Teknik Dasar dan Ukuran Lapangan Bulu Tangkis

Teknik Dasar dan Ukuran Lapangan Bulu Tangkis - Permainan bulu tangkis merupakan salah satu jenis olahraga yang banyak sekali peminatnya. Dalam permainan ini menggunakan alat raket dan shuttlecock sebagi penunjang dalam pertandingannya. Bulu tangkis dapat dimainkan secara tunggal maupun bertim atau ganda.

Dalam permainan bulu tangkis terdapat 5 tipe pelombaan yaitu tunggal putri, tunggal putra, ganda putri, ganda putra, maupun ganda campuran. Sama seperti permainan lainnya, setiap pemain diharuskan untuk memahami setiap teknik dasar dan ukuran lapangan permainan bulu tangkis. Teknik dasar permainan bulu tangkis harus dikuasai untuk memenangkan pertandingan

Kata bulu tangkis memiliki dua kata yaitu bulu dan tangkis secara harfiah. Kata "bulu" digunakan untuk menggambarkan shuttlecock yang terbuat dari bulu angsa. Sedangkan untuk "tangkis" memiliki makna menangkis gerakan bulu tadi. Masih banyak sekali pendapat yang menjelaskan dimana bulu tangkis berkembang. Ada yang menyebutkan permainan bulu tangkis berasal dari Mesir pada tahun 2000 lalu.

Adapula yang menyebutkan bahwa permainan bulu tangkis berasal dari Tiongkok, India. Namun dimanapun asal permainan ini, sampai sekarang masih berkembang dan masih berlaku sampai sekarang. Kali ini saya akan menjelaskan mengenai teknik dasar permainan bulu tangkis dan ukuran lapangan permainan bulu tangkis. Berikut ulasan selengkapnya.

Teknik Dasar Permainan Bulu Tangkis

Bulu tangkis sendiri adalah jenis permainan kompetitif yang menggunakan kok dan raket sebagai media pemukulnya. Untuk mencetak angka maka pemain dituntut harus memukul shuttlecock elewati net yang terbentang di tengah lapangan. Pertandingan bisa berlangsung memakai sistem tunggal, ganda, ataupun ganda campuran serta mengikuti peraturan yang sudah ditetapkan oleh IBF.

Meski terkesan mudah tapi sebenarnya tak semua orang mampu bermain badminton secara profesional. Pasalnya setiap pemain dituntut harus bisa menguasai semua teknik dasar bulutangkis mulai dari memegang raket, memukul, service, smash,dan lain sebagainya. Membekali diri dengan pengetahuan umum seperti berapa ukuran lapangan juga menjadi parameter tersendiri agar atlet menguasai permainan.

Dalam konteks pendidikan kita bisa menjumpai materi bulutangkis hampir di semua jenjang sekolah. Tapi karena topik pembahasan yang banyak membuatnya cukup sulit untuk dihafalkan oleh siswa. Belum lagi potensi teknik dasar bulu tangkis yang sering muncul menjadi soal saat ujian berlangsun. Nah, untuk menambah wawasan maka simaklah artikel yang sedikit banyak membahas teknik dan ukuran lapangan bulu tangkis di bawah sampai selesai.

Teknik Memegang Raket

Bagaimana cara memegang raket badminton yang baik dan benar? pertanyaan ini sekilas terdengar sepele tapi sebenarnya cukup krusial. Berdasarkan pengamatan ternyata masih banyak siswa yang tidak tau seperti apa teknik memegang raket bulu tangkis. Dalam teknik ini dapat dibagi menadi beberapa jenis yaitu :

Forehand Grip

Teknik dasar permainan bulu tangkis dalam memegang raket yang pertama dapat dilakukan dengan cara forehand grip. Berikut cara melakukan teknik forehand grip :
  • Raket dipegang menggunakan tangan kiri dengan posisi tegak lurus.
  • Setelah itu tangan kanan digunakan untuk memegang senar. Lalu arahan tangan kanan menuju pegangan raket.
  • Posisikan telapak tangan berada diujung pegangan. Letakkan ibu jari sedikit menjauh dengan jari jari lain.
  • Lingkarkan ibu jari secara wajar dan posisikan jari sedikit renggang.
Baca juga : Teknik Dasar Lompat Galah Beserta Ukuran Lapangannya

Backhand Grip

Teknik dasar permainan bulu tangkis dalam memegang raket selanjutnya dapat dilakukan dengan cara backhand grip. Berikut cara melakukan teknik backhand grip :
  • Posisikan ibu jari berada pada pegangan raket secara tegak lurus.
  • Letakkan ibu jari tersebut diarah dalam sehingga dapat memiliki fungsi sebagai pengungkit.
  • Ketika raket berputar 1/4 putaran maka posisi pegangan raket berubah.

Frying Pan

Teknik dasar permainan bulu tangkis dalam memegang raket yang terakhir dapat dilakukan dengan cara frying pen. Berikut cara melakukan teknik frying pen :
  • Taruhlah raket dilantai kemudian pegang dan angkat.
  • Posisikan bidang pada raket sejajar dengan tubuh anda.
  • Pada teknik ini hampir sama dengan memegang palu maupun penggorengan.

Teknik Pukulan (Stroke)

Teknik dasar permainan bulu tangkis selanjutnya ialah teknik pukulan atau stroke. Teknik pukulan juga dapat dibagi menjadi teknik servis, teknik forehand dan teknik backhand. Berikut jenis jenis teknik pukulan beserta penjelasannya :

Servis

Teknik pukulan yang pertama ialah servis. Dalam teknik dasar permainan bulu tangkis ini terdapat beberapa gerakan yang dapat anda lakukan. Berikut cara melakukannya :

1. Servis panjang atau deep singles service. Dalam teknik dasar permainan bulu tangkis ini diawali dengan sikap badan berdiri dengan kaki kangkang. Tumpukan berat badan anda pada kaki bagian belakang. Pegang bola menggunakan kaki kiri dan jatuhkan didepan badan. Lalu putar badan anda dengan memindahkan berat badan pada kaki belakang menuju kaki bagian depan. Lakukan pemutaran lengan dan tangan anda. Pukul bola dengan tinggi dan sejauh mungkin. Geser kedua kaki ketika melakukan pemukulan. Lakukan gerakan lanjutan dengan mengarahkan tangan sampai jauh dengan bahu bagian kiri.
Baca juga : 6 Teknik Dasar Pencak Silat (Kuda kuda, Pukulan, Tendangan, Tangkisan, Elakan)
2. Servis pendek atau short double service. Dalam teknik dasar permainan bulu tangkis ini diawali dengan memegang bola manggunakan tangan kiri. Taruh kock tersebut didepan dada dengan raket yag mengadap kearah bawah. Kemudian ayunkan raket dari arah bawah kedepan dengan pemukulan yang pelan. Usahakan tidak menggeser kaki ketika melakukan pukulan.

3. Variasi servis pendek. Dalam teknik dasar permainan bulu tangkis ini diawali dengan memegang bola dengan menggunakan tangan kiri. Poisikan bola dibawah pinggang. Setelah itu pegang raket dengan tangan kanan dan posisikan secara menyilang. Pukul bola yang berada dibawah pinggang tadi dengan pelan. Dalam pemukulan ini usahakan tidak menggeser maupun mengangkat kaki.

Forehand

Teknik pukulan selanjutnya ialah forehand. Dalam teknik dasar permainan bulu tangkis ini terdapat beberapa gerakan yang dapat anda lakukan. Berikut cara melakukannya :

1. Forehand clear. Dalam teknik dasar permainan bulu tangkis ini diawali dengan merentangkan kedua tangan ke atas. Kemudian luruskan bidang raketnya. Lakukan pemukulan kock setinggi tingginya. Pemukulan ini dilakukan dengan menuju arah belakang lapangan lawan.

2. Forehand overhead atau pukulan atas kepala. Dalam teknik dasar permainan bulu tangkis ini diawali dengan kaki lurus. Lalu pukul kock sampai ke atas kepala degan cara memutar tubuh. Setelah itu pindahkan berat badan anda dari kaki kanan menuju kaki kiri. Arahkan bidang raket sampai menuju sasaran kemudian ayunkan raket kearah bawah.

3. Forehand drop. Dalam teknik dasar permainan bulu tangkis ini bertujuan untuk memukul bola dengan cara lambat dan pelan agar dapat jatuh didepan net lawan. Lakukan pemukulan bola dengan memposisikan bidang raket datar dengan sasaran didepan net lawan. Dorong bola secara perlahan. Lakukan gerakan tersebut sampai bola mengarah pada depan net lawan.

4. Forehand smash. Dalam teknik dasar permainan bulu tangkis ini bertujuan untuk memukul bola sekeras mungkin. Teknik forehand dilakukan dengan tangan telentang didepan muka untuk memukul bola. Lalu putar pergelangan tangan dan pukul bola sekeras mungkin. Posisikan bola tersebut sampai area yang tidak dapat dicapai oleh lawan.

Backhand

Dalam teknik dasar permainan bulu tangkis ini diawali dengan teknik memegang raket secara back hand. Teknik ini memindahkan kaki kanan ke arah samping. Setelah itu lengan bagian atas membentuk sudut tertentu dan lengan bagian bawah berada dibagian dalam. Arahkan kepala raket ke bawah. 

Pukulan Net

Teknik dasar permainan bulu tangkis yang terakhir ialah pukulan net. Pukulan tesebut bertujuan untuk meletakkan bola kembali didepan net. Pukulan net dapat dilakukan dengan cara forehand net clear, forehand net drop, backhand net clear dan backhand net drop.

Dalam teknik dasar permainan bulu tangkis ini juga dijelaskan beberapa kesalahan yang sering muncul dalam pertandingan. Kesalahan tersebut meliputi pemukulan bola tidak dilakukan dengan bergantian, melakukan gerakan servis yang salah atau servis fault, penerimaan servis dan pemukulan servis tidak dilakukan pada daerah petak, bola terkena net.
Baca juga : Ukuran Lapangan Sepak Takraw Nasional dan Internasional Beserta Gambarnya

Pemain yang memiliki skor unggul sengaja memperlambat permainan, dan melakukan peninggalan lapangan tanpa meminta ijin kepada wasit. Wasit dalam permainan bulu tangkis memiliki fungsi yaitu melakukan diskualifikasi apabila terdapat pelanggrana yang mencolok dan memberikan peringatan atau fault.
 

Ukuran Lapangan Permainan Bulu Tangkis

Selanjutnya terdapat ukuran lapangan permainan bulu tangkis yang harus anda pahami. Lapangan bulu tangkis ini memiliki ukuran yang berbeda beda sesuai standar internasional yang berlaku. Lapangan tersebut dapat dibagi menjadi dua menurut pertandingan partai ganda maupun partai tunggal. Berikut penjelasannya :

Lapangan Partai Tunggal

Pratai tunggal adalah istilah yang dipakai untuk permaian berbasis satu lawan satu (1 vs 1). Karena hanya terdiri dari dua pemain maka ukuran lapangan bulutangkis tunggal pun diatur sedemikian rupa. Tujuannya agar pemain tak kelelahan mengejar bola karena luas area lapangan yang berlebihan. Dalam pertandingan partai tunggal diperoleh ukuran lapangan permainan bulu tangkis yaitu
  • Panjang lapangan = 11,88 m
  • Lebar lapangan = 5,18 m
  • Luas Lapangan = 61,5384 m²
  • Tinggi Net = 1,55 m
  • Tinggi Bagian Atas Net = 1,52 m
  • Jarak Net dengan Garis Servis = 1,98 m
  • Jarak Garis Servis dengan Sisi Luar Lapangan = 3,96 m

Lapangan Partai Ganda

Partai ganda merujuk pada permainan yang berisi 4 pemain atau 2 lawan 2 dalam sebuah pertandingan. Secara garis besar baik ganda putra/putri maupun ganda campuran akan menggunakan ukuran lapangan bulutangkis yang sama besarnya. Dalam pertandingan partai ganda diperoleh ukuran lapangan permainan bulu tangkis yaitu :
  • Panjang lapangan = 13,40 m
  • Lebar lapangan = 6,10 m
  • Luas Lapangan = 81,74 m²
  • Tinggi Net = 1,55 m
  • Tinggi Bagian Atas Net = 1,52 m
  • Jarak Net dengan Garis Servis = 1,98 m
  • Jarak Garis Servis dengan Sisi Luar Lapangan = 4,72 m


Demikianlah penjelasan mengenai teknik dasar permainan bulu tangkis dan ukuran lapangan permainan bulu tangkis yang dapat saya bagikan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih.

2 komentar untuk "Teknik Dasar dan Ukuran Lapangan Bulu Tangkis"