Perbedaan Permainan Bola Voli Indoor Dengan Bola Voli Pantai Lengkap

Advertisement

Perbedaan Permainan Bola Voli Indoor Dengan Bola Voli Pantai Lengkap - Voli merupakan jenis olahraga yang banyak digemari oleh masyarakat luas, baik remaja hingga dewasa, dari wanita sampai pria. Bahkan didesa desa pun banyak sekali kita temukan masyarakat yang sedang memainkan permainan bola voli, Bola voli tersebut dapat dibagi menjadi dua yaitu permainan bola voli indoor maupun permainan bola volu pantai. Tahukah anda perbedaan permainan bola voli indoor dengan bola voli pantai? Meski cabang olahraganya sama sama voli namun kedua jenis permainan voli ini berbeda satu sama lain, mulai dari lapangan, peraturan permainan dan sebagainya.

Perbedaan voli indoor dan outdoor
Secara umum permainan bola voli mengandalkan kekuatan kaki dan tangan yang bagus. Terlebih lagi ditambahkan dengan teknik dasar yang baik pula. Permainan voli pantai dengan permainan voli indoor cukup memiliki perbedaan yang mencolok dan signifikan. Jika ditinjau dari jumlah pemain serta pakaian yang dikenakannya saja sudah berbeda. Apalagi terdapat beberapa hal lainnya yang menjadi dasar perbedaan antara kedua jenis olahraga bola voli tersebut. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang perbedaan permainan bola voli indoor dengan bola voli pantai lengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Perbedaan Permainan Bola Voli Indoor Dengan Bola Voli Pantai Lengkap

Perbedaan permainan bola voli indoor dengan bola voli pantai dapat dilihat berdasarkan lapangannya, ukuran net, bola yang digunakan, peraturan permainan, pemain, dan pelatihnya. Hal hal inilah yang membedakan antara voli indoor dengan voli pantai. Berikut penjelasan selengkapnya:

Lapangan
Perbedaan permainan bola voli indoor dengan bola voli pantai yang pertama terletak pada lapangannya. Adapun beberapa perbedaannya yaitu:
  • Pertandingan bola voli pantai diselenggarakan di lapangan yang permukaannya berupa pasir yang tinggi. Sedangkan pertandingan bola voli indoor diselenggarakan di lapangan yang permukaannya keras.
  • Ukuran lapangan permainan bola voli pantai ialah 16 x 8 meter. Sedangkan ukuran lapangan bola voli indoor ialah 18 x 9 meter. Maka dari itu lapangan voli pantai lebih kecil daripada lapangan voli indoor.
Baca juga : Sejarah Permainan Bola Voli Lengkap
  • Lapangan permainan voli pantai tidak memiliki garis serang sejauh 3 meter. Sedangkan lapangan permainan voli indoor memiliki garis serang sejauh 3 meter.

Net
Perbedaan permainan bola voli indoor dengan bola voli pantai selanjutnya terletak pada net yang digunakan. Adapun beberapa perbedaannya yaitu:
  • Ukuran panjang net pada permainan bola voli pantai ialah 8,50 meter. Sedangkan ukuran panjang net pada permainan bola voli indoor ialah 9,50 meter.
  • Tinggi net pada permainan bola voli indoor dengan bola voli pantai sama yaitu 2,43 (putera) dan 2,32 (puteri).

Bola
Perbedaan permainan bola voli indoor dengan bola voli pantai selanjutnya terletak pada bola yang digunakan. Adapun beberapa perbedaannya yaitu:
  • Permainan voli pantai menggunakan bola yang teksturnya lebih lunak, ukurannya lebih kecil, memiliki warna yang cerah (putih, merah, pink, hijau dan orange), memiliki tekanan udara 171 - 221 Mlbar atau hpa 0,175 - 0,225 kg/cm, dan berat bolanya sekitar 260 - 280 gram.
  • Permainan voli indoor menggunakan bola yang berasal dari sintesis atau kulit, ukurannya lebih besar, memiliki tekanan udara 294,3 - 318 Mlbar atau hpa 0,30 - 0,325 kg/cm.

Peraturan Permainan
Perbedaan permainan bola voli indoor dengan bola voli pantai selanjutnya terletak pada peraturan permainannya. Adapun beberapa perbedaannya yaitu:
  • Untuk permainan bola voli pantai memiliki ketentuan bahwa menyeberang menuju daerah lawan melewati bawah net tidak dianggap pelanggaran selama lawan tidak terganggu. Sedangkan pada permainan bola voli indoor memiliki ketentuan bahwa menyeberang menuju daerah lawan melewati bagian bawah net dianggap pelanggaran dan menghasilkan angka untuk lawan.
  • Gerakan bloking pada permainan voli pantai dianggap sebagai satu sentuhan jika blokingnya membentur net, terpental, menyentuh pemain bloker tersebut atau menyentuh pemain pasangan bloker itu sendiri.
  • Untuk permainan bola voli pantai tidak diperbolehkan mengoper dan mengarahkan bola menggunakan ujung jari ke daerah lawan (Open Hand Dinks) karena dianggap sebagai pelanggaran. Sedangkan untuk permainan voli indoor hal tersebut bukan pelanggaran bahkan diperbolehkan.
Baca juga : Ukuran Lapangan Bola Voli Berstandar Nasional Internasional
  • Servis pada permainan bola voli pantai dilakukan dengan bergantian namun tidak sesuai rotasi pemainnya. Sedangkan servis pada permainan bola voli indoor dilakukan dengan bergantian sesuai rotasi atau perputaran pemainnya.
  • Pemain pada permainan bola voli pantai bebas menentukan letak posisinya. Sedangkan pemain pada permainan bola voli indoor harus sesuai dengan posisinya, jika tidak maka akan dianggap sebagai pelanggaran.
  • Lama permainan bola voli pantai ialah 2 set. Jika salah satu tim memenangkan 2 set berturut turut, maka akan dianggap sebagai pemenang. Perpindahan lapangannya dilakukan setiap memperoleh poin yang nilainya kelipatan 7, misalnya 7, 14, 21 dan sebagainya.

Pemain
Perbedaan permainan bola voli indoor dengan bola voli pantai selanjutnya terletak pada pemainnya. Adapun beberapa perbedaannya yaitu:

  • Pada permainan bola voli indoor memiliki jumlah pemain 6 orang, sedangkan pada permainan bola voli pantai memiliki jumlah pemain 2 orang.
  • Pada permainan bola voli indoor terdapat beberapa pemain cadangan, sedangkan pada permainan bola voli pantai tidak memiliki pemain cadangan.
  • Pada permainan bola voli indoor diperbolehkan terjadinya pergantian pemain, sedangkan pada permainan bola voli pantai tidak ada pergantian pemain.
  • Pemain pada permainan bola voli indoor diwajibkan untuk mengenakan sepatu standar untuk keamanan dan keselamatan setiap pemainnya. Sedangkan pemain pada permainan bola voli pantai tidak diwajibkan untuk mengenakan alas kaki.

Pelatih
Perbedaan permainan bola voli indoor dengan bola voli pantai yang terakhir terletak pada pelatihnya. Adapun beberapa perbedaannya yaitu:
  • Pelatih pada permanan bola voli indoor boleh berada dipinggir lapangan sesuai batas garis yang telah ditentukan. Sedangkan pelatih pada permainan bola voli pantai tidak diperbolehkan berada didaerah sekitar lapangan.
  • Pelatih pada permainan bola voli indoor dapat memberikan instruksi kepada pemainnya dengan bebas. Sedangkan pelatih pada permainan bola voli pantai tidak dapat memberikan instruksi kepada pemain dalam bentuk apapun.
Sekian penjelasan mengenai perbedaan permainan bola voli indoor dengan bola voli pantai lengkap. Kedua jenis permainan ini berbeda meskipun sama sama termasuk cabang olahraga voli. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih. 

Perbedaan Permainan Bola Voli Indoor Dengan Bola Voli Pantai Lengkap Rating: 4.5 Diposkan Oleh: penjasorkes

0 komentar:

Posting Komentar