16 Peraturan Dasar Dalam Permainan Polo Air

Advertisement

16 Peraturan Dasar Dalam Permainan Polo Air - Polo air merupakan jenis olahraga air yang dapat dilakukan di danau ataupun kolam renang. Jenis olahraga ini dapat dikatakan sebagai perpaduan olahraga renang dengan olahraga basket, handball dan sepak bola. Regu pemain dalam permainan polo air dikatakan sebagai pemenang apabila dapat mencetak gol ke gawang lawan sebanyak banyaknya. Selain itu setiap pemain/tim harus mematuhi peraturan peraturan dasar dalam permainan polo air tersebut. Dengan begitu pertandingannya akan lebih tertib dan menghindari adanya cedera pada pemain.

Peraturan dasar permainan polo air
Seiring berkembangnya jaman, permainan polo air ini mulai memperkenalkan peraturan dasar yang harus dipatuhi oleh semua pemain. Jika peraturan tersebut tidak dipatuhi oleh salah satu pemainnya maka akan memperoleh pelanggaran ataupun pemberian angka untuk lawan. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang peraturan peraturan dasar dalam permainan polo air. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

16 Peraturan Dasar Dalam Permainan Polo Air

Peraturan dasar dalam permainan polo air dapat berupa jumlah pemain, kelengkapan pemain, lama permainan, wasit, perpanjangan atau tambahan waktu, gol, pelanggaran, lemparan penalti dan sebagainya. Dibawah ini terdapat penjelasan mengenai peraturan peraturan yang terkait dengan polo air. Berikut penjelasan selengkapnya:

Jumlah Pemain
Peraturan dasar dalam permainan polo air yang pertama menjelaskan tentang jumlai pemainnya. Permainan polo air mempunyai jumlah pemain sebanyak 7 pemain inti dan 6 pemain cadangan. 7 pemain inti terdiri dari 6 pemain bebas dalam merebut bola dan 1 pemain sebagai penjaga gawang. Sedangkan 6 pemain cadangan harus berada dibench cadangan yang terletak diluar lapangan pertandingan.
Baca juga : Macam Macam Gaya Renang dan Penjelasan
Kelengkapan Pemain
Peraturan dasar dalam permainan polo air selanjutnya menjelaskan tentang kelengkapan dari pemainnya. Pertandingan polo air dilaksanakan pada kolam renang yang panjangnya 30 meter dan lebar 20 meter dengan tingkat kedalaman minimal 1,8 meter. Setiap pemain harus memiliki perlengkapan yang sesuai dengan peraturan seperti baju tim (uniform) dan penutup kepala bernomor (mulai dari nomor 1 sampai 13). Setiap tim memang diharuskan memiliki baju seragamnya masing masing agar dapat membedakan lawan diantara pemain. Kemudian pemain bebas dengan pemain penjaga gawang biasanya dibedakan dengan warna penutup kepala, baik warna biru ataupun putih.

Lama Permainan
Peraturan dasar dalam permainan polo air selanjutnya menjelaskan tentang lama permainannya. Pemainan polo air terbagi menjadi 4 babak dengan lama permainan 20 menit. Setiap babak memiliki waktu 5 menit dengan waktu istirahat 2 menit. Selain itu setiap pergantian babak juga akan dilakukan pergantian gawang pada regu.

Wasit
Peraturan dasar dalam permainan polo air selanjutnya menjelaskan tentang wasit. Jalannya pertandingan polo air dipimpin oleh seorang wasit. Jumlah wasit dalam permainan polo air ialah 2 orang. Selain itu adapula 2 hakim garis yang membantu wasit. Sebagai seorang wasit harus tegas dan adil dalam mengambil keputusan.

Gol
Peraturan dasar dalam permainan polo air selanjutnya menjelaskan tentang gol dalam pertandingan. Bola polo air dapat dinyatakan gol (masuk gawang) apabila telah melewati garis tengah pada gawang. Tim yang dapat mencetak gol paling banyak maka akan dinyatakan sebagai pemenang permainan polo air.

Perpanjangan atau Tambahan Waktu
Peraturan dasar dalam permainan polo air selanjutnya menjelaskan tentang tambahan waktu pertandingan. Jika pertandingan polo air mengharuskan adanya pemenang namun skor masing masing tim sama maka akan diberikan waktu tambahan. Perpanjangan waktunya ialah 2 x 3 menit dengan waktu istiahat 1 menit disetiap babaknya. Tetapi disetiap babak juga harus melakukan pergantian tempat pada setiap tim.
Baca juga : Jenis Jenis Olahraga Air Beserta Penjelasan
Pelanggaran
Peraturan dasar dalam permainan polo air selanjutnya menjelaskan tentang pelanggaran yang dilakukan. Setiap pemain yang telah melakukan pelanggaran perorangan sebanyak tiga kali maka harus dikeluarkan dari permainan. Pelanggaran yang dilakukan sebanyak tiga kali juga akan membuat lemparan penalti pada tim lawan. Jika pemain tersebut digantikan maka harus melewati garis gawang yang mendekati pengawas gawangnya dan harus masuk sebelum diadakannya penalti.

Lemparan Penalti
Peraturan dasar dalam permainan polo air selanjutnya menjelaskan tentang lemparan penalti. Lemparan penalti dapat dilakukan jika pemain lawan melakukan pelanggaran perorangan sebanyak 3 kali ataupun pemain lawan melakukan pelanggaran yang berat. Tim yang dilanggar akan diberikan lemparan penalti dengan beberapa ketentuan seperti di bawah ini:
  • Setiap pemain dapat melakukan lemparan penalti kecuali penjaga gawang.
  • Posisi yang tepat dalam lemparan penalti harus berjarak 4 meter dari lapangan lawan dan dapat dilakukan diposisi mana saja.
  • Lemparan penalti dilakukan setelah mendengar isyarat dari wasit dan dilakukan dengan gerakan tidak terputus putus serta santai.
Bola Keluar Lapangan
Peraturan dasar dalam permainan polo air selanjutnya menjelaskan tentang keluarnya bola dari lapangan. Bola dinyatakan keluar lapangan jika melewati garis sisi lapangan. Bola yang keluar tadi akan diberikan kepada pemain lawan melalui lemparan ke dalam.

Lemparan Penjuru
Peraturan dasar dalam permainan polo air yang terakhir menjelaskan tentang lemparan penjuru. Lemparan penjuru ialah jenis lemparan yang berasal dari sudut lapangan. Lemparan penjuru pada permainan polo air menggunakan media tangan. Lemparan ini dilakukan jika terjadi hal hal dibawah ini:
  • Bola melewati garis samping lapangan.
  • Bola sengaja atau tidak menyentuh pemain lawan dan keluar dari garis samping lapangan.
  • Bola dioper ke penjaga gawang saat melakukan lemparan bebas.
Sekian penjelasan mengenai peraturan peraturan dasar dalam permainan polo air. Permainan polo air ialah jenis permainan air yang memadukan olahraga renang dengan olahraga basket, handball dan sepak bola. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih.

16 Peraturan Dasar Dalam Permainan Polo Air Rating: 4.5 Diposkan Oleh: penjasorkes

0 komentar:

Posting Komentar