  • Nomor undian pada setiap peserta menyatakan posisi masing masing pada badan pertandingan.
  • Setelah itu posisi setiap tim/pemain ditulis oleh panitia penyelenggara.
  • Langkah terakhir ialah penyusunan jadwal pertandingan sesuai dengan bagan tadi.
Macam macam sistem pertandingan olahraga ini berlaku untuk kejuaraan basket, sepak bola, bola voli dan jenis olahraga lainnnya. Penentuan sistem pertandingan olahraga biasanya dilakukan oleh panitia penyelenggara. Adapun macam macam sistem pertandingan olahraga yaitu:

Sistem Gugur

Sistem gugur dipakai hampir semua cabang olahraga terkenal berbasis kompetisi. Misalnya basket, volly, sepak bola, bulutangkis, dan lain sebagainya. Implementasi sistem pertandingan tersebut sangat efektif karena penyelenggara bisa lebih menghemat waktu ketika kejuaraan.

Sebagai seorang siswa tentu kita sudah sangat familiar dengan jenis sistem pertandingan olahraga satu ini. Contoh permainan basket tim A vs tim C terjadi pada hari sabtu. Tim A dapat memenangkan pertandingan, secara otomatis tim ini dapat masuk ke tahap selanjutnya. Sedangkan untuk tim C yang kalah harus gugur dan tidak dapat lanjut ke tahap selanjutnya.

Secara garis besar ada 4 sistem pertandingan gugur yang populer diterapkan pada kejuaraan resmi maupun tidak resmi. Masing-masing tentunya memiliki kelebihan kekurangan dan aturanya sendiri. Pada sesi ini kita akan membahas lebih dalam jenis sistem gugur pada bagan pertandingan secar alebih mendalam.

Sistem Gugur Tunggal

Sistem gugur tunggal biasa juga disebut gugur normal merupakan macam sistem pertandingan olahraga yang mengharuskan setiap tim memiliki jumlah pemain genap (dapat dibagi dua). Maka dari itu pertandingannya dapat dilakukan dengan rumus "Jumlah peserta dikurangi satu" (Jumlah Peserta - 1 = hasil).

Misalnya dalam sebuah pertandingan terdapat 8 tim yang ingin berlomba. Maka dari akan dilakukan pertandingan sejumlah 7 babak (8 - 1 = 7). Ketika membicarakan implementasi dalam konteks asli maka kita bisa menjumpainya hampir di semua cabang olahraga. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak bagan pertandingan sistem gugur tunggal dibawah ini:

Bagan Pertandingan Sistem Gugur Tunggal
Baca juga : Pengertian, Unsur Unsur dan Manfaat Kebugaran Jasmani

 

Sistem Gugur Dengan Bye

Pernahkah kalian melihat bagan pertandingan berjumlah ganjil dimana ada tim yang tak mendapatkan lawan. Jika ada peristiwa demikian maka kita harus menggunakan sistem guru dengan Bye yang notabenya khusus untuk jumlah tim ganjil. Umumnya, pemain yang tak mendapat lawan akan diberi hak istimewa bernama "Bye". Maksudnya adalah tim akan langsung masuk ke tahap selanjutnya tanpa harus bermain.

Misalnya saja seorang peserta yang tidak memperoleh lawan. Peserta tersebut akan langsung masuk ke tahap II tanpa harus melewati tahap I terlebih dahulu. Pemberian hak istimewa ini memang terkesan kurang menguntungkan tim lain. Tapi tapi sistem pertandingan olahraga Bye dicipitkan untuk mengantisipiasi jika ada diskualifikasi atau tim yang mengundurkan diri.
Pada dasarnya sistem gugur bye hampir sama dengan sistem gugur tunggal. Namun pada babak pertama sistem gugur ini berlaku hak istimewa kepada pemain tertentu. Dengan begitu ditahap ke II, jumlah pemainnya akan menjadi genap dan setiap peserta memperoleh lawannya masing masing. Macam sistem pertandingan olahraga dengan sistem bye dapat dilakukan dengan cara undian atau pengocokan. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak bagan pertandingan dibawah ini:
Bagan Pertandingan Sistem Gugur Bye

Sistem Gugur Seeded

Jenis sistem gugur selanjutnya ialah sistem gugur seeded. Sistem gugur seeded ialah macam sistem pertandingan olahraga yang memisahkan tim-tim kuat dalam bagan yang berbeda. Panitia tak akan mempertemukan tim kuat tersebut dalam pertandingan penyisihan. Sehingga pada babak selanjutnya akan diperoleh kumpulan tim yang paling kuat saja.

Meski terkesan efektif untuk menghasilkan pertandingan yang menghibur. Tapi faktanya sistem gugur seeded menyimpan segudang polemik tersendiri. Pro dan kontra pun menyertai implementasi sistme pertandingan olahraga tersebut. Maka dari itu, simaklah beberapa kelebihan dan kekurangan dari sistem gugur seeded di bawah.

Kelebihan Sistem Gugur Seeded:
  • Pertandingannya lebih singkat dan tidak membutuhkan waktu lama. Hal ini dikarenakan tim yang kuat akan lebih mudah mengalahkan lawannya.
  • Babak selanjutnya akan memberikan peluang kepada peserta yang benar benar kuat.
Kelemahan Sistem Gugur Seeded:
  • Dalam babak pertandingan sudah dipastikan bahwa tim yang lemah akan gugur, namun tidak menutup kemungkinan terjadinya kejutan atau tim kuda hitam.
  • Sistem ini kurang ideal jika digunakan untuk menyaring pemain pemain yang kemampuannya diatas standar.

Sistem Gugur Ganda

Gugur ganda ialah macam sistem pertandingan olahraga memberikan peluang bagi tim yang kalah. Pasalnya peserta yang kalah sebanyak dua kali tidak diperbolehkan untuk ikut dalam pertandingan selanjutnya dan dianggap gugur. Sistem ini merupakan penyempurnaan dari sistem gugur tunggal. Dalam sistem gugur ganda, peserta dapat melanjutkan pertandingannya selama masih kalah satu kali.

Untuk bagan pertandingannya hampir sama dengan bagan pertandingan sistem gugur tunggal. Namun dalam bagan tersebut peserta yang kalah dapat bertanding kembali dengan peserta yang menang sebanyak satu kali lagi. Jika peserta tersebut kalah dua kali maka pertandingan dianggap selesai. Tetapi jika peserta sama sama mengalami kekalahan satu kali maka akan diadakan pertandingan satu kali lagi untuk menentukan pemenangnya.
Baca juga : Teknik Dasar Lompat Tinggi Yang Baik dan Benar

Sistem Kompetisi

Macam sistem pertandingan olahraga di dunia selanjutnya ialah sistem kompetisi. Sistem kompetisi ialah sistem pertandingan yang membutuhkan waktu cukup lama. Hal ini dikarenakan peserta melakukan pertandingan sebanyak beberapa kali, Maka dari itu masing masing peserta akan saling bertemu dalam pertandingan. Pemenang dalam sistem kompetisi akan dilakukan dengan penjumlahan angka/poin paling tinggi.

Sistem pertandingan olahraga berbasis kompetisi dapat dibagi kembali menjadi dua jenis yaitu kompetisi penuh maupun kompetisi setengah. Sistem kompetisi penuh merupakan sistem yang mempertemukan seluruh peserta dalam dua pertandingan (Pertandingan Away dan Pertandingan Home). Sedangkan sistem kompetisi setengah ialah sistem yang mempertemukan semua peserta dalam satu kali pertandingan meskipun terdapat beberapa peserta yang tidak bertemu. Sistem kompetisi penuh biasanya menerapkan sistem penilaian angka seperti dibawah ini:
  • Peserta dapat memenangkan pertandingan jika memperoleh 3 point.
  • Kedua peserta dianggap seri dan sama kuat jika memperoleh 1 point.
  • Peserta diaggap kalah jika tidak memperoleh angka (0 point).
Macam sistem pertandingan olahraga ini memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Adapun kelebihan dan kekurangan dari sistem kompetisi yaitu:

Kelebihan Sistem Kompetisi:
  1. Tim yang menjadi juara merupakan tim yang paling kuat.
  2. Tim yang memperoleh nilai tertinggi dapat menyesuaikan strategi dengan kondisi dan situasi yang ada.
  3. Tim yang kalah dapat membalas kekalahannya pada babak pertandingan berikutnya.
  4. Dapat digunakan untuk menyaring pemain yang mempunyai talenta bagus.
Kelemahan Sistem Kompetisi:
  1. Biaya yang dibutuhkan cukup besar.
  2. Waktu yang diperlukan juga lebih lama karena pesertanya cukup banyak.
  3. Dapat menimbulkan sandiwara pertandingan, sehingga peserta yang mempunyai angka tertinggi dapat sengaja mengalah demi mendongkrak klasmen lawan.
Demikianlah macam macam sistem pertandingan olahraga di dunia yang dapat saya jelaskan. Sistem pertandingan ini dapat dilakukan melalui sistem gugur dan sistem kompetisi. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "6 Macam Sistem Pertandingan Olahraga di Dunia Terlengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel