Sejarah Sepak Bola Indonesia dan Dunia Lengkap

Advertisement

Sejarah Sepak Bola Indonesia dan Dunia Lengkap - Permainan sepak bola merupakan salal satu cabang olahraga atletik yang cukup populer dan terkenal di dunia. Sepak bola dimainkan oleh dua regu yang setiap regunya beranggotakan 11 orang serta beberapa pemain cadangan. Olahraga ini sudah banyak dimainkan oleh 200 negara di dunia dan 250 juta orang sejak abad ke 21. Hal tersebut yang mengakibatkan olahraga ini cukup populer. Permainan sepak bola bertujuan untuk mencetak gol sebanyak mungkin ke gawang lawan. Seperti halnya permainan lain, olahraga ini juga memiliki sejarah sendiri. Sejarah sepak bola Indonesia dan dunia berkembang dan bertahan sampai sekarang. Olahraga ini dilakukan dalam lapangan terbuka berbentuk persegi panjang dengan bagian atasnya dilapisi rumput sintetis maupun rumput alami.

Orang yang berhak untuk memegang bola dalam sepak bola hanyalah kiper. Kiper tersebut juga diperbolehkan memegang bola apabila bola berada didaerah gawang sendiri. Untuk 10 pemain lain dapat menggunakan semua anggota badan kecuali tangan. Anggota tubuh tersebut seperti dada ketika mengontrol bola, kaki untuk menendang bola dan kepala untuk menyundul bola. Regu yang mendapatkan nilai paling banyak dinyatakan sebagai pemenangnya. Namun apabila nilainya sama maka akan dilakukan perpanjangan waktu, adu pinalti atau undian. Semua hal tersebut tergantung pada format kejuaraannya. Kali ini saya akan menjelaskan lebih dalam mengenai sejarah sepak bola Indonesia dan sejarah sepak bola dunia. Berikut ulasan selengkapnya.

Sejarah Sepak Bola Indonesia dan Dunia Lengkap

Dalam pertandingan sepak bola terdapat peraturan yang dibuat oleh organisasi sepak bola Internasional atau FIFA. Organisasi inilah yang terdapat dalam sejarah sepak bola Indonesia maupun sejarah sepak bola dunia. Dibawah ini telah saya sajikan sejarah sepak bola Indonesia dan dunia lengkap.
Baca juga : Pola Penyerangan dan Pertahanan Dalam Permainan Sepak Bola

Sejarah Sepak Bola di Indonesia

Sejarah sepak bola Indonesia berasal dari penjajahan bangsa lain dan pelaksanaan perdagangan di berbagai wilayah Indonesia. Sejarah sepak bola ini di awali oleh negara Cina yang memperkenalkan permainan tersebut kepada masyarakat Indonesia. Mereka ingin menunjukkan bahwa Cina tidak kalah superior dengan negera Belanda. Cina tersebut memiliki peran besar dalam perdagangan dan sejarah sepak bola di Indonesia. Pada tahun 1915, bangsa Tionghoa banyak mendirikan klub klub sepak bola di Indonesia. Pada tahun 1920 terdapat klub terhebat di Hindia Belanda yang dinamakan UMS Jakarta dan Surabaya. Bahkan pada tahun 1938, kehebatan Indonesia masuk kedalam kancah piala dunia. Dalam sejarah ini terdapat peristiwa penting dalam mendirikan organisasi sepak bola Indonesia yang berperan dalam menaungi pesepak bola dinegara Indinesia.

Sejarak sepak bola Indonesia ini menjadi bukti berdirinya organisasi bernama PSSI atau Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia. PSSI berdiri pada tanggal 19 April 1930 yang bertempat di Yogyakarta. Organisasi tersebut berdiri sebelum Indonesia ikut serta dalam perlombaan Piala Dunia di Perancis pada tahun 1938. Sejarah sepak bola Indonesia juga mencatat perseturuan antara PSSI dengan NIVU dalam penentuan organisasi mana yang berhak ikut pertandingan Piala Dunia di Perancis. Waktu itu, tokoh Soeratin Sosrosoegondo ingin melakukan penentuan dengan cara membuat perlombaan antara PSSI dengan NIVU. Namun pihak FIFA telah mengakui kerjasama kedua organisasi tersebut. Akhirnya Indonesia di wakili dengan nama Hindia Belanda.

Sejarah sepak bola Indonesia mencatat tokoh penting dalam PSSI yaitu Soeratin Sosrosoegondo yang termasuk pribumi asli Indonesia. Ia melakukan pendidikan di Sekolah Teknik Tinggi Heckelenburg, Jerman. Beliau menginginkan terwujudnya Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928. Berdasarkan pendapatnya, sepak bola ialah salah satu cara tepat dalam menumbuhkan semangat nasionalisme dalam melawan Belanda. Pada tahun 1938, Soeratin Sosrosoegondo memutuskan kerja sama dengan NIVU secara sepihak dalam kongres yang di selenggrakan di kota Solo. Pemutusan tersebut wujud dari kekesalan beliau karena setiap pertandingan sepak bola, mereka selalu menggunakan bendera NIVU atau Belanda.
Baca juga : Teknik Mengontrol Bola dan Menghentikan Bola Dalam Sepak Bola
Sejarah sepak bola Indonesia tidak berhenti begitu saja. Saat itu Indonesia juga dijajah oleh Jepang. Jepang kemudian memasukkan PSSI ke dalam Tai Iku Kai yang merupakan organisasi olahraga Jepang. Hal inilah yang membuat PSSI menjadi pasif dalam setiap kompetisi. Pada tahun 1944, PSSI masuk ke dalam bagian dari Gelora. Pada tahun 1949, PSSI baru lepas dari semua otonom yang ada ketika kongres PORI III yang bertempat di Yogyakarta. Soeratin Sosrosoegondo pun mulai wafat dan mengakibatkan prestasi tim sepak bola Indonesia menurun karena organisasi dengan kompetisi tidak seimbang. Sebelum tahun 1970an, terdapat beberapa pemain sepak bola yang ingin bersaing dalam kompetisi Internasional seperti Ronny Pattinasarani, Sucipto Suntoro, Liong Houw dan Ramang.

Menurut sejarah sepak bola Indonesia, PSSI telah membuat kompetisi semakin luas yaitu penyelenggaraan Divisi Utama, Divisi Dua pemain non amatir, Divisi Satu, Divisi Tiga pemain amatir dan Liga Super Indonesia. Bahkan PSSI juga mengembangkan sepak bola dalam kelompok tertentu, misalnya U15, U17, U19, U21 dan U23. Namun sejarah sepak bola Indonesia yang panjang tidak dapat merubah prestasi sepak bola di kancah Internasional. Prestasi tersebut akan membaik jika diimbangi dengan tekad tinggi dan manajemen bola yang bagus.

Sejarah Sepak Bola Dunia

Selain sejarah sepak bola Indonesia diatas, adapula sejarah sepak bola dunia. Menurut sejarah, permainan ini muncul sejak jaman Romawi kuno, Yunani dan Cina. Pada abad ke 2 dan 3 SM permainan sepak bola mulai diperkenalkan di Tiongkok. Permainan tersebut dilakukan dengan menggiring bola ke sasaran jaring kecil yang dituju oleh pemain. Bola tersebut awalnya terbuat dari kulit. Permainan ini hampir sama dengan Olahraga Kemari yang dilakukan oleh Jepang. Pada abad ke 16 negara Itali juga telah melakukan permainan menendang dan menggiring bola tersebut. Kemudian permainan sepak bola mulai lebih modern sejak ditetapkannya peraturan dasar di Inggris. Saat itulah sepak bola juga digemari banyak orang.
Baca juga : Teknik Melempar Bola Dengan Kedua Tangan (Throw In) Dalam Sepak Bola
Dalam sejarah sepak bola dunia, permainan ini juga pernah dilarang untuk dimainkan. Pada tahun 1365 terdapat pelarangan sepak bola untuk dimainkan karena banyak sekali menimbulkan kekerasan dalam kompetisi yang berlangsung. Keputusan tersebut dilakukan oleh Raja Edward yang ke III. Bahkan keputusan itu didukung oleh Raja James I dari Skotlandia. Pada tahun 1815, sepak bola mulai berkembang pesat hingga dikenal dalam lingkungan sekolah maupun universitas. Pada tahun 1863 mulai muncul sepak bola modern yang bertempat di Freemasons Tavern ketika perkumpulan klub dan sekolah. Perkumpulan tersebut membahas tentang peraturan baku dalam permainan sepak bola. 

Dalam sejarah sepak bola dunia, penggunaan tangan dalam permainan mulai tidak diperbolehkan pada tahun 1869. Kemudian pada tahun 1800an, permainan ini mulai disebarkan oleh pedagang, tentara Inggris dan pelaut diberbagai belahan dunia. Kemudian organisasi tertinggi sepak bola didirikan dengan nama FIFA. Organisasi tersebut dibentuk pada tahun 1904 dan pada tahun 1900an beberapa pertandingan mulai diselenggarakan  di dunia.

Inilah penjelasan mengenai sejarah sepak bola Indonesia dan sejarah sepak bola dunia. Semoga artikel ini dapat menambah ilmu anda. Terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Sejarah Sepak Bola Indonesia dan Dunia Lengkap Rating: 4.5 Diposkan Oleh: penjasorkes

0 komentar:

Posting Komentar