Sejarah Sepak Takraw Beserta Perkembangannya

Advertisement

Sejarah Sepak Takraw Beserta Perkembangannya - Olahraga yang menggunakan bola pada dasarnya terdiri dari beragam jenis. Jenis olahraga ini telah ada cukup banyak. Salah satu jenis olahraga yang menggunakan bola ialah sepak takraw. Perkembangan sepak takraw dalam sejarah dapat berlangsung di Indonesia dan di dunia. Apa yang dimaksud sepak takraw itu? Pengertian sepak takraw ialah jenis olahraga yang terbentuk dari perpaduan antara olahraga bola voli dengan sepak bola. Hal ini dikarenakan di dalamnya terdapat Net yang digunakan dan sebanyak tiga kali melakukan sentuhan dengan bola seperti permainan volli, namun menggunakan kaki dalam pelaksanaannya.

Bola yang digunakan dalam sepak takraw memang sedikit berbeda dengan jenis olahraga lainnya. Hal ini dikarenakan bola sepak takraw berasal dari rotan yang dianyam membentuk bundar menyerupai bola tersebut. Menurut sejarah perkembangan sepak takraw memang menggunakan bola yang asalnya dari rotan tersebut. Lantas bagaimana sejarah sepak takraw tersebut? Permainan sepak takraw memang tergolong jenis olahraga tradisional di Indonesia yang telah mendunia. Bahkan dipertandingkan dalam olimpiade Nasional maupun Internasional.

Sejarah Olahraga Sepak Takraw
Menurut sejarah perkembangan sepak takraw sampai sekarang, jenis olahraga ini masih direbutkan atau diklaim sebagai jenis olahraga yang berasal dari negaranya sendiri. termasuk juga negara Indonesia. Bukti awal permainan sepak takraw pada abad ke 15 berasal dari Malaka menurut keyakinan dari Asosiasi Sepak Takraw Kanada yang sesuai dengan teks sejarah Melayu berjudul "The Malay Annals". Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang sejarah sepak takraw beserta perkembangannya. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Sejarah Sepak Takraw Beserta Perkembangannya

Perkembangan sepak takraw tercatat dalam sejarah yang ditulis dalam Sejarah Melayu atau teks sejarah Melayu. Catatan sejarah perkembangan sepak takraw ini dijelaskan bahwa saat sepak takraw dimainkan terdapat pembunuhan rivalnya yang dilakukan oleh Raja Ahmad. Kemudian Raja Ahmad dikala itu diusir langsung pada masa pemerintahan Sultan Mansur Shah Ibni Almarhum Sulthan Muzaffar Shah dikarenakan perbuatan yang dilakukannya. Tetapi setelah itu Raja Ahmad malah naik tahta sebagai Sultan Pahang.
Baca juga : Jenis Jenis Sepakan Dalam Sepak Takraw Lengkap
Pengambilam nama olahraga sepak takraw berasal dari bahasa Thailand dan bahasa Melayu. Menurut bahasa Melayu, kata sepak berarti menendang. Kemudian menurut bahasa Thailand, kata takraw berarti bola terbuat dari rotan yang dianyam. Menurut sejarah sepak takraw, nama olahraga ini ditentukan olah kedua negara tadi yang melakukan kesepakatan karena sepak takraw diklaim oleh Thailand dan Malaysia sebagai penemunya. Dalam perkembangannya, sepak takraw telah menyebar di negara negara di dunia, khususnya negara yang memiliki penduduk mayoritas dari Melayu.

Dalam sejarah perkembangan sepak takraw juga dijelaskan bahwa pada abad ke 15 terdapat permainan tradisional sepak takraw pertama kali di Kesultanan Malaka sesuai dengan pendapat Susi Dunsmore. Kesultanan Malaka sendiri memiliki wilayah kekuasaan yang berupa Semenanjung Malaya, Riau daratan, Selat Malaka dan Kepulauan Riau. Sejarah Melayu atau manuskrip Sulalatus Salatin dikupas lebih jauh oleh Susi Dunsmore. Ia menjelaskan bahwa penyebaran sepak takraw pada abad ke 16 sampai ke seluruh wilayah Sumatera dan pulau Sulawesi yang dilakukan oleh para saudagar. Perkembangan sepak takraw di Sulawesi memang cukup pesat karena masyarakat Bugis sampai mengenal olahraga tradisional tersebut dan menyebutnya sebagai Ma'Raga.

Dalam sejarah sepak takraw juga dijelaskan bahwa inspirasi pembuatan olahraga sepak takraw berasal dari permainan tradisional yang ada di Cina. Permainan dari Cina tersebut dimainkan dengan menggunakan kok yang ditendang ke atas oleh pemain, kemudian dijaga agar tidak jatuh dan pemerolehan tendangan yang dilakukan dihitung jumlahnya untuk dijadikan poin. Pada umumnya kemampuan yang wajib dimiliki oleh pemain sepak takraw ialah kemampuan sundulan kepala dan tendangan kaki untuk menjaga bola ketika di udara sehingga tidak jatuh ke tanah.

Menurut sejarah perkembangan sepak takraw dijelaskan bahwa negara Indonesia mulai dimasuki olahraga ini sampai ke wilayah wilayahnya pada tahuan 1970an. Bangsa Singapura dan Malaysia membawa olahraga sepak takraw tersebut ketika sedang menjelajahi Indonesia. Meski begitu bangsa Indonesia sejak zaman dahulu telah mengenal permainan sepak takraw ini. Namun dikala itu sepak takraw di Indonesia sejak dulu hanya terkenal di dalam negara Indonesia saja. Kemudian olahraga sepak takraw mulai banyak peminatnya setelah bangsa Singapura dan Malaysia membawa permainan olahraga tersebut masuk ke Indonesia. Perkembangan olahraga sepak takraw terjadi dengan cepat di Sumatera dan Sulawesi.
Baca juga : Ukuran Lapangan Sepak Takraw Nasional dan Internasional Beserta Gambarnya
Pada tanggal 16 Maret 1971, telah didirikan induk organisasi sepak takraw yang berada di Indonesia menurut sejarah sepak takrawnya. Ketika induk organisasi pertama kali didirikan diberi nama PERSERASI atau Persatuan Sepak Takraw Seluruh Indonesia. Kemudian namanya diganti menjadi Persatuan Sepak Takraw Indonesia atau PSTI. Di Indonesia terdapat kejuaraan Sepak Takraw Nasional yang pertama kali pada tahun 1980.

Perkembangan Sepak Takraw di Indonesia

Perkembangan sepak takraw juga terjadi di Indonesia sehingga tidak hanya di Thailand dan Malaysia saja yang berkembang. Sepak takraw di Indonesia berdasarkan beberapa sejarah dijelaskan bahwa dulunya rakyat banyak memainkan olahraga tradisional ini dengan berbagai sebutan. Kemudian manuskrip sejarah Melayu atau Sulalatus Salatin dipelajari oleh Susi Dunsmore dan dijelaskan bahwa pada awal abad ke 16 terdapat penyebaran sepak takraw di seluruh wilayah Sulawesi dan Sumatra yang dilakukan oleh para saudagar. 

Menurut sejarah sepak takraw yang ada, perkembangan olahraga ini yang terdapat di Sulawesi sampai dikenal oleh masyarakat Bugis sebagai olahraga tradisional bernama Ma'Raga. Kemudian perkembangan sepak takraw di Sumatera Barat lebih populer dengan nama Sipak Rago. Olahraga sepak takraw atau sepak raga pada awalnya dilakukan di sebuah daerah tertentu oleh sekelompok bangsawan. Kemudian permainan ini terus berkembang menjadi permainan rakyat. Permainan ini pada awalnya terdiri dari 6 sampai 9 orang dalam satu kelompok. Kemudian orang tersebut membentuk lingkaran dan dimainkan di tempat terbuka. 

Pada tanggal 16 Maret 1971 telah didirikan induk olahraga sepak takraw yang terdapat di Indonesia. Menurut sejarah perkembangan sepak takraw dijelaskan bahwa nama induk organisasi ini pada awalnya ialah PERSERASI atau Persatuan Sepak Takraw Seluruh Indonesia. Kemudian namanya menjadi Persatuan Sepak Takraw Indonesia atau PSTI. Pada awal berdirinya induk organisasi sepak takraw ini hanya terdapat empat Pengda (pengurus daerah) saja yang didukung dengan beberapa pilar seperti di Sumatera Barat, Sulawesi Selatan, Sumatera Utara dan Riau. Organisasi ini diketuai oleh Bapak Drs. H.M. Junus Akbar sebagai Ketua Umum yang pertama.

Di Indonesia pertama kali terdapat kejuaraan sepak takraw nasional pada tahun 1980. Pertandingan sepak takraw pertama kali dilakukan oleh cabang olahraga yang bernama PON. Kemudian pengelolaan pertandingan ini semakin terdorong di berbagai daerah. Bahkan dua puluhan daerah juga mengikuti pertandingan olahraga sampai ke PON XI tahun 1985. Setelah itu kejuaraan Nasional kembali dirasakan setelah PON XI pada bulan Oktober 1986 untuk menyeleksi pemain sepak takraw di Jakarta dalam pertandingan Sea Games XIV tahun 1987. Penyeleksian pemain ini diikuti oleh 23 daerah di Indonesia.

Sekian penjelasan mengenai sejarah sepak takraw beserta perkembangannya. Dalam sejarah perkembangan sepak takraw sendiri sudah dikenal dan dimainkan oleh masyarakat Indonesia meskipun belum banyak peminatnya. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Sejarah Sepak Takraw Beserta Perkembangannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: penjasorkes

0 komentar:

Posting Komentar