Arah Gerakan Tangan yang Benar Saat Menangkap Bola Basket Adalah

Arah Gerakan Tangan yang Benar Saat Menangkap Bola Basket Adalah - Dalam permainan bola basket tentunya kita harus menguasai beberapa teknik dasar di dalamnya. Salah satunya adalah teknik menangkap bola. Menangkap bola adalah keterampilan yang harus dikuasai pemain basket. Ketika menangkap bola basket tentunya harus memperhatikan salah satu hal penting seperti arah gerakan tangan. Para pemain tersebut sebenarnya tidak hanya menguasai teknik dasar ini saja, tetapi juga adapula teknik lainnya yang harus dikuasai.

Teknik dasar bola basket tersebut adalah teknik menangkap bola, teknik mengumpan bola, teknik menembak bola, teknik dasar pivot, menggiring bola, dan rebound. Cara mengumpan bola saat bermain basket adalah dengan memberikan bola kepada rekan satu tim. Teknik mengumpan bola ini disebut juga dengan teknik passing. Sedangkan teknik menangkap bola tersebut merupakan teknik untuk menangkap hasil umpan bola dari rekan setim. Teknik menangkap bola tersebut disebut juga dengan catching. Gerakan menangkap bola tersebut memang terlihat mudah tetapi teknik ini harus dilakukan dengan benar. Lantas arah gerakan tangan yang benar saat menangkap bola basket adalah bagaimana?

Arah Gerakan Tangan yang Benar Saat Menangkap Bola Basket Adalah
Teknik Menangkap Bola

Jika teknik menangkap bola dilakukan dengan salah. maka bola akan terlepas dan dapat direbut pemain lawan dengan mudah. Maka dari itu arah gerakan tangan merupakan salah satu hal penting dalam teknik menangkap bola basket yang harus diperhatikan. Arah gerakan tangan yang benar saat menangkap bola basket adalah menyongsong arah datangnya bola. 

Arah Gerakan Tangan yang Benar Saat Menangkap Bola Basket Adalah

Seperti yang kita tahu bahwa teknik menangkap bola dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu teknik menangkap bola di depan dada dan teknik menangkap bola di atas kepala. Untuk cara menangkap bola di atas kepala dapat dilakukan dengan langkah langkah seperti berikut:

  1. Tubuh diposisikan berdiri tegak.
  2. Arah pandangan ditujukan pada arah datangnya bola.
  3. Gunakan kedua tangan untuk menangkap bola di atas kepala dengan membuka jari jari kedua tangan dan rilekskan tangan ketika menangkap bola.
Dari sini tentunya anda sudah paham sedikit mengenai arah gerakan tangan yang benar saat menangkap bola basket adalah bagaimana. Selain cara menangkap bola di atas kepala, adapula cara menangkap bola basket di depan dada. Adapun teknik menangkap bola di depan dada yaitu sebagai berikut:

  1. Tubuh diposisikan berdiri tegak.
  2. Arah pandangan ditujukan pada arah datangnya bola.
  3. Gunakan kedua tangan untuk menangkap bola di depan dada dengan membuka kedua tangan dan rilekskan tangan ketika menangkap bola.
Teknik menangkap bola merupakan satu dari sekian teknik basket yang harus dikuasai seperti teknik menggiring bola, teknik shooting, dan teknik melempar bola. Cara menangkap bola memang dapat dilakukan dengan baik dan benar asalkan tidak terlepas dari tangan. Setelah memahami bagaimana teknik menangkap bola tersebut, coba kerjakan soal berikut ini:

Arah gerakan tangan yang benar saat menangkap bola basket adalah . . .
A. Ditekuk ke depan dan rileks
B. Menyongsong arah datangnya bola
C. Memotong arah datangnya bola
D. Memutar arah datangnya bola

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah pilihan B. Menyongsong arah datangnya bola.

Dari jawaban di atas dapat kita simpulkan bahwa arah gerakan tangan yang benar saat menangkap bola basket adalah menyongsong arah datangnya bola. Pelaksanaan teknik menangkap bola sebenarnya tidaklah sulit, tetapi tidak serta merta kita harus mengabaikannya karena teknik ini selalu digunakan dalam permainan bola basket. Untuk itu kita harus melakukan beberapa latihan fisik yang dapat memperkuat tubuh, khususnya kekuatan otot pinggang, otot kaki, dan otot tangan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Posting Komentar untuk "Arah Gerakan Tangan yang Benar Saat Menangkap Bola Basket Adalah"