Teknik Renang Gaya Kupu Kupu yang Benar

Advertisement

Teknik Renang Gaya Kupu Kupu yang BenarRenang merupakan salah satu olahraga air yang cukup digemari dikalangan masyarakat. Renang tersebut memiliki beberapa jenis gaya yang digunakan. Salah satunya ialah renang gaya kupu kupu. Teknik renang gaya kupu kupu tersebut memiliki beberapa aturan yang perlu diperhatikan agar pelaksanaan tekniknya dapat berjalan dengan lancar. Gaya kupu kupu atau Butterfly stroke pada olahraga renang merupakan salah satu gaya renang yang ikut dipertandingkan dalam tingkat olimpiade. Gaya renang ini juga sering disebut sebagai gaya lumba lumba karena pergerakannya hampir sama.

Sebelum melakukan gaya renang ini, para perenang terutama yang pemula diharuskan untuk melakukan latihan dasar terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar gerakan renangnya benar. Bagi perenang pemula mungkin akan kesulitan untuk menguasai teknik gaya renang tersebut. Maka dari itu diperlukan latihan yang rutin dan teratur agar gerakan yang dilakukan sesuai dengan teknik yang ada. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang teknik renang gaya kupu kupu yang benar. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Teknik Renang Gaya Kupu Kupu yang Benar

Renang menggunakan gaya kupu kupu atau Butterfly Stroke membutuhkan kekuatan otot punggung yang baik. Hal ini dikarenakan kesulitan yang cukup tinggi dalam menguasai teknik dasar pada gaya renang tersebut. Dibawah ini terdapat penjelasan mengenai teknik renang gaya kupu kupu yang benar. Berikut ulasan selengkapnya:

Teknik Start

Teknik renang gaya kupu kupu yang pertama ialah teknik start yang benar. Cara melakukan start yang benar ialah menumpu badan di atas balok start. Posisikan tubuh membungkuk menuju arah air. Setelah itu kaki sedikit diketuk. Lakukan lompatan ke dalam air dengan gerakan yang tepat.
Baca juga : Macam Macam Gaya Renang dan Penjelasan

Posisi Tubuh 

Teknik renang gaya kupu kupu selanjutnya ialah posisi tubuh yang benar. Posisi tubuh yang benar ini akan mempengaruhi kesempurnaan dari gerakan yang dilakukan. Saat anda ingin melakukan gerakan, usahakan posisi tubuh sedatar mungkin dengan permukaan air sehingga dapat lebih seimbang.

Jika gerakan yang anda lakukan naik turun secara vertikal maka dapat menyesuaikannya dengan hentakan irama kaki pada waktu yang bersamaan. Yang terpenting teknik renang gaya kupu kupunya dilakukan dengan posisi yang mengambang. Pada saat itulah tubuh akan menelungkup ketika mengambang dan akan sejajar dibawah permukaan air. Usahakan posisi tubuh mendatar dengan mempertahankan gerakan kepala, pundak dan kaki. Sementara kedua tangan dapat diletakkan diatas kepala setara dengan permukaan air.

Teknik Gerakan Lengan

Teknik renang gaya kupu kupu selanjutnya ialah teknik gerakan lengan yang benar. Gerakan lengan pada renang gaya kupu kupu dilakukan secara bersamaan. Pertama tama memasukkan kedua tangan kedalam air secara bersama sama. Setelah itu dapat melakukan gerakan lanjutan seperti dibawah ini:

Menangkap (Catch)
Gerakan menangkap dapat dilakukan setelah melakukan teknik lengan yang benar dalam teknik renang gaya kupu kupu. Gerakan ini dilakukan setelah tubuh dan lengan masuk ke dalam air. Lakukan gerakan lengan ke arah luar seperti posisi menangkap. Gerakan ini dilakukan bersamaan dengan gerakan cambukan pertama dari arah bawah.

Meraih (Down Sweep)
Gerakan lanjutan setelah gerakan lengan dalam teknik renang gaya kupu kupu ialah gerakan meraih atau down sweep. Gerakan ini dilakukan setelah gerakan menangkap. Anda hanya cukup menggerakan pergelangan tangan dan menekuk siku ke bawah. Selanjutnya menggerakkannya keluar air seperti meraih air.

Menarik (In Sweep)
Gerakan lanjutan setelah gerakan lengan dalam teknik renang gaya kupu kupu ialah gerakan menarik atau in sweep. Tangan digerakkkan seperti menarik air kedalam menuju kepala bagian belakang bawah agar mendekati tubuh.

Mendorong (Up Sweep)
Gerakan lanjutan setelah gerakan lengan dalam teknik renang gaya kupu kupu ialah gerakan mendorong atau up sweep. Setelah gerakan menarik kemudian dilanjutkan dengan gerakan mendorong dimana lengan didorong ke arah belakang. Kemudian dilanjutkan dengan mengarahkan lengan agar keluar dari air lagi.
Baca juga : 3 Teknik Dasar Renang Gaya Dada Beserta Tahapannya
Pemulihan (Recovery)
Gerakan lanjutan setelah gerakan lengan dalam teknik renang gaya kupu kupu ialah gerakan pemulihan atau recovery. Gerakan ini dilakukan setelah pasca gerakan mendorong. Cara melakukannya ialah mengangkat siku ke atas permukaan air. Setelah itu sendi bahu diputar agar lengan berpindah ke arah depan.

Teknik Gerakan Kaki

 
Teknik renang gaya kupu kupu selanjutnya ialah teknik gerakan kaki yang benar. Teknik ini diperlukan agar performa perenang dapat tertap terjaga dengan baik. Teknik gerakan kaki pada renang gaya kupu kupu hampir menyerupai teknik gerakan kaki pada renang gaya bebas. Namun yang membedakannya ialah pada gaya kupu kupu gerakan kakinya dilakukan secara bersama sama, sedangkan pada gaya bebas gerakan kakinya dilakukan secara bergantian. Teknik gerakan kaki ini menggunakan otot tungkai yang baik. Dengan begitu teknik cambukan kakinya dapat berjalan dengan benar, baik cambukan kaki kebawah ataupun keatas.

Gerakan kaki yang mencambuk ke atas dinamakan gerak recovery. Gerakan ini memposisikan kaki sampai ke permukaan air dan biasanya para perenang melakukannya sebanyak 2 kali dalam 1 putaran lengan. Gerakan cambukan ini sangat penting dalam teknik renang gaya kupu kupu. Kemudian untuk gerakan kaki yang mencambuk ke bawah dilakukan dengan melentingkan bagian pinggang. Lalu dilanjutkan dengan mencambukkan kaki secara bersamaan ke arah bawah dengan cepat disertai pelurusan lutut.

Dibawah ini terdapat cara melakukan gerakan kaki yang benar dalam teknik renang gaya kupu kupu yaitu:

  1. Posisikan kaki lurus, mulai dari pangkal kaki hingga ujung kaki.
  2. Tekuk lutut sedikit sebelum melakukan gerakan kaki.
  3. Setelah itu luruskan dan lakukan gerakan seperti menendang dengan keras, terutama pada baikan punggung kaki.
  4. Lalu gerakan kaki seperti mengayuh ke bawah, kemudian kaki dilluruskan kembali. Posisikan kaki pada gerakan awal.


Teknik Pernafasan 

Teknik renang gaya kupu kupu selanjutnya ialah teknik pernafasan yang benar. Teknik pernafasan gaya kupu kupu ini diperlukan para perenang agar dapat bertahan lama didalam air. Cara melakukannya yaitu kepala diangkat keatas hingga keluar dari permukaan air. Hal ini dilakukan untuk mengambil nafas saat berenang. Namun usahakan agar tidak terlalu mengangkat kepala terlalu ke atas.

Teknik pernafasan dalam teknik renang gaya kupu kupu ini dilakukan setiap akhir tarikan. Ketika anda mengambil nafas, usahakan posisi kepala berada diatas permukaan air dan setelah selesai segera turunkan kepala dengan cepat menuju permukaan air bagian bawah. Teknik pengeluaran nafas ini dapat menggunakan hidung agar lebih mudah.
Baca juga : 8 Tahapan Teknik Dasar Renang Gaya Bebas

Teknik Gerakan Koordinasi

Teknik renang gaya kupu kupu selanjutnya ialah teknik gerakan koordinasi. Teknik koordinasi ini sangat diperlukan dalam renang gaya kupu kupu karena dapat menghubungkan seluruh teknik yang ada. Teknik tersebut merupakan teknik kerjasama antara gerakan lengan, teknik pernafasan dan gerakan kaki. Dengan adanya teknik ini maka seluruh gerakan yang dilakukan dapat lebih tepat dan seimbang.

Teknik renang gaya kupu kupu ini memanfaatkan gerakan kaki dan lengan secara bersama sama. Apalagi jika gerakan yang anda lakukan naik turun pada permukaan air, tentunya gerakan tangan dan kaki anda harus sesuai. Dalam satu putaran lengan harus diimbangi dengan dua kali putaran kaki, baik lemah ataupun keras. Ketika kaki membuat gerakan menendang maka dilakukan dengan keras, sedangkan ketika kaki melakukan gerakan dorongan maka dilakukan dengan lemah.

Teknik Membalik

Teknik renang gaya kupu kupu yang terakhir ialah teknik membalik. Teknik membalik ini diperlukan ketika perenang menggunakan gaya punggung maupun gaya kupu kupu. Cara melakukan teknik pada renang gaya kupu kupu hampir sama pada teknik renang gaya dada. Pertama tama tangan diposisikan di dinding kolam. Setelah kedua tangan menyentuh dinding kemudian lanjutkan dengan menggerakkan tubuh secara membalik. Kamudian tekuk kedua kaki dan putar pinggung ke arah samping. Lepaskan tangan satu persatu dan luruskan kedepan. Kedua kaki melakukan tolakan ke dinding kolam. Dengan begitu tubuh akan meluncur ke depan.

Demikianlah teknik renang gaya kupu kupu yang dapat saya bagikan. Teknik tersebut dapat dikuasai dengan beberapa latihan yang berkaitan dengan fleksibilitas sendi, terutama bagian pinggang dan pergelangan kaki. Kemudian lakukan latihan yang berkaitan dengan gerakan tungkai dan lengan agar performa gerakan saat berenangnya lebih sempurna. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih.

Teknik Renang Gaya Kupu Kupu yang Benar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: penjasorkes

0 komentar:

Posting Komentar