Saat Melakukan Handstand Berat Badan Bertumpu Pada

Saat Melakukan Handstand Berat Badan Bertumpu Pada - Apa yang dimaksud handstand itu? Handstand sendiri merupakan salah satu gerakan senam lantai yang dapat dilakukan dengan cara tertentu. Pengertian handstand adalah jenis olahraga yang dilakukan di atas matras sebagai alas atau melakukan gerakan di atas lantai. Kegunaan matras tersebut yaitu untuk mengurangi terjadinya cedera ketika olahraga ini dilakukan. 

Handstand dikenal sebagai gerakan berdiri terbalik yang dilakukan dengan kedua tangan. Manfaat gerakan senam lantai tersebut adalah untuk melatih keseimbangan tubuh. Walaupun begitu teknik dasar handstand tersebut harus anda kuasai sebelumnya. Lantas saat melakukan handstand berat badan bertumpu pada apa? Gerakan handstand sendiri dapat digunakan sebagai olahraga senam lantai harian di rumah. Gerakan tersebut baik digunakan dalam latihan yoga, senam, maupun sebagai permainan. 

Saat Melakukan Handstand Berat Badan Bertumpu Pada
Gerakan Handstand

Bagi seorang pemula yang ingin melakukan handstand memang diwajibkan untuk memperoleh bantuan dari pelatih atau teman dalam pelaksanaannya agar tumpuan yang digunakan tidak salah. Seperti yang kita tahu bahwa handstand merupakan gerakan berdiri terbalik yang bertumpu pada kedua tangan. Kedua tangan tersebut memang harus digunakan ketika melakukan handstand tetapi posisi tangan harus tegak lurus. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang saat melakukan handstand berat badan bertumpu pada apa. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Saat Melakukan Handstand Berat Badan Bertumpu Pada

Gerakan handstand sendiri termasuk dalam gerakan senam lantai yang dilakukan dengan meletakkan kedua kaki di atas dan kepala di bawah. Gerakan ini mengharuskan adanya kekuatan tangan dan keseimbangan yang maksimal. Akan tetapi pelaksanaan hanstand harus berada di atas permukaan atau lantai yang keras. Hal ini bertujuan agar dapat menjaga keseimbangan tubuh.

Seperti yang kita tahu bahwa gerakan handstand bertujuan untuk memperkuat otot lengan dan otot perut serta melatih keseimbangan tubuh. Selain itu adapula beberapa kesalahan dalam handstand yang perlu anda ketahui sebelum melakukan gerakan tersebut. Lalu saat melakukan handstand berat badan bertumpu pada apa?

Pelaksanaan handstand tersebut memang sangat memerlukan penguasan teknik dasar yang benar dan latihan yang cukup. Jika gerakan handstand belum terbiasa dilakukan, maka usahakan pelaksanaan gerakan tersebut di atas bantalan atau matras yang empuk supaya dapat menghindari terjadinya cedera. Dalam gerakan handstand tersebut dibutuhkan keseimbangan yang tinggi dibandingkan gerakan senam lantai lainnya seperti gerakan headstand yang hampir serupa. Saat melakukan gerakan handstand, jari dibuka selebar lebarnya agar keseimbangan badan dapat ditambah. Namun jangan abaikan rasa nyeri yang timbul pada bagian tangan, khususnya pergelangan tangan. Hal ini dapat menyebabkan cedera.

Setelah memahami apa itu gerakan handstand tersebut, coba kerjakan soal berikut:

Saat melakukan handstand berat badan bertumpu pada . . .
A. Kaki
B. Kepala
C. Pundak
D. Tangan

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah pilihan D. Tangan.

Seperti yang kita tahu bahwa secara singkat handstand diartikan sebagai berdiri dengan kedua tangan, tegak tumpu tangan, ataupun dirian tangan. Handstand tersebut merupakan gerakan menopang tubuh agar tetap stabil dalam posisi berdiri tegak sehingga tangan tetap seimbang meski dalam posisi terbalik. Jika kita diperjelas lagi maka saat melakukan handstand berat badan bertumpu pada telapak tangan dan lengan.

Posting Komentar untuk "Saat Melakukan Handstand Berat Badan Bertumpu Pada"