Komponen Kebugaran Jasmani Beserta Penjelasannya

Komponen Kebugaran Jasmani Beserta Penjelasannya - Pengertian kebugaran jasmani secara umum ialah kemampuan seseorang dalam melakukan aktivitas sehari hari sehingga tidak mudah lelah dan terasa ringan karena tubuh memiliki tenaga cadangan saat kegiatan lainnya dilakukan. Selain itu kebugaran jasmani juga dapat diartikan sebagai kesanggupan tubuh tanpa disertai kelelahan yang berarti dalam melakukan kegiatan. Dari penjelasan tentang kebugaran jasmani ini kita tahu bahwa tubuh tidak akan merasakan kelelahan yang berarti meski melakukan tugas sehari hari karena memiliki tenaga cadangan. Untuk itu pekerjaan yang dilakukan dapat lebih efisien dan lebih baik karena tidak mengalami keterlambatan apapun.

Apakah anda tahu apa saja komponen kebugaran jasmani itu? Secara umum manfaat kebugaran jasmani ialah untuk mencegah terjadinya osteoporosis, meningkatkan kekuatan persendian, otot dan tulang, membuat daya tahan tubuh meningkat, menjadikan tubuh terlihat lebih proporsionalis, membuat kekuatan dan stamina tubuh meningkat sehingga lebih bersinergi, membuat sistem kerja jantung dan sistem sirkulasi darah menjadi diperbaiki serta mengurangi atau mencegah potensi serangan jantung. Dari manfaat manfaat ini tentunya kita tahu bahwa menjaga kebugaran jasmani tersebut memang sangat penting untuk tubuh kita. Dengan begitu kita dapat merasakan apapun pekerjaan menjadi lebih mudah.

Komponen Kebugaran Jasmani Beserta Penjelasannya
Kebugaran Jasmani

Istilah mengenai kebugaran jasmani tentunya sering kita dengar, namun artinya tidak banyak diketahui. Apakah anda tahu apa hakikat kebugaran jasmani itu? Kebugaran jasmani memiliki hakikat yaitu hal yang tubuh perlukan supaya lebih bugar. Misalnya saja tubuh perlu kita istirahatkan terlebih daluhu saat mata mulai mengantuk. Untuk itulah tubuh dapat lebih segar. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang komponen komponen kebugaran jasmani beserta penjelasannya. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Komponen Kebugaran Jasmani Beserta Penjelasannya

Berdasarkan organisasi kesehatan di seluruh dunia sebenarnya kita dapat mengklasifikasikan kebugaran jasmani menjadi dua macam yaitu sehat dan bugar. Setiap orang pada umumnya membutuhkan kebugaran jasmani yang berbeda beda. Hal ini dikarenakan semua orang tidak memiliki aktivitas yang sama. Untuk itu sifat tantangan fisik yang dihadapi oleh masing masing orang akan mempengaruhi faktor kebugaran jasmani orang tersebut. Apakah anda telah mengerti apa itu kebugaran jasmani?
Seperti yang telah kita ketahui bahwa pengertian kebugaran jasmani ialah kemampuan seseorang dalam melakukan aktivitas sehari hari sehingga tidak mudah lelah dan terasa ringan karena tubuh memiliki tenaga cadangan saat kegiatan lainnya dilakukan. Dalam kebugaran jasmani ini terdapat beberapa komponen atau unsur di dalamnya. Di bawah ini terdapat beberapa komponen kebugaran jasmani yaitu sebagai berikut:

Strenght (Kekuatan)

Pengertian kekuatan ialah kemampuan otot yang berguna untuk melakukan kerja atau aktivitas dengan penerimaan beban sewaktu waktu. Untuk memperoleh kekuatan otot dapat dilakukan dengan latihan beban berat secara kontinyu dan sedikit frekuensi, baik otot kaki ataupun lengan. Kekuatan otot lengan dapat dilatih menggunakan latihan angkat beban. Anda dapat menggunakan beban tersebut untuk diangkat sebanyak 8 sampai 12 kali. Di bawah ini terdapat beberapa contoh latihan strength atau kekuatan agar meningkat yaitu meliputi:
  • Squat jump ialah latihan yang digunakan untuk meningkatkan kekuatan otot perut dan tungkai.
  • Push up ialah latihan yang digunakan untuk meningkatkan kekuatan otot lengan.
  • Sit up ialah latihan yang digunakan untuk meningkatkan kekuatan otot perut dan untuk mengecilkan perut.
  • Back up ialah latihan yang digunakan untuk meningkatkan kekuatan otot perut.
  • Angkat beban ialah latihan yang digunakan untuk meningkatkan kekuatan otot lengan.

Endurance (Daya Tahan)

Komponen kebugaran jasmani selanjutnya ialah endurance atau daya tahan. Daya tahan ialah kemampuan yang digunakan dalam sistem pernapasan (paru paru), peredaran darah dan sistem jantung sehingga lebih efisien serta efektif ketika terus menerus melakukan pekerjaan yang tiada henti. Untuk latihan daya tahan ini dapat dilakukan dengan durasi waktu lama, frekuensi lama dan beban yang tidak terlalu berat. Misalnya minimal anda melakukan lari sejauh 2 km dengan waktu minimal 12 menit, melakukan angkat beban ringan, lari multistage dan sebagainya. 

Muscular Power (Daya Otot)

Daya otot dapat diartikan sebagai kemampuan tubuh yang digunakan untuk mengeluarkan kekuatan maksimal dalam waktu sangat singkat. Daya otot tersebut berhubungan dengan proses memenuhi energi tubuh dengan sistem anaerobik. Dalam bahasa Inggris, daya otot dapat dinamakan explosive power. Selain itu daya otot juga memiliki nama lain yaitu daya ledak otot. Di bawah ini terdapat beberapa contoh latihan daya otot yaitu sebagai berikut:
  • Gerakan meloncat ke atas (vertical jump) ialah latihan yang digunakan untuk melatih daya otot pada tungkai.
  • Gerakan meloncat ke depan (front jump) ialah latihan yang digunakan untuk melatih daya otot pada tungkai.
  • Gerakan meloncat ke samping (side jump) ialah latihan yang digunakan untuk melatih daya otot pada tungkai.

Speed (Kecepatan)

Komponen kebugaran jasmani selanjutnya ialah speed atau kecepatan. Kecepatan ialah kemampuan untuk menjalankan gerakan secara terus menerus atau kontinyu dalam waktu relatif singkat atau pendek. Dalam olahraga lari pendek 200 meter dan 100 meter pada umumnya sangat membutuhkan unsur kecepatan ini.

Flexibility (Daya Lentur)

Pengertian daya lentur ialah kesesuaian seseorang yang secara efisien dan efektif dalam melakukan aktifitas sehingga tubuh dapat diulurkan dengan baik. Seseorang akan terhindar dari cedera apabila memiliki kelenturan yang baik. Pada umumnya tubuh mengalami cedera tidak hanya saat berolahraga saja, tetapi tiba tiba tubuh akan mengalami cedera ini saat melakukan aktivitas fisik. Daya lentur tubuh tersebut dapat ditingkatkan menggunakan latihan seperti senam, renang dan yoga.

Agility (Kelincahan)

Pengertian kelincahan ialah kemampuan dalam merubah posisi tubuh di area tertentu. Contohnya melakukan gerakan dari belakang ke depan dan kembali ke belakang lagi. Kelincahan ini biasanya digunakan dalam jenis olahraga bulutangkis. Hal ini dikarenakan dalam bulutangkis ini para atlet dituntut untuk mengambil shuttlecock dalam lapangan dimanapun arahnya. Untuk itu salah satu faktor penting dalam bulutangkis ini ialah kelincahan dan juga teknik dasar yang baik.

Coordination (Koordinasi)

Komponen kebugaran jasmani selanjutnya ialah koordinasi. Koordinasi dapat diartikan sebagai kemampuan tubuh dalam mengkoordinasi semua bagian tubuh dan integrasi berbagai gerakan yang berbeda dengan baik. Adapun contoh latihan koordinasi yaitu memantulkan dan menangkap bola yang terpantul.

Balance (Keseimbangan)

Pengertian keseimbangan ialah kemampuan tubuh dalam mengendalikan gerakan yang dilakukan dengan benar dan baik. Keseimbangan atau balance ini banyak digunakan dalam melakukan olahraga senam. Keseimbangan tersebut dapat ditingkatkan dengan cara melakukan latihan berjalan di atas kayu balok yang lebarnya 10 cm, melakukan sikap lilin maupun berdiri di satu kaki jinjit.

Accuracy (Ketepatan)

Ketepatan ialah kemampuan tubuh dalam mengendalikan gerakan bebas menuju sebuah sasaran. Ketepatan ini banyak dibutuhkan dalam melakukan olahraga bowling, basket, memanah, dan sepak bola. Ketepatan yang dibutuhkan oleh sepak bola dilakukan saat bola ditendang menuju gawang lawan. Hal ini juga diterapkan dalam olahraga memanah dan bowling dengan target sasaran tertentu. Unsur ketepatan tersebut dapat dilatih dengan contoh seperti di bawah ini:
  • Bola tenis dilempar ke tembok yang telah diberikan tanda atau sasaran terlebih dahulu.
  • Bola dimasukkan ke ring lawan saat melakukan olahraga bola basket.
  • Bola ditendang ke dalam gawang yang telah dijaga oleh keeper.
Demikianlah penjelasan mengenai beberapa komponen kebugaran jasmani lengkap. Kebugaran jasmani merupakan kemampuan seseorang dalam melakukan aktivitas sehari hari sehingga tidak mudah lelah dan terasa ringan karena tubuh memiliki tenaga cadangan saat kegiatan lainnya dilakukan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Belum ada Komentar untuk "Komponen Kebugaran Jasmani Beserta Penjelasannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel