Ukuran Lapangan Sepak Takraw Nasional dan Internasional Beserta Gambarnya

Ukuran Lapangan Sepak Takraw Nasional dan Internasional Beserta GambarnyaSepak takraw termasuk olahraga campuran yang memadukan sepak bola dan voli dalam satu permainan. Sepak takraw sendiri dimainkan di sebuah lapangan secara tim dengan peraturan dasar. Contohnya pemain tidak boleh menyentuh bola takraw menggunakan tangan. Sedangkan ukuran lapangan sepak takraw umumnya menyerupai ukuran lapangan ganda bulu tangkis.

Berbeda dengan sepak bola dan voli yang menggunakan bola berbahan karet, permainan sepak takraw menggunakan bola berbahan anyaman rotan. Dalam beberapa kesempatan ada pula yang memakai bahan dasar fiber untuk mendapatkan efek pantulan lebih kuat. Uniknya, Sejarah permainan sepak takraw sendiri berasal dari jaman kesultanan melayu antara 534 hingga 713.

Gambar Lapangan Sepak Takraw Nasional dan Internasional
ukuran lapangan sepak takraw nasional dan internasional

Meskipun sepak takraw sudah dikenal dari jaman dahulu, namun olahraga ini masih betahan dan digemari hingga sekarang. Bahkan sepak takraw justru berkembang sampai mancanegara dan memiliki asosiasi baik di indonesia dan internasional. Dari asosiasi inilah akhirnya disepakati berbagai peraturan sepak takraw yang secara tidak langsung juga mengatur ukuran lapangan sepak takraw nasional dan ukuran lapangan sepak takraw internasional.

Berapa panjang dan lebar lapangan takraw standar nasional dan internasional? Untuk mengetahui luas ukuran lapangan takraw maka simaklah artikel kali ini yang akan membahas luas lapangan takraw secara lengkap dan disertai dengan gambar lapangan takraw tersebut.

Ukuran Lapangan Sepak Takraw Nasional dan Internasional

Seperti yang telah saya jelaskan diatas bahwa sepak takraw merupakan olahraga yang menggunakan bola berbahan anyaman rotan sebagai medianya dan dimainkan secara tim dalam sebuah lapangan. Ukuran lapangan takraw sendiri terdiri dari ukuran lapangan takraw nasional dan ukuran lapangan takraw internasional. Namun pada hakekatnya ukuran lapangan sepak takraw ini tidak jauh berbeda.
Untuk mengetahui luas lapangan takraw maka simaklah artikel dan gambar di bawah ini:

ukuran lapangan sepak takraw nasional dan internasional
ukuran lapangan sepak takraw nasional dan internasional

Sepak takraw menjadi salah satu materi dasar penjas yang wajib dikuasai oleh siswa baik secara teori dan praktikum. Nah, dalam materi tersebut kita dituntut harus hafal ukuran lapangan takraw nasional lengkap beserta tinggi net dan ukuran net.

Jika kalian bermain dalam kancah luar negeri maka diberlakukan aturan internasional. Nah, dalam artikel singkat kali ini saya akan membagikan materi yang berkaitan dengan panjang dan lebar lapangan takraw internasional serta nasional.

Ukuran Lapangan Sepak Takraw

Pada gambara lapangan takraw diatas sebenarnya sudah saya jabarkan berapa panjang dan lebar lapangan permainan. Untuk membantu dalam proses mempelajari ukuran lapangan takraw maka simaklah deskripsi ukuran lapangan sepak takraw yang terdiri dari panjang lapangan, lebar lapangan, lebar garis batas lapangan, hingga lingkar tengah lapangan sepak takraw tersebut.
  1. Lebar lapangan sepak takaw : 06.10 meter.
  2. Panjang lapangan takraw : 13.42 meter.
  3. Lingkaran tengah lapangan sepak takraw : dalam lapangan takraw akan terdapat lingkaran yang berfungsi sebagai tempat service takraw dengan garis tengah sepanjang 60 centimeter.
  4. Lebar garis batas lapangan takraw : berupa garis yang memiliki lebar 5 cm.
  5. Garis seperempat lingkaran pada lapangan sepak takraw : di setiap penjuru tengah lapangan takraw terdapat garis yang berbentuk seperempat lingkarang yang berfungsi sebagai tempat untuk memberikan umpan service dengan jari jari 90 centimeter.
Olahraga satu ini sudah mulai diajarkan pada siswa bahkan semenjak duduk di bangku sekolah dasar. Sayangnya, kita baru memperoleh pendalaman materi ketika menginjak jenjang SMP dan SMA.

Ukuran Net Sepak Takraw

Sebagai adaptasi dari permainan bola voli, takraw pun memiliki net yang berdiri sebagai pembatas antar tim. Masalahnya, apakah kalian tau berapa ukuran net sepak takraw? Secara garis besar materi seputar jaring tersebut sudah dibahas dalam pembelajaran penjas. kalian pun bisa menemukan detail penjelasannya dalam buku pegangan siswa.

Setelah membahas ukuran lapangan sepak takraw selanjutnya kita juga perlu mengetahui berepa tinggi, panjang dan lebar jaring atau net takraw tersebut. Untuk lebih jelasnya silahkan simak penjelasannya dibawah ini:
  1. Panjang net sepak takraw : tidak lebih dari 6.71 meter.
  2. Lebar net sepak takraw : 72 centimeter.
  3. Tinggi net sepak takraw : tinggi jaring net sepak takraw adalah 1.55 meter diukur dari tanah.
  4. Jaring net takraw ini dibuat dari bahan tali, benang kasar, maupun dari nylon dengan ukuran lubang lubang pada jaringnya sebesar 4 sampai 5 centimeter. Lalu disetiap pinggiran jaring akan diberikan pita selebar 5cm untuk memperkuat jaring net tersebut.

Tinggi Net Sepak Takraw

Selain ukuran lapangan sepak takraw serta ukuran jaring net sepak takraw, kita juga akan membahas tiang lapangan sepak takraw. Dua tiang yang didirikan di luar garis batas lapangan ini berfungsi sebagai tempat untuk mengikat net takraw. Lalu berapa tinggi tiang sepak takraw putra dan putri?
  1. Jarak tiang dengan garis batas lapangan takraw : 30.5 centimeter.
  2. Tinggi tiang / tinggi net sepak takraw putra : 1.55 meter.
  3. Tinggi tiang / tinggi net sepak takraw putri : 1.45 meter.
Sedangkan untuk bola takraw sendiri terbuat dari bahan rotan atau fiber dengan lingkaran bila sebesar 41 hingga 43 centimeter.

Itulah artikel tentang ukuran lapangan sepak takraw yang dapat saya sampaikan. Ukuran lapangan tersebut adalah ukuran lapangan sepak takraw nasional dan ukuran lapangan sepak takraw internasional. Karena sejatinya kedua ukuran lapangan tersebut adalah sama.

Belum ada Komentar untuk "Ukuran Lapangan Sepak Takraw Nasional dan Internasional Beserta Gambarnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel