12 Teknik Dasar Bulu Tangkis dan Penjelasan

12 Teknik Dasar Bulu Tangkis dan Penjelasan - Bulu tangkis atau badminton merupakan salah satu olahraga yang cukup banyak diminati oleh masyarakat. Permainan berbasis kompetisi satu ini bisa dilakukan secara beregu beranggotakan dua orang maupun tunggal. Dalam perlombaan internasional kita bisa menjumpai 5 kategori pertandingan yakni tunggal putri, tunggal putra, ganda putri, ganda putra, dan ganda campuran.

Selain menguasai pengetahuan umum tersebut, pemain dintutut harus menguasai berbagai teknik dasar bulu tangkis di luar kepala. Mengapa demikian? karena sedikit banyak teknik inilah yang akan membantu kita memenangkan pertandingan. Dalam dunia pendidikan, materi badminton telah disampaikan bahkan sejak siswa berada di bangku sekolah menengah pertama.

Ada berapa teknik dasar bulu tangkis

Berbagai teori serta pembelajaran praktek pun pasti juga sudah disampaikan oleh guru penjas. Sayangnya, masih banyak siswa yang kesulitan ketika diminta menjelaskan teknik dasar bulu tangkis. Misalnya seperti apa cara melakukan smash, apa itu loop, seperti apa gerakan dasar service, dan lain sebagainya. Kemampuan serta pengetahuan tersebut sedikit banyak akan sangat membantu untuk menguasai jalannya pertandingan.

Di lain sisi teknik service atas bawah, smash, loop, dan memegang raket merupakan pengetahuan dasar yang cukup penting. Tak heran jika kita sering menjumpai butir soal yang berisi materi tersebut ketika mengerjakan ujian. Dari opini inilah akhirnya saya tergelitik untuk membahas lebih dalam berbagai teknik yang dipakai oleh atlet badminton profesional.

12 Teknik Dasar Bulu Tangkis dan Penjelasan

Permainan bulu tangkis dilaksanakan pada lapangan berbentuk persegi dengan ukuran panjang 13,4 meter dan lebar 6,1 meter. Media utama yang dipakai adalah shuttlecock dan raket dengan ukuran serta bahan sesuai ketentuan yang sudah diatur. Penguasaan teknik seperti memukul, smash, service, loop, dan lain sebagainya mampu membantu pemain untuk memenangkan pertandingan.

Sebelum mulai bermain kalian setidaknya harus mengetahui teknik dasar bulu tangkis terlebih dahulu. Pertama adalah teknik memegang raket dan melakukan servis yang notabenya dipakai untuk mengawali pertandingan. Kedua, teknik smash yang notabenya untuk menciptakan pukulan kuat lurus ke bawah agar tak bisa diantisipasi lawan. Namun, berdasarkan buku pedoman penjas, setidaknya ada 12 teknik dasar yang harus pemain badminton kuasai.
Baca juga : Macam Macam Gaya Lompat Tinggi Beserta Cara Melakukannya
Setiap pemain bulu tangkis yang sudah profesioanl baik taraf lokal, nasional dan internasional melakukan pembinaan dan pelatikan di awal karirnya. Hal tersebut berguna untuk memberikan bekal dan ilmu kepada mereka sebelum dinyatakan layak untuk berada dilapangan sebenarnya. Dalam pelatihan, para pemain diberikan ilmu praktek maupun teori mengenai teknik dasar bulu tangkis beserta isinya. Bahkan aturan aturan permainan juga dijelaskan secara detail kepada para pemain.
 

Teknik Memegang Raket Bulu Tangkis 

Teknik dasar bulu tangkis pertama yang harus kalian kuasai adalah cara memegang raket dengan benar. Posisi tangan saat pegang raket memiliki pengaruh dalam menentukan kualitas pukulan baik service, umpan balik, maupun smash. Bagi pemain pemula diharuskan tau beberapa pengetahuan umum terlebih dahulu sebelum lanjut pada gerakan aktif.

Secara garis besar hanya ada dua  cara memegang raket bulu tangkis yakni backhand dan forehand grip. Keduanya tentu memiliki kelebihan serta kekurangan masing-masing dan bisa dipakai secara bergantian.

Teknik Forehand Grip

Forehand grip adalah teknik dasar bulu tangkis pertama yang harus kalian pelajari. Forehand grip menghasilkan tekanan kuat pada raket sehingga tangan tidak mudah tergelincir saat melakukan pukulan. Meski demikian, mayoritas pemain mengalami kesulitan ketika melakukan manuver cepat karena teknik forehand grip kurang fleksibel.

Forehand Grip Bulu Tangkis

Cara memegang raket bulu tangkis satu ini dapat dilakukan dengan tangan kanan ataupun tangan kiri. Jika kebetulan kalian sedang mendapat tugas untuk menyebutkan langkah-langkah forehand grip maka simaklah poin berikut:
  1. Kepala raket diposisikan menghadap menyamping.
  2. Pegang raket seperti sedang berjabat tangan.
  3. Ibu jari dengan jari telunjuk memiliki jarak menyerupai huruf V.
  4. Kemudian untuk jari lain menggenggam raketnya.

Teknik Backhand

Backhand grip bisa dikatakan hampir mirip dengan cara memegang raket bulu tangkis sebelumnya. Perbedaannya terletak pada posisi ibu jari dan telunjuk pada gagang raket yang lebih terbuka. Teknik dasar bulutangkis ini biasanya dipakai untuk menciptakan pukulan melambung seperti loop dan service bawah. Namun, backhand grip sangat tidak cocok kita gunakan jika pola penyerangan cederung ofensif.

Cara memegang raket bulu tangkis backhand grip
Teknik backhandgrip

Berdasarkan ilustrasi gambar di atas kita bisa simpulkan cara memegang raket bulu tangkis tersebut cukup fleksibel. Kalian bisa melakukan manuver seperti mengubah pola serangan dan pertahanan dengan cepat. Berikut cara melakukan teknik backhand:
  1. Kepala raket diposisikan menghadap menyamping.
  2. Ibu jari dan keempat jari lain posisinya terpisah.
  3. Genggam raket menggunakan keempat jari tadi.

Teknik Service

Gerakan service menjadi salah satu teknik dasar bulu tangkis selanjutnya setelah kita berhasil memegang raket dengan benar. Teknik service tersebut berguna untuk mengarahkan shuttlecock ke belakang, depan, kanan dan kiri dari pemain lawan. Usahakan tidak melakukan service shuttlecock di depan badan lawan.
Hal tersebut dikarenakan posisi tersebut akan memberikan kesempatan lawan untuk menyerang balik dengan teknik pukulan yang mematikan. Inti dari teknik service badminton adalah mengincar blind spot atau area yang dianggap sebagai titik terlemah milik musuh. Nah, cara melakukan service bulu tangkis sendiri dibagi menjadi dua jenis yakni forehand dan backhand.

Forehand Service

Forehand service termasuk kedalam teknik dasar bulu tangkis. Teknik service ini masih dapat dibagi lagi menjadi dua cara yaitu forehand pendek dan forehand tinggi. Masing-masing tentu memiliki kelebihan, kekurangan, dan gerakan yang berbeda. Apabila kebetulan kalian sedang mendapat tugas maka simaklah cara servis badminton di bawah.

Service Pendek
Forehand pendek termasuk kedalam gerakan servis dalam teknik dasar bulu tangkis. Teknik ini hanya menggunakan tenaga yang sedikit agar ayunan raketnya tidak terlalu kuat. Apabila pemain menggunakan teknik ini maka shuttlecock akan jatuh tidak jauh dari net. Lebih tepatnya berada di daerah depan lawan.

Teknik dasar service bulu tangkis

Service Panjang
Forehand tinggi termasuk kedalam gerakan servis dalam teknik dasar bulu tangkis. Teknik ini menggunakan tenaga yang kuat dan penuh. Dengan begitu shuttlecock akan jatuh jauh dari net. Lebih tepatnya berada dibelakang lawan. Dalam melakukan teknik forehand tinggi, posisi badan berdiri menyamping dengan kokoh dan kedua kaki dibuka selebar pinggang.

Backhand Service

Backhand service juga termasuk kedalam teknik dasar bulu tangkis. Teknik ini memiliki perbedaan dengan teknik forehand yaitu tenaga yang digunakan sedang serta ayunannya juga sedang, tidak terlalu pelan ataupun terlalu kuat. Dalam teknik backhand service, posisi kaki sama dengan posisi tangan yang memegang raket. Apabila anda memegang raket dengan tangan kakan, maka kaki kanan di depan dan kaki kiri ke belakang, begitu pula sebaliknya.

Kelebihan teknik dasar bulu tangkis satu ini terletak pada power yang ideal. Sehingga kamu tak perlu takut service mengarah ke luar lapangan. Di lain sisi, akurasi servis belakang juga mampu membuka celah apabila lawan terkecoh dan tak mampu mengembalikan pukulan.

Cara Mengembalikan Service

Teknik dasar bulu tangkis selanjutnya ialah teknik pengembalian service yang benar. Teknik ini juga harus dikuasai oleh setiap pemain bulu tangkis. Teknik pengembalian service dapat dilakukan dengan dua cara yaitu netting dan dropshot. Namun adapula gerakan yang harus dihindari ketika melakukan pengembalian service yaitu gerakan smash.

Hal tersebut dikarenakan shuttlecock tidak dapat bergerak secara tajam dan kuat dalam gerakan service. Dengan begitu lawan akan mudah mengembalikan pukulan anda. Bahkan tidak sedikit pemain yang pergerakannya dimatikan hanya karena smash yang lemah.

Teknik Smash Bulu Tangkis

Melakukan pukulan smash merupakan salah satu teknik dasar bulu tangkis yang wajib kalian kuasai. Mengapa demikian? karena smash memiliki potensi besar menggempur pertahanan lawan hingga mencetak angka. Pukulan keras dan cepat yang diarahkan pada zona lemah merupakan kunci utamanya. Maka dari itu, pemain harus memiliki power serta tingkat akurasi yang tinggi.


Cara melakukan smash bulu tangkis
Gerakan smash

Pukulan smash yang paling baik dapat diperoleh dengan teknik awalan lompat setinggi mungkin. Namun, syarat agar kita bisa menciptakan smash yakni kok yang datang harus dalam posisi melambung. Dengan begitu pukulan yang dihasilkan akan lebih sempurna. Pukulan smash dilakukan dengan tenaga yang kuat dan menuju ke arah bawah pada area lawan. Cara melakukan smash badminton adalah:
  1. Fokus pada arah datangnya shuttlecock.
  2. Posisikan raket berada di depan kepala.
  3. Pasang kuda-kuda bersiap untuk melompat.
  4. Lakukan lompatan dengan mengangkat tangan kiri sembari tangan kanan sedikit mengayu ke belakang.
  5. Pukul shuttlecock sekuat tenaga ke arah area yang dianggap lemah.
  6. Lakukan pendarat.

Teknik Pukulan Forehand

Teknik dasar bulu tangkis selanjutnya yang harus kalian kuasai adalah cara melakukan pukulan biasa. Biasanya, untuk menciptakan pukulan para pemain cenderung memakai teknik forehand karena kekuatan serta akurasi lebih tinggi. Berikut cara melakukan teknik pukulan forehand:
  1. Raket dipegang dengan menggunakan teknik forehand.
  2. Kaki kanan dan kiri diposisikan menyilang. 
  3. Posisikan kaki kanan di belakang dan kaki kiri didepan.
  4. Lakukan pukulan shuttlecock disertai gerakan bahu ke depan.
  5. Tangan dibiarkan untuk bergerak ke bawah secara terus menerus.
  6. Lakukan pukulan dengan keras.
Baca juga : Jenis Jenis Pemanasan Sebelum Olahraga Lengkap

Teknik Overhead

Pernahkah kalian mendapati shuttlecock melambung melewati posisi badan? pemain pemula pasti tak akan bisa mengantisipasinya. Tapi atlet profesional menangani masalah tersebut dengan cara melakukan pukulan overhead. Teknik dasar bulu tangkis yang satu ini cukup populer karena efektif untuk mengembalikan kok pada posisi melambung melewati badan.

Pukulan forehand badminton

Teknik dasar pukulan overhead bersifat tidak pasti karena acuannya yang abstrak. Pemain hanya perlu mengikuti ritme permainan serta langkah kaki saja. Apabila lawan berhasil menciptakan pukulan lambung yang tak bisa kalian jangkau maka pakailah teknik overhead.

Jika kebetulan kalian salah memprediksi dan ternyata shuttlecock menuju ke arah belakang badan. Maka gunakanlah teknik overhead seperti pada ilustrasi gambar di atas. Kalau bingung, kalian bisa menyamakan posisi grip atau cara memegang raket layaknya forehand grip.

Teknik Dropshot

Drop shoot menjadi teknik dasar pukulan bulu tangkis yang cukup mengerikan. Dropshot adalah gerakan memukul layaknya smash dengan versi lembut. Gerakan ini juga bertujuan untuk menyerang dan mematikan gerakan lawan. Gerakan sedemikian rupa akan membuat lawan terkecoh karena dari posisi seolah kita akan melakukan smash keras.

Padahal, dropshot dapat dilakukan dengan sentuhan halus dan sedikit didorong agar jatuh tidak jauh dari net. Maka dari itu, kalian harus menguasai teknik dasar bulu tangkis satu ini bagaimanapun usahanya.
Teknik dasar dropshot

Cara melakukan dropshot tidaklah mudah karena kita memerlukan latihan secara intensif. Gerakannya digunakan untuk mengecoh lawan karena gerakannya diawali dengan melompat tinggi seperti akan melakukan smash tetapi pukulan shuttllecock nya tidak jauh dari net. Berikut cara melakukan dropshot :
  1. Raket dipegang menggunakan teknik forehand.
  2. Tubuh diposisikan sedikit menyamping ke arah bahu.
  3. Tubuh di posisikan berada di belakang shuttllecock serta gerakannya harus lincah.
  4. Lakukan gerakan pukulan dengan posisi tangan lurus seperti ingin melakuan smash, tetapi hanya menyentuhkan dan mendorong shuttllecock sedikit.
  5. Arahkan shuttllecock tadi ke daerah kosong maupun daerah yang sulit untuk dijangkau lawan.

Gerakan Kaki (Footwork)

Mari beralih mempelajari gerakan aktif yang melibatkan fungsi anggota badan mulai dari tangan, tubuh, sampai kaki. Seperti yang kita ketahui, mengatur tempo serta gerakan kaki merupakan salah satu teknik dasar bulu tangkis yang wajib kita pelajari karena tak mungkin pemain berdiam diri dalam satu area saja.

Ada kalanya atlet harus mengejar arah datangnya bola maupun menciptakan pola serangan untuk mencetak angka. Untuk mendukung usaha tersebut dibutuhkan ketangkasan serta kelincahan gerakan kaki. Tak heran jika dalam pertandingan kita akan disuguhkan pergerakan pemain yang seolah ke kanan kiri ataupun depan belakang.

Footwork bulu tangkis

Teknik dasar bulu tangkis selanjutnya ialah gerakan kaki atau footwork. Dalam permainan bulu tangkis terdapat teknik utama yang harus dimiliki oleh pemain yaitu kelincahan. Pemain bulu tangkis memang diharuskan untuk lincah bergerak yang diimbangi dengam pukulan.

Dengan perpaduan antara kelincahan kaki dan pukulan tersebut akan menghasilan pukulan yang berkualitas dan mematikan. Keharmonisan antara seluruh anggota badan sangat berguna ketika melakukan serangan ataupun bertahan dari serangan lawan.

Posisi dan Sikap Badan

Teknik dasar bulu tangkis selanjutnya ialah posisi dan sikap badan yang benar. Teknik ini merujuk pada gerakan keseimbangan. Keseimbangan juga termasuk gerakan penting dalam permainan bulu tangkis. Biasanya gerakan keseimbangan hanya dianggap sebelah mata bagi beberapa orang. Namun tidak bagi pemain bulu tangkis.

Bagi seorang pemain bulu tangkis profesional, gerakan ini sangat pentin dalam pertandingan. Keseimbangan ini jga berfungsi dalam menghasilkan pukulan yang berkualitas. Bahkan tidak sedikit pemain bulu tangkis yang gagal dalam melakukan pukulan yang berkualitas. Berikut cara melakukan gerakan keseimbangan yang baik :
  1. Badan diposisikan dengan bertumpu pada kedua kaki. Tumpuan tersebut berlaku ketika melakukan serangan atau pertahanan.
  2. Kedua lutut sedikit ditekuk dan posisikan badan berdiri menggunakan ujung kaki. Usahakan pinggang sampai ke posisi tegak.
  3. Buka kedua kaki selebar bahu. Letakkan salah satu kaki didepan ataupun letakkan kedua kaki sejajar. 
  4. Letakkan siku yang tidak memegang raket berada disamping badan. Hal ini bertujuan untuk memberikan kebebasan bagi tangan yang memegang raket.
Secara garis besar, memposisikan badan memang terkesan sepele tapi akan berdampak besar terhadap jalannya pertandingan. Apabila posisi badan sudah mantap maka pemain lebih leluasa menghadapi serangan lawan serta melakukan berbagai tindakan.

Posisi Badan Ketika Memukul atau Hitting Position

Mengatur posisi badan ketika hendal memukul shuttlecock juga tak kalah penting untuk kita pelajari. Meski terkesan sepele tapi sebenarnya memposisikan tubuh bisa membantu kita untuk mengeksekusi setiap teknik nantinya. Konsepnya sama seperti kita memasang kuda-kuda sehingga tubuh pun mampu bergerak lebih fleksibel serta mengikuti refleks.

Teknik dasar bulu tangkis selanjutnya ialah hitting position atau posisi badan ketika memukul. Dalam permainan bulu tangkis juga memerlukan posisi tubuh yang benar agar pukulannya lebih berkualitas. Berikut cara melakukannya:
  1. Sikap badan sedikit menyamping dari arah net.
  2. Letakkan kaki kiri didepan kaki kanan.
  3. Badan diposisikan di belakang shuttlecock.
  4. Tarik bahu sebelah kanan ke belakang.
  5. Lakukan pukulan dengan diimbangi pergantian posisi antara bahu kanan dengan bahu kiri.

Teknik Netting

Teknik dasar bulu tangkis yang terakhir ialah teknik netting. Netting ialah teknik bulu tangkis yang sulit, termasuk bagi pemain profesional sekalipun. Hal tersebut karena netting menggunakan sense tinggi, cara dan penempatan arah shuttlecock yang tepat. Teknik ini dapat dilakukan dengan gerakan pukulan yang pelan kemudian dijatuhkan pada area sedekat mungkin dengan net.

Olahraga bulu tangkis merupakan salah satu olahraga yang banyak diminati, mulai dari kalangan anak anak hingga dewasa. Bahkan jenis olahraga ini juga menjadi salah satu materi pembelajaran penjaskes di sekolah. Dalam materi tersebut terdapat beberapa materi yang dibahas seperti teknik dasar, cara memegang raket, kesalahan dalam bulutangkis, dan sebagainya. Materi yang saya bahas ini berhubungan dengan teknik dasar olahraga bulu tangkis tersebut. Demikianlah beberapa teknik dasar bulu tangkis yang dapat saya jelaskan. Semoga artikel ini dapat menambah ilmu anda. Terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Posting Komentar untuk "12 Teknik Dasar Bulu Tangkis dan Penjelasan"