Sejarah Handball (Bola Tangan) Singkat

Advertisement

Sejarah Handball (Bola Tangan) Singkat - Olahraga merupakan sebuah aktivitas yang digunakan untuk membuat tubuh menjadi lebih sehat dan kuat. Olahraga sendiri dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Jenis jenis olahraga tersebut dapat dibagi menjadi beberapa macam. Setiap macam olahraga tentunya memiliki sejarah, pengertian dan teknik dasarnya sendiri. Misalnya saja olahraga handball yang juga memiliki sejarah, pengertian dan teknik dasarnya sendiri. Sejak zaman dahulu, sejarah bola tangan sudah ada sampai terdapat penemuan teknik dasar handball. Teknik dasar ini digunakan untuk memainkan olahraga bola tangan dengan baik dan benar.

Pada tahun 100 Masehi ketika zaman Yunani Kuno sudah ada permainan bola tangan (handball) ini. Apa sih sebenarnya pengertian bola tangan itu? Pengertian handball (bola tangan) ialah cabang olahraga bola besar yang dimainkan dengan cara beregu, dimana setiap regu terdiri dari 14 sampai 16 pemain. Adapun pemain pemain yang terdapat dalam permainan handball yaitu 7 pemain inti termasuk juga kiper dan pemain cadangan sisanya. Kegunaan pemain cadangan ialah sebagai pengganti pemain inti apabila terdapat performa pemain inti yang kurang bagus ataupun ada yang cedera. Dalam sejarah handball pada dasarnya memiliki sistem olahraga yang hampir serupa dengan sepak bola. Akan tetapi diantara kedua olahraga sebenarnya banyak sekali perbedaannya.

Sejarah Perkembangan Olahraga Handball
Seperti yang sudah saya katakan diatas bahwa diantara olahraga bola tangan dengan sepak bola terdapat perbedaan. Perbedaan diantara keduanya ialah berada pada pembawaan bolanya. Pada olahraga handball, tangan digunakan untuk mencetak dan membawa bola. Sedangkan untuk olahraga sepak bola, bola dibawa dan dicetak ke gawang lawan menggunakan kaki serta jumlah peminat dan pemainnya pun juga lebih banyak sepak bola dibandingkan handball. Bagaimana sejarah olahraga bola tangan itu? Sejarah bola tangan tersebut menjadi dasar awal dalam terciptanya permainan ini. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang sejarah handball (bola tangan) singkat. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Sejarah Handball (Bola Tangan) Singkat

Olahraga handball bertujuan untuk mencetak skor atau gol sebanyak mungkin ke gawang lawan sehingga pertandingan dapat dimenangkan dan gawang sendiri dapat dipertahankan dari kebobolan lawan. Dari mulai sejak sejarah bola tangan tersebut, olahraga ini menggunakan tangan untuk memasukkan, memukul dan melempar bola ke gawang lawan. Tidak dapat dipungkiri bahwa sangatlah lambat dalam perkembangan olahraga handball ini karena pemahaman dan pengetahuan akan permainan ini juga cukup sedikit. Hal ini dikarenakan rendahnya minat dalam masyarakat akan jenis olahraga tersebut. Bahkan olahraga handball juga enggan dilakukan oleh setiap orang sehingga jarang pula peminatnya.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa bola tangan (handball) merupakan jenis olahraga yang usianya cukup tua sejak zaman Yunani Kuno. Permainan ini dikala itu dimainkan dengan tangan oleh para kaum lelaki karena jika menggunakan kaki akan lebih sulit dimainkan. Berdasarkan sumber sejarah handball dijelaskan bahwa permainan bola tangan tersebut jauh dikenal lebih dulu dibandingkan permainan sepak bola. Namun dikala itu peraturan permainan handballnya belum ada yang baku. Nah semua itulah yang menjadi dasar berkembangnya sejarah olahraga bola tangan yang modern.
Baca juga : Sejarah Sepak Takraw Beserta Perkembangannya

Sejarah Handball (Bola Tangan)

Olahraga bola tangan (handball) telah mengalami perkembangan zaman sejak abad yang ke 19. Olahraha ini pertama kali dimainkan di kota Danish bagian Nybork di Negara Denmark. Dikala itu seorang pakar pendidikan jasmani menjadi pelopor berlangsungnya permainan bola tangan tersebut. Setelah itu dalam permainan ini menurut sejarah bola tangan yang ada dapat dibagi menjadi dua macam, yakni Konigsbergerball dan bola tangkap (Raffball). Permainan bola tangan memang sudah ada sejak lama. Hal ini dibuktikan dengan adanya permainan versi handball oleh perempuan Romawi Kuno dengan nama expulsim ludere,

Menurut sejarah handball dijelaskan bahwa di abad pertengahan di Perancis terdapat catatan akan permainan handball ini yang berada diantara Inuit Greenland. Kemudian adapula permainan yang hampir sama pada abad ke 19 seperti dari Republik Ceko yang berupa Hazena, di Jerman berupa torball, di Denmark berupa handbold, di Ukraina berupa handbol dan di Slovakia berupa Hadzana. Pada akhir abad ke 19 terdapat modifikasi dalam permainan tim handball hingga dapat menjadi seperti sekarang ini di bagian utara Eropa primarily Denmark, Swedia, Jerman, dan Norwegia. Pada tahun 1906 terdapat penerbitan set tertulis dalam aturan tim handball yang pertama oleh Letnan, guru olahraga Denmark, dan peraih mendali Olimpiade Holger Nielsesn dari Cipenhagen Jerman atau lebih tepatnya dari Sekolah Dasar Ordrup bagian utara.

Menurut sejarah bola tangan pada tanggal 29 Oktober 1917 terdapat penerbitan aturan handball yang modern oleh Erich Konigh, Max Heiser, dan Karl Schelenz dari Jerman. Setelah itu Karl Schelenz meningkatkan aturan ini pada tahun 1919. Negara Belgia dan Jerman adalah negara yang memainkan permainan Internasional di bawah aturan tersebut yang pertama pada tahun 1925 untuk para pria. Kemudian pada tahun 1930 untuk kategori perempuan memainkan permainan ini di negara Austria dan Jerman. Kemudian permainan handball dinominasikan menjadi komite oleh Kongres Amatir Federasi Atletik Internasional pada tahun 1926. Dalam nominasi ini terdapat susunan aturan handball (bola tangan) secara Internasional. Kemudian pada tahun 1928 terdapat pembentukan IAHF (The International Amateur Handball Federation) dan tahun 1946 terdapat pendirian IHF (International Handball Federation).
Baca juga : Pengertian Offside Dalam Sepak Bola Beserta Penyebabnya
Menurut sejarah handball juga dijelaskan bahwa pada tahun 1939 terdapat permainan olahraga bola tangan pria dalam Olimpiade Berlin. Kemudian terdapat perkembangan permainan handball di dalam ruangan dan dinegara negara Skandinavia juga telah ada evolusi dari permainan ini. Pada tahun 1972 dalam olimpiade di Munich terdapat kemunculan kembali dari olahraga handball sebagai tim bola tangan ke panggung dunia. Kemudian pada tahun 1976 terdapat penambahan tim bola tangan perempuan di Montreal dalam Olimpiade. Setelah itu acaranya disempurnakan di negara Eropa Timur karena di kawasan itu cukup populer. Dengan begitu olahraha handball menjadi cukup dominan kekuatannya saat kembali diperkenalkan.

Pada tahun 1938 terdapat penyelenggaraan kejuaraan dunia laki laki oleh The International Handball Federation dan dari Perang Dunia II terkadang diadakan setiap 3 - 4 tahun untuk kategori tahun 1995. Kemudian pelaksanaan kompetisi ini dilaksanakan setiap dua tahun di Islandia sejak kejuaraan 1995. Sejak tahun 1957, permainan ini dimainkan dalam kejuaraan dunia untuk kategori perempuan. Selain itu kejuaraan dunia juga diselenggarakan oleh IHF untuk kategori junior laki laki dan perempuan.

Sekian penjelasan mengenai sejarah handball (bola tangan) singkat. Bola tangan merupakan cabang olahraga bola besar yang dimainkan dengan cara beregu, dimana setiap regu terdiri dari 14 sampai 16 pemain. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Sejarah Handball (Bola Tangan) Singkat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: penjasorkes

0 komentar:

Posting Komentar