3 Teknik Dasar Menggiring Bola Dalam Sepak Bola yang Baik dan Benar

3 Teknik Dasar Menggiring Bola Dalam Sepak Bola yang Baik dan Benar - Mempelajari semua teknik dasar sepak bola menjadi salah satu kewajiban siswa. Salah satunya adalah teknik menggiring bola atau biasa disebut dribbling. Secara garis besar, tujuannya adalah membawa bola menuju gawang lawan untuk mencetak gol. Lazimnya, seorang pemain menggunakan teknik dasar menggiring bola ketika sudah tidak ada pemain lain yang dibisa diumpan. Teknik sepak bola satu ini juga dapat dilakukan untuk menghindari offside apabila ingin memberikan umpan kepemain lain.

Teknik Menggiring Bola (Dribbling)

Materi yang membahas apa saja teknik dasar menggiring bola dalam sepak bola sebenarnya sudah diajarkan pada siswa bahkan semenjak masih SMP. Tidak perlu waktu lama untuk menghafalkannya karena teori bagaimana cara dribbling mudah telaah ketika praktikum. Cara menggiring bola dalam sepak bola (dribbling) pada dasarnya dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu speed dribbling maupun closed dribbling. Keduanya memiliki perbedaan dari segi praktek dan manfaatnya.

Dribling bisa juga dibilang sebagai teknik penentu dalam permainan sepak bola. Karena kita tidak bisa memberikan umpan kepada kawan akhirnya terpaksa menggiring bola menerobos barisan pertahanan lawan. Apakah anda telah memahami teknik dasar permainan sepak bola ini? Sampai disini saya anggap sudah paham. Nah, kita akan lanjut membahas mengenai teknik dasar menggiring bola dalam permainan sepak bola.

3 Teknik Dasar Menggiring Bola Dalam Sepak Bola yang Baik dan Benar

Pernahkah kalian memperhatikan bagaimana cara pemaian membawa bola sampai ke depan gawang lawan? bagaimana cara menghindari dan mengecoh musuh dan lain sebagainya. Inilah yang selannjutnya kita sebut sebagai teknik dribling. Teknik menggiring dalam sapak bola sebenarnya tidak terlalu sulit karena pembahasanya pun sudah ada di buku LKS. Di lain sisi kalian bisa mengembangkan teori bagaimana teknik dribling tersebut berdasarkan pengalaman praktikum.

Seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya bahwa terdapat 3 teknik dasar menggiring bola dalam sepak bola yang benar sesuai LKS. Sebagai siswa yang duduk di bangku sekolah kalian pasti sudah bisa menebaknya bukan. Antara lain adalah teknik menggiring bola dengan kaki bagian dalam, teknik menggiring bola dengan kaki bagian luar, dan teknik menggiring bola dengan punggung kaki. Setiap cara dribling yang kalian pakai tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Meski kalian mengerti tapi tidak serta merta membuat kalian paham bagaimana cara menyampaikannya. Inilah yang menjadi masalah siswa dimana dia kesulitan menguraikan tutorialnya. Dalam artikel kali ini kita akan membahas teknik dasar menggiring bola dalam sepak bola dan keuntungan serta kerugian menggiring bola menggunakan masing masing teknik tersebut.

Teknik Dasar menggiring Bola Dengan Kaki Bagian Dalam

Teknik dasar menggiring dalam sepak bola yang pertama adalah menggiring bola dengan kaki bagian dalam. teknik ini juga sering disebut dengan teknik menggiring dengan kaki dalam. Kelebihan menggiring bola dengan kaki bagian dalam adalah lebih mudah mengecoh lawan karena posisi bola kita kuasai dan dapat dengan mudah kita manipulasi. Selain itu kalian pun bisa menciptakan tendangan melambung yang akurat sebagai umpan kepada penyerang.

Sedangkan kekurangan menggiring bola dengan kaki bagian dalam adalah pergerakan menjadi lebih lamban, serta tidak dapat menggiring secara cepat atau melakukan sprint (fast dribling). Adapun teknik dasar menggiring bola dengan kaki bagian dalam adalah sebagai berikut:
  1. Berdiri dengan pandangan ke arah depan sebagai sikap awalan.
  2. kedua tangan agak membuka (menciptakan jarak tangan dengan tubuh).
  3. Dorong, atau giring bola menggunakan kaki bagian dalam ke arah depan dengan posisi badan sedikit condong ke depan dan kaki sedikit terangkat dari tanah.
  4. Tumpukan berat badan pada salah satu kaki yang tidak digunakan untuk menggiring bola.
Kalian perlu menghafalkan langkah-langkah diatas karena teknik menggiring dengan kaki dalam biasanya muncul dalam soal ujian. Jika tidak teliti maka kalian akan terkecoh dan salah dalam menjawabnya.

Teknik Dasar Menggiring Bola Dengan Kaki Bagian Luar

Teknik menggiring bola dalam sepak bola selanjutnya adalah dengan kaki bagian luar. Teknik ini cukup populer dipakai karena memiliki segudang kelebihan khususnya untuk menyerang. Adapun kelebihan menggiring bola dengan kaki bagian luar adalah mudah mengecoh lawan dari sisi samping. Namun kalian perlu berhati-hati ketika memilih melakukan dribbling tersebut karena ada resikonya.

Kekurangan menggiring bola dengan kaki bagian luar adalah sulit untuk mengecoh lawan dari sisi kanan apabila kita menggunakan kaki kanan dan sebaliknya. Selain itu kalian hanya bisa membawa bola secara perlahan saja karena kaki luar memiliki akurasi rendah untuk menggiring cepat. Jika guru meminta jelaskan teknik menggiring bola dengan kaki bagian luar maka jawablah seperti berikut:
  1. Berdiri dan arahkan pandangan ke depan sebagai sikap awalah.
  2. Buka sedikit lengan hingga membentuk sudut 30 derajat.
  3. Putar kedalam dan kunci pergelangan kaki anda sebagai gerakan dasar menggiring dengan kaki bagian luar.
  4. Dorong atau giring bola dengan kaki bagian luar kedepan.
  5. Tumpukan berat badan anda pada salah satu kaki yang tidak digunakan untuk menggiring bola.

Teknik Dasar Menggiring Bola Dengan Punggung Kaki

Teknik dasar menggiring dengan punggung kaki dalam sepak bola menjadi yang terakhir dan oaling populer. Selain mudah untuk dilakukan ternyata ada banyak kelebihan yang bisa didapatkan oleh pemain. Singkatnya, kalian bisa menggiring cepat ke pertahan lawan dengan tingkat akurasi tinggi.

Sayangnya, kekurangan menggiring bola dengan punggung kaki adalah sangat tidak efektif digunakan untuk mengecoh lawan baik dari kanan maupun kiri. Maka dari itu kalian perlu mengkombinasikannya dengan teknik dribbling lainnya hingga menciptakan variasi pola serangan baru.

Jelaskan teknik menggiring bola dengan punggung kaki. Inilah pertanyaan yang sering muncul dalam ujian essay. Jika kalian mendapati model soal demikian maka jawabnya seperti di bawah:
  1. Berdiri dengan pandangan mengarah ke depan sebagai awalan.
  2. Renggangkan kedua tangan kesamping.
  3. Putar dan kunci pergelangan kaki ke bawah.
  4. Dorong atau giring bola dengan punggung kaki ke depan.
  5. Tumpukan berat badan salah satu kaki yang tidak digunakan untuk menggiring.
Saya telah menjelaskan bahwa teknik menggiring bola dalam permainan sepak bola dapat dibagi menjadi dua yaitu speed dribbling maupun closed dribbling. Teknik speed dribbling merupakan teknik menggiring bola dengan cara berlari secepat mungkin. Teknik ini dilakukan saat posisi pemain tidak dalam tekanan lawan. Speed dribbling juga dapat dilakukan dengan cara menendang bola secara lurus kemudian diimbangi dengan berlari dengan cepat.

Sedangkan closed dribbling merupakan teknik menggiring bola dengan pengontrolan bola secara penuh. Teknik ini dilakukan ketika bola tidak dalam keadaan aman. Cara menggiring bolanya tidak boleh berjarak satu meter lebih dari kaki bagian depan. Dribbling dalam permainan seak bola juga menggunakan teknik move untuk mengecoh lawan.

Teknik menggiring bola berguna untuk menghambat permainan, mendekati gawang lawan maupun mengecoh/melewati lawan. Berikut cara memposisikan tubuh dengan benar saat menggiring bola:
  1. Kaki yang digunakan untuk menggiring bola hampir sama dengan posisi kaki saat menendang bola.
  2. Giring bola dengan cara mengayunkan kaki kedepan bukan menaruh kaki kebelakang.
  3. Gulirkan bola kedepan secara teratur.
  4. Kuasai bola saat digulirkan dan usahakan bola selalu dekat dengan kaki.
  5. Tekuk lutut sedikit saat menggiring bola agar bola dapat dikuasai secara penuh.
  6. Pandanglah bola saat menyentuh kaki kemudian lihat juga situasi lapangan.
Dalam artikel kali ini kita akan membahas 3 teknik dasar menggiring bola dalam sepak bola beserta dengan kelebihan dan kekuran teknik menggiring bola tersebut. Selain itu kita juga akan membahas tentang teknik dribling dengan tujuan untuk menciptakan gol.

Cara Menggiring Bola Dalam Sepak Bola

1. Teknik dasar menggiring bola dalam sepak bola yang pertama ialah menggiring kedaerah kosong tanpa penjagaan dari pemain lawan. Anda dapat menggunakan teknik speed dribbling dengan cara menenndang bola kearah depan kemudian mengejar bola. Namun apabila daerah lawan banyak sekali penjagaan maka teknik yang dapat digunakan dalam meggiring bola adalah teknik closed dribbling.

Teknik ini dilakukan untuk menjaga agar bola dapat dikuasai secara penuh dengan jarak kurang dari satu meter. Usahakan kecepatan anda tidak bertambah  dengan melebarkan bagian kaki ataupun menendang bola jauh kedepan. Teknik yang paling berpengaruh dalam closed dribbling ialah peningkatan langkah kaki.

2. Teknik dasar menggiring bola yang benar yaitu melakukan dribbling sepertiga lapangan saja agar bola tidak dapat direbut oleh lawan.

3. Apabila saat melakukan teknik dasar menggiring bola namun lawan membayangi anda dari samping maka dapat melakukan teknik selanjutnya yaitu teknik berbalik untuk mengecoh lawan.

4. Saat anda mendapatkan bola namun lawan berada didepan maka anda dapat menggunakan teknik menggirng bola ini. Usahakan tidak buru buru mengumpankan bola tersebut kepemain lain karena bisa saja bola akan direbut. Usahakan bola tersebut digiring kearah lawan kemudian saat lawan terdesak maka bola baru diumpankan. Teknik ini dapat mengecoh pertahanan lawan sehingga terciptalah sebuah goal.

5. Teknik dasar menggiring bola ini memudahkan anda untuk mengecoh lawan yang mengahadang didepan. Teknik ini berfungsi agar lawan kesulitan dalam mengejar bola, keseimbangan lawan hilang, membuat lawan salah mengambil antisipasi maupun membuat lawan mati langkah. Teknik teknik yang dapat digunakan seperti teknik menggunting atau scissors move, nutmeg move atau  melewati bola melalui bagian tengah kedua kaki lawan, matthews move, fake kick atau pura pura menendang, elastico move, sombrero move atau mencungkil bola, maupun spin move atau teknik memutar.

6. Ketika menggunakan teknik dasar menggiring bola tapi anda kehilangan bola maka usahakan anda mendapatkan ganti yang pas seperti mendapatkan tendangan pinalti, tendangan bebas, lemparan kedalam maupun tendangan pojok.

7. Teknik dasarmenggiring bola dalam permainan sepak bola dapat dilakukan dari berbagai arah misalnya dari arah belakang yang bertujuan untuk mendapatkan susunan yang tepat.

8. Apabila teman anda mengalami kesulitan saat melakukan teknik menggiring bola ini karena tertekan oleh lawan maka segeralah mendekat agar bola tersebut dapat diumpankan.

9. Teknik dasar menggiring bola juga dapat digunakan utnuk memberikan runag kelawan. Teknik ini dilakukan dengan cara memancing lawan kearah anda kemudian bola diumpankan kepemain lain agar dapat digiring kearah gawang lawan. Usahakan pemain melakukan teknik ini dengan benar agar bola tidak direbut.

10. Pemain yang bertugas untuk mengecoh lawan menggunakan teknik menggiring bola ini memiliki tugas dibagian sayap. Hal tersebut dilakukan agar beberapa pemain lawan menuju kearah tepi lapangan sehingga bagian tengah lapangan terdapat ruang untuk menggiring bola kearah gawang.

Teknik dasar menggiring bola maupun melakukan permainan sepak bola ialah dengan cara mengoper maupun melakukan teknik lari secepat mungkin dengan memperhatikan ketepatan saat membawa bola. Teknik yang digunakan tersebut bernama teknik dribbling. Teknik ini memanfaatkan kecepatan dan ketepatan kaki dalam menggulirkan bola kearah depan. Dribbling ini dilakukan saat pemain dalam keadaan bebas dari tekanan lawan.

Teknik menggiring menggunakan metode terputus putus dengan kaki bagian dalam maupun bagian depan kaki untuk menciptakan tendangan bola kearah depan. Menggiring bola memiliki beberapa manfaat seperti memberikan kesempatan untuk memberikan umpan kepada pemain lain, untuk mengecoh lawan, serta untuk menguasai bola secara penuh. Sebelum mempelajari teknik menggiring bola maka usahakan anda telah menguasai teknik mengontrol dan menendang bola.

Kelebihan dan Kekurangan Teknik Menggiring Bola

Teknik dasar dalam permainan sepak bola pasti ada kelebihan dan kekurangannya masing masing. Setiap teknik memiliki aturan tersendiri sehingga dapat mempengaruhi kelebihan maupun kekurangan yang akan ditimbulkan. Teknik menggiring bola ini juga memiliki kelebihan dan kekurangan yang ditimbulkan. Berikut kelebihan dan kekurangan dribbling dalam permainan sepak bola :
  • Kelebihan teknik menggiring bola menggunakan kaki bagian dalam ialah dapat mengecoh lawan dari arah kanan apabila menggunakan kaki kanan dan sebaliknya. Namun kelemahan dribbling ini ialah tidak dapat mengecoh lawan dari bagian kiri apabila menggunakan kaki kanan dan sebaliknya.
  • Kelebihan teknik menggiring bola menggunakan kaki bagian punggung ialah dapat mengatur menggiring bola dengan arah lurus tanpa rintangan dari lawan. Namun kelemahan dribbling ini ialah tidak dapat mengecoh lawan dari bagian kiri maupun bagian kanan.
  • Kelebihan teknik menggiring bola menggunakan kaki bagian luar ialah dapat mengecoh lawan dari arah kanan apabila menggunakan kaki kiri dan sebaliknya. Namun kelemahan dribbling ini ialah tidak dapat mengecoh lawan dari bagian kiri apabila menggunakan kaki kiri dan sebaliknya.
Dalam permainan sepak bola mulai dari teknik menendang bola, teknik menggiring bola dan sebagainya pasti menggunakan bagian kaki untuk mengontrol bola tersebut. Untuk memenangkan maupun menciptakan sebuah goal dalam permainan sepak bola maka yang terpenting ialah menguasai setiap teknik yang ada. Dalam melakukan teknik dribbling ini terkadang beberapa orang sering melakukan kesalahan yang tidak diketahui. Kesalahan tersebut meliputi :
  • Pada saat melakukan teknik menggiring bola, pandangan hanya tertuju kearah bola saja sehingga bola akan mudah direbut oleh lawan karena kondisi sekitar tidak begitu diperhatikan.
  • Bola ditendang dengan kuat sehingga bola akan sulit untuk dikontrol.
  • Bola ditendang dengan lemah sehingga akan membuat bola mudah direbut oleh lawan.
  • Pada saat terjadi blokade dari lawan tidak adanya gerakat mengecoh sehingga gerakan pemain akan mudah dibaca oleh lawan.
  • Bola tidak dapat dikuasai karena gerakannya terlalu kaku maupun gerakan kaki kurang lincah.
Jelaskan teknik dasar menggiring bola dalam permainan sepak bola setelah kalian membaca pembahasan diatas. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan mengenai salah satu teknik dasar dalam permainan ini.

Belum ada Komentar untuk "3 Teknik Dasar Menggiring Bola Dalam Sepak Bola yang Baik dan Benar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel