10 Jenis Olahraga Tradisional di Indonesia dan Penjelasannya Terlengkap

Advertisement

10 Jenis Olahraga Tradisional di Indonesia dan Penjelasannya Terlengkap - Di Indonesia terdapat berbagai jenis olahraga, mulai dari olahraga modern hingga tradisional. Indonesia memang memiliki jenis olahraga yang bernuansa tradisional. Namun sampai sekarang jenis olahraga ini jarang lagi dimainkan oleh masyarakat. Untuk itulah macam macam olahraga secara tradisional tersebut jarang diketahui oleh anak muda jaman sekarang. Olahraga yang termasuk dalam kategori tradisional memang memiliki perbedaan dengan olahraga Internasional lainnya.

Pada umumnya fungsi setiap jenis olahraga tradisional adalah untuk melatih tubuh seseorang, baik secara rohani maupun jasmani. Jenis olahraga ini asalnya dari budaya dan tradisi di Indonesia yang terdapat di setiap daerahnya. Pengertian olahraga secara umum ialah sebuah kegiatan latihan fisik yang berguna untuk menjaga daya tahan, kekuatan, kesehatan dan fleksibilitas tubuh. Dengan kata lain, olahraga dapat diartikan sebagai semua jenis aktifitas fisik yang menciptakan manfaat cukup banyak.

Macam Macam Olahraga di Indonesia Kategori Tradisional
Namun semua jenis aktifitas fisik dengan sebab tertentu tidak dapat dinyatakan sebagai jenis olahraga. Walaupun manfaat yang dihasilkan untuk tubuh berasal dari aktivitas tersebut. Maka dari itu kita dapat mengambil contoh aktivitas bukan olahraga, melainkan aktivitas kerja seperti mengangkut barang barang, membersihkan pekarangan, mencangkul di sawah dan sebagainya. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang beberapa jenis olahraga tradisional di Indonesia dan penjelasannya terlengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

10 Jenis Olahraga Tradisional di Indonesia dan Penjelasannya Terlengkap

Dalam olahraga secara spesifik terdapat aktivitas fisik yang memiliki tujuan dan teknik tertentu sehingga manfaatnya tidak hanya untuk kesehatan tubuh tetapi juga dapat disertakan dalam pertandingan kompetensi atau perlombaan olahraga, baik ditingkat Internasional, daerah, maupun nasional. Selain itu, olahraga juga dianggap sebagai gaya hidup untuk hiburan dan tontonan diri sendiri. Maka dari itu dalam tingkat Nasional dan Internasional terdapat berbagai jenis pertandingan olahraga seperti basket, bulu tangkis, sepak bola, tenis, voli dan sebagainya. Maka dari itu olahraga ini memiliki sifat sebagai pertandingan dan sering dikaitkan dengan games atau permainan menyenangkan.
Olahraga lokal atau tradisional merupakan jenis permulaan olahraga yang akhirnya dapat dipertandingkan dalam lingkup Internasional. Hal ini dikarenakan asal dari olahraga lokal ialah di sebuah wilayah tertentu dan mengalami perkembangan hingga menyebar ke seluruh wilayah di Indonesia. Setiap jenis olahraga lokal memiliki sejarah yang berbeda beda. Kemudian jika masing masing jenis olahraga tradisional di Indonesia memperoleh pengadopsian dari berbagai negara untuk dimainkan, maka bisa saja dapat dijadikan sebagai olahraga Internasional. Jika hal ini terjadi maka olahraga tersebut akan dipayungi oleh sebuah organisasi Nasional dan Internasional yang akan dibentuk. 

Tujuan dibentuknya organisasi tersebut ialah untuk membuat peraturan permainan global yang serupa sehingga standar peraturan yang berlaku dapat seragam di setiap negara. Namun karena sebab tertentu adapula beberapa jenis olahraga lokal yang  mengalami perkembangan secara Nasional dan dalam skala kecil saja sehingga di tempat lain tidak dapat dimainkan. Pengertian olahraga lokal atau tradisional sendiri ialah sebuah jenis olahraga yang memiliki latar belakang tertentu dari segi budaya karena asalnya dari sebuah daerah tertentu dan menjadi bagian di kehidupan masyarakat daerahnya sebab mengalami perkembangan dalam lingkup Nasional saja. Adapun beberapa jenis olahraga lokal di Indonesia dan penjelasannya yaitu sebagai berikut:

Sepak Takraw

Jenis olahraga tradisional di Indonesia yang pertama ialah sepak takraw. Sepak takraw merupakan jenis olahraga di Indonesia yang asli dan pertama. Asal dari olahraga tersebut ialah di Sulawesi Selatan. Pada abad ke 15, kesultanan Melayu telah menemukan olahraga sepak takraw ini. Namun olahraga ini sering diklaim atau tidak disetujui oleh berbagai negara. Contohnya negara Thailand, Laos, Malaysia, dan Filipina. Sepak takraw dimainkan dengan cara yang hampir sama seperti sepak bola yaitu menyepak bolanya.
Baca juga : Peraturan dan Ukuran Lapangan Lontar Martil Lengkap

Pencak Silat

Jenis olahraga lokal di Indonesia selanjutnya ialah pencak silat. Di Indonesia pertama kali muncul olahraga pencak silat pada abad ke 7 Masehi. Sejak saat itulah bela diri ini dikuasai oleh para pendekar seperti di kerajaan Sriwijaya dan Majapahit. Bahkan di kerajaan Hindu Budha terdapat artefak senjata dan relief di Candi Borobudur serta Prambanan yang berupa posisi kuda kuda silat. Olahraga pencak silat dijadikan sebagai cabang olahraga tingkat Internasional karena tetap eksis sampai sekarang ini.

Egrang

Jenis olahraga lokal di Indonesia selanjutnya ialah egrang. Engrang ialah jenis olahraga yang dimainkan dengan memakai tongkat. Cara memainkan olahraga egrang tersebut memang memakai tongkat, dimana orang tersebut berdiri di atas tongkat egrang dengan ketinggian tertentu dari tanah. Jadi permainan olahraga egrang tidak diperbolehkan untuk kaki menyentuh tanah karena harus menggunakan tongkat untuk berdiri. Pada zaman dahulu, engrang berfungsi untuk melintasi genangan air banjir. Namun egrang tersebut lambat laun mengalami perkembangan hingga akhirnya menjadi olahraga lokal atau tradisional di Indonesia.

Tarik Tambang

Jenis olahraga tradisional di Indonesia selanjutnya ialah tarik tambang. Ketika memperingati hari kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus biasanya sering memainkan olahraga tarik tambang ini. Tarik tambang menggunakan tali yang kuat dan panjang untuk dimainkan. Untuk memainkan tarik tambang tersebut dilakukan dengan cara membentuk dua tim dimana setiap tim memiliki anggota sebanyak lima orang. Kemudian setiap tim akan saling tarik menarik tali untuk memperebutkannya. Tujuan utama dalam olahraga tarik tambang ialah untuk memiliki tali tersebut demi timnya sendiri. Untuk itulah nama olahraga ini adalah tarik tambang.

Balap Karung

Jenis olahraga lokal di Indonesia selanjutnya ialah balap karung. Alat yang diperlukan dalam olahraga balap karung ialah "sak" dalam bahasa Jawa atau karung. Cara melakukan olahraga balap karung ialah dengan masuk ke dalam karung itu sendiri dan berlomba untuk sampai ke finish dengan cara melompat lompat. Balap karung tersebut secara sederhana dapat diartikan sebagai lomba lari yang dikarungi. Tidak heran jika jenis permainan olahraga ini cukup unik dan lucu.

Karapan Sapi

Jenis olahraga lokal di Indonesia selanjutnya ialah karapan sapi. Madura ialah tempat asal dari olahraga karapan sapi ini. Karapan sapi ialah jenis olahraga atau perlombaan tradisional dengan menggunakan sapi sebagai medianya. Dalam perlombaan tersebut, sapi diikat dengan kereta agar dapat ditarik ketika pemiliknya menaiki kereta tersebut. Kemudian mereka berlomba sampai ke finish untuk memenangkan pertandingan adu cepat menggunakan sapi. Biasanya dalam bulan Agustus sampai Oktober sering melakukan perlombaan karapan sapi tersebut.
Baca juga : Teknik Dasar Lontar Martil Beserta Cara Melakukannya

Lompat Batu

Jenis olahraga tradisional di Indonesia selanjutnya ialah lompat batu. Pulau Nias merupakan asal dari olahraga lompat batu ini. Mada zaman dahulu masyarakat Nias menggunakan olahraga batu ini ketika melakukan peperangan dan bahkan sejak perang dipersiapkan sebelum akhirnya dimulai. Jika tradisi ini dapat dilakukan oleh pemuda pemuda Nias maka mereka menganggap bahwa ia sanggup untuk menjadi seseorang yang matang dan dewasa secara fisik. Dengan begitu para pemuda tersebut dapat melangsungkan pernikahan. Namun jika lompat batu belum dapat dilakukan, maka pemuda itu belum bisa menikah. Untuk itulah kebanyakan mereka dapat melakukan tradisi ini dengan berhasil dan mengadakan pesta pernikahan dengan memotong beberapa ekor ternak. 

Pathol

Jenis olahraga lokal di Indonesia selanjutnya ialah pathol. Pathol ialah jenis olahraga yang hampir sama dengan olahraga gulat. Olahraga pathol berasal dari Kecamatan Sarang, Rembang, Jawa Tengah. Pada zaman dahulu pencarian kesatria terbaik dilakukan melalui acara sayembara seperti olahraga ini karena di kala itu banyak penyamun dan perompak yang berada di Pelabuhan Tuban. Maka dari itulah tujuan pathol dikala itu untuk mencari kesatria penjaga yang paling baik. Penyelenggaraan olahraga pathol berada di pesisir pantai pada hari khusus saat upacara sedekah laut ataupun menjelang purnama.

Pacu Jalur

Jenis olahraga tradisional di Indonesia selanjutnya ialah pacu jalur. Olahraga pacu jalur asalnya dari Riau yang merupakan jenis olahraga perahu dayung. Perahu yang digunakan tidak seperti perahu pada umumnya. Panjang perahu tersebut mencapai 25 sampai 40 meter dengan banyak awak berjumlah 40 - 60 orang. Pelaksanaan tradisi ini dikala itu bertujuan sebagai peringatan hari besar. Contohnya peringatan tahun baru Muharram, Maulid Nabi Muhammad, dan sebagainya. Biasanya di kampung sepanjang Sungai Kuantan sering dilakukan olahraga tersebut dan bahkan setiap tanggal 23 - 26 Agustus menjadi event tahunan Nasional dalam melakukan pacu jalur.

Terompah atau Bakiak

Jenis olahraga lokal di Indonesia selanjutnya ialah terompah atau bakiak. Jenis olahraga ni memerlukan kerjasama, kejujuran, keterampilan, wawasan, kepemimpinan dan sebagainya. Biasanya terompah atau bakiak sering dilakukan dalam peringatan hari kemerdekaan Indonesia tanggal 17 Agustus. Alat yang digunakan untuk melakukan olahraga ini berupa alas kaki atau sandal dari kayu yang panjang dan menggunakan karet sebagai pengikatnya. Jumlah peserta yang memainkan bakiak ini sebanyak 3 orang, dimana ketiganya menggunakan sandal bersamaan dan langsung menjadi satu dipapan dengan berderetan.

Sekian penjelasan mengenai beberapa jenis olahraga tradisional di Indonesia dan penjelasannya terlengkap. Masing masing olahraga lokal pada dasarnya memiliki kegunaan yang sama yaitu untuk melatih tubuh seseorang, baik secara rohani maupun jasmani. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

10 Jenis Olahraga Tradisional di Indonesia dan Penjelasannya Terlengkap Rating: 4.5 Diposkan Oleh: penjasorkes

0 komentar:

Posting Komentar