Cara Melakukan Servis Panjang dan Pendek Dalam Bulutangkis

Cara Melakukan Servis Panjang dan Pendek Dalam Bulutangkis - Setiap olahraga memiliki aspek dan ciri khasnya masing-masing. Perbedaan tersebut meliputi ukuran lapangan, peraturan dasar, jenis permainan dan lain sebagainya. Inilah yang membuat mengapa mapel penjas sangat variatif dan digemari oleh siswa. Nama lain dari badminton ini pun bahkan diajarkan secara mendetail karena sering muncul sebagai butir soal ujian.

Bulutangkis sendiri merupakan jenis olahraga yang digemari oleh masyarakat mulai anak muda sampai dewasa. Tapi sebelum mulai memainkannya ada beberapa teknik dasar yang harus kalian kuasai terlebih dahulu. Salah satunya adalah teknik dasar servis panjang bulutangkis untuk melesatkan bola ke belakang. Selain itu, kalian juga perlu mempelajari cara melakukan servis pendek pula. Keduanya adalah teknik dasar pukulan dalam badminton yang menurut saya cukup kompleks meski kelihatanya mudah.

Teknik Servis dalam Permainan Bulutangkis

Servis dalam permainan bulutangkis harus dilakukan dengan konsentrasi yang tinggi sehingga hasilnya nanti akan menguntungkan dan bukan malah merugikan. Pada dasarnya pelaksanaan servis yang baik terkadang membuat pemain lawan kesusahan dalam melakukan serangan balasan. Jika servis panjang atau pendekdilakukan dengan jelek maka akan membawa dampak buruk kepada tim sendiri. Contohnya membuat kok tidak sampai ke daerah lawan atau malah tersangkut di net sehingga kalian dapat kehilangan angka.

Cara Melakukan Servis Panjang dan Pendek Dalam Bulutangkis

Lantas bagaimana teknik dasar servis pendek bulutangkis? kalian tidak perlu risau karena dalam artikel singkat ini saya telah merangkumnya. Selain itu saya juga sudah mempersiapkan materi teknik dasar servis panjang badminton. Baik kedua jenis teknik servis dalam bulutangkis memiliki kelebihan serta kekurangan masing-masing. 
Baca juga : Standar Ukuran, Berat dan Bahan Shuttlecock Badminton

Tata cara pelaksanaan servis bulutangkis dapat dilakukan dengan menggunakan servis panjang maupun servis pendek. Kedua servis ini memiliki tata cara atau teknik yang berbeda beda, baik dilakukan secara backhand ataupun forehand. Di bawah ini terdapat penjelasan mengenai cara melakukan servis panjang bulutangkis dan cara melakukan servis pendek bulutangkis yaitu sebagai berikut:

Teknik Dasar Servis Panjang

Pelaksanaan servis panjang dalam permainan bulutangkis cukup berbeda dengan servis pendek. Adapun cara melakukan servis panjang bulutangkis yaitu kok dipukul dari arah bawah. Kemudian membuatnya agar sampai ke lapangan lawan dengan cara mengarahkannya ke bagian belakang atas.

Biasanya servis panjang banyak digunakan untuk jenis permainan bulutangkis tunggal. Maka dari itu servis panjang dapat disebut sebagai "Deep Single Serve". Di bawah ini terdapat cara melakukan servis panjang dalam bulutangkis yang benar yaitu sebagai berikut:
  1. Tubuh diposisikan berdiri dalam daerah servis secara rileks. Kemudian pegang kok dan letakkan di depan badan. Gunakan kaki belakang untuk menumpu berat badan.
  2. Setelah itu berat badan dipindahkan ke arah depan dan kok dijatuhkan. Dalam waktu yang bersamaan, raket diayunkan ke depan atas melewati pinggang bagian bawah. Lalu kok dipukul sekuat mungkin. Pemukulan kok dilanjutkan sampai raket dalam posisi yang menghadap ke atas.
  3. Segera kembali ke posisi siap setelah memukul kok.
Gambar Teknik Pukulan Servis Dalam Bulutangkis

Servis panjang sendiri bertujuan untuk mengarahkan bola ke belakang dengan posisi melambung sehingga musuh akan kewalahan dalam melakukan serangan balik. Teknik ini cukup populer dipakai oleh atlit internasional karena cukup mudah untuk dilakukan. Tapi kalian perlu berkonsentrasi dan memukul secara presisi karena power yang terlalu besar justru akan membuat kok terlepar ke luar lapangan.

Teknik Dasar Servis Pendek

Pelaksanaan servis pendek dalam bulutangkis mengarah ke lapangan lawan pada bagian depan. Cara melakukan servis pendek bulutangkis ini biasanya digunakan untuk pemain ganda. Namun terkadang servis pendek juga digunakan oleh pemain tunggal dalam pertandingan bulutangkis. Servis pendek sendiri membuat kok terpaksa dikembalikan oleh penerima servisnya dari arah samping atau bawah.

Baca juga : Kumpulan Peraturan Dalam Permainan Bulutangkis

Maka dari itu jika terdapat kesempatan akan memberikan peluang untuk melakukan penyerangan dengan pukulan di atas kepala. Adapun tata cara melakukan servis pendek dalam bulutangkis yaitu meliputi:

  1. Tubuh diposisikan berdiri dalam daerah servis secara rileks. Kemudian pegang kok dan letakkan di depan badan. Setelah itu raket diposisikan di samping badan.
  2. Lalu kok dijatuhkan dan raket diayunan ke arah depan kok. Setelah itu kok dipukul tepat di bagian gabusnya dengan pemukulan dari bawah pinggang.
  3. Segera kembali ke posisi siap setelah memukul kok.
Kedua teknik pukulan servis dalam bulutangkis di atas memiliki kelebihannya masing masing dan tentunya arah sasaran kok juga berbeda, baik cara melakukan servis panjang bulutangkis ataupun cara melakukan servis pendek bulutangkis. Apapun bentuk servis yang digunakan dalam pertandingan bulutangkis, tentunya membutuhkan konsentrasi pemain yang cukup tinggi agar servis tersebut dapat mencetak angka atau tidak dapat dikembalikan oleh lawann

Pemain yang melakukan atau menerima servis harus berada di daerah lapangan bagian servis. Posisi kaki harus menempel kepada permukaan lapangan terus sampai pelaksanaan servis. Pihak server harus membenturkan raket ke kok disekitar bawah pinggang. Selain itu tangkai raket ketika memukul kok harus menuju ke arah bawah.

Oleh karenanya letak bagian kepala raket seluruhnya harus lebih rendah dibandingkan tangan yang memegang raket. Sekian penjelasan mengenai cara melakukan servis panjang bulutangkis dan cara melakukan servis pendek bulutangkis. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan selamat mencoba.

Belum ada Komentar untuk "Cara Melakukan Servis Panjang dan Pendek Dalam Bulutangkis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel