Gerakan Istirahat Pada Renang Gaya Punggung Dilakukan Setelah

Gerakan Istirahat Pada Renang Gaya Punggung Dilakukan Setelah - Seperti yang kita tahu bahwa renang gaya punggung memiliki gerakan istirahat yang dilakukan setelah salah satu tangan keluar dari permukaan air serta tangan lurus dengan bahu. Pelaksanaan proses renang tersebut harus rileks supaya perenang dapat memperoleh jeda ketika melakukan gerakan renang. Renang tersebut tergolong dalam olahraga air yang gaya dan gerakannya cukup bervariasi.

Macam macam gaya renang ini telah saya jelaskan pada artikel sebelumnya. Pada umumnya setiap jenis gaya renang memiliki teknik dasarnya sendiri. Maka dari itu tidak heran jika teknik dasar renang tersebut wajib dipahami dan dikuasai oleh perenang. Para perenang dapat menggunakan gaya punggung, gaya bebas, gaya kupu kupu, dan gaya dada. Keempat gaya ini dapat dipertandingkan dalam berbagai perlombaan renang di dunia. Lantas gerakan istirahat pada renang gaya punggung dilakukan setelah apa?

Gerakan Istirahat Pada Renang Gaya Punggung Dilakukan Setelah
Renang Gaya Punggung

Renang gaya punggung merupakan salah satu jenis renang yang cukup banyak digunakan. Teknik dasar gaya punggung tersebut dapat dikuasai dengan mudah oleh beberapa perenang. Renang gaya punggung termasuk jenis gaya renang yang cukup berbeda. Gaya renang ini dapat dilakukan dengan menghadapkan punggung perenang ke arah permukaan air dan bagian dada menghadap ke atas. Maka dari itu tidak heran jika gaya punggung ini menjadi salah satu gaya renang yang rumit. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang gerakan istirahat pada renang gaya punggung dilakukan setelah apa. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Gerakan Istirahat Pada Renang Gaya Punggung Dilakukan Setelah

Dalam renang gaya punggung pada dasarnya terdapat prinsip yang hampir sama dengan renang gaya lainnya. Yang perlu diperhatikan disini hanyalah posisi badan, gerakan pengambilan napas, koordinasi gerakan keseluruhan, dan gerakan lengan. Cara memulai renang gaya punggung tersebut dalam posisi telentang. Para pemula tergolong kesulitan untuk melakukan teknik ini karena khawatir akan kemungkinan tenggelam.

Biasanya teknik renang gaya punggung tersebut dilakukan oleh perenang yang berada di tingkat lanjut dan menguasai banyak teknik renang. Dalam renang gaya punggung terdapat salah satu gerakan yang perlu diperhatikan yaitu gerakan tangan. Gerakan lengan pada renang gaya punggung dapat dibagi menjadi tiga fase seperti fase istirahat, fase menarik, dan fase mendorong. Lantas gerakan istirahat pada renang gaya punggung dilakukan setelah apa?

Pada artikel sebelumnya saya telah menjelaskan tentang start renang gaya punggung. Selain itu adapula gerakan istirahat atau fase istirahat pada renang gaya punggung yang dilaksanakan setelah tangan keluar dari permukaan air, dimana ibu jari terlebih dahulu keluar. Lalu tangan diluruskan dengan bahu, putar tangan ke arah keluar dan kembali masuk ke permukaan air. Setelah mengetahui bagaimana gerakan renang gaya punggung tersebut, coba kerjakan soal di bawah ini:

Gerakan istirahat pada renang gaya punggung dilakukan setelah . . .
A. Recovery
B. Finish
C. Start
D. Dorongan
E. Finance

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah pilihan B. Finish.

Berdasarkan jawaban di atas dapat disimpulkan bahwa gerakan istirahat pada renang gaya punggung dilakukan setelah finish. Pengertian renang gaya punggung adalah berenang menggunakan posisi punggung yang menghadap ke arah permukaan air. Gerakan tangan dan kaki tersebut hampir sama dengan renang gaya bebas, tetapi tubuh diposisikan telentang ke arah permukaan air. Kemudian gerakkan kedua tangan secara bergantian menuju pinggang seperti gerakan mengayuh. Namun gaya berenang ini memiliki gerakan beristirahat setelah finish.

Posting Komentar untuk "Gerakan Istirahat Pada Renang Gaya Punggung Dilakukan Setelah"