Peraturan Permainan Futsal Beserta Penjelasannya Terlengkap

Peraturan Permainan Futsal Beserta Penjelasannya Terlengkap - Futsal dapat diartikan sebagai salah satu jenis olahraga menggunakan bola dan dimainkan dengan teknik yang hampir sama dengan sepak bola. Di dalam olahraga ini terdapat peraturan futsal yang diatur dan disepakati oleh FIFA. Lantas apa saja peraturan pertandingan futsal itu? Dalam aturan futsal sendiri terdapat beberapa hal yang dibahas seperti lapangan futsal, bola futsal, jumlah pemain futsal, posisi dalam futsal, gawang futsal dan posisi pemain futsal. Akan tetapi untuk kategori pemain pemula seperti pemain di atas 35 tahun, pemain di bawah 16 tahun dan pemain wanita biasanya menggunakan peraturan yang telah mengalami perubahan.

Perubahan dalam peraturan permainan futsal memang disesuaikan dengan jenis pemainnya. Akan tetapi peraturan pertandingan futsal yang dirubah juga telah memperoleh kesepakatan bersama diantara beberapa asosiasi sebagai bentuk penghormatan sehingga prinsip prinsip di dalamnya dapat dipersiapkan dengan baik. Adapun beberapa aturan futsal yang boleh dirubah yaitu meliputi bahan bola futsal, ukuran lapangan futsal, tinggi dan lebar gawang futsal, ukuran dan berat bola pada futsal, durasi babak permainan serta pemain cadangan dalam permainan futsal.
Peraturan Olahraga Futsal
Peraturan pertandingan futsal memang harus diketahui dan dipahami terlebih dahulu sebelum melakukan permainan tersebut. Permainan futsal memiliki induk organisasi yang bernama FIFA. Induk organisai ini mengeluarkan berbagai hal yang berkaitan dengan pertandingan futsal sebagai bentuk peraturan di dalamnya. Akan tetapi situasi dan kebutuhan pertandingan tersebut dapat menjadi sebuah alasan untuk melakukan perubahan peraturan dalam olahraga futsal tersebut. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang peraturan permainan futsal terlengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Peraturan Permainan Futsal Beserta Penjelasannya Terlengkap

Seperti yang telah saya jelaskan di atas bahwa aturan futsal dapat mengalami perubahan tertentu seperti bahan bola futsal, ukuran lapangan futsal, tinggi dan lebar gawang futsal, ukuran dan berat bola pada futsal, durasi babak permainan serta pemain cadangan dalam permainan futsal. Perubahan ini tentunya telah disepakati oleh berbagai asosiasi dan disesuaikan dengan keadaan dan kebutuhan dalam pertandingan tersebut. Contohnya saja pemain cadangan memiliki jumlah maksimal 7 orang sesuai dengan peraturan FIFA. Akan tetapi adapula beberapa jumlah pemain cadangan maksimal yang dirubah menjadi 10 orang dalam beberapa pertandingan.
Baca juga : Sejarah Handball (Bola Tangan) Singkat
Dalam hal ini kedua tim pada dasarnya memang sepakat untuk melakukan perubahan peraturan permainan futsal. Maka dari itu hanya kedua tim inilah yang menggunakan perubahan aturan futsal tersebut. Lantas apa saja peraturan pertandingan futsal menurut FIFA itu? Di bawah ini terdapat beberapa peraturan dalam olahraga futsal yaitu sebagai berikut:

Ukuran Lapangan Futsal

Peraturan futsal yang pertama ialah ukuran lapangan permainan futsal. Futsal memiliki bentuk ukuran persegi panjang. Di samping lapangan tersebut terdapat garis pembatas yang lebih panjang dibandingkan garis gawangnya. Adapun ukuran lapangan olahraga futsal yaitu sebagai berikut:
  • Panjang lapangan 25 – 42 m dan lebarnya berukuran 15 – 25 m.
  • Lebar garis batas ialah 8 cm seperti garis ditengah lapangan yang melintang, garis sentuh di sisi, dan garis diujung gawang.
  • Diameter tengah lingkaran sekitar 6 meter.
  • Ukuran busur pada daerah penalti di masing masing pos sekitar 6 meter.
  • Dari titik garis gawang bagian tengah terdapat garis pinalti sejauh 6 meter.
  • Dari titik garis gawang bagian tengah terdapat garis pinalti kedua sejauh 12 meter.
  • Dari daerah pelemparan terdapat sisi tribun yang mengandung zona pergantian sejauh 6 meter.

Ukuran Bola Futsal

Peraturan permainan futsal selanjutnya membahas tentang ukuran bola pada futsal. Bola futsal memiliki ukuran yang berbeda dengan sepak bola. Pada permainan sepak bola pada dasarnya menggunakan jenis bola yang keras karena jika pelaksanaan tendangan memakai kecepatan yang tinggi, maka bola tidak akan melesat. Dalam permainan futsal terdapat bola yang isi volumenya tidak terlalu banyak dan ukurannya relatif lebih kecil. Maka dari itu pantulan bola futsal tidak terlalu tinggi karena teksturnya juga lebih lembek. Bola permainan futsal memiliki diameter sekitar 62 – 64 cm dengan berat 400 – 440 gram. Selain itu juga menggunakan bahan yang tidak berbahaya seperti kulit dan bahan sejenisnya.
Baca juga : Ukuran Lapangan Futsal Standar Nasional dan Internasional

Jumlah Pemain Futsal

Peraturan pertandingan futsal selanjutnya membahas tentang jumlah pemain futsal. Jika dibandingkan dengan permainan sepak bola, posisi dalam futsal tersebut tidak terlalu diperhatikan. Hal ini dikarenakan pemain di dalamnya hanya berjumlah 5 orang. Untuk itulah posisi pemain futsal memang tidak terlalu penting. Akan tetapi harus saling membantu diantara pemain satu dengan yang lainnya sehingga posisi pemainnya cepat disesuaikan dan keadaan menyerang ataupun bertahan dapat dilakukan dengan baik. Dalam pertandingan futsal memang sering terjadi banyak gol karena ukuran lapangannya yang kecil. Kiper futsal ini tidak hanya berperan dalam menjaga gawang, tetapi juga diposisikan sebagai pemain kelima untuk menyerang.

Jumlah pemain yang terdapat dalam aturan futsal yang cukup tegas. Ketegasan ini terlihat ketika permainan futsal dilakukan dalam lapangan street soccer dan indoor soccer. Akan tetapi jumlah pemain di kedua macam lapangan ini tidak terlalu diperhatikan karena yang terpenting adalah mengasikkan dan seru untuk dimainkan. Dalam satu tim futsal terdapat jumlah pemain sebanyak 7 - 8 orang. Adapun berbagai aturan terkait jumlah pemain dalam permainan futsal yaitu sebagai berikut:
  • Ketika pertandingan futsal dimulai terdapat pemain yang jumlah maksimal sebanyak 5 orang, termasuk penjaga gawang.
  • Ketika pertandingan futsal diakhiri terdapat pemain yang jumlah minimal sebanyak 2 orang, termasuk penjaga gawang.
  • Memiliki pemain cadangan maksimal yang berjumlah 7 orang.
  • Memiliki wasit yang berjumlah dua orang.
  • Tidak memiliki hakim garis.
  • Tidak ada batasan dalam jumlah pergantian pada pemainnya.
  • Menggunakan metode pergantian yang berupa pergantian melayang.

Prosedur Pergantian Pemain

Peraturan permainan futsal selanjutnya membahas tentang prosedur pergantian pemain. Futsal pada dasarnya merupakan hasil kreasi dari olahraga sepak bola. Akan tetapi perbedaan dikedua permainan ini tidak terlalu mencolok dalam hal pergantian pemainnya. Dalam permainan sepak bola terdapat aturan pergantian pemain yang tidak memperbolehkan pemain masuk lagi setelah diganti atau keluar lapangan. Untuk itulah pertandingan sepak bola ini hanya memperbolehkan pemainnya bermain satu kali saja. Kemudian untuk permainan futsal menggunakan metode pergantian melayang dalam proses pergantian pemainnya. Metode ini memperbolehkan semua pemain meninggalkan dan memasuki lapangan kapan saja, kecuali penjaga gawang.

Dalam peraturan pertandingan futsal dijelaskan bahwa pergantian dapat dilakukan dengan persetujuan wasit dan dilaksanakan saat bola tidak sedang dimainkan. Pemain cadangan yang terdapat dalam permainan futsal ini hanya berjumlah 7 orang saja, namun tetap bebas melakukan pergantian dengan pemain inti lainnya. Untuk perubahan posisi pemain futsal yang menjaga gawang harus memperoleh persetujuan terlebih dahulu dari wasit sebelum berganti dengan rekan setimnya.
Baca juga : Teknik Dasar Futsal Beserta Penjelasan dan Gambarnya

Perlengkapan Pemain Futsal

Peraturan futsal selanjutnya berkaitan dengan perlengkapan dalam pemainnya. Pemain harus mengenakan celana pendek, pelindung lutut, kaos kaki, alas kaki bersol karet dan kaos bernomor selama pertandingan. Selain itu tidak diperbolehkan untuk menggunakan perlengkapan yang mencederai pemain, merusak lapangan dan hal hal lain yang kurang nyaman. Kemudian adapula tambahan sarung tangan yang juga harus dikenakan oleh penjaga gawang sehingga pelemparan bolanya dapat lebih akurat. Penjaga gawang tersebut dapat menggunakan warna kostum yang berbeda dengan wasit dan pemain lainnya serta dapat mengenakan celana panjang. Untuk pemain futsal sendiri dapat mengenakan aksesoris tambahan selama tidak berbahaya. Hal ini dikarenakan kepercayaan dalam diri seseorang tersebut dapat lebih meningkat jika mengenakan aksesoris sehingga sah sah saja apabila dikenakan saat pertandingan berlangsung.

Wasit dan Pembantu Wasit

Peraturan pertandingan futsal selanjutnya berkaitan dengan wasit dan pembantu wasit. Dalam permainan futsal terdapat wasit yang letaknya tidak didalam lapangannya. Letak wasit tersebut ada di sepanjang garis lapangan. Wasit tersebut memiliki kostum yang berbeda dengan warna kostum pemainnya. Seorang wasit bertugas untuk menentukan jalannya pertandingan apakah berlangsung atau dihentikan, mengawasi pemain apakah ada kesalahan atau tidak yang dilakukan serta mencatat skor hasil laporan yang berasal dari panitia permainan. Dalam permainan futsal tersebut juga mengenal adanya wasit pembantu atau wasit kedua. Wasit ini bertugas untuk membantu wasit utama dalam menjalankan tugasnya saat sedang berlangsung pertandingan futsal. Letak wasit kedua berada di sebelah lapangan wasit utama.

Lama Pertandingan Futsal

Peraturan futsal selanjutnya membahas tentang lama pertandingan futsal. Adapun ketentuan durasi pertandingan futsalnya yaitu sebagai berikut:
  • Waktu pertandingan normal selama 2 x 20 menit.
  • Waktu istirahat pertandingan selama 10 menit.
  • Perpanjangan waktu dalam futsal selama 2 x 10 menit.
  • Apabila kedua tim memiliki jumlah gol yang sama ketika telah selesai perpanjangan waktu, maka akan diadakan pinalti.
  • Ketentuan time out tidak terdapat dalam waktu tambahan dan hanya berlaku sekali pada setiap babak dan setiap tim.
  • Lamanya pergantian babak memiliki waktu maksimal selama 10 menit.
Sekian penjelasan mengenai peraturan permainan futsal terlengkap. Futsal merupakan jenis olahraga menggunakan bola dan dimainkan dengan teknik yang hampir sama dengan sepak bola. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Belum ada Komentar untuk "Peraturan Permainan Futsal Beserta Penjelasannya Terlengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel