Teknik Dasar Bulu Tangkis dan Penjelasan

Advertisement

Teknik Dasar Bulu Tangkis dan Penjelasan - Bulu tangkis (badminton) ialah jenis olahraga atletik yang mempunyai banyak penggemar diseluruh dunia. Olahraga ini menggunakan alat tambahan seperti shuttlecock dan raket. Olahraga bulu tangkis dimainkan dengan cara beregu ataupun tunggal dan setiap regu beranggotakan dua orang. Permainan ini memiliki 5 kategori pertandingan yaitu tunggal putri, tunggal putra, ganda putri, ganda putra, maupun ganda campuran. Masing masing peserta diharuskan untuk memahami teknik dasar bulu tangkis. Bulu tangkis terdiri dari kata bulu dan tangkis. Untuk kata bulu diperoleh dari shuttlecock yang berasal dari bulu angsa. Sedangkan untuk kata tangkis berasal dari gerakan menangkis. Gerakan tersebut merupakan gerakan dasar dalam permaian bulu tangkis.

Permainan bulu tangkis awal mulanya berdasarkan beberapa pendapat. Untuk pendapat pertama mengatakan bahwa permainan bulu tangkis berasal dari Mesir Kuno. Selanjutnya terdapat pendapat lain menyatakan bahwa bulu tangkis berasal dari Tiongkok dan India. Kemudian berkembang dan meluas di dalam masyarakat pada abad pertengahan Inggris. Awalnya permainan ini dikenal dengan nama Shuttlecocks dan Battledore. Kemudian seiring berkembangnya jaman berubah menjadi permainn bulu tangkis atau badminton. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai teknik dasar bulu tangkis. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Teknik Dasar Bulu Tangkis dan Penjelasan

Setiap pemain bulu tangkis yang sudah profesioanl baik taraf lokal, nasional dan internasional melakukan pembinaan dan pelatikan di awal karirnya. Hal tersebut berguna untuk memberikan bekal dan ilmu kepada mereka sebelum dinyatakan layak untuk berada dilapangan sebenarnya. Dalam pelatihan, para pemain diberikan ilmu praktek maupun teori mengenai teknik dasar bulu tangkis beserta isinya. Bahkan aturan aturan permainan juga dijelaskan secara detail kepada para pemain. Dibawah ini terdapat beberapa teknik dasar bulu tangkis beserta penjelasannya.
Baca juga : Macam Macam Gaya Lompat Tinggi Beserta Cara Melakukannya

Teknik Memegang Raket

Teknik dasar bulu tangkis yang pertama ialah teknik memegang raket dengan benar. Teknik ini memiliki pengaruh dalam menentukan kualitas dari pukulan. Bagi pemain pemula diharuskan mengusai teknik dasar ini sebelum menguasai teknik dasar bulu tangkis selanjutnya. Untuk teknik memegang raket dapat dilakukan dengan dua cara yaitu :

Teknik Forehand
Teknik forehand termasuk kedalam teknik dasar bulu tangkis. Teknik memegang raket ini dapat dilakukan dengan tangan kanan ataupun tangan kiri. Berikut cara melakukan teknik forehand:
  • Kepala raket diposisikan menghadap menyamping.
  • Pegang raket seperti sedang berjabat tangan.
  • Ibu jari dengan jari telunjuk memiliki jarak menyerupai huruf V.
  • Kemudian untuk jari lain menggenggam raketnya.
Teknik Backhand
Teknik backhand termasuk kedalam teknik dasar bulu tangkis. Teknik backhand juga dapat dilakukan dengan tangan kanan ataupun kiri. Teknik backhand sebenarnya hampir sama dengan teknik forehand tetapi terdapat beberapa perbedaan yaitu posisi jari telunjuk dan ibu jarinya yang lebih dekat. Berikut cara melakukan teknik backhand:
  • Kepala raket diposisikan menghadap menyamping.
  • Ibu jari dan keempat jari lain posisinya terpisah. 
  • Genggam raket menggunakan keempat jari tadi.

Teknik Pukulan

Teknik dasar bulu tangkis selanjutnya ialah teknik pukulan. Dalam permainan bulu tangkis atau badminton biasanya menggunakan teknik pukulan forehand. Berikut cara melakukan teknik pukulan forehand:
  • Raket dipegang dengan menggunakan teknik forehand.
  • Kaki kanan dan kiri diposisikan menyilang. 
  • Posisikan kaki kanan di belakang dan kaki kiri didepan.
  • Lakukan pukulan shuttlecock disertai gerakan bahu ke depan.
  • Tangan dibiarkan untuk bergerak ke bawah secara terus menerus.
  • Lakukan pukulan dengan keras.
Baca juga : Jenis Jenis Pemanasan Sebelum Olahraga Lengkap

Gerakan Kaki atau Footwork

Teknik dasar bulu tangkis selanjutnya ialah gerakan kaki atau footwork. Dalam permainan bulu tangkis terdapat teknik utama yang harus dimiliki oleh pemain yaitu kelincahan. Pemain bulu tangkis memang diharuskan untuk lincah bergerak yang diimbangi dengam pukulan. Dengan perpaduan antara kelincahan kaki dan pukulan tersebut akan menghasilan pukulan yang berkualitas dan mematikan. Keharmonisan antara seluruh anggota badan sangat berguna ketika melakukan serangan ataupun bertahan dari serangan lawan.

Posisi dan Sikap Badan

Teknik dasar bulu tangkis selanjutnya ialah posisi dan sikap badan yang benar. Teknik ini merujuk pada gerakan keseimbangan. Keseimbangan juga termasuk gerakan penting dalam permainan bulu tangkis. Biasanya gerakan keseimbangan hanya dianggap sebelah mata bagi beberapa orang. Namun tidak bagi pemain bulu tangkis. Bagi seorang pemain bulu tangkis profesional, gerakan ini sangat pentin dalam pertandingan. Keseimbangan ini jga berfungsi dalam menghasilkan pukulan yang berkualitas. Bahkan tidak sedikit pemain bulu tangkis yang gagal dalam melakukan pukulan yang berkualitas. Berikut cara melakukan gerakan keseimbangan yang baik :
  • Badan diposisikan dengan bertumpu pada kedua kaki. Tumpuan tersebut berlaku ketika melakukan serangan atau pertahanan.
  • Kedua lutut sedikit ditekuk dan posisikan badan berdiri menggunakan ujung kaki. Usahakan pinggang sampai ke posisi tegak.
  • Buka kedua kaki selebar bahu. Letakkan salah satu kaki didepan ataupun letakkan kedua kaki sejajar. 
  • Letakkan siku yang tidak memegang raket berada disamping badan. Hal ini bertujuan untuk memberikan kebebasan bagi tangan yang memegang raket.

Posisi Badan Ketika Memukul atau Hitting Position

Teknik dasar bulu tangkis selanjutnya ialah hitting position atau posisi badan ketika memukul. Dalam permainan bulu tangkis juga memerlukan posisi tubuh yang benar agar pukulannya lebih berkualitas. Berikut cara melakukannya:
  • Sikap badan sedikit menyamping dari arah net.
  • Letakkan kaki kiri didepan kaki kanan.
  • Badan diposisikan di belakang shuttlecock.
  • Tarik bahu sebelah kanan ke belakang.
  • Lakukan pukulan dengan diimbangi pergantian posisi antara bahu kanan dengan bahu kiri.

Teknik Service

Teknik dasar bulu tangkis selanjutnya ialah teknik service. Teknik service tersebut berguna untuk mengarahkan shuttlecock ke belakang, depan, kanan dan kiri dari pemain lawan. Usahakan tidak melakukan service shuttlecock di depan badan lawan. Hal tersebut dikarenakan posisi tersebut akan memberikan kesempatan lawan untuk menyerang balik dengan teknik pukulan yang mematikan. Teknik service dalam permainan bulu tangkis dapat dilakukan dengan dua cara yaitu :

Forehand Service
Forehand service termasuk kedalam teknik dasar bulu tangkis. Teknik service ini masih dapat dibagi lagi menjadi dua cara yaitu forehand pendek dan forehand tinggi.

Forehand Pendek
Forehand pendek termasuk kedalam gerakan servis dalam teknik dasar bulu tangkis. Teknik ini hanya menggunakan tenaga yang sedikit agar ayunan raketnya tidak terlalu kuat. Apabila pemain menggunakan teknik ini maka shuttlecock akan jatuh tidak jauh dari net. Lebih tepatnya berada di daerah depan lawan.
Baca juga : 32 Peraturan Dalam Perlombaan Lari Estafet
Forehand Tinggi
Forehand tinggi termasuk kedalam gerakan servis dalam teknik dasar bulu tangkis. Teknik ini menggunakan tenaga yang kuat dan penuh. Dengan begitu shuttlecock akan jatuh jauh dari net. Lebih tepatnya berada dibelakang lawan. Dalam melakukan teknik forehand tinggi, posisi badan berdiri menyamping dengan kokoh dan kedua kaki dibuka selebar pinggang. 

Backhand Service
Backhand service juga termasuk kedalam teknik dasar bulu tangkis. Teknik ini memiliki perbedaan dengan teknik forehand yaitu tenaga yang digunakan sedang serta ayunannya juga sedang, tidak terlalu pelan ataupun terlalu kuat. Dalam teknik backhand service, posisi kaki sama dengan posisi tangan yang memegang raket. Apabila anda memegang raket dengan tangan kakan, maka kaki kanan didepan dan kaki kiri dibelakang, begitu pula sebaliknya.

Pengembalian Service

Teknik dasar bulu tangkis selanjutnya ialah teknik pengembalian service yang benar. Teknik ini juga harus dikuasai oleh setiap pemain bulu tangkis. Teknik pengembalian service dapat dilakukan dengan dua cara yaitu netting dan dropshot. Namun adapula gerakan yang harus dihindari ketika melakukan pengembalian service yaitu gerakan smash. Hal tersebut dikarenakan shuttlecock tidak dapat bergerak secara tajam dan kuat dalam gerakan service. Dengan begitu lawan akan mudah mengembalikan pukulan anda. Bahkan tidak sedikit pemain yang pergerakannya dimatikan hanya karena smash yang lemah.

Teknik Overhead

Teknik dasar bulu tangkis selanjutnya ialah teknik overhead. Gerakan ini dilakukan ketika shuttlecock menuju ke arah belakang badan kita. Teknik overhead tersebut dapat dilakukan dengan cara seperti posisi melempar. Raket dipegang dengan teknik forehand.

Teknik Smash

Teknik dasar bulu tangkis selanjutnya ialah teknik smash. Smash ialah gerakan yang biasanya digunakan untuk menyerang dan mematikan gerakan lawan. Pukulan smash yang paling baik dapat diperoleh dengan teknik awalan lompat setinggi mungkin. Dengan begitu pukulan yang dihasilkan akan lebih sempurna. Pukulan smash dilakukan dengan tenaga yang kuat dan menuju ke arah bawah pada area lawan. 

Teknik Dropshot

Teknik dasar bulu tangkis selanjutnya ialah teknik dropshot. Dropshot ialah gerakan smash versi lembut. Gerakan ini juga bertujuan untuk menyerang dan mematikan gerakan lawan. Dropshot dapat dilakukan dengan sentuhan halus dan sedikit didorong agar jatuh tidak jauh dari net. Gerakan dropshot juga digunakan untuk mengecoh lawan karena gerakannya diawali dengan melompat tinggi seperti akan melakukan smash tetapi pukulan shuttllecock nya tidak jauh dari net. Berikut cara melakukan dropshot :
  • Raket dipegang menggunakan teknik forehand.
  • Tubuh diposisikan sedikit menyamping ke arah bahu.
  • Tubuh di posisikan berada di belakang shuttllecock serta gerakannya harus lincah.
  • Lakukan gerakan pukulan dengan posisi tangan lurus seperti ingin melakuan smash, tetapi hanya menyentuhkan dan mendorong shuttllecock sedikit.
  • Arahkan shuttllecock tadi ke daerah kosong maupun daerah yang sulit untuk dijangkau lawan.

Teknik Netting

Teknik dasar bulu tangkis yang terakhir ialah teknik netting. Netting ialah teknik bulu tangkis yang sulit, termasuk bagi pemain profesional sekalipun. Hal tersebut karena netting menggunakan sense tinggi, cara dan penempatan arah shuttlecock yang tepat. Teknik ini dapat dilakukan dengan gerakan pukulan yang pelan kemudian dijatuhkan pada area sedekat mungkin dengan net.

Inilah beberapa teknik dasar bulu tangkis yang dapat saya jelaskan. Semoga artikel ini dapat menambah ilmu anda. Terima kasih.

Teknik Dasar Bulu Tangkis dan Penjelasan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: penjasorkes

0 komentar:

Posting Komentar