Macam Macam Cabang Olahraga Beladiri Beserta Penjelasan

Advertisement

Macam Macam Cabang Olahraga Beladiri Beserta Penjelasan - Ketika masih dibangku sekolah, para siswa telah diajarkan tentang ilmu beladiri. Olahraga beladiri yang diajarkan kepada siswa tergolong beladiri dasar. Gerakan gerakannya juga masih tergolong dasar, namun para siswa juga diberikan arahan agar tidak menggunakan beladirinya dengan hal hal yang negatif. Lantas apa saja jenis jenis cabang olahraga beladiri itu? Macam macam olahraga beladiri dapat dibagi menjadi beberapa jenis dengan karakteristiknya masing masing. Hal ini dikarenakan di dalamnya terdapat gerakan, teknik dan penggunakan yang berbeda beda.

Jenis Jenis Olahraga Beladiri
Beladiri ialah olahraga yang memiliki gerakan untuk membela diri sendiri dari orang jahat ataupun musuh. Selain itu adapula yang mengartikan beladiri sebagai sebuah gerakan yang digunakan untuk mempertahankan diri dari ancaman. Olahraga beladiri tidak hanya digunakan untuk melindungi diri sendiri dari ancaman. Namun seiring berkembangnya zaman, olahraga beladiri dijadikan sebagai ajang perlombaan antar individu, kelompok ataupun negara. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang macam macam cabang olahraga beladiri. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Macam Macam Cabang Olahraga Beladiri Beserta Penjelasan

Jenis jenis cabang olahraga beladiri sudah diperlombakan dalam tingkat Olimpiade dengan cara dua orang diadu dalam sebuah pertarungan untuk memperoleh pemenangnya. Olahraga beladiri tersebut memerlukan kekuatan dan ketahanan tubuh yang bak. Selain itu para atlet beladiri juga harus melakukan latihan secara sungguh sungguh dan rutin agar dapat memenangkan pertandingan. Di bawah ini terdapat beberapa macam olahraga beladiri beserta penjelasannya yaitu sebagai berikut:

Pencak Silat

Jenis cabang olahraga beladiri yang pertama ialah pencak silat. Pencak silat merupakan cabang beladiri yang asalnya dari Indonesia dan bahkan menjadi ciri khas dari bangsa Indoesia itu sendiri. Meski begitu olahraga pencak silat juga terkenal di masyarakat dalam negara maupun luar negara sampai ke penjuru dunia. Pelaksanaan pencak silat menggunakan teknik dasar yang membutuhkan kemampuan tenaga dalam karena tidak ada penggunaan senjata apapun. Maka dari itu olahraga pencak silat dilakukan dengan latihan yang rutin dan keras sehingga kemampuannya dapat diasah dengan baik.

Taekwondo

Macam cabang olahraga beladiri selanjutnya ialah taekwondo. Taekwondo ialah jenis olahraga beladiri yang asalnya dari Korea. Jenis beladiri ini telah di perlombakan dalam berbagai tingkat. Salah satunya ialah perlombaan olahraga taekwondo tingkat olimpiade. Maka dari itu olahraga taekwondo dikenal sampai ke penjuru dunia. Tidak heran apabila banyak orang yang mempelajari olahraga taekwondo untuk mempertahankan dirinya dari ancaman. Taekwondo dilakukan dengan menggunakan tangan dan kaki. Selain itu gerakan pada olahraga ini juga membutuhkan kecepatan dan keseimbangan tubuh yang baik. Bahkan fleksibilitas dan stamina tubuh pemainnya juga harus baik. Hal ini dikarenakan olahraga taekwondo adalah jenis olahraga yang memadukan beberapa teknik di dalamnya seperti teknik berkelahi, hiburan, filsafat, teknik beladiri, olah tubuh dan olahraga.
Baca juga : 16 Tahap Tingkatan Sabuk Taekwondo di Indonesia

Karate

Macam olahraga beladiri selanjutnya ialah karate. Karate ialah jenis cabang olahraga beladiri yang asalnya dari Jepang atau negeri Sakura. Pelaksanaan olahraga karate cenderung merujuk pada kekuatan tangan. Dengan kata lain bagian tubuh yang banyak digunakan dalam olahraga ini adalah tangan. Tangan tersebut dijadikan sebagai media menghadapi lawan dengan melumpuhkannya. Olahraga karate sudah diperlombakan dalam skala kecil maupun skala besar. Namun sekarang ini olahraga karate telah berkembang menjadi seni beladiri untuk mempertahankan diri dari ancaman sehingga tidak hanya digunakan sebagai olahraga yang diperlombakan saja. 

Kung fu

Macam cabang olahraga beladiri selanjutnya ialah kung fu. Kung fu adalah jenis cabang olahraga beladiri yang asalnya dari Cina. Olahraga kung fu cenderung memfokuskan pada teknik pertahanannya. Munculnya kung fu sendiri disebabkan oleh adanya kebutuhan untuk melindungi kehidupan manusia itu sendiri dari adanya serangan luar seperti dari penjahat, binatang buas dan sebagainya. Tetapi kung fu sekarang ini telah menjadi cabang olahraga seiring berkembangnya zaman dan bahkan telah dipertandingkan dalam beberapa perlombaan. Dalam perlombaan kung fu biasanya pertandingannya dinamakan dengan wushu. Maka dari itu jenis beladiri ini mulai terkenal sampai ke negara Indonesia.

Gulat

Macam olahraga beladiri selanjutnya ialah gulat. Gulat cenderung menggunakan kontak fisik dengan lawannya secara langsung karena kunci kemenangan dari jenis olahraga beladiri ini berada pada keberhasilannya dalam menjatuhkan lawan. Olahraga gulat tidak menggunakan media seperti senjata, namun hanya kekuatan saja yang digunakan agar lawan dapat dikalahkan. Di bawah ini terdapat beberapa teknik yang digunakan dalam gulat yaitu sebagai berikut:
  1. Teknik Joint Lock ialah teknik gulat yang digunakan untuk menutup persendian lawan dengan cara menguncinya sehingga gerakan lawan tidak dapat dilakukan. 
  2. Teknik Clinch Fighting ialah teknik olahraga gulat yang digunakan untuk membanting lawan sampai tidak berdaya dan tersungkur sehingga lawan dapat dikalahkan.
  3. Teknik Grappling Hold ialah teknik gulat yang digunakan untuk kuda kuda awal dalam menjatuhkan dan menyerang lawan.

Tinju

Macam cabang olahraga beladiri selanjutnya ialah tinju. Tinju ialah jenis cabang olahraga beladiri yang hampir sama seperti gulat karena di dalamnya terdapat dua orang yang dipertandingan untuk memperoleh pemenang. Tetapi tinju lebih menggunakan kekuatan pukulan sehingga lawan dapat dilumpuhkan. Biasanya tinju diperlombakan dengan waktu perlombaan (ronde) selama 1 -  3 menit. Dalam perlombaan ini terdapat aturan permainan yang berupa pemberian poin atau nilai bagi setiap petarung yaitu jika lawan dapat dipukul pada bagian pinggang ke atas. Bahkan poin atau nilai tambahan untuk setiap petarung dapat diberikan apabila dapat memukul bagian dada ataupun kepala. Pemenang dari perlombaan tinju akan diperoleh jika terdapat salah satu petarung yang nilainya tertinggi. 

Perlombaan tinju ini juga dapat dimenangkan apabila salah satu petarung telah TKO atau tidak dapat bertanding lagi. Selain itu kemenangan pertandingan tinju juga dapat disebabkan oleh salah satu petarung telah KO atau tidak dapat berdiri lagi meskipun sudah dihitung sepuluh kali oleh wasit.

Kendo

Macam olahraga beladiri selanjutnya ialah kendo. Asal dari jenis olahraga beladiri ini ialah dari Jepang. Biasanya kendo menggunakan sebuah media berupa pedang dalam pelaksanaannya. Selain itu adapula media lainnya yang digunakan dalam kendo seperti seragam (hakama), bogu dan kendo gi. Bogu sendiri dapat berupa pelindung kepala (men), pelindung badan (do), pelindung bagian paha dan kemaluan (tare), serta pelindung tangan (kote). Dalam penerapan olahraga kendo biasanya menggunakan beberapa teknik di dalamnya. Adapun teknik teknik kendo yaitu sebagai berikut:
  • Teknik men atau teknik tebasan kepala. Teknik men digunakan untuk memilih sasaran serangan di kepala, baik dari dagu sampai ujung dahi.
  • Teknik kote atau teknik tebasan tangan. Teknik kote bertujuan untuk menentukan sasaran dibagian tangan.
  • Teknik do atau teknik tebasan badan. Teknik do bertujuan untuk menentukan sasaran pukulan yang berada di tubuh seperti bagian kiri ataupun kanan perut.
  • Teknik tsuki atau teknik tusukan. Teknik tsuki ialah teknik kendo yang sasarannya berada di bagian leher. Maka dari itu pelaksanaan teknik ini membutuhkan kemampuan dan keahlian yang tinggi karena cukup berbahaya dan sulit. Dikarenakan alasan tersebut, teknik tsuki hanya diperuntukkan untuk senior saja sehingga apabila sensei belum mengijinkannya maka dalam bertanding tidak diperbolehkan untuk menggunakan teknik tersebut.

Muay Thai

Macam cabang olahraga beladiri selanjutnya ialah muay thai. Muay thai ialah jenis cabang olahraga beladiri yang asalnya dari Thailand. Olahraga ini dilakukan dengan menggunakan tubuh sebagai senjatanya. Maka dari itu jenis beladiri ini sering disamakan dengan kickboxing karena teknik yang digunakan hampir sama secara sepintas. Di bawah ini terdapat beberapa teknik muay thai yang digunakan yaitu sebagai berikut:
  • Teknik memukul seperti memukul secara strike, upper cut, jab, dan hook.
  • Teknik memiting yakni teknik mengunci gerakan pada lawan sehingga perlawanan baliknya tidak dapat dilakukan. Cara melakukan teknik ini ialah memegang pada bagian kepala, leher dan badan dari lawannya. Kemudian diikuti gerakan penjatuhan tubuh lawan ketika ia tidak dapat melakukan gerakan apapun.
  • Teknik menendang seperti low kick, push kick, high kick, dan middle kick.
  • Teknik mendengkul seperti hook knee, upper cut knee dan circle knee.
  • Teknik menyikut seperti sikutan horizontal, upper cut elbow, sikutan vertikal, flying smashing, dan smashing elbow.
  • Teknik dorongan kaki ialah teknik muay thai yang digunakan untuk mempertahankan diri ketika lawan melakukan serangan.
  • Teknik block ialah teknik muay thai yang digunakan untuk menangkis pukulan dari serangan lawan.
Sekian penjelasan mengenai beberapa macam cabang olahraga beladiri. Macam macam olahraga beladiri ini tidak hanya digunakan untuk mempertahankan diri dari serangan saja tetapi juga dipertandingkan dalam tingkat Nasional sampai Internasional. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Macam Macam Cabang Olahraga Beladiri Beserta Penjelasan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: penjasorkes

0 komentar:

Posting Komentar