Pengertian Lari Cepat, Teknik Dasar, dan Manfaatnya

Pengertian Lari Cepat, Teknik Dasar, dan Manfaatnya - Apa yang dimaksud lari itu? Berlari atau lari adalah metode makhluk hidup menggunakan kaki untuk bergerak dengan cepat. Lari ini merupakan cara bergerak yang lebih cepat dibandingkan berjalan. Bahkan didunia terdapat salah satu cabang olahraga paling tua yaitu olahraga lari ini. Olahraga lari mulai diperkenalkan kepada siswa ketika dibangku sekolah dasar. Materi olahraga lari ini masih tergolong dasar. Kemudian lebih diperdalam lagi di tingkat sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas.

Secara umum olahraga lari dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Salah satunya adalah lari cepat atau sprint. Apa pengertian lari cepat? Bagaimana teknik dasar lari cepat? Apa saja manfaat lari cepat? Lari cepat merupakan salah satu jenis olahraga lari yang membutuhkan kecepatan sangat tinggi. Walaupun jarak yang ditempuhnya terkadang cukup pendek yaitu mencapai 100 sampai 200 meter. Lari cepat tersebut cukup dikenal banyak orang karena masuk dalam pertandingan olimpiade Nasional dan Internasional tingkat SMP atau SMA.

Pengertian Lari Cepat, Teknik Dasar dan Manfaatnya
Olahraga Lari Cepat

Biasanya para atlet lari cepat diharuskan untuk meningkatkan keahlian berlari efisien dan kecepatan berlarinya. Maka dari itu ia harus mengerahkan energinya sekuat kuatnya agar gerakan kaki untuk mencapai garis finish dapat berjalan dengan sempurna. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian lari cepat, teknik dasar lari cepat dan manfaat lari cepat. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian Lari Cepat, Teknik Dasar, dan Manfaatnya

Secara umum lari merupakan salah satu cabang olahraga yang digemari banyak orang. Dalam melakukan lari biasanya kita membutuhkan kecepatan dan kekuatan tubuh. Maka dari itu pelaksanaan lari dapat dilakukan dengan baik dan benar. Olahraga lari ini tergolong dalam cabang atletik. Apa yang dimaksud atletik? Atletik adalah kegiatan jasmani atau fisik yang terdiri dari gerakan dasar harmonis dan dinamis seperti lari, jalan, lempar dan lompat.

Cabang atletik dapat dikatakan sebagai ibu dari semua jenis cabang olahraga. Atletik tersebut secara umum berguna untuk membuat kemampuan biomotrik meningkat seperti daya tahan, kelenturan, kekuatan, koordinasi, kecepatan dan lain sebagainya. Lari seringkali dihubungkan dengan jalan. Namun apakah anda tahu kalau jalan dan lari itu berbeda? Perbedaan lari dan jalan terletak pada kecepatan saat melakukannya. Kemudian kedua kaki saat berlari biasanya tidak menjejak tanah, sedangkan gerakan kaki saat berjalan atau jalan cepat tersebut tidak terputus dari menyentuh tanah.

Jenis lari yang akan saya bahas ini adalah lari cepat. Di bawah ini terdapat pembahasan lengkap mengenai pengertian lari cepat, teknik dasar lari cepat dan manfaat lari cepat. Berikut penjelasan selengkapnya:

Pengertian Lari Cepat

Lari cepat dapat diartikan sebagai cabang olahraga yang memerlukan aksi berlari dengan kecepatan sangat tinggi, meskipun sangat pendek jarak yang ditempuhnya sekitar 100 sampai 200m. Adapula yang mengartikan lari cepat sebagai cara berlari dalam jarak tempuh yang relatif pendek, kecepatan maksimal dan waktu singkat mulai dari garis start hingga garis finish. Pelaksanaan olahraga lari cepat pada umumnya dilakukan dengan maksud untuk mengejar lawan dan kawan saat bertanding serta mengejar target waktu yang ditentukan.

Seperti yang kita tahu bahwa kemampuan maksimal manusia berlari cepat secara alami membutuhkan waktu sekitar 30 - 35 detik. Salah satu nomor lari cepat yang biasanya digunakan adalah 100 meter, dimana nomor ini termasuk dalam jenis nomor lari jarak pendek juga.

Teknik Dasar Lari Cepat

Setelah menjelaskan tentang pengertian lari cepat diatas, selanjutnya saya akan membahas tentang teknik lari cepat yang digunakan. Olahraga lari cepat ini memiliki beberapa teknik dasar yang digunakan yaitu meliputi:

Teknik Atur Pernapasan

Teknik yang satu ini merupakan teknik baru yang perlu diperhatikan karena termasuk dalam langkah awalan dalam melakukan lari cepat tersebut. Dalam fase ini pernafasan harus efektif ketika kedua kaki saling dilangkahkan. Dengan teknik ini diharapkan pelari dapat melakukan lari sprint dengan efisien dan lebih cepat.

Teknik Posisi Kaki

Teknik dasar lari cepat ini berhubungan dengan postur tubuh yang sempurna ketika berlari. Postur tubuh yang harus dijaga pelari tersebut adalah mengarahkan tubuh ke depan. Posisi pinggang tidak tertekuk dan tubuh tetap lurus ketika kaki berlari dengan cepat. Jika gerakan kedua kaki salah melangkah, maka pelari tidak akan melakukan gerakan dengan sempurna atau bahkan mengalami cedera.

Teknik Ayunan Tangan

Dalam teknik ini tangan diayunkan menyilang ke arah sisi tubuh yang berlawanan. Maka dari itu posisi tubuh akan lebih stabil dan kecepatan tubuh dalam berlari juga akan meningkat.

Teknik Sprint

Teknik sprint adalah teknik dasar lari cepat yang dilakukan dengan menempatkan telapak kaki kearah depan hingga rata dengan tanah. Teknik ini bertujuan untuk membatasi langkah kaki sehingga waktu yang diperlukan untuk mengayuh kaki saat berlari menjadi lebih lama. Dengan begitu kaki akan terasa lebih berat hingga kapasitas maksimal tubuh dalam melakukan gerakan.

Teknik Jari Kaki

Teknik jari kaki merupakan teknik melangkah seperti biasa untuk merilekskan jari jari kaki. Teknik ini dapat dilakukan dengan membiarkan jari kaki membatasi gerakan dan mengarahkan jari kaki ke depan sehingga gerakan berlari dapat dilakukan dengan lebih lama.

Jenis Jenis Start Lari Cepat

Selain pengertian lari cepat dan teknik dasar lari cepat di atas. Adapula beberapa macam start yang digunakan dalam pelaksanaan lari cepat atau sprint yaitu meliputi:
  • Start Pendek (Bunch Start) yaitu start yang dapat dilakukan dengan menempatkan kaki kiri di depan dan lutut kaki kanan diletakkan di sebelah kaki kiri dengan jarak satu kepal. Kemudian tempatkan kedua tangan di belakang garis start, dimana jari jari rapat.
  • Start Menengah (Medium Start) yaitu start yang dapat dilakukan dengan menempatkan kaki kiri di depan dan meletakkan lutut kaki kanan di sebelah kanan bagian tungkak kaki kiri, dimana jaraknya satu kepal. Lalu posisikan kedua tangan di belakang garis start dengan ibu jari terpisah dan ke empat jari lain rapat.
  • Start Panjang (Long Start) yaitu start yang dapat dilakukan dengan menempatkan kaki kiri di depan dan lutut kaki kanan di posisikan di belakang kaki kiri sejarak satu kepal. Kemudian tempatkan kedua tangan di belakang garis start dimana ibu jari terpisah dan ke empat jari rapat.

Manfaat Lari Cepat

Terkadang pelaksanaan lari dianggap mudah oleh beberapa orang. Tetapi pada kenyataannya memerlukan tenaga yang kuat dalam melakukan lari. Olahraga lari cepat ini memiliki beberapa manfaat seperti di bawah ini:
  1. Dapat menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan.
  2. Dapat membuat postur tubuh menjadi lebih tinggi.
  3. Membantu terbentuknya otot tangan dan kaki.
  4. Membuat awet muda.

Hal Hal Yang Dikira Tidak Sah atau Diskualifikasi

Dalam lari cepat terdapat beberapa hal yang dianggap tidak sah atau diskualifikasi yaitu meliputi:
  1. Kesalahan start up dilakukan sebanyak 3 kali lebih.
  2. Lintasan pelari lain ditambah.
  3. Menggoda pelari yang lainnya.
  4. Pelari keluar jalur.
Sekian penjelasan mengenai pengertian lari cepat, teknik dasar lari cepat dan manfaat lari cepat. Lari cepat merupakan olahraga lari yang membutuhkan kecepatan sangat tinggi. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Lari Cepat, Teknik Dasar, dan Manfaatnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel