4 Macam Permainan Bola Besar Beserta Penjelasannya Lengkap

Advertisement

4 Macam Permainan Bola Besar Beserta Penjelasannya Lengkap - Permainan bola pada dasarnya dapat di bagi menjadi dua macam yakni permainan bola kecil dan bola besar. Kedua macam permainan bola tersebut sering di perlombakan dalam turnamen besar tingkat nasional dan Internasional. Kemudian olahraga bola besar ialah cabang permainan olahraga yang menggunakan bola dengan ukuran besar. Permainan bola ini masih dapat di bagi lagi menjadi beberapa macam. Setiap macam olahraga bola besar memiliki peraturan dan kriteria yang berbeda beda. Lalu apa saja macam macam permainan bola besar?

Permainan Bola Besar
Setiap permainan olahraga bola besar memiliki tujuan yang sama yaitu untuk memperoleh kejuaraan. Permainan tersebut dapat dilakukan secara individu ataupun tim. Dalam pembahasan kali ini saya akan membagikan beberapa macam permainan bola besar beserta penjelasannya lengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

4 Macam Permainan Bola Besar Beserta Penjelasannya Lengkap

Setiap permainan olahraga bola besar selalu dimainkan oleh dua tim. Tim tim tersebut akan memperebutkan kejuaraan dengan pemerolehan nilai tertinggi sebagai pemenang. Di bawah ini terdapat 4 macam permainan bola besar beserta penjelasannya lengkap. Berikut penjelasan selengkapnya yaitu:
Baca juga : 5 Teknik Dasar Mengoper atau Pass Dalam Permainan Bola Basket

Bola Tangan

Macam permainan bola besar yang pertama ialah bola tangan. Olahraga bola tangan dimainkan oleh dua tim yang masing masing timnya terdiri dari 7 orang pemain (1 penjaga gawang dan 6 pemain lapangan). Permainan bola tangan memiliki perlengkapan yang hampir sama dengan sepak bola yaitu dua gawang di setiap tim dan sebuah bola. Ukuran gawang yang digunakan ialah tinggi 2 meter dan lebar 3 meter. Kemudian ukuran bola yang digunakan berbeda beda bagi setiap kategorinya. Adapun ukuran bola yang digunakan yaitu sebagai berikut:
  • Usia 8 - 14 tahun (putri) dan 8 - 13 tahun (putra) mempunyai ukuran bola dengan berat 290 - 330 gram dan diamaternya 50 - 52 cm.
  • Usia > 14 tahun (putri) dan 12 - 16 tahun (remaja putra) mempunyai ukuran bola dengan berat 325 - 375 gram dan diamaternya 54 - 56 cm.
  • Usia >16 tahun (putra) mempunyai ukuran bola dengan berat 425 - 474 gram dan diamaternya 58 - 60 cm.
Baca juga : 3 Teknik Dasar Menendang Bola dengan Kaki Bagian Dalam, Kaki Bagian Luar dan Punggung Kaki
Permainan bola besar untuk kategori bola tangan memiliki ukuran lapangan dengan panjang 40 meter dan lebar 20 meter. Lalu area gawangnya berada 6 meter di depan gawang. Adapun ukuran lapangan bola tangan di area dalam secara rinci yaitu didepan gawang terdapat garis penalti sejauh 7 meter dan garis lemparan bebas sejauh 9 meter dari luar daerah gawang.

Permainan bola besar untuk kategori bola tangan ini memiliki waktu pertandingan selama 2 x 30 menit dengan tambahan 10 menit waktu istirahat. Jika pertandingan memerlukan waktu tambahan maka akan ditambah dengan waktu 2 x 5 menit dan 1 menit istirahat. Permainan bola tangan memiliki teknik yang berupa teknik menangkap bola, menembak bola (shooting). melempar bola, lay up dan menggiring bola.

Bola Voli

Macam permainan bola besar selanjutnya ialah bola voli. Bola voli merupakan permainan bola yang intinya berusaha menjatuhkan bola ke daerah lawan sehingga dapat memperoleh poin kemenangan. Bola voli dimainkan oleh dua tim yang masing masing tim terdiri dari 6 pemain. Permainan bola voli memiliki batasan skor sampai 25 saja sehingga sedikit berbeda dengan jenis permainan bola lainnya. Kemudian permainan bola voli juga membutuhkan sarana dan prasarana seperti bola. Ukuran bola yang digunakan yaitu bagian dalam memiliki tekanan 1,30 - 1,325 km/cm², berat bola 260 - 280 gram dan keliling bola 60 cm. Selain itu adapula perlengkapan lain seperti net yang diletakkan setinggi 2,24 m (putri) atau 2,43 m (putra) di tengah tengah lapangan.

Permainan bola besar seperti bola voli ini memiliki ukuran lapangan yaitu 9 x 18 meter dengan jarak 3 m sebagai garis batas serang pemain belakang yang di tarik di tengah lapangan atau lebih tepatnya di bawah net. Kemudian adapula garis 5 meter sebagai garis yang menuju lapangan bagian tepi belakang. Permainan bola voli memiliki teknik permainan seperti servis, smash, block dan passing. Teknik servis bola voli tersebut dapat dibagi lagi menjadi beberapa teknik seperti teknik servis mengambang, servis mengambang melingkar, servis tangan bawah dan servis top spin. Lalu teknik blocking bola voli dapat dibagi juga menjadi dua macam yaitu block 2 - 3 orang pemain dan block perorangan. Setiap teknik permainan bola voli selalu disertai dengan kemampuan para pemainnya.

Bola Basket

Macam permainan bola besar selanjutnya ialah bola basket. Bola basket dapat dimainkan oleh dua tim yang masing masing tim terdiri dari 5 orang. Permainan basket tersebut memiliki sarana dan prasarana berupa bola, papan pantul di belakang ring dan ring basket. Bola yang digunakan memiliki ukuran berat 600 - 650 gram dan diameter 75 - 78 cm. Kemudian diameter ring basket selebar 40 cm dengan ukuran luar papan pantul 1,8 x 1,2 meter dan 59 x 45 cm pada bagian dalamnya. Papan pantul memiliki tinggi dari permukaan lantai sampai bawah papan sejauh 2,75 meter. Sedangkan papan pantul dengan ring basket memiliki jarak sejauh 30 cm. Permainan bola basket memiliki ukuran lapangan yaitu 24 x 14 m (sesuai Federasi Bola Basket Internasional) dan 28,5 x 15 m (sesuai National Basketball Association). Bola basket memiliki dua wasit yaitu wasit 1 atau Referee dan wasit 2 atau Umpire.

Permainan bola besar seperti bola basket ini memiliki waktu pertandingan selama 4 x 12 menit (sesuai National Basketball Association) dan 4 x 10 menit (sesuai Federasi Bola Basket Internasional). Untuk waktu istirahat setiap babaknya ialah selama 10 menit. Jika terdapat babak tambahan, maka waktu istirahatnya ialah selama 2 menit. Permainan bola basket memiliki teknik yang hampir sama dengan bola tangan. Adapun teknik permainan bola basket yaitu menangkap bola, lay up (langkah menyerang), memperkuat lemparan bola, dribble bola untuk menggiring bola basket, gerakan pivot dan menembak bola.
Baca juga : Teknik Mengontrol Bola dan Menghentikan Bola Dalam Sepak Bola

Sepak Bola

Macam permainan bola besar selanjutnya ialah sepak bola. Permainan sepak bola cukup populer di negara Indonesia dan negara negara lain di dunia. Jenis permainan ini berbeda dengan permainan bola lainnya karena tidak diperkenankan untuk menggunakan tangan. Sepak bola dimainkan oleh dua tim yang masing masing tim terdiri dari 11 orang pemain. Permainan sepak bola memiliki durasi waktu pertandingan selama 2 x 45 menit dan waku istirahat 10 menit. Sepak bola membutuhkan perlengkapan seperti dua gawang di setiap tim dan sebuah bola. Selain itu menggunakan lapangan yang ditutupi oleh rumput sintetis atau alami. Ukuran lapangan sepak bola yaitu panjang 100 - 110 m dan lebar 64 - 75 m.

Permainan bola besar seperti sepak bola ini juga membutuhkan teknik bagi setiap pemainnya karena berguna untuk menguasai dan mengontrol bola dengan benar dan baik. Selain itu kelangsungan permainan sepak bola harus dijaga menggunakan koordinasi antar pemain yang baik pula. Adapun beberapa teknik permainan sepak bola yaitu teknik menggiring bola, teknik heading (menyundul bola), teknik menendang bola, teknik trapping (menahan bola), teknik menjaga gawang (untuk pemain kiper), teknik melempar bola ke dalam (throw in), teknik gerak tipu, dan teknik tackling (merebut bola).

Sekian penjelasan mengenai beberapa macam permainan bola besar lengkap. Sebenarnya masih ada jenis permainan yang menggunakan bola besar. Namun jenis olahraga ini merupakan turunan dari permainan bola di atas seperti turunan permainan bola voli yaitu voli pantai, turunan permainan sepak bola yaitu futsal dan alternatif turunan permainan bola basket yaitu 3 x 3. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca.

4 Macam Permainan Bola Besar Beserta Penjelasannya Lengkap Rating: 4.5 Diposkan Oleh: penjasorkes

0 komentar:

Posting Komentar