Ketentuan Durasi Permainan Sepak Bola Terlengkap

Advertisement

Ketentuan Durasi Permainan Sepak Bola Terlengkap - Dalam peraturan permainan sepak bola tentunya ada beberapa hal yang perlu diketahui seperti durasi berlangsungnya pertandingan sepak bola. Ketentuan durasi permainan sepak bola sendiri merupakan salah satu peraturan sepak bola yang paling penting. Permainan sepak bola secara resmi memiliki lama permainan selama 90 menit waktu normal atau 2 x 45 menit sesuai dengan peraturan FIFA pada pertandingan Internasional. Kemudian untuk pertandingan Nasional secara resmi juga memberlakukan peraturan sepak bola tersebut sesuai dengan ketentuan PSSI.

Durasi Berlangsungnya Pertandingan Sepak Bola
Waktu pertandingan di setiap kompetisi atau turnamen pertandingan pada dasarnya berbeda beda, baik dari kelas amatir maupun level bawah. Hal ini dikarenakan terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi dan terbatas dalam lingkup tertentu. Ketentuan durasi pertandingan sepak bola ada yang lamanya 25 menit, 30 menit ataupun 40 menit berlangsung di setiap babak. Hal ini pastinya disesuaikan dengan kesepatan bersama. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang ketentuan durasi permainan sepak bola terlengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Ketentuan Durasi Permainan Sepak Bola Terlengkap

Dalam peraturan sepak bola terdapat beberapa ketentuan durasi pertandingan yang terdapat di dalamnya. Ketentua durasi pertandingan sepak bola dapat di bagi menjadi beberapa kategori seperti tambahan waktu (Injury Time), waktu istirahat, babak perpanjangan waktu (extra time), water break dan time out. Berikut penjelasan selengkapnya.
Baca juga : Cara Menggiring Bola Melewati Rintangan Dalam Olahraga Sepak Bola

Tambahan Waktu (Injury Time)

Ketentuan durasi permainan sepak bola yang pertama berkaitan dengan tambahan waktu yang dibutuhkan. Tambahan waktu dalam sepak bola ialah waktu yang diberikan oleh wasit sebagai tambahan selama 45 menit bertanding di satu babak secara normal. Di pinggir lapangan pada dasarnya terdapat seorang asisten wasit yang menyampaikan informasi terkait pemberian tambahan waktu kepada publik. Secara harfiah istilah injury time memiliki makna waktu cidera dalam sepak bola. Waktu cidera yang dimaksud disini ialah lamanya waktu terbuang yang diganti akibat beberapa sebab seperti pemain membutuhkan perawatan, permainan diberhentikan oleh wasit dengan terpaksa, ataupun pemain mengalami cedera.

Ketentuan durasi pertandingan sepak bola seperti tambahan waktu tersebut tidak hanya disebabkan oleh hal hal tersebut, namun adapula faktor lain yang membuat permainan diberhentikan oleh wasit Pemberian waktu tambahan dalam sepak bola disesuaikan dengan banyaknya waktu di pertandingan yang terbuang selama berlangsungnya permainan normal 45 menit. Bisa saja waktu yang ditambahkan selama 3 menit, 4 menit ataupun dalam setiap babak tidak terdapat perpanjangan waktu apapun. 

Waktu Istirahat

Ketentuan durasi permainan sepak bola selanjutnya berkaitan dengan waktu istirahatnya. Setiap pemain diberikan waktu istirahat dalam permainan sepak bola selama 15 menit diantara kedua babak berlangsungnya pertandingan. Untuk pertandingan resmi biasanya diberlakukan peraturan sepak bola ini, baik pertandingan Internasional ataupun pertandingan lokal. Walaupun begitu untuk durasi waktu yang diterapkan dalam pertandingan level bawah biasanya lebih singkat sesuai dengan situasi dan kondisi seperti 5 menit ataupun 10 menit saja.

Babak Perpanjangan Waktu (Extra Time)

Ketentuan durasi pertandingan sepak bola selanjutnya berkaitan dengan babak perpanjangan waktu atau extra time. Extra time dalam permainan sepak bola tidak sama dengan injury time. Hal ini dikarenakan perpanjangan waktu diberikan untuk menentukan dan mencari tim yang akan menjadi pemenang pertandingan sepak bola. Biasanya berlangsungnya extra time menggunakan sistem gugur yaitu diantara kedua tim akan ada satu tim yang akan keluar sebagai pemenang pertandingan sepak bola.
Baca juga : Teknik Dasar Olahraga Baseball Beserta Cara Melakukan
Pemberikan extra time atau babak perpanjangan waktu dalam sepak bola apabila skor diantara kedua tim yang bertanding sama kuat selama 90 menit atau 2 x 45 menit. Selain itu terjadinya perpanjangan waktu jika hasil agregat gol diantara kedua tim sama kuat. Ketentuan durasi permainan sepak bola seperti extra time ini diberikan selama 30 menit atau 2 x 15 menit dalam pertandingan resmi. Ketika extra time sedang berlangsung maka dapat menggunakan dua cara untuk memperoleh pemenang pertandingan seperti silver gol dan golden gol. Golden gol ialah cara menentukan pemenang sepak bola dengan menggunakan sistem tim manakah yang mencetak terlebih dahulu ketika berlangsungnya extra time. Maka dari itu tanpa menunggu sampai ke menit berikutnya, tim tersebut akan dijadikan sebagai pemenang.

Kemudian untuk silver gol yang digunakan dalam extra time memiliki prinsip bahwa banyaknya jumlah gol di setiap tim ketika berlangsungnya extra time akan menentukan tim manakah yang akan menjadi pemenang pertandingan sepak bola. Jika hasil skornya tidak berubah dan sama, maka dalam permainan sepak bola akan diadakan tendangan adu penalti agar pemenangnya dapat diperoleh.

Water Break

Ketentuan durasi permainan sepak bola selanjutnya berkaitan dengan water break. Water break ialah pertandingan sepak bola yang memberikan waktu sejenak kepada para pemain untuk sekedar minum karena kelelahan sehingga cairan tubuh yang hilang dapat diisi kembali. Setelah itu pertandingan dapat dilanjutkan kembali dengan segera. Meskin begitu dalam setiap permainan sepak bola tidak selalu terdapat water break ini. Hal ini dikarenakan pelaksanaan ketentuan tersebut disesuaikan dengan beberapa alasan atau faktor tertentu saja. Contohnya pada pertandingan Amerika Serikat dengan Portugal pada Piala Dunia Brasil tahun 2014. Water break diberikan pada pertandingan tersebut karena wasit mempertimbangkan cuaca di Brasil waktu itu yang cukup panas.

Demikianlah penjelasan mengenai ketentuan durasi permainan sepak bola terlengkap. Ketentuan dalam durasi pertandingan sepak bola ini merupakan salah satu bentuk peraturan sepak bola yang perlu ditaati dan di patuhi oleh setiap pemain. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Ketentuan Durasi Permainan Sepak Bola Terlengkap Rating: 4.5 Diposkan Oleh: penjasorkes

0 komentar:

Posting Komentar