6 Jenis Senam Lengkap Dengan Pengertian, Gerakan, dan Manfaatnya

6 Jenis Senam Lengkap Dengan Pengertian, Gerakan, dan Manfaatnya - Setiap orang pasti ingin memiliki tubuh sehat dan fresh setiap hari. Berbagai usaha pun dilakukan untuk merealisasikan harapan tersebut mulai dari menjaga pola makan, tidur teratur, hingga rutin berolahraga.

Olahraga memang memberikan banyak manfaat khususnya untuk kesehatan serta kebugaran jasmani. Teori ini pun telah dibuktikan oleh berbagai riset dan mendapat dukungan dari banyak pakar studi kesehatan. Ada banyak sekali jenis olahraga yang bisa kita terapkan untuk mencapai tujuan itu, salah satunya adalah senam.

Jenis Jenis Senam

Senam sendiri masih terbagi menjadi beberapa jenis sesuai kategori, tujuan, serta pola gerakan senam itu sendiri. Di dalamnya, kalian akan menjumpai senam aerobik, akrobatik, senam irama, senam ketangkasan, dan lain sebagainya. Gerakan senam sendiri menuntut keserasian, kekuatan, juga kecepatan tubuh secara fisik untuk mengikuti ketukan. Kalian dapat melakukan olahraga ini secara individu maupun beregu bersama kawan agar lebih menyenangkan.

Seiring berjalannya waktu, olahraga senam terus mengalami perkembangan mengikuti arus modernisasi. Penggunaan alat serta media pun tak jarang kita jumpai seperti lantunan musik, matras pengaman, trampolin, tali pita, dan lain sebagainya. Nah dalam pembahasan kali ini saya akan menjelaskan tentang jenis jenis senam lengkap dengan pengertian senam dan manfaat senamnya. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

6 Jenis Senam Lengkap Dengan Pengertian, Gerakan, dan Manfaatnya

Pengertian senam secara umum ialah olahraga yang gerakannya melibatkan seluruh bagian anggota tubuh dari kepala sampai ujung kaki sehingga dapat menciptakan gerakan fisik yang teratur. Manfaat senam tersebut sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Apapun jenis senamnya, yang pasti memiliki manfaat yang baik bagi tubuh apabila dilakukan dengan benar.

Hampir setiap orang familiar ketika diminta menjelaskan definisi senam. Tapi tak semua tau jenis senam secara spesifik seperti senam irama, senam ketangkasa, aerobik, artistik, dan akrobatik. Materi tersebut biasanya akan disampaikan ketika siswa beranjak ke jenjang SMP serta SMA dengan tingkat pembahasan berbeda.

Berbagai jenis senam sendiri termasuk materi penjas yang sudah mulai diajarkan pada siswa bahkan ketika berada di bangku sekolah dasar. Seiring berjalannya waktu topik bahasan pun terus meluas hingga kita harus mempelajari pengertian, manfaat, serta gerakan senam tersebut. Selain dari penjelasan guru, kalian pun juga dapat menambah referensi dengan membaca materi di buku pedoman maupun LKS.

Senam Aerobik

Jenis senam yang pertama ialah senam aerobik. Pengertian senam aerobik ialah olahraga senam yang memadukan beberapa gerakan energik, aktif dan kreatif dengan irama musik yang cepat. Gerakan dasar senam aerobik ialah kaki melompat, berjalan dan bergerak aktif sesuai dengan irama musiknya.

Manfaat senam aerobik tersebut dapat anda peroleh jika mengikuti gerakan irama yang sesuai dan tidak sembarangan bergerak. Adapun beberapa manfaat yang diperoleh seperti melatih otot tubuh agar kuat, melatih kinerja paru paru, peredaran darah dan jantung agar lebih efisien dan efektif. Selain itu senam ini juga berguna untuk meningkatkan kelenturan tubuh.
Bentuk Senam Aerobik
Jenis senam ini memiliki beberapa manfaat yang baik jika gerakan yang dilakukan dengan maksimal. Adapun beberapa tips melakukan senam aerobik agar manfaat senamnya dapat diberoleh dengan maksimal yaitu sebagai berikut:
  • Pilih sepatu yang nyaman dalam melakukan senam aerobik. Anda juga dapat menggunakan sepatu khusus untuk jenis senam ini.
  • Lakukan gerakan dengan benar dan baik sesuai dengan instruktur senamnya.
  • Lakukan gerakan kaki dan tangan yang sederhana jika anda belum mampu mengikuti berbagai gerakan yang ada.
  • Hindari pelaksanaan gerakan yang tidak sesuai dengan contoh gerakan instruktur senamnya. Dengan begitu energi dan waktu anda tidak terbuang sia sia.
  • Lakukan senam aerobik dengan instruktur yang sama. Dengan begitu gerakan yang diberikan akan tetap sama dan hasil manfaat senamnya lebih maksimal dan efisien.

Senam Artistik

Jenis senam selanjutnya ialah senam artistik. Pengertian senam artistik ialah salah satu senam yang cukup populer dalam perlombaan tingkat Olimpiade. Manfaat senam artistik ialah meningkatkan kebugaran dan kesehatan tubuh. Namun seiring berjalannya waktu, jenis olahraga ini sering diperlombakan diberbagai pertandingan senam. Senam artistik memiliki gerakan yang memadukan gerakan tumbling dengan senam aerobik. Dengan begitu akan menghasilan gerakan gerakan yang indah menggunakan alat alat tertentu.
Bentuk Senam Artistik
Jenis senam ini mengunakan beberapa alat seperti gelang gelang, lantai, palang sejajar, kuda kuda pelana, balok keseimbangan, kuda kuda lompat, palang bertingkat, dan palang tunggal. Alat alat tersebut mempunyai ukuran yang sesuai dengan ketetapan Internasional. Senam ini dapat dilakukan secara tim atau individu dan dilaksanakan sesuai aturan yang berlaku agar memperoleh nilai.

Senam Irama

Jenis senam selajutnya ialah senam irama. Pengertian senam irama ialah olahraga yang gerakannya bebas namun diiringi dengan irama atau alunan musik. Manfaat senam irama dapat diperoleh apabila dilakukan dengan baik dan sesuai aturan. Senam irama dapat dilakukan menggunakan atau tanpa alat. Untuk senam irama dengan alat biasanya dapat menggunakan gada, holahop, bola, tongkat maupun tali.
Bentuk Senam Irama
Jenis senam tersebut menurut saya cukup unik apabila ditinjau dari segi manfaat serta gerakan. Hasilnya sendiri bisa diperoleh apabila peserta melakukan gerakan dengan baik dan benar. Adapun beberapa manfaat senam irama yaitu sebagai berikut:
  • Dapat menurunkan berat badan.
  • Dapat membuat tubuh lebih kencang.
  • Meningkatakan kinerja paru paru dan fungsi jantung.
  • Meningkatkan koordinasi tubuh, terutama untuk usia lansia.
Baca juga : Macam Macam Sistem Pertandingan Olahraga di Dunia Terlengkap

 Senam Trampolin

Jenis senam selanjutnya ialah senam trampolin. Pengertian senam trampolin ialah olahraga senam yang dilakukan di atas trampolin. Trampolin tersebut merupakan alat pemantul dengan daya pantul yang besar. Manfaat senam trampolin memang cukup besar namun anda juga harus berhati hati dalam melakukannya.

Hal ini dikarenakan seseorang yang melakukan senam trampolin harus mahir melombat dengan tingkat lompatan yang tinggi hingga 10 meter. Olahraga jenis ini sering diperlombakan dalam tingkat Olimpiade sejak tahun 2000.

Bentuk Senam Trampolin

Jenis senam trampolin memang tergolong baru dalam dunia perlombaan olahraga. Sedikit pula atlet yang mendalami gerakan senam trampolin karena jarang dilombakan di kancah internasional. Namun ada beberapa manfaat senam trampolin yang cukup besar bagi tubuh yaitu sebagai berikut:
  • Dapat membakar lemak dalam tubuh.
  • Meningkatkan koordinsi dan keseimbangan tubuh.
  • Mengontrol gula darah dan baik untuk kesehatan jantung.
  • Menghilangkan stres.
  • Memperbaiki sistem peredaran darah.
Jenis senam selanjutnya ialah senam akrobatik. Pengertian senam akrobatik ialah jenis olahraga senam yang mengandalkan keseimbangan dan kelentukan tubuh untuk memperoleh garakan yang eksplosif dan cepat. Biasanya senam ini menggunakan gerakan gerakan salto ataupun putaran. Tidak heran jika senam akrobatik tergolong ekstrim bagi pemula.

Bagi anda yang sudah mahir melakukan senam ini pastinya akan merasakan manfaat senam akrobatik yang cukup besar bagi tubuh. Namun meski begitu akan lebih baik jika saat melakukan senam akrobatik didampingi dengan instruktur yang profesional.
Bentuk Senam Akrobatik
Menurut saya, jenis senam tersebut sangatlah menarik apabila disaksikan secara langsung. Gerakan senam akrobatik yang atraktif benar-benar mampu memikat mata. Karena cukup beresiko maka atlet harus berhati hati serta menguasai setiap gerakan yang ada. Jenis senam ini dapat dilakukan secara tim ataupun individu. Adapun beberapa manfaat senam akrobatik yaitu sebagai berikut:
  • Membuat tubuh lebih lentur.
  • Sistem motorik tubuh akan lebih kuat dibandingkan sebelumnya.
  • Meningkatkan keseimbangan tubuh.
Sekian penjelasan mengenai jenis jenis senam lengkap dengan pengertian senam dan manfaat senam. Apapun jenis olahraga senam yang anda tekuni, lakukanlah dengan baik dan benar sesuai dengan instruksi yang ada. Dengan begitu manfaat yang anda peroleh lebih maksimal dan efektif. Semoga artikel dapat bermanfaat dan selamat berolahraga.

Posting Komentar untuk "6 Jenis Senam Lengkap Dengan Pengertian, Gerakan, dan Manfaatnya"