Akhir Gerakan Setelah Melakukan Gerakan Meroda Adalah

Akhir Gerakan Setelah Melakukan Gerakan Meroda Adalah - Seperti yang kita tahu bahwa dalam pembelajaran olahraga terdapat materi tentang senam lantai. Senam lantai tersebut dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Salah satunya adalah gerakan meroda. Apa itu gerakan meroda? Pengertian gerakan meroda adalah sebuah gerakan senam lantai yang dilakukan untuk melatih kelenturan dan ketangkasan tubuh. Gerakan ini biasanya menjadi salah satu bentuk latihan dalam mata pelajaran penjaskes di sekolah.

Pada artikel sebelumnya saya telah menjelaskan tentang teknik dasar meroda yang dapat anda pahami. Lalu akhir gerakan setelah melakukan gerakan meroda adalah bagaimana? Gerakan meroda dapat dilakukan dengan cara menopang beban tubuh dengan keadaan posisi terbalik. Pada dasarnya anak anak lebih mudah melakukan gerakan meroda ini dibandingkan orang dewasa. Hal ini dikarenakan orang dewasa sudah tidak selentur anak anak sehingga gerakan ini cukup sulit dilakukan orang dewasa.

akhir gerakan setelah melakukan gerakan meroda adalah
Cara Melakukan Gerakan Meroda

Meski begitu para siswa juga diharuskan memahami beberapa kesalahan dalam gerakan meroda agar dapat menghindari terjadinya cedera. Gerakan meroda merupakan jenis senam lantai yang pelaksanaannya dapat dilakukan dengan memutarkan badan ke samping dengan sudut 90 derajat seperti roda. Maka dari itu kita dapat menyimpulkan bahwa pengertian meroda adalah gerakan memutar tubuh ke samping kiri atau kanan dengan tumpuan kedua tangan. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang akhir gerakan setelah melakukan gerakan meroda adalah bagaimana. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Akhir Gerakan Setelah Melakukan Gerakan Meroda Adalah

Faktor utama yang dibutuhkan dalam melakukan gerakan meroda adalah ketepatan gerak, kekuatan, dan koordinasi. Hal ini tentunya berbeda dengan gerakan handstand karena gerakan meroda menanggung beban yang relatif kecil dibandingkan gerakan handstand sehingga gerakan dalam meroda ini cukup singkat.

Gerakan meroda memang identik dengan gerakan memutarkan badan ke arah samping menggunakan kedua tangan untuk tumpuan berat badan serta memutarkan tubuh. Maka dari itu titik berat badan yang ditopang harus tepat pada titik tumpu sehingga posisinya tidak berat sebelah. Lantas akhir gerakan setelah melakukan gerakan meroda adalah bagaimana?

Teknik dasar gerakan meroda secara singkat adalah mempersiapkan tubuh dalam posisi berdiri menyamping. Kemudian buka kedua kaki selebar bahu dan rentangkan kedua lengan dengan lurus ke atas. Anda dapat mempersiapkan matras atau meminta bantuan orang lain bagi yang masih pemula agar dapat menjaga anda ketika melakukan gerakan meroda.

Pelaksanaan gerakan meroda ini juga dapat menggunakan konsep baby cartwheel. Perbedaannya dengan gerakan meroda biaa adalah posisi kaki menendang ke arah samping sehingga tidak lurus ke atas. Setelah memahami apa itu gerakan meroda, coba kerjakan salah satu soal di bawah ini:

Akhir gerakan setelah melakukan gerakan meroda adalah . . .

A. Posisi badan menyamping ke arah gerakan, membuka kedua kaki selebar bahu, merentangkan kedua tangan serong ke atas, arahkan pandangan ke depan atas.

B. Posisi badan menyamping ke arah gerakan, merapatkan kedua kaki, merapatkan kedua tangan di samping badan.

C. Posisi badan berdiri membelakangi arah gerakan, membuka kedua kaki selebar bahu, merentangkan kedua tangan serong ke atas, arahkan pandangan ke depan atas.

D. Posisi badan berdiri menghadap ke arah gerakan, membuka kedua kaki selebar bahu, merentangkan kedua tangan sejajar bahu.

E. Posisi badan berdiri menghadap ke arah gerakan, rapatkan kedua kaki, rentangkan kedua tangan lurus ke depan, arahkan pandangan ke depan.

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah pilihan A.

Berdasarkan jawaban di atas dapat disimpulkan bahwa akhir gerakan setelah melakukan gerakan meroda adalah posisi badan menyamping ke arah gerakan, membuka kedua kaki selebar bahu, merentangkan kedua tangan serong ke atas, dan arahkan pandangan ke depan atas.

Senam lantai satu ini mempunyai tingkat kesulitan tinggi bahkan untuk mereka yang sudah ahli. Butuh keberanian serta rasa percaya diri untuk melakukan gerakan meroda dengan benar. Apabila dalam praktek gerakan akhir meroda kalian masih mengalami kesulitan maka jangan sungkan untuk mengajukan pertanyaan lewat komentar. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Posting Komentar untuk "Akhir Gerakan Setelah Melakukan Gerakan Meroda Adalah"