12 Jenis Senam Aerobik Dengan Alat dan Tanpa Alat

Advertisement

12 Jenis Senam Aerobik Dengan Alat dan Tanpa Alat - Dalam pembelajaran penjaskes terdapat materi mengenai senam. Olahraga senam dapat dibagi menjadi dua yaitu senam lantai dan senam aerobik. Kedua jenis senam tersebut memiliki jenis dan teknik gerakan yang berbeda beda. Salah satu gerakan senam yang paling populer ialah senam aerobik. Aerobik merupakan jenis olahraga yang bertujuan untuk mendapatkan oksigen sebanyak mungkin. Hal tersebut karena gerakan pada senam ini dilakukan oleh seluruh anggota tubuh. Jenis senam ini dapat dilakukan menggunakan alat maupun tanpa alat. Setiap jenis senam aerobik dengan alat dan senam aerobik tanpa alat akan membutuhkan energi yang cukup banyak, sehingga aliran udara yang masuk dan keluar dari paru paru menjadi lebih cepat. Hal ini akan mengakibatkan tubuh menjadi sehat.

jenis senam aerobik
jenis senam aerobik dengan alat dan tanpa alat
Senam aerobik memiliki pengaruh besar terhadap jalannya pernapasan. Namun adapula keuntungan lain apabila sering melakukan senam ini yaitu peredaran darah akan lancar dan otot juga akan terlatih. Semua jenis senam dapat dilakukan menggunakan alat maupun tanpa alat. Seperti halnya senam aerobik ini dapat dilakukan dengan bantuan alat atau tidak. Kali ini saya akan menjelaskan secara rinci mengenai berbagai jenis senam aerobik dengan alat dan senam aerobik tanpa alat. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak dibawah ini.

12 Jenis Senam Aerobik Dengan Alat dan Tanpa Alat

Latihan aerobik dapat dilakukan menggunakan berbagai cara, contohnya bersepeda, berenang, berjalan dan lain lain. Dengan melakukan latihan tersebut akan membuat tubuh mendapatkan oksigen dalam jumlah yang banyak. Jenis senam aerobik dengan alat dan tanpa alat memiliki beberapa kelebihan yaitu bebas memilih jenis olahraga aerobik sesuai dengan keadaan lingkungan sekitar contohnya berlari, lari ditempat, berenang dan lain lain. Selain itu terdapat kelebihan lain seperti adanya beberapa bentuk latihan yang dapat dilakukan contohnya latihan dengan bantuan alat modern berupa treadmill kemudian dikombinasikan dengan alat pengukur oksigen. Dibawah ini akan terdapat penjelasan mengenai jenis senam aerobik dengan alat dan jenis senam aerobik tanpa alat.
Baca juga :Bentuk Bentuk Latihan Kebugaran Jasmani Lengkap

Latihan Aerobik Tanpa Alat

Beberapa bentuk aerobik tanpa alat dapat dilakukan dengan beberapa cara seperti berenang, senam, berjalan, berlari dan bersepeda. Jenis senam aerobik tanpa alat juga sering menjadi bentuk olahraga yang digemari. Dengan melakukan olahraga tersebut, tubuh akan mendapatkan oksigen dalam jumlah yang banyak kemudian diolah pada waktu bersamaan. Jumlah kapasitas tubuh dalam melakukan aerobik merupakan faktor utama dalam menjaga kesegaran dan kesehatan tubuh. Dengan melakukan latihan aerobik maka tubuh akan mengalami beberapa perubahan musalnya :
  • Kinerja jantung lebih efisien dan kuat sehingga jantung dapat memompa darah yang mengandung oksigen lebih banyak.
  • Tegangan pada otot otot diseluruh tubuh menjadi lebih meningkat dan menjadi lebih kuat.
  • Alat yang berfungsi untuk jalannya pernapasan lebih kuat sehingga aliran udara yang masuk dan keluar dari paru paru lebih lancar.
Latihan aerobik tersebut dapat dilakukan dengan cara senam aerobik tanpa alat maupun jogging. Jenis aerobik ini memperoleh oksigen dalam jumlah maksimal sehingga pernapasan dalam tubuh lebih kuat dan lancar.

Latihan Aerobik Dengan Alat

Selanjutnya terdapat jenis senam aerobik dengan alat. Jenis senam ini menggunakan alat seperti gada, tali dan lain lain. Namun biasanya senam aerobik dilakukan dengan menggunakan tali. Dibawah ini terdapat beberapa bentuk latihan aerobik dengan menggunakan bantuan tali.

Gerakan Dasar Ayunan Lengan Menggunakan Tali
Bentuk latihan senam aerobik dengan alat yang pertama dilakukan dengan gerakan ayunan lengan menggunakan tali. Bentuk latihan ini dapat dilakukan dengan beberapa cara misalnya gerakan melingkar tali, gerakan melingkar dan berpindah, serta gerakan melingkar duduk. Berikut penjelasannya :

Melingkar Tali
Bentuk latihan gerakan dasar ayunan tangan menggunakan tali yang pertama ialah gerakan melingkar tali. Bentuk latihan ini tergolong jenis senam aerobik dengan alat. Berikut cara melakukan gerakan melingkar tali :
  • Posisikan sikap badan berdiri dan kedua kaki dirapatkan. Kemudian pegang ujung tali menggunakan tangan kanan dan posisikan lengan didepan badan serta lurus.
  • Buat gerakan melingkar ke arah depan, kemudian dilanjutkan ke arah atas dan ke arah bawah. Setelah tali berada didepan badan kemudian lakukan gerakan seperti tadi menggunakan tangan kiri. Lakukan gerakan tersebut secara berulang ulang.
Baca juga : 14 Jenis Gerakan Senam Lantai Beserta Cara Melakukannya
Melingkar Duduk
Bentuk latihan gerakan dasar ayunan tangan menggunakan tali selanjutnya ialah gerakan melingkar duduk. Bentuk latihan ini tergolong jenis senam aerobik dengan alat. Berikut cara melakukan gerakan melingkar duduk :
  • Lakukan sikap awal badan duduk pada panggul kanan. Kemudian lipat kedua kaki ke sisi bagian kiri. Kemudian pegang tali menggunakan tangan kanan dan letakkan dibagian samping kanan badan. 
  • Lakukan gerakan dengan mengayunkan tali secara melingkar ke arah depan badan sebanyak dua kali. Lakukan gerakan ketiga dengan mengayunkan tali keatas kepala. Setelah itu dilanjutkan dengan gerakan tubuh berlutut sambil memegang tali menggunakan dua tangan. 
  • Gerakan selanjutnya ialah duduk kembali namun ke arah panggul kiri dan pegang tali menggunakan tangan kiri. Lakukan gerakan selanjutnya dengan arah sebaliknya.
Melingkar dan Berpindah
Bentuk latihan gerakan dasar ayunan tangan menggunakan tali yang terakhir ialah gerakan melingkar dan berpindah. Bentuk latihan ini tergolong jenis senam aerobik dengan alat. Berikut cara melakukan gerakan melingkar dan berpindah :
  • Posisikan tubuh berdiri dan kedua kaki dirapatkan. Pegang ujung tali menggunakan tangan kanan dan letakkan disamping badan.
  • Lakukan gerakan mengayunkan tali kearah depan samping kiri tubuh. Kemudian gerakan lengan kanan ke arah atas. Namun ketika tangan kanan diatas, tali dipegang menggunakan tangan kiri. Lakukan gerakan selanjutnya dengan melingkarkan tali kearah depan badan. Pisah kedua ujung tali dan ayunkan lengan kiri dan kanan secara menyilang. Selanjutnya ayunkan ke atas dan berakhir ke arah belakang badan.
Gerakan Ayunan Lengan, Anggota Tubuh dan Langkah Kaki Dengan Tali
Bentuk latihan senam aerobik dengan alat selanjutnya dilakukan dengan gerakan ayunan lengan, anggota badan, dan langkah kaki menggunakan tali. Bentuk latihan ini dapat dilakukan dengan beberapa cara misalnya gerakan melingkar badan dengan lompatan, hop ke depan atau ke belakang, dan gerakan lompatan depan dasar. Berikut penjelasannya :

Melingkar Badan Dengan Lompatan
Bentuk latihan gerakan ayunan lengan, anggota badan, dan langkah kaki menggunakan tali yang pertama ialah gerakan melingkar badan dengan lompatan. Bentuk latihan ini tergolong jenis senam aerobik dengan alat. Berikut cara melakukan gerakan melingkar badan dengan lompatan :
  • Posisikan tubuh berdiri dan kedua kaki dirapatkan. Pegang ujung tali menggunakan tangan kanan kemudian letakkan disamping kanan badan.
  • Ayunkan tali dengan rendah kearah kanan badan. Lakukan lompatan ke arah depan atas sebelum tali menyentuh lantai. Selanjutnya lakukan gerakan tadi menggunakan tangan kiri ke arah sebaliknya.
Baca juga : 8 Tahapan Teknik Dasar Renang Gaya Bebas
Lompatan Depan Dasar
Bentuk latihan gerakan ayunan lengan, anggota badan, dan langkah kaki menggunakan tali selanjutnya ialah gerakan lompatan depan dasar. Bentuk latihan ini tergolong jenis senam aerobik dengan alat. Berikut cara melakukan gerakan lompatan depan dasar :
  • Posisikan badan berdiri kemudian letakkan tali di belakang lengan ke arah atas samping.
  • Putar tali dan lakukan lompatan ke arah depan sebanyak dua kali. Gerakan lompat ke arah depan dapat dilakukan secara bervariasi misalnya dengan tungkai yang dibuka ketika di udara serta ditutup kembali, dan dapat dilakukan dengan melompat menggunakan tungkai terbuka serta menyilang ketika di udara.
Hop ke Depan atau ke Belakang
Bentuk latihan gerakan ayunan lengan, anggota badan, dan langkah kaki menggunakan tali yang terakhir ialah gerakan hop ke depan atau ke belakang. Bentuk latihan ini tergolong jenis senam aerobik dengan alat. Berikut cara melakukan gerakan hop ke depan atau ke belakang :
  • Posiskan badan berdiri dan letakkan tali dibelakang badan. Posisikan lengan datar ke arah samping.
  • Lakukan gerakan melangkah ke arah depan menggunakan kaki kanan. Kemudian tali diletakkan ke atas kepala. Lakukan hop di atas tali dan diikuti dengan langkah hop. Ganti kaki dengan kaki kiri dibuka ke arah depan atau belakang.
Demikianlah penjelasan mengenai senam aerobik dengan alat dan senam aerobik tanpa alat. Apapun jenis latihan aerobik yang dilakukan akan bermanfaat untuk menyegarkan dan menyehatkan tubuh apabila dilakukan dengan baik dan benar. Semoga artikel ini dapat menambah ilmu anda. Terima kasih

12 Jenis Senam Aerobik Dengan Alat dan Tanpa Alat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: penjasorkes

0 komentar:

Posting Komentar