Cara Melakukan Smash Dalam Permainan Bola Voli

Cara Melakukan Smash Dalam Permainan Bola Voli - Volly adalah salah satu olahraga yang banyak diminati oleh masyarakat. Mulai dari tua muda, putra maupun putri antusias bermain voli karena dianggap menyenangkan. Selain mengandalkan kerjasama tim, setiap pemain juga wajib menguasai beberapa gerakan serta teknik dasar permainan. Misalnya passing, memberi umpan, service, dan teknik dasar smash yang notabenya menjadi pukulan utama.

"Jelaskan cara melakukan spike atau smash bola voli" inilah kalimat perintah yang sering muncul ketika mengerjakan soal ujian. Smash dalam permainan bola voli merupakan teknik dasar untuk pemula yang harus dipelajari atau dipahami. Sayangnya, tak semua siswa mengetahui teknik dasar smash bola voli yang baik dan benar.

Pengertian smash atau spike secara umum ialah pukulan utama yang digunakan untuk menyerang lawan sehingga dapat memperoleh kemenangan. Teknik spike dalam permainan bola volly dapat dilakukan dengan baik menggunakan kemampuan dari masing-masing pemain. Para pemain tersebut harus menguasai teknik lompatan yang tinggi sehingga jangkauannya dapat lebih jauh. Namun sebelum menguasai teknik dasar smash tersebut, anda harus menguasai teknik passing terlebih dahulu.
Teknik Dasar Smash Dalam Permainan Bola Voli
Gerakan smash pada dasarnya memang cukup komplek. Meski gerakannya cukup kompleks, namun untuk menguasai teknik dasar voli ini cukup sulit. Hal ini dikarenakan perlu kemampuan yang baik untuk mempelajari dan menguasai teknik spike dalam permainan bola voli tersebut. Teknik smash voli termasuk dalam teknik serangan untuk memperoleh nilai atau point. Lalu bagaimana cara melakukan spike dalam permainan bola voli itu? Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara melakukan smash dalam permainan bola voli. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Cara Melakukan Smash Dalam Permainan Bola Voli

Dalam konteks pendidikan, materi volly sebenarnya sudah mulai diperkenalkan pada siswa sejak dini. Seiring berjalannya waktu saat kalian berada di bangku SMP SMA tingkat kesulitan materi pun meningkat. Kini siswa harus bisa menghafal berbagai teknik dasar bola voli mulai dari passing, service, smash, dan berbagai teori lainnya.

Gerakan smash atau spike sendiri bisa kita artikan sebagai teknik pukulan keras dan cepat untuk menyerang lawan. Smash juga menjadi salah satu pukulan andalan yang berfungsi untuk mendulang poin demi meraih kemenangan. Ada beberapa tahapan yang harus kalian ketahui sebelum mulai melakukan spike ke arah lawan, diantara:
  1. Langkah awalan.
  2. Langkah tolakan dengan cara melompat.
  3. Ketika melayang di udara untuk melakukan teknik pemukulan bola.
  4. Setelah memukul bola, kemudian melakukan teknik pendaratan kembali.
Meski menjadi salah satu gerakan penting tapi ternyata masih banyak siswa yang tak mampu menguasai teknik dasar smash bola voli. Kesulitan tersebut terbukti dari banyaknya frekuensi pertanyaan bagaimana cara melakukan spike dan smash ketika ujian berlangsung. Oleh karenanya, pada artikel singkat kali ini saya ingin membahas lebih dalam salah satu jenis pukulan bola voli yakni smash.

Teknik Dasar Smash Bola Voli

Sebenarnya materi yang membahas cara melakukan smash sudah tertulis rapi di buku pedoman penjas. Guru biasanya akan menyampaikan materi tersebut secara intensif karena sering muncul sebagai butir soal ujian. Berbagia pembekalan baik secara teori maupun praktek pun turut serta diberikan kepada siswa.

Masalahnya, tak semua mampu menghafal teknik dasar smash bola voli yang baik dan benar. Maka dari itu, dalam sesi ini kita akan mempelajari setiap langkah dan gerakannya. Simaklah cara melakukan spike di bawah:
  1. Langkah pertama melakukan awalan yang diambil dengan jarak 1 - 3 langkah.
  2. Pengambilan langkah ini menggunakan langkah kaki yang cukup besar.
  3. Kemudian kedua lengan diayunkan ke arah belakang setelah dekat dengan net.
  4. Lalu kedua kaki dihentakkan secara bersusulan dan lakukan lompatan.
  5. Setelah itu pukul bola dengan lengan, dimana ayunkan lengan ke arah depan dan tegangkan punggung menuju belakang.
  6. Julurkan lengan untuk memukul bola, buka tangan dan bola dinaungi.
  7. Disisi lain anda juga harus melonggarkan pergelangan tangannya.
Berdasarkan cara melakukan spike dalam permainan bola voli di atas dapat kita simpulkan bahwa smash dapat diartikan sebagai pukulan serangan untuk mencetak point yang dilakukan dengan skill baik, keras dan terarah. Orang yang ingin menjadi smasher handal harus memiliki kemampuan melompat yang pandai dan gesit.

Sementara itu, kalian harus menguasai kontrol power sehingga mampu menciptakan pukulan yang keras dan tak bisa dihentikan oleh pemain bertahan lawan. Untuk memperoleh kemampuan seperti ini tentunya siswa harus giat dan rutin menjalani bentuk latihan khusus. Di bawah ini terdapat berbagai macam bentuk latihan dasar smash permainan bola voli:
  1. Melakukan latihan untuk menguasai jangkauan loncatan.
  2. Melakukan latihan untuk membuat daya tahan tubuh menjadi lebih kuat.
  3. Melakukan latihan untuk membuat kekuatan ayunan menjadi lebih meningkat.
Baca juga : Latihan Fisik Permainan Bola Voli dan Penjelasannya Terlengkap

Kesalahan Dalam Melakukan Smash Bola Voli 

Kita tak bisa menampik fakta bahwa banyak pemain gagal mempraktekan teknik dasar smash karena berbagai alasan. Secara kasat mata pelaksanaan spike voli memang terlihat mudah. Namun kemudahan dalam teknik spike tersebut diimbangi dengan berbagai latihan yang konsisten. Hal ini dikarenakan dalam latihan tersebut pasti memiliki kendalanya masing-masing.

Baca juga : Tugas Pemain Libero Bola Voli Beserta Pengertiannya Lengkap

Contohnya kurang sempurnanya gerakan yang dilakukan, maka akan menyebabkan kesalahan fatal. Jika anda mengetahui kesalahan kesalahan dalam pelaksanaan spike ini diharapkan dapat lebih berhati hati dalam melakukan serangan yang mematikan tersebut. Dengan begitu tembakan dapat dilancarkan dengan sempurna dan kesalahan dapat diminimalisir. Berikut beberapa kesalahan dalam teknik spike voli yaitu diantaranya:

  • Langkah awal yang diambil terlalu lebar, kemudian melakukan langkah lompatan. Jika hal ini dilakukan, maka pemukulan bola tidak dapat sekeras mungkin.
  • Melakukan take off atau meloncat saat letak bola ada di bagian atas kepala, sehingga tidak terlalu keras bola dapat dipukul.
  • Terlalu menekuk siku sehingga pukulan yang diraih memiliki tinggi lebih rendah. Jika lengan smasher atau pemukulnya dilakukan memutar ke arah kanan belakang kepala sebelum bola dipukul, maka gerakan cambukan akan tidak efektif dan kurang efisien.
  • Menggunakan satu kaki untuk mendarat dan tidak mengeper. Maka hanya satu kaki itu saja yang dapat digunakan untuk menumpu berat badan saja sehingga dapat menimbulkan cedera.
  • Posisi tubuh saat bola dipukul di udara memang terlalu miring. Hal ini menyebabkan arah pukulannya menjadi terbatas. 
  • Kurang bervariasi dan kreatif dari smashernya untuk menghindari block yang dilakukan lawan.
  • Kurang teratur atau terputus putus pelaksanaan irama loncatan, pendaratan, awalan dan pukulan/cambukan yang menyebabkan ketidakluwesan atau kakunya gerakan smash itu sendiri. Untuk itulah pukulan smash ini dilakukan dengan timing yang kurang tepat.
  • Ayunan kedua tangan saat meloncat menuju arah bawah melalui belakang, sehingga menimbulkan tinggi loncatan menjadi tidak maksimal.
  • Saat memukul bola dan meloncat, kita tidak melihat ke arah bolanya.
  • Kedua kaki di tekuk saat bola dipukul di udara, sehingga tangan yang meraih bola menjadi kurang tinggi. Untuk itulah smash tidak dilakukan dengan tajam dan tidak keras.
Demikianlah penjelasan mengenai cara melakukan smash dalam permainan bola voli. Teknik smash dalam permainan bola voli ini merupakan salah satu teknik serangan yang perlu dikuasai oleh setiap pemain untuk memperoleh point/angka. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Belum ada Komentar untuk "Cara Melakukan Smash Dalam Permainan Bola Voli"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel