Teknik Dasar Tenis Lapangan Beserta Cara Melakukannya

Teknik Dasar Tenis Lapangan Beserta Cara Melakukannya - Setiap permainan olahraga tentunya mempunyai teknik dasarnya sendiri. Teknik dasar tersebut digunakan sebagai dasar pelaksanaan olahraga itu sendiri. Seperti halnya pada olahraga tenis lapangan ini yang memiliki teknik dasarnya sendiri. Bagaimana cara melakukan teknik dasar permainan tenis lapangan itu? Olahraga tenis memang dapat dibagi menjadi dua macam yaitu tenis lapangan dan tenis meja. Tenis tersebut ialah jenis olahraga yang menggunakan bola dan raket untuk memainkannya. Tenis lapangan dimainkan oleh dua orang pemain secara berhadapan atau dikenal dengan nama single player. Kemudian adapula double player yang merupakan pelaksanaan permainan tenis lapangan oleh dua pasang pemain atau empat orang pemain secara berhadapan.

Setiap pemain pada dasarnya diwajibkan untuk menguasai teknik dasar tenis lapangan yang tersedia. Dengan begitu permainan tenis ini dapat berlangsung dengan baik dan lancar. Jika teknik dasar permainan tenis lapangan ini tidak dikuasai dengan benar, maka pastinya para pemain akan kesulitan untuk menghadapi lawannya. Teknik dasar ini juga diimbangi dengan kemampuan dan latihan secara teratur. Permainan tenis meja dengan permainan tenis lapangan pada umumnya berbeda. Dari segi lapangannya saja telah berbeda, maka teknik dasar yang digunakan pastinya juga berbeda pula. Untuk itu anda tidak diperbolehkan untuk menyamakan kedua jenis olahraga tenis ini.
Olahraga Tenis Lapangan
Bagi masyarakat Indonesia tentunya sudah tidak asing lagi dengan permainan tenis yang dimainkan oleh dua orang, dimana pemain satu dengan pemain lainnya saling berhadapan dan saling melawan. Permainan tenis lapangan ini memiliki penghalang di bagian tengah lapangan berupa net. Permainan tenis lapangan dapat disebut single jika dimainkan oleh satu lawan satu. Kemudian permainan tenis lapangan dapat disebut double jika dimainkan oleh dua lawan dua atau dua pasang pemain. Apakah anda tahu apa saja teknik dasar permainan tenis lapangan itu? Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang teknik dasar tenis lapangan beserta cara melakukannya. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Teknik Dasar Tenis Lapangan Beserta Cara Melakukannya

Pengertian tenis lapangan ialah jenis permainan atau olahraga yang dimainkan di atas rumput. Permainan tenis lapangan ini terus mengalami perkembangan. Maka dari itu permainan ini tidak hanya berada di atas rumput saja untuk dimainkan. Permainan tersebut sekarang ini telah berapa di lapangan yang berasal dari papan kayu, beton, semen ataupun bahan keras lainnya. Perkembangan ini juga terjadi pada teknik dasar yang digunakannya.
Baca juga : Pola Penyerangan dan Pertahanan Dalam Tenis Meja
Tenis lapangan tidak hanya berupa permainan oahraga yang digunakan untuk menjaga kesehatan tubuh saja. Namun permainan tenis ini juga digunakan sebagai jenis olahraga untuk meraih prestasi dalam kejuaran Internasional maupun Nasional. Para pemain profesional dan handal dapat meraih prestasi dengan cara penguasaan teknik dasar yang baik. Di bawah ini terdapat pembahasan mengenai teknik dasar tenis lapangan beserta cara melakukannya yaitu sebagai berikut:

Teknik Memegang Raket

Teknik dasar permainan tenis lapangan yang pertama ialah teknik memegang raket. Cara memegang raket ini merupakan teknik dasar yang perlu dipelajari dalam permainan tenis lapangan. Adapun cara melakukan teknik memegang raket yaitu sebagai berikut:
  • Teknik Western ialah teknik yang digunakan untuk jenis pukulan topspin. Teknik grip tersebut dilakukan dengan cara posisikan pangkal telunjuk pada sisi bawah gagang raket seperti memegang gagang wajan. 
  • Teknik Continental ialah teknik yang digunakan sejak zaman dulu ketika pemain tenis lapangan menggunakan raket yang berbahan kayu. Posisikan tangan di atas gagang raket dan untuk pemain kidal dapat meletakkan pangkal telunjuk di posisi empat sudut pemain, namun untuk pemain tangan kanan dapat meletakkan pangkal telunjuk di posisi satu sudut saja.
  • Teknik Forehand Eastern ialah teknik memegang raket yang dikhususkan untuk pemain pemula. Para pemula memang paling cocok mempelajari teknik grip ini dalam olahraga tenis lapangan. Cara melakukan teknik Forehand Eastern ialah dengan memposisikan tangan seperti sedang berjabat tangan. Biasanya jenis pegangan ini dilengkapi dengan berbagai jenis pukulan seperti spin, flat dan slice.
Teknik Memegang Raket
Baca juga : Teknik Serangan Dalam Permainan Tenis Meja Lengkap

Teknik Servis

Teknik dasar tenis lapangan selanjutnya ialah teknik servis. Teknis servis ialah jenis teknis yang digunakan untuk membuka permainan berupa pukulan awal. Para pemain tenis lapangan diharuskan untuk menguasai teknik tersebut karena dianggap sebagai pukulan pionir yang vital. Teknik servis pada tenis lapangan dapat dibagi menjadi beberapa jenis seperti American twist, slice service, maupun flat serve/cannon ball. Dasar pelaksanaan teknis servis tersebut ialah dengan mengkoordinasi tangan ketika bola mulai dilemparkan saat pelaksanaan servis akan dilakukan. Bola harus dilemparkan dari satu tempat yang konsisten dan sama. Adapun cara melakukan teknik servis secara umum yaitu sebagai berikut:
  • Pelaksanaan servis berada di depan kepala sedikit agar toss dilakukan dengan baik. Lalu pelemparan bola diarahkan ke atas lurus.
  • Posisikan tubuh berada di garis belakang baseline dan pusatkan pikiran ke bola yang arahnya menuju tempat servis lawan.
  • Kaki kanan diposisikan ke belakang dan kaki kiri berada di depan. Maka posisi kaki pada garis baseline seperti pararel arahnya. Gunakan teknik pegangan berupa grip continental.
  • Lalu bola dilemparkan ke arah atas dengan posisi ke depan kepala sedikit. Menurut perkiraan tingginya mencapai 20 - 30 cm. Pastikan tangan ke arah atas lurus sehinga dengan sempurna dapat mengunci toss dan meluruskan trayek bola. Kemudian berat badan dapat ditumpukan ke kaki belakang.
  • Raket diayunkan ke arah belakang ketika melambungkan bola dan pandangan difokuskan ke arah bola itu. Patokan dalam pukulan bola dapat didasarkan pada tangan yang digunakan untuk melempar bola tadi.
  • Saat titik kontak telah dicapai oleh bola, kemudian raket diayunkan ke arah depan dan tumpukan berat badan ke arah kaki depan agar pukulan servisnya lebih bertenaga.
  • Langkah terakhir yaitu melakukan gerakan lanjutan (follow through) setelah melakukan servis dan posisikan tubuh seperti semula untuk selanjutnya melakukan jenis pukulan lainnya.
Teknis servis seperti di atas pada umumnya memang tidak mudah dilakukan oleh pemula, karena servis tersebut membutuhkan kekonsistenan serta harus terarah dalam pelaksanaannya. Namun anda tetap harus melatih kemampuan diri sendiri dengan jam terbang tinggi dan secara terus menerus agar teknik dasar ini dapat dikuasai dengan baik.

Teknik Memukul Bola

Teknik dasar tenis lapangan selanjutnya ialah teknik memukul bola. Teknik dasar ini pada umumnya dapat di bagi menjadi beberapa jenis. Setiap jenis teknik memukul bola tersebut memiliki cara melakukan yang berbeda beda. Berikut penjelasan selengkapnya:

Pukulan Lob
Pukulan lop ialah teknik dasar permainan tenis lapangan yang berbentuk pukulan melambung. Pelaksanaan pukulan ini sedikit pelan, namun bola melewati lawan secara melambung sehingga dapat jatuh di garis bagian belakang. Pukulan ini biasanya berguna untuk menghambat usaha lawan agar tidak dekat dengan net. Para pemain pada umumnya lebih suka menggunakan pukulan tersebut saat bagian atas kepala lawan dilalui oleh bola.
Baca juga : Cara Melakukan Shuttle Run Beserta Manfaatnya
Pukulan Overhead Smash
Teknik memukul bola selanjutnya ialah pukulan overhead smash. Jenis pukulan ini juga banyak digunakan oleh para pemain agar bola lambung dapat dipatahkan ketika letaknya ada di dekat net. Jenis pukulan tenis lapangan tersebut hampir sama dengan pelaksanaan servis jika ditinjau dari pelaksanaan dan pegangannya. Namun terlebih dahulu raket tidak perlu diayunkan ke bawah dan secara langsung kepala raket di bawa ke arah belakang.

Pukulan Chop
Teknik dasar tenis lapangan selanjutnya ialah teknik pukulan chop. Para pemain dapat melakukan teknik pukulan ini dari atas menuju ke bawah sehingga putaran bola dapat mengarah ke belakang. Maka dari itu bola tidak terlalu tinggi melambungnya dan jalannya menjadi lebih lambat setelah terpantul lantai. Apabila pukulan chop dilakukan dengan benar, maka manfaat yang diberikan akan lebih tidak terduga.

Pukulan Backhand
Teknik pukulan teknis lapangan selanjutnya ialah teknik pukulan backhand. Teknik pegangan yang digunakan dapat berupa grip forehand eastern. Setelah itu diteruskan dengan memutarnya kekiri sejauh 1/4 lingkaran. Pukulan ini dapat dikendalikan dengan baik menggunakan teknik pegangan raket yang kuat. Posisi raket dapat diubah saat pembawaan raket mengarah pada sisi tubuh bagian kiri.

Pukulan Forehand
Teknik dasar permainan tenis lapangan selanjutnya ialah teknik pukulan forehand. Posisi tubuh ketika melakukan teknik backhand dan forehand tersebut harus diputar ke arah pinggul saat lawan telah memukul bola. Bahu kiri diposisikan ke arah net dan raket diposisikan ke arah samping. Kemudian langkahkan kaki kiri ke arah depan ketika lawan telah memukul bola melewati net dan jatuh sebentar ke arah lapangan anda. Lalu raket mulai diturunkan sampai sepinggang tingginya dan menuju ke arah lapangan pada akhirnya. Selanjutnya berat badan ditumpukan pada kaki kiri setelah bola memantul dan bola dapat dipukul ke arah pinggul kiri depan secara tepat. Pukulan dapat dilanjutkan dengan menggerakkan lengan ke arah net lurus, meskipun bola dipukul secara pelan.

Pukulan Drop Shot
Teknik dasar tenis lapangan selanjutnya ialah teknik pukulan drop shot. Anda dapat melakukan teknik pukulan drop shot dengan teknik forehand maupun backhand. Untuk jenis pukulan forehand drop shot dapat dilakukan dengan posisi awal berdiri dan buka kaki selebar bahu. Kemudian tangan kanan diletakkan ke arah sisi tubuh bagian kanan. Lalu bola baru dipukul dari atas menuju bawah. Sedangkan untuk jenis pukulan backhand drop shot dapat dilakukan dengan posisi awal berdiri dan buka kaki selebar bahu. Berat badan ditumpukan pada kaki kiri dan tangan kanan diletakkan pada sisi tubuh bagian kiri. Gerakkan tangan yang memegang raket dari arah kiri menuju bawah depan saat bola akan dipukul.

Teknik dasar permainan tenis lapangan ini memang dapat berbentuk teknik memegang raket, teknik servis maupun teknik memukul bola. Setiap pemain harus menguasai teknik dasar ini dengan baik agar permainannya dapat lebih bagus lagi dibandingkan sebelumnya. Pada dasarnya penguasaan teknik dasar ini merupakan gerakan yang berguna untuk memperbaiki kualitas permainan dari pemainnya. Demikianlah penjelasan mengenai teknik dasar tenis lapangan beserta cara melakukannya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Belum ada Komentar untuk "Teknik Dasar Tenis Lapangan Beserta Cara Melakukannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel