Sejarah Sepak Takraw Lengkap Dengan Teknik Dasarnya

Advertisement

Sejarah Sepak Takraw Lengkap Dengan Teknik Dasarnya - Sepak takraw merupakan olahraga yang berasal dari gabungan olahraga voli dengan sepak bola. Permainan sepak takraw menggunakan lapangan bulu tagkis dengan peraturan bahwa bola takrawnya dilarang untuk menyentuh tanah atau lantai. Jenis permainan ini memiliki teknik dasar sepak takraw seperti halnya jenis olahraga lainnya. Bahkan sepak takraw juga memiliki sejarahnya sendiri. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang sejarah sepak takraw dan teknik dasar sepak takraw. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Olahraga Sepak Takraw

Sejarah Sepak Takraw Lengkap Dengan Teknik Dasarnya

Dalam pembahasan kali ini saya akan membaginya menjadi dua sub menu yaitu sejarah sepak takraw dan teknik dasar sepak takraw. Jenis olahraga ini dimainkan dengan kaki dan menggunakan lapangan tenis. Setiap pemain tidak diperbolehkan untuk menjatuhkan bola takraw ke lantai atau tanah.

Sejarah Sepak Takraw

Hal pertama yang akan saya bahas ialah sejarah sepak takraw. Olahraga sepak takraw pada jaman dahulu terkenal dengan olahraga sepak raga. Awal mula olahraga ini ketika zaman Kesultanan Melayu pada tahun 634 - 713 M. Permainan sepak takraw dilakukan dengan menggunaan bola dari rotan serta para pemainnya berdiri dan membentuk lingkaran. 
Baca juga : Sejarah Sepak Bola Indonesia dan Dunia Lengkap
Dalam sejarah sepak takraw, pertama kali dimainkan pada abab ke 15, lebih tepatnya jaman Kesultanan Melayu. Kemudian namanya berubah menjadi sepak takraw dimana kata "Sepak" berasal dari Bahasa Melayu yang berarti menendang dan kata "Takraw" berasal dari Bahasa Thailand yang berarti bola anyaman. Nama tersebut ditentukan oleh kesepakatan dua negara yang menemukan olahraga ini yaitu negara Singapura dan Malaysia. Hingga sampai sekarang sepak takraw dapat berkembang diberbagai negara di dunia. 

Berdasarkan sejarah sepak takraw, jenis olahraga ini mulai masuk ke Indonesia sejak tahun 1970an. Jenis olahraga ini pertama kali dibawa oleh bangsa Singapura dan Malaysia ketika sedang berkelana di wilayah wilayah Indonesia. Meski begitu, pada dasarnya permainan sepak takraw sudah dikenal oleh rakyat Indonesia sejak jaman dulu. Walaupun pada saat itu hanya digunakan sebagai permainan tradisional saja.

Ketika bangsa Singapura dan Malaysia datang ke Indonesia dan menyebarkan permainan sepak takraw. Saat itulah permainan ini mulai berkembang dan diminati banyak orang. Terutama di pulau Sumatera dan Sulawesi yang paling banyak mengembangkan permainan sepak takraw ini. Menurut sejarah sepak takraw, olahraga ini memiliki organisasi Induk di negara Indonesia sejak tahun 1971. Organisasi induk sepak takraw di Indonesia ialah PERSERASI. Negara Indonesia pernah menjuarai permainan sepak takraw nasional pertama kali pada tahun 1980.

Teknik Dasar Sepak Takraw

Selanjutnya saya akan membahas tentang teknik dasar sepak takraw. Olahraga sepak takraw menggunakan bagian tubuh seperti kepala, kaki ataupun dada, namun bola tidak diperbolehkan memantul atau jatuh ketanah. Teknik sepak takraw menyerupai teknik permainan sepak bola. Tetapi permainan sepak takraw hanya dapat menyentuh kaki atau bagian lain satu kali saja, kecuali tahap blocking atau bendungan. 

Sepak Sila
Teknik dasar sepak takraw yang pertama ialah sepak sila. Sepak sila ialah teknik sepakan yang menggunakan kaki bagian dalam. Teknik ini berguna untuk mengendalikan bola dan mengumpannya ke pemain kawan lainnya. Berikut cara melakukan teknik sepak sila yaitu:
  • Posisikan badan berdiri menggunakan satu kaki.
  • Angkat kaki yang akan menendang setinggi paha dengan membengkokan lutut ke arah samping.
  • Tendang bola menggunakan kaki bagian dalam.
  • Gerakkan tungkai dari arah bawah ke atas saat menendang dan lakukan dengan keras.
  • Arahkan pandangan anda ke bola dan sasaran yang ingin dituju.

Sepak Kuda
Teknik dasar sepak takraw selanjutnya ialah sepak kuda. Sepak kuda ialah teknik sepakan yang menggunakan kaki bagian punggung. Teknik ini berguna untuk mengendalikan bola rendah dan digunakan sebagai teknik serangan. Berikut cara melakukan teknik sepak kuda yaitu:
Baca juga : Pengertian dan Teknik Dasar Permainan Bola Bakar
  • Posisikan tubuh dengan berdiri satu kaki dimana kaki tersebut sedikit dibengkokkan untuk tumpuan.
  • Angkat lurus kaki yang akan menendang dan arahkan ke depan setinggi pinggul.
  • Tendang bola menggunakan kaki bagian punggung.
  • Luruskan punggung kaki dan dorong ke arah depan saat melakukan tendangan.

Sepak Telapak Kaki
Teknik dasar sepak takraw selanjutnya ialah sepak telapak kaki. Sepak telapak kaki ialah teknik sepakan yang menggunakan kaki bagian telapak dan memusatkan kekuatan pada pergelangan kaki. Teknik ini berguna untuk menjangkau bola bola tinggi dan sebagai penahan serangan lawan. Berikut cara melakukan teknik sepak telapak kaki yaitu:
  • Posisiskan tubuh berdiri dengan satu kaki dan luruskan kaki lainnya didepan badan. Kemudian arahkan telapak kaki menuju bola yang akan dijangkau.
  • Dorong telapak kaki ke depan saat ingin menendang bola.
  • Arahkan pandangan anda ke bola dan sasaran yang ingin dituju.

Teknik Menyundul Bola
Teknik dasar sepak takraw selanjutnya ialah teknik menyundul bola. Teknik menyundul bola ialah teknik sundulan yang menggunakan kepala bagian depan. Teknik ini berguna untuk mengumpan bola ke pemain lain serta dapat digunakan sebagai teknik serangan. Berikut cara melakukan teknik menyundul bola yaitu:
  • Posisikan tubuh berdiri dan dengan sikap kuda kuda.
  • Condongkan badan ke arah belakang dan letakkan kedua tangan ke arah samping sambil menekuk siku.
  • Lakukan sundulan bola menggunakan kepala bagian depan.
  • Keraskan leher dan arahkan badan ke depan saat melakukan sundulan.
  • Arahkan pandangan anda ke bola dan sasaran yang ingin dituju.

Teknik Menahan Bola
Teknik dasar sepak takraw yang terakhir ialah teknik menahan bola. Teknik ini dapat dilakukan dengan menggunakan dada maupun paha. Teknik menahan bola berguna untuk menahan serangan bola dari lawan.

Menahan Bola Dengan Dada
Teknik dasar sepak takraw ini digunakan untuk menahan bola yang datangnya setinggi dada. Berikut cara melakukan teknik menahan bola dengan menggunakan dada yaitu:
Baca juga : Pola Penyerangan dan Pertahanan Dalam Permainan Sepak Bola
  • Posisikan badan berdiri dengan sikap kuda kuda.
  • Condongkan badan ke arah belakang dan sedikit dibusungkan.
  • Keraskan badan dan dorong bola ke arah depan sampai dapat memantul dengan baik.
  • Arahkan pandangan anda ke bola dan sasaran yang ingin dituju.
Menahan Bola Dengan Paha
Teknik dasar sepak takraw ini digunakan untuk menahan bola yang datangnya setinggi pinggang atau perut. Berikut cara melakukan teknik menahan bola dengan menggunakan paha yaitu:
  • Posisikan badan berdiri dengan satu kaki dan sedikit ditekuk.
  • Angkat salah satu kaki dengan menaikkan paha ke atas.
  • Tahan bola yang datang menggunkan paha atas.
  • Arahkan pandangan anda ke bola dan sasaran yang ingin dituju.
Sekian penjelasan mengenai sejarah sepak takraw dan teknik dasar sepak takraw. Sepak takraw merupakan olahraga yang memadukan teknik permainan sepak bola dengan permainan bola voli. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda. Terima kasih.

Sejarah Sepak Takraw Lengkap Dengan Teknik Dasarnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: penjasorkes

0 komentar:

Posting Komentar